Lintas Usaha https://lintasusaha.com Blog Ide, Inspirasi, Ulasan dan Info Usaha Bisnis Menarik Wed, 25 Nov 2020 03:57:21 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.4 https://lintasusaha.com/wp-content/uploads/2019/07/favicons-L-150x150.png Lintas Usaha https://lintasusaha.com 32 32 Tips Memulai Usaha Cocomesh Yang Menguntungkan https://lintasusaha.com/tips-memulai-usaha-cocomesh/ Wed, 25 Nov 2020 03:55:05 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5595 Memulai usaha sangat memerlukan persiapan. Bahkan memulai usaha cocomesh juga membutuhkan persiapkan. Yuk simak apa saja yang tips dipersiapkan. Cocomesh...

The post Tips Memulai Usaha Cocomesh Yang Menguntungkan appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Memulai usaha sangat memerlukan persiapan. Bahkan memulai usaha cocomesh juga membutuhkan persiapkan. Yuk simak apa saja yang tips dipersiapkan.

Cocomesh Sabut Kelapa

Proses Membuat Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh adalah bahan jaring yang terbuat dari sabut kelapa yang sangat ramah lingkungan dalam membantu proses reklamasi tambang, pantai atau hutan. Sifatnya biodegradable (zat yang mudah rusak / membusuk seperti tanaman) dan kuat, membantu memfasilitasi pertumbuhan tanaman baru di lahan Cocomesh yang ditempatkan di bekas tambang atau lahan lain.

Pemanfaatan bahan cocomesh terbukti mampu menghijaukan lahan bekas tambang dan hutan gundul. Banyak perusahaan konsultan penghijauan mulai beralih ke bahan alami seperti Cocomesh. Sifat bahan sabut kelapa yang terbuat dari sabut kelapa yaitu mampu menyimpan air dalam waktu yang lama, menyebabkan permukaan tanah yang tertutup oleh bahan tersebut menahan kelembapan.

Hal tersebut dapat mempengaruhi struktur tanah sehingga mudah ditanam dengan bibit yang ditanam. Selain itu, buah kelapa juga digunakan sebagai pengganti tanah pada saat penanaman bibit tanaman tersebut.

Cara Membuat Cocomesh Sabut Kelapa

Penggunaan Cocomesh

Bahan:

  • Sabut kelapa

Peralatan:

  • Mesin pengurai sabut kelapa
  • Mesin pemintalan sabut kelapa

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa :

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua
  2. Giling kulit kelapa / suwiran menjadi sabut dengan mesin dekomposisi sabut
  3. Keringkan sabut kelapa hingga kering
  4. Putar sabut menjadi tambang dengan mesin pemintalan sabut
  5. Tali tenun / rajut menjadi jaring (cocomesh)
  6. Jaring sabut kelapa / sabut kelapa siap pakai

Kegunaan Sabut Kelapa Cocomesh

Cocomesh memiliki beberapa kegunaan yaitu:

  • Media penghijauan di lahan bekas tambang
  • Sangat