Cara Membuat Santan Agar Tidak Cepat Basi Dan Tahan Lama

Cara Membuat Santan Agar Tidak Cepat Basi Dan Tahan Lama

Cara Membuat Santan Agar Tidak Cepat Basi – Pohon kelapa adalah tanaman tropis yang mempunyai ketahanan hidup di lingkungan cukup tinggi.

Terbukti bahwa pohon kelapa bisa di temukan dimana – mana seperti:

  • Dataran tinggi,
  • Rendah,
  • Pantai,
  • Bahkan di padang gurun sekalipun.

Selain itu pohon kelapa mempunyai berbagai manfaat bahkan untuk orang Indonesia hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan, seperti :

  • Daun diambil lidinya sebagai sapu,
  • Batang Kelapa untuk membuat perabotan rumah tangga,
  • Akar Kelapa untuk obat – obatan dan zat pewarna barang mebel,
  • Buah Kelapa untuk bahan kosmetik bisa juga bahan olahan makanan.

Santan merupakan salah satu bahan olahan dari buah kelapa, dan pasti sudah dikenal dengan baik oleh semua orang. Terutama orang Indonesia yang umumnya memang suka memasak berbagai masakan dengan bahan tambahan yaitu santan.

Umumnya, santan dimanfaatkan sebagai bumbu dari masakan atau sebagai campuran membuat hidangan yang gurih dan nikmat.

Manfaat Santan Kelapa Kesehatan dan Kecantikan Kulit dan Wajah

1.  Membersihkan kulit dan pori-pori kulit

Santan kelapa bermanfaat untuk membantu membersihkan pori-pori kulit.

Caranya Anda bisa menggunakan santan sebagai scrub yang dioleskan pada wajah, dengan ini pori-pori kulit dapat dibersihkan, dan juga bisa mencegah munculnya jerawat dan komedo.

Cara pun cukup mudah, dengan cara mencampurkan 4 sdm santan, 1 cangkir garam , dan 1,5 liter minyak kelapa.

Campurkan semua sampai merata, lalu oleskan pada kulit sambil pijat dan gosok dengan perlahan dan merata. Selain itu, cara ini juga dapat mengangkat sel kulit mati.

2.  Menghaluskan kulit

Selain digunakan untuk membersihkan, santan juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit dengan tekstur yang kasar.

Dikarena sebagian besar kulit yang kasar itu disebabkan oleh sel kulit mati, nah seperti penjelasan tadi, sel kulit mati dapat diatasi dengan scrub santan yang berfungsi untuk menghaluskan kulit.

Caranya dengan mencampurkan 1 mengkok santan dengan seperempat sendok teh bubuk kunyit, aduk rata lalu gosokkan perlahan ke seluruh bagian tubuh anda. Diamkan, dan tunggu selama 5-10 menit kemudian bersihkan menggunakan air hangat.

Sehabis mandi, jangan lupa oleskan body lotion ketika tubuh Anda  masih lembab. Jika dilakukan secara rutin, bisa menghaluskan kulit anda.

3.  Mencerahkan kulit wajah

Tidak hanya susu, bengkoang, dan yogurt, santan juga mempunyai kandungan vitamin yang dapat mencerahkan kulit wajah.

Anda bisa memakai santan sebagai masker wajah atau untuk membersihkan kulit wajah. Dengan membersihkan kulit wajah secara rutin dan teratur dapat membuat kulit wajah Anda terlihat lebih putih dan cerah.

4.  Melembabkan kulit

Anda bisa memperoleh kulit yang lembab dan cantik hanya menggunakan santan saja.

Caranyapun sangat mudah yaitu Anda tinggal oleskan saja minyak kelapa pada kulit wajah anda lalu diamkan selama 30 menit. Lakukan rutin setiap hari agar mendapatkan hasil maksimal. Maka kulit Anda akan lembab dan cantik.

5.  Mencegah serta mengatasi komedo dan jerawat

Santan dipercaya memliki khasiat yang baik untuk membersihkan pori-pori dari kotoran, jadi tentunya bisa mencegah dan mengatasi timbulnya komedo dan jerawat membandel.

Komedo dan jerawat merupakan masalah umum diderita hampir semua orang. Meskipun bukan penyakit berbahaya, tapi ini bisa merusak penampilan wajah anda.

6.  Mengatasi keriput/kerutan dan tanda penuaan

Selain membersihkan dan menghaluskan kulit wajah, santan juga bermanfaat untuk mengatasi tanda penuaan seperti keriput atau garis halus pada wajah.

Santan bisa Anda gunakan untuk membasuh wajah dan bermanfaat untuk mencegah kerutan halus serta menyamarkan flek hitam. Karena santan kelapa terkandung vitamin C yang dapat mengembalikan kekencangan kulit.

Cara penggunaannya cukup mudah, dengan mengoleskan santan kelapa pada kulit wajah, diamkan beberapa menit, setelah itu bilas dengan air. Lakukan rutin setiap malam untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal.

7.  Membersihkan bekas make up

Make up memang bisa menambah kecantikan seseorang, khususnya kaum wanita, namun make up yang telah tercanpur dengan kotoran, debu dan polusi bisa menyebabkan kerusakan yang terjadi pada kulit kalau tidak segera tangani. Maka dari itu, penting untuk membersihkan make up.

Anda dapat membersihkan make up dengan menggunakan santan kelapa. Kotoran bekas make up yang telah masuk ke dalam pori-pori akan terangkat dengan mudah menggunakan santan kelapa ini.

Caraya oleskan santan kelapa pada kulit wajah yang ingin dibersihkan lalu dipijat secara lembut, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

8.  Melindungi kulit dari sinar UV matahari

Seperti yang kita ketahui bahaya dari sinar UV matahari dapat merusak kulit menyebabkan kulit merah, terbakar, gelap dan lain-lain.

Tapi Anda tidak perlu kawatir lagi, karena sinar UV bisa diatasi dengan menggunakan santan. Berdasarkan penelitian, santan kelapa dapat melindungi kulit dan mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV matahari.

9. Mengatasi gangguan kulit

Masalah gangguan kulit seperti gatal, alergi, dan kulit kering berminyak dan lainnya dapat diatasi dengan menggunakan santan. Karena santan kelapa sangat efektif mengatasi berbagai masalah kulit.

10. Menghilangkan kulit mati

Scrub dari santan efektif membersihkan pori-pori juga membantu pengelupasan kulit mati, membuat kulit lembut dan juga tampak sehat. Untuk mendapatkannya anda bisa mencampurkan 1 cangkir garam, 4 sdm.

santan kelapa, dan 1-2 sdm minyak kelapa untuk pewangi. Tambahkan santan kelapa sampai campuran kekentalannya sesuai keinginan.

Oleskan campuran pada kulit untuk mendapat efek pengelupasan alami dan murah yang bisa digunakan di seluruh tubuh.

11. Mengurangi minyak wajah

Produksi minyak berlebih dapat membuat riasan cepat luntur bagi wanita. Selain itu wajah berminyak juga dapat membuat penampilan tampak lusuh.

Santan bisa dijadikan sebagai pencegah produksi minyak berlebih di kulit wajah. Dengan cara tambahkan parutan kelapa dengan sedikit air supaya parutan kelapa menjadi seperti bubur.

Tempelkan pada seluruh wajah biarkan 20-30 mnt. Bersihkan dan bilas menggunakan air dingin.

12. Menghaluskan tumit pecah-pecah

Tumit pecah-pecah merupakan masalah bagi para kaum wanita. Karena , mereka menjadi tidak pede saat memperlihatkan bagian kaki lebih banyak.

Tapi jangan khawatir, santan juga dapat digunakan untuk menghaluskan tumit yang pecah atau pun bagian telapak kaki yang kasar karena terlalu sering bergesekan dengan lantai atau tanah.

Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut

13. Menutrisi rambut

Sama halnya dengan minyak kelapa atau airnya, santan juga baik untuk menutrisi rambut Anda.

Santan mengandung banyak vitamin dan juga nutrisi yang baik untuk rambut. oleh kaena itu rambut Anda bisa lebih terawat dan terlihat berkilau.

14. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Santan kelapa juga dapat meningkatkan pertubuhan rambut. Karena santan kelapa itu mengandung vitamin E dan minyak esensial yang bisa meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan rambut.

Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun supaya bisa mendapatkan hasil maksimal.

Caranya mudah, cukup mengoleskan santan kelapa yang sudah dicampurkan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala, kemudian diamkan 15 menit dan bilas dengan air.

Jenis Kerusakan Yang Terjadi Pada Santan

Santan menjadi salah satu bahan masakan penting. Saking pentingnya, tidak sedikit orang yang menyimpan santan dalam jumlah banyak.

Sayangnya, karena proses penyimpanan tidak tepat, santan pun mudah rusak atau basi. Cara membuat santan agar tidak cepat basi merupakn hal yang dicari-cari, sebelum itu kita bahas dulu jenis-jenis kerusakan pada santan.

1. Kerusakan Santan dari Segi Fisik

Jika Anda memperhatikan baik-baik, sebenarnya santan bukanlah larutan. Setelah setengah jam dibiarkan, santan dapat membentuk dua lapisan.

Ini dapat terjadi karena santan “bukan cairan biasa”, tapi merupakan emulsi. Emulsi merupakan suatu campuran antar partikel-partikel dari zat cair dengan zat cair lainnya.

Santan adalah kategori emulsi minyak dalam air, artinya ada beberapa molekul minyak bercampur dalam banyak molekul air.

Air dan minyak jelas tidak akan bisa becampur. Namun, betapa besar kuasa Tuhan, di dalam santan Tuhan menciptakan emulsifier alami, yaitu “pemersatu” air dengan minyak.

Sayangnya, dalam beberapa jam emulsi ini dapat memisah karena kekuatan emulsifier alami yang tidak terlalu kuat. Emulsi santan akan terpisah menjadi minyak dan air.

2. Kerusakan Santan dari Segi Kimia

Penyebab lain santan cepat rusak yaitu kandungan dari lemaknya yang tinggi, bahkan mencapai 30%.

Santan mengandung asam lemak jenuh rantai sedang yang tinggi sehingga sangat rentan terkena kerusakan. Inilah yang menyebabkan santan mejadi cepat tengik.

3. Kerusakan Santan dari Segi Mikrobiologi

Karena santan adalah bahan yang netral dan mengandung kadar air tinggi sehingga mikroba sangat menyukainya.

Sangat disayangkan mikroba ini mempunyai aktivitas yang bermacam-macam, bahkan banyak pula mikroba yang dapat mempercepat kerusakan dari santan.

Efeknya, ada mikroba yang menghasilkan penyakit dan beberapa punya andil dalam perubahan flavor. Mikroba juga dapat membuat santan cepat tengik.

Penurunan kualitas santan dalam segi rasanya relatif cepat, yaitu setelah 6 jam disimpan di suhu ruang. Itulah alasan orang-orang mencari cara membuat santan agar tidak cepat basi, dan berikut pembahasannya.

Cara Membuat Santan Agar Tidak Cepat Basi Dan Tahan Lama

Karena santan mudah basi, membuat kita jengkel saat tau santan yang kita buat dan ternyata sisa banyak lalu bingung mau buat apa.

Sedangkan kita binggung dengan cara membuat santan agar tidak cepat basi, dan kita bukan chef-chef handal yang mungkin memiliki trik sendiri dalam “cara membuat santan agar tidak cepat basi”. Nah berikut adalah cara membuat santan agar tidak cepat basi.

  1. Di dalam suhu ruanga, santan hanya bertahan kurang 1 hari. Jika ingin santan lebih awet, usahakan untuk menyimpans di lemari es tepatnya didalam freezer.
  2. Ketika menyimpan santan, diusahakan menyimpan santan di wadah yang tertutup dengn rapat. Atau lebih baik kamu menyimpan santan di dalam plastik dan juga kedap udara. Hindari menyimpan pada wadah berbahan logam karena membuat aroma santan berubah.
  3. Jika punya banyak waktu, dianjurkan untuk merebus santan hingga mendidih dan tunggu sampai dingin sebelum mau disimpan. Santan yang sudah direbus sebelum disimpan akan lebih tahan lama.
  4. Untuk santan kemasan, yang belum dibuka dari wadahnya dapat disimpan di tempat yang kering juga sejuk. Sedangkan santan kemasan yang sudah terbuka, simpanlah di freezer dan tempatkan di wadah tertutup.
  5. Untuk santan yang belum diperas dan juga dicampur air atau masih dalam berupa bentuk kelapa parut, kamu bisa menyimpan di dalam plastik kemudian di masukkan ke lemari es.
  6. Sedangkan kelapa yang belum diparut tapi sudah dilepas dari batoknya, agar tetap segar , kamu bisa menyimpannya dengan merendamnya ke yang air bersih.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Santan Agar Tidak Cepat Basi Dan Tahan Lama, jika anda tertarik dengan artikel tentang 4 Kreasi Resep Dan Cara Membuat Sosis Solo Super Enak anda bisa mengunjungi artikel tersebut.