Resep Mie Tek Tek Kuah Jawa Yang Sederhana Dan Menyehatkan

Resep Mie Tek Tek Kuah Yang Sederhana Dan Menyehatkan

Resep mie tek tek kuah, mie tek tek sebuah nama yang unik tentunya, seunik rasa dari ini dan sudah terkenal di mana-mana.

Disebut begitu, mungkin karena mie ini awalnya kebanyakan dijual dengan cara berkeliling dengan gerobak, dan juga penjualnya membunyikan suara “tek tek tek” untuk mengundang pembeli.

Bunyi itu berasal dari potongan bambu yang dipukul. Dan begitulah, mie ini disebut dengan mie tek-tek. Mie tek-tek sendiri memiliki citarasa yang khas. Rasa gurih dan nikmat akan terasa ketika anda mencoba olahan mie yang satu ini.

Mie tek-tek dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat di Indonesia. dengan mudahnya ditemukan tersebut, beberapa daerah sendiri memiliki mie tek-tek dengan rasa dan kekhasannya tersendiri.

Dari sekian banyak mie tek-tek yang ada, mie tek-tek jawa merupakan salahsatu yang memiliki cita rasa yang mengundang selera makan.

Mie Tek-Tek Berbahaya?

Banyak orang yang menjajakan makanan ini dengan grobak ataupun menjajakannya dengan berkeliling. Namun, mie tek-tek yang dijual oleh parapenjual ini biasanya menggunakan mie instan karena lebih gampang.

Dibalik semua itu, mie tek tek menjadi tidak sehat karena menggunakan mie instan tadi. Mulai dari terlalubanyak pengawet dan lain-lain.

Bahaya Mie Instan :

1. Berisiko kanker

Bahaya mie instan dapat memberi tekanan tehadap sistem pencernaan kita, memaksanya untuk mencerna mie instan yang sudah diproses selama berjam-jam di dalam pabrik.

Bahaya makan mie instan juga bisa mengganggu kadar gula darah dan pelepasan insulin bila dicerna dengan cepat.

Karena makanan disimpan di dalam tubuh selama akibat pencernaan yang lambat, bahan kimia beracun dan pengawet dipertahankan di dalam tubuh, sering mengarah pada paparan berlebihan dari Butylated hydroxyanisole (BHA) dan t-butylhydroquinone (TBHQ).

Sementara TBHQ dan BHA digunakan dalam produk untuk membuat mie dapat digunakan lebih lama (dan berarti kita dapat menyimpannya di rak selama berbulan-bulan pada suatu waktu), kedua bahan kimia tersebut sebenarnya bersifat karsinogenik.

Ini berarti bahwa mereka dapat menyebabkan kanker, dan bahkan dapat menyebabkan asma, kecemasan dan diare jika dikonsumsi terlalu sering.

2. Chinese restaurant syndrome

Bahaya mie instan yang ini malah lebih mirip dengan keracunan, hal ini disebabkan oleh MSG yang terdapat dalam bumbu mie instannya.

Beberapa orang yang tidak tahan tentang MSG, kemudian merasakan pusing dan juga sesak napas. Namun penyakit tidak fatal, akan sembuh jika lewat setelah 2-3 jam kemudian.

3. Kerusakan jaringan otak

Mengonsumsi mie instan terus-menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak.

Efek terlalu sering makan mie instan kemungkinan akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak. Selain itu, kerusakan dari jaringan sel otak juga dapat memicu penyakit-penyakit yang lain seperti stroke ataupun kelumpuhan.

4. Berisiko keguguran

Bahaya makan mie terlalu sering pada sejumlah wanita hamil berisiko mengalami keguguran, hal ini karena kandungan bumbu dan pengawet pada mie instan dapat memengaruhi perkembangan janin.

5. Gangguan metabolisme

Efek makan mie instan jangka panjang dapat memengaruhi metabolisme tubuh, hal ini disebabkan akumulasi dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditif dalam mie.

6. Kerusakan organ

Mie instan mengandung propylene glycol, bahan yang anti-beku yang mencegah mie dari pengeringan dengan mempertahankan kelembapannya.

Bila sering makan mie instan, tubuh menyerap zat itu dengan mudahnya dan terakumulasi terus menerus didalam jantung, hati dan juga ginjal. Efek makan mie instan menyebabkan kerusakan dan kelainan organ, dan juga melemahkan sistem imun.

7. Obesitas

Mie instan adalah salah satu penyebab utama obesitas, kurangi bahkan perlahan menghindari makan mie instan karena mengandung sejumlah besar lemak dan natrium, karena dampak makan mie instan menyebabkan retensi air dalam tubuh.

8. MSG

Monosodium glutamate (MSG) dipakai untuk meningkatkan rasa dari mie, sekitar 1-2% dari populasi alergi terhadap MSG.

Ketika orang yang alergi dengan MSG dan mengonsumsinya, maka bahaya memakan mie akan dapat menyebabkan rasa yang terbakar, panas di dada, kemerahan yang terjadi pada wajah, atau nyeri sampai sakit kepala.

9. Tinggi natrium

Mie instan mengandung juga natrium yang cukup tinggi, kelebihan mengkonsumsi natrium dapat menyebabkan hipertensi, jantung, stroke dan juga kerusakan pada  ginjal. Olehkarena itu, hindarilah bahaya mie instan dengan tidak berlebih dalam mengonsumsinya.

10. Junk food

Mie instan dianggap sebagai junk food dan juga tidak bisa menggantikan makanan bernutrisi, hal ini dikarena mie instan mengandung banyak karbohidrat tetapi tidak mengandung vitamin, mineral atau serat sedikitpun.

Mie instan juga mengandung lemak jenuh dan juga lemak trans. Karena padat akan kalori, bahaya dari mie instan berdampak negatif pada kesehatan bila terlalu sering memakan mie instan itu.

Nah, tadi adalah bahaya bila terlalu banyak mengonsumsi mie instan tapi bukan berarti tidak boleh, namun ada takarannua sendiri ya.

Maka dari itu alangkah baiknya bila kita membuat mie sendiri atau mengunakan mie telur yang lebih sehat.

Dan kita bisa menambahkan sayuran yang banyak pada mie tek-tek kita nanti. Berikut resep mie tek-tek kuah jawanya.

Resep Mie Tek Tek Kuah Jawa Yang Sederhana Dan Menyehatkan

Bahan-Bahan Membuat Resep Mie Tek-Tek Kuah Jawa

Bahan – Bahan :

  • 150 gr mie telur
  • 2 butir telur
  • 5 lembar kol diiris tipis
  • 10 lembar sawi hijau potong-potong
  • Dada ayam fillet, rebus dan suwir
  • 450 ml air
  • 1 buah tomat, potong 6 bagian
  • 2 sdm kecap manis
  • ½ sdt garam
  • 3 buah cabe rawit, ulek kasar
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • ½ sdt merica
  • 2 butir kemiri

Pelengkap:

  • Kerupuk Kanji
  • Tumisan jamur

Cara Membuat Mie Tek-Tek Kuah Jawa :

  1. Siapakan air beserta dengan pancinya kemudian anda seduh mie tersebut hingga metang dan mengapung.
  2. Setelah mie tersebutr dirasa matang, maka angkat kemudian tiriskan.
  3. Siapkan wajan dengan minyak, kemudian panaskan dengan api sedang.
  4. Pecahkan telur dan orak-arik telur tersebut. setelah matang kemudian angkat dan sisihkan.
  5. Panaskan minyak, masukkan telur, aduk-aduk hingga berbutir. Sisihkan.
  6. Haluskan bahan-bahan bumbu yang telah adnapersipakan sebelumnya.
  7. Panaskan kembali minyak dalam wajan penggorengan anda kemudian tumis bumbu halus yang telah anda buat hingga tercium aroma harum.
  8. Siapkan kol dan sawi hijau yang telah dipotong –potong kemudian tumis hingga trlihat sedikit layu.
  9. Setelah itu masukan suwiran ayamdan telur orak arik ke dalam tumisan tersebut. teruskan mengadung hingga tercampur dan merata.
  10. Ambil air kemudian tuangkan secara perlahan ke dalam wajan, jangan lupa tambahkan juga kecap manis, garam dan cabe rawit (ulek) jika anda menginginkannya sedikit pedas.
  11. Masak hingga airnya mendidih, kemudian masukan mie dan biatrkan hingga bumbunya meyerap ke dalam mie tersebut.
  12. Setelah matang kemudian angkat dan sajikan dalam piring saji yang telah anda persiapkan.
  13. Anda bisa menambahkan kerupuk serta tumisan jamur unutk menambah nikmat dan melengkapi masakan mie tek-tek jawa.

Demikian tadi resep mie tek-tek kuah jawa yang sederhana dan menyehatkan yang bisa anda coba aplikasikan di dapur anda.

Nah, Resep mie tek tek kuahnya cukup mudah bukan. Selamat mencoba membuat resep mie tek-tek kuah jawa, dan semoga berhasil.

Jika anda tertarik artikel lain anda bisa mengunjungi : Trik Membuat Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama Dan Gurih