Trik Membuat Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama Dan Gurih

Trik Membuat Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama Dan Gurih

Trik Membuat Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama Dan Gurih-Rempeyek atau peyek adalah makanan yang berasal dari Jawa Tengah.

Selain itu rempeyek adalah sejenis makanan pelengkap dari kelompok gorengan, karena tak asing bagi orang indonesia dan banyak peminatnya.

Namun makanan ini terkadang tak bertahan lama dan mulailah orang-orang mencari resep peyek kacang renyah tahan lama. Nanti kita akan bahas Trik Membuat Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama Dan Gurih lebih lanjut dan juga detailnya lagi.

Secara umum, rempeyek merupakan gorengan tepung terigu yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan diberi bahan pengisi yang khas, biasanya biji kacang tanah atau kedelai.

Peran tepung di sini adalah sebagai pengikat. Isian dapat juga berupa bahan pangan hewani berukuran kecil-kecil, seperti ikan teri, ebi, udang kecil, jingking, atau laron. Saat ini orang-orang juga sudah membuat kreasi rempeyek dari daun bayam.

Rempeyek mudah ditemukan di warung makan, pasar, atau di pasar swalayan. Di daerah pedesaan biasanya kerap disajikan dalam acara pernikahan atau juga pelayatan.

Peyek adalah salah satu makanan pelengkap dari gado-gado, pecel, dan juga soto.

Kini rempeyek sudah dikemas dalam plastik dan ada disetiap restoran sebagai alternatif untuk pelengkap makanan selain kerupuk atau emping.

Tapi tidak sedikit juga orang mengkonsumsi rempeyek sebagai camilan atau kudapan yang dapat mengenyangkan.

Renyahnya rempeyek membuat banyak orang menjadi ketagihan dan bisa berhenti kalau sudah habis dan tidak tersisa.

Manfaat Yang Terdapat Pada Kacang  Tanah

1. Membantu Meningkatkan Kesuburan

Kacang mengandung jumlah asam folat. Mengulangi penelitian sudah menunjukkan bahwa wanita mengonsumsi asupan harian 400 mikrogram dari asam folat sebelum dan selama awal kehamilannya dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat tabung saraf yang serius sampai 70%.

2. Bantu dalam Peraturan Gula Darah

Seperempat cangkir kacang dapat mencukupi 35% dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari mangan, mineral yang berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, regulasi gula darah, dan penyerapan kalsium.

3. Membantu Mencegah Batu empedu

Mungkin terdengar aneh bahwa kacang dapat membantu mencegah terjadinya batu empedu.

Namun 20 tahun dari penelitian telah membuktikan bahwa makan 1 ons kacang, kacang atau selai kacang seminggu dapat menurunkan risiko batu empedu berkembang sebesar 25%.

4. Membantu Fight Depresi

Kacang tanah adalah sumber baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting dalam memproduksi serotonin, meupakan salah satu bahan kimia otak kunci yang berperan dalam regulasi suasana hati.

Ketika depresi, penurunan serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf pada otak. Triptofan bisa meningkatkan efek antidepresan serotonin itu jika ada peningkatan jumlah serotonin didalam darah.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara teratur terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kacang kaya hati-ramah lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti asam oleat.

Meraih segenggam kacang tanah dan kacang lainnya setidaknya empat kali seminggu untuk mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

6. Melindungi Terhadap Umur terkait Penurunan Kognitif

Penelitian telah menunjukkan mereka yang mempunyai asupan yang paling kaya niasin seperti kacang adalah 70% lebih cenderung mengurangi penyakit Alzheimer dikembangkan.

Seperempat cangkir sehari kacang sudah dapat pasokan hampir seperempat dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari untuk niacin.

7. Kanker Perlindungan

Suatu bentuk Fitosterol disebut juga beta-sitoserol ditemukan pada konsentrasi tinggi di beberapa pabrik minyak, biji-bijian, dan polong-polongan termasuk juga kacang.

