Cara Membuat Jahe Instan

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara membuat jahe instan.  Jahe instan ini juga dapat di kemas menggunakan jenis jenis pengemasan.

Jahe, adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae.

Wedang jahe adalah hidangan minuman sari jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur, Indonesia yang umumnya disajikan hangat atau panas. Wedang jahe juga kadang disebut sebagai teh jahe, meskipun sama sekali tidak mengandung daun teh.

Jahe Instan adalah produk olahan jahe siap saji berupa bubuk untuk membuat minuman jahe cepat saji. Pembuatan jahe instan akan memberi nilai tambah pada produk jahe sehingga dapat memberikan tambahan harga apabila dibandingkan dengan produk jahe yang berua rimpang.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat jahe memiliki sejarah panjang dalam mengatasi masalah terkait pencernaan. Dikenal dari generasi ke generasi, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

2. Mengurangi Mual

Manfaat jahe dapat meredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker. Anda dapat memakan jahe secara mentah atau menjadikanya minuman, jahe dalam bentuk permen juga dapat bekerja dengan baik terutama dalam mengatasi mual yang diderita ibu hamil.

3. Mengurangi Rasa Sakit

Suatu penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga hingga 25%. Manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit yang dikarenakan oleh menstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

4. Membantu Proses Detoksifikasi dan Mencegah Penyakit Kulit

Jahe merupakan salah satu jenis makanan yang disebut diaphoretic, manfaat jahe juga dapat memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat bermanfaat bagi Anda terutama saat Anda sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Cara Membuat Jahe Instan

Cara Membuat Jahe Instan

Bahan Membuat Jahe Instan

  • Jahe 1 kg
  • Gula Pasir 1 kg
  • Serai 5 batang
  • Cengkeh 10 butir
  • Daun Panda 5 lembar
  • Kayu Manis 3 ruas jari
  • Air 1 gelas

Cara Membuat Jahe Instan

  1. Kupas rimpang jahe lalu dipotong-potong ukuran besar agar mudah dibersihkan. Cuci sampai bersih.
  2. Potong kecil-kecil rimpang jahe yang sudah dibersihkan.
  3. Potongan kecil jahe dicampur air dimasukkan ke dalam blender kemudian diblender sampai halus.
  4. Peras jahe yang sudah diblender dengan saringan. Air perasan jahe akan digunakan sebagai bahan pokok membuat jahe instan.
  5. Cuci serta bersihkan bahan lainnya.
  6. Masukkan air perasan jahe, daun pandan, kayu manis, cengkeh, gula pasir ke dalam panci, tambahkan 1 gelas air, lalu aduk sampai rata.
  7. Rebus semua bahan dengan api yang tidak terlalu besar. Aduk terus jangan sampai lengket/gosong.
  8. Jika bahan sudah mulai masak, tandanya telah mengkristal dan berwarna putih agak coklat muda, segera angkat. Biarkan sampai dingin.
  9. Ayaklah jahe instan hingga kristalnya halus dan rata. Kristal jahe yang masih kasar dihaluskan lalu diayak lagi sampai halus dan rata.
  10. Jahe instan siap disajikan atau dikemas.