Cara Menanam Jagung Manis di Sawah

Seperti yang kita tahu, jagung merupakan salah satu dari 10 makanan pokok yang dikonsumsi seluruh masyarakat di dunia, selain beras, singkong dan gandum tentunya.  Berbeda dengan tanaman gandum yang membutuhkan iklim dingin, tanaman jagung lebih cocok berada pada iklim tropis seperti Indonesia. Tapi pembahasan kita kali ini bukan tentang jagung biasa, melainkan jagung manis. Jagung manis adalah salah satu kelompok budidaya/kelompok kultivar jagung yang cukup penting secara komersial, setelah jagung biasa. Keistimewaannya adalah kandungan gula yang tinggi pada waktu dipanen. Pemanenan untuk produksi selalu dilakukan pada saat muda. Cara menanam jagung sendiri juga sudah tidak asing di telinga orang Indonesia. Kira kira cara menanam jagung manis akan berbeda atau tidak ya dengan jagung biasa? Kali ini, kita akan membahas cara menanam jagung manis di sawah yang benar dan hasilnya dijamin tidak mengecewakan. Yuk, disimak caranya!

Cara Menanam Jagung Manis di Sawah

Persiapan Menanam Jagung Manis

1. Cari Tahu dan Teliti Tentang Tempat yang Akan Anda Tanami Jagung Manis

Anda harus mencari tahu sawah yang tepat untuk ditanami jagung manis. Berbeda dengan kebun, sawah memiliki permukaan yang lebih rendah dan kandungan air yang lebih banyak karena parit yang tersambung menuju sawah. Sehingga, saat ingin menanam jagung manis di sawah, Anda harus memastikan tanah sawah bisa dibentuk menjadi barisan gundukan dan kandungan air di sawah akan berkurang cukup drastis.

2. Ketahui Teknik Menanam Jagung Manis di Sawah

Cara menanam jagung manis di sawah dan di kebun memiliki beberapa perbedaan. Sehingga, Anda harus menguasai kedua teknik tersebut agar jagung manis yang Anda tanam akan menghasilkan buah jagung manis yang sempurna.

3. Anda harus Tahu Kapan Anda Akan Menanam

Musim kemarau di Indonesia terjadi sekitar bulan April sampai Oktober. Inilah waktu yang tepat untuk menanam jagung manis, bahkan di sawah sekalipun. Jangan menanam jagung manis pada musim hujan. Seperti yang kita tahu, jagung manis membutuhkan banyak sinar matahari dan sedikit air. Sehingga, menanam jagung manis pada musim hujan akan memperburuk kualitas jagung manis yang dihasilkan.

4. Persiapan Lahan

Setelah melakukan keempat metode di atas, Anda sudah siap untuk menanam jagung manis. Cara persiapan lahan untuk menanam jagung manis di lahan sawah setidaknya ada dua tahap, yakni pembajakan dan penggemburan. Pembajakan dilakukan dengan cara membalik 30 cm tanah bagian dalam ke permukaan.

Proses pembajakan lahan penanaman jagung manis bertujuan untuk membersihkan permukaan tanah dari rumput liar dan gulma. Pembajakan lahan sekaligus akan mensterilkan tanah dari hama dan penyakit serta mengomposkan sisa-sisa tanaman sebelumnya. Setelah tanah untuk menanam jagung manis selesai dibajak, selanjutnya lahan didiamkan selama 3 hari.

Langkah selanjutnya yakni proses penggemburan. Gumpalan-gumpalan tanah yang masih berukuran besar dan keras kemudian dicacah menggunakan garu atau mesin penggembur tanah. Nantinya tekstur tanah untuk menanam jagung manis akan menjadi lembut dan gembur. Buatlah bedengan berukuran lebar 75 cm dengan tinggi 5-10 cm.

Pada tahapan ini Anda sudah bisa memberikan bahan penyubur tanah serta tambahan unsur hara siap serap bagi tanaman jagung manis berupa pupuk kandang dari kotoran kambing dan pupuk NPK. Untuk setiap 1 ha lahan berikan pupuk kandang sebanyak 5-10 ton serta campuran pupuk Urea 125 kg, SP-36 150 kg dan KCL 75 kg.

Setelah tanah selesai dibajak dan digemburkan, buat barisan gundukan tanah di sawah setinggi 50 cm agar kandungan air di tanah berkurang dengan cepat.

Menanam dan Menumbuhkan Jagung Manis

1. Tanam Jagung Manis Anda

Proses penanaman benih jagung manis dilakukan 1 minggu setelah lahan selesai diolah. Sehingga sesaat setelah benih tertanam, maka akar tanaman jagung manis bisa segera menyerap unsur hara yang sebelumnya sudah diurai oleh mikroorganisme tanah.

Jika jagung manis yang ingin Anda tanam bertujuan sebagai bahan pangan, tanamlah sepuluh hingga lima belas tanaman. Jika setiap tanaman 100% berhasil, tanaman-tanaman jagung manis tersebut bisa menghasilkan dua tongkol pada masing-masing batang jagung manis.

  • Jagung manis melakukan penyerbukan dengan Anemogami atau diserbuki oleh angin, jadi sangat baik jika menanamnya dalam blok daripada baris satu per satu, sehingga serbuk sari memiliki peluang yang lebih baik untuk berkecambah.
  • Tanam benih setiap 3 inch (7,5 cm) di sepanjang baris, dengan jarak 24,06 inci (61,0-91,4 cm) di antara baris. Tanam setidaknya empat baris sehingga angin dapat menyebarkan serbuk sari di antara mereka.
  • Tanam bijinya 1–2 inch (2,5–5,1 cm) di bawah permukaan tanah, dengan setiap tanaman
  • Untuk meningkatkan kemungkinan perkecambahan biji, tanamlah 2-3 biji bersamaan di setiap penempatan.
  • Jika Anda menanam banyak varietas jagung manis, pastikan Anda menanamnya di petak terpisah untuk mengurangi risiko penyerbukan silang. Jika penyerbukan silang terjadi, maka akan menghasilkan kernel yang keras dan bertepung.

2. Siram Jagung Manis

Jagung manis membutuhkan sekitar satu inci air per minggu, dan penyiraman yang kurang dari itu dapat menghasilkan tongkol dengan banyak biji yang berkurang. Siramkan air ke pangkal tanaman untuk mencegah membasuhnya serbuk sari di bagian atas tanaman. Jika sawah tersebut sudah memiliki parit dan air mengalir dengan lancar, Anda tidak perlu lagi menyiram jagung manis.

3. Potong Tanaman Gulma

Biarkan gulma jagung manis sampai setinggi lutut. Lebih dari itu, jagung manis Anda bisa saja kalah ‘bersaing’ dengan gulma-nya sendiri.

4. Masa Panen

Tanaman jagung manis mulai berbunga setelah berumur 7 minggu atau 42 hari setelah tanam. Kemudian tanaman jagung manis akan mulai mengering dan siap panen saat umur tanam jagung manis menginjak 60 hari setelah tanam. Perbedaan umur panen pada jagung manis bisa disebabkan varietas benih yang digunakan serta kondisi iklim saat melakukan budidaya jagung manis.

Anda perlu melakukan pemangkasan daun saat umur tanaman jagung manis sudah mencapai 50 hari. Proses pemangkasan ini bertujuan untuk mendapatkan hasil panen biji jagung manis yang berkualitas dengan jumlah optimal. Di mana ketika daun tanaman jagung manis dipangkas, maka nutrisi yang diserap akan difokuskan untuk pematangan biji jagung manis.

Setelah biji jagung manis mulai mengering dan mengkilap, selanjutnya segera panen tongkol jagung manis tersebut.

Kesimpulan dari artikel ini adalah mengaplikasikan cara menanam jagung manis di sawah yang benar, dari pemilihan varietas hingga panen akan menghasilkan jagung manis yang memiliki kualitas terbaik dan memiliki harga jual yang sesuai. Demikian pembahasan kita tentang cara menanam jagung manis di sawah. Semoga, artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan mudah untuk diaplikasikan.