Pitosterol tidak cuma melindungi dari penyakit jantung dengan menghalangi penyerapan dari kolesterol, mereka juga melindungi dari kanker dengan menghambat pertumbuhan sel tumor.

8. Risiko Menurunkan Berat Badan

Makan kacang-kacangan secara teratur dikaitkan dengan risiko menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang setidaknya dua kali seminggu sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan berat badan dari mereka yang tidak pernah makan kacang.

Bahaya Dari Kacang Tanah

1. Kontaminasi mikroba

Pada umumnya kacang tanah sejenis dengan tanaman polong yang mana memiliki tekstur tidak begitu keras saat menjadi bahan makanan.

Namun dengan keadaan tanaman ini yang memiliki biji untuk dijadikan makanan justru terletak pada tanah maka sangatlah mudah terpapar ragam mikroba.

Hal ini dapat terjadi dengan keadaan tanah yang biasa lembab dan jauh dari sinar matahari maka sangat mungkin untuk menjadi tempat sembunyi sejenis mikroba berbahaya.

Beberapa mikroba yang pernah ditemukan pada kacang tanah:

  • Kelompok dari bakteri Salmonella
  • Kelompok dari parasit jamur beracun

2. Demam typhoid

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya kacang tanah berpotensi sebagai tempat berkembangnya kelompok bakteri jenis Salmonella.

Jadi ancaman dari kesehatan yang sering menyertai yaitu mengenai gejala demam typhoid jika memang cara konsumsi makanan ini tidak benar dalam proses kebersihannya.

Secara penularan dan penyebarannya, jenis demam yang satu ini juga erat kaitannya dengan rendahnya higienitas yang berkaitan dengan bahan makanan akan dikonsumsi.

Pengobatan jenis dema ini biasa dengan memberikan resep antibiotik.

3. Kanker hati

Tak jauh juga berbeda tentang isu ancaman tentang higienitas dari kacang tanah. Selain rentan terpapar bakteri, kacang tanah juga rentan terhadap kontaminasi dari jenis jamur beracun.

Salah satunya yakni jenis aflatoksin. Jenis racun ini dapat sebagai pemicu kanker atau zat karsinogen.

Yang paling utama terserang yakni organ hati yang utamanya bekerja keras dalam menetralkan ragam zat racun yang berbahaya pada tubuh.

4. Menghambat pertumbuhan

Ini biasa terjadi pada anak di usia yang sedang pesat pertumbuhan. Di samping sebagai zat karsinogen untuk organ hati, racun aflatoksin pada jamur yang mungkin bisa ditemukan dalam kacang tanah juga berpengaruh buruk pada pertumbuhan anak-anak.

Terlebih kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak atau berkepanjangan tanpa disadari hal ini akan berdampak pada tumbuh kembang anak.

5. Permasalahan alergi

Kacang tanah merupakan suatu cemilan ringan yang kaya dengan nutrisi bermanfaatnya.

Namun di balik itu semua terdapat tidak sedikit orang yang memiliki alergi yang tidak bisa ditolerir jika bersinggungan dengan kacang tanah. Tingkat alergi juga berbeda-beda pula dari rendah hingga sampai sensitif.

Yang perlu diperhatikan lebih lanjut bahwa reaksi alergi akut seperti jenis anafilaksis bisa sangat berakibat fatal untuk keselamatan jiwa sang penderita alergi.

6. Radang rematik

Dalam kacang tanah terdapat suatu senyawa yang bernama lektin. Lektin sangat berguna untuk tanaman kacang sebagai perlindungan diri dari ancaman hama yang menyerang.

Penampang lektin biasanya memiliki struktur yang sedikit lengket dan saat kita mengkonsumsi kacang tanah kemungkinan besar lektin akan beredar pada aliran darah dan mengikatkan glukosa darah kita sehingga bisa mengakibatkan reaksi peradangan.

Lebih lanjut lagi kita biasa mengenalnya dengan nama radang rematik yang biasa menyerang sendi tulang.

7. Permasalahan berat badan

Dalam beberapa kasus lektin dalam kacang tanah juga ternyata tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh sistem pencernakan manusia lantaran strukturnya yang mendekati lengket.

Dan kandungan lektin ini berpotensi dapat mengacaukan sistem tubuh yang erat kaitan dengan fungsi insulin dan berakhir dengan kacaunya sistem tubuh dalam mengendalikan pengaturan berat badan.

  1. Penyakit jantung

Kacang tanah mempunyai kandungan yang kaya akan asam lemak omega 6nya namun berbanding terbalik dengan kandungan asam lemak omega 3nya yang rendah.

Padahal keduanya harus pada jumlah yang seimbang keberadaannya di dalam tubuh untuk memaksimalkan kinerja sistem tubuh secara keseluruhan.

Konsumsi kacang tanah berlebihan dapat meningkatkan kadar asam lemak omega 6 yang dapat menganggu asam lemak omega 3 dalam pembentukan DHA dan EPA yang penting untuk tubuh.

Beberapa masalah kesehatan yang disebapkan timpangnya jumlah kedua asam lemak ini yaitu dengan berpotensi terjadinya  peradangan yang terjadi pada tubuh dan juga manifestasi pada permasalahan penyakit jantung.

9. Ancaman pestisida

Tadi telah dibahas bahwa tanaman kacang tanah rentan dengan serangan hama ataupun parasit jamur.

Tak sedikit sekali ditemui petani yang memilih untuk menggunakan pestisida demi menyelamatkan tanaman kacang tanah mereka.

Padahal pestisida merupakan suatu senyawa racun berbahaya jika masuk dalam tubuh manusia.

Namun dari berbagai macam bahaya yang terdapat itu bisa terjadi jika kita tidak hati-hati atau salah memilih kualitas dari kacang tanah itu sendiri.

Diluar semua itu kacang tanah lekat terhadap kuliner indonesia contohnya rempeyek. Nah, kita akan memulai membahas resep peyek kacang renyah tahan lama. Selain itu masih banyak resep peyek kacang renyah tahan lama lainnya, namun kita hanya akan

Trik Membuat Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama Dan Gurih

Bahan-Bahan :

  • 150 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka/kanji/sagu
  • 100 gram kacang tanah, iris menjadi 3 bagian
  • 65 ml santan kental
  • 5 lembar daun jeruk, iris halus (opsional)
  • 1 gelas air
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 3 biji kemiri
  • 1 cm kunyit
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1/2 cm kencur (opsional)
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung beras dan tapioka. Kemudian masukkan bumbu halus dan telur yang sudah dikocok.
  2. Tuangkan santan, kemudian air sedikit demi sedikit. Pastikan bahwa adonan tidak terlalu kental ataupun terlalu encer, jadi jumlah air yang dimasukkan bisa diatur sesuai keinginan.
  3. Masukkan kacang dan daun jeruk, kemudian bumbui dengan garam. Aduk rata.
  4. Panaskan minyak gorengnya, setelah itu ambil adonan peyek kurang lebihnya 1 sendok makan. Tuang di tepian/pinggir penggorengan.
  5. Siram-siram peyek dengan minyak panas sampai terlepas dari pinggiran wajan. Kemudian goreng sampai seluruh bagian peyeknya berwarna kekuningan dan agak keemasan.
  6. Tiriskan kemudian simpan peyek didalam wadah yang kedap udara.

Demikian informasi tentang Trik Membuat Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama Dan Gurih. Anda bisa mengkreasikan resep peyek kacang renyah tahan lama dengan, misalnya kacang hijau, teri, atau tempe yang diiris halus dll.

Kalau anda tertarik dengan artikel selain Trik Membuat Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama Dan Gurih ini, anda bisa mengunjungi artikel tentang : 2 Resep Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Gurih Dan Renyah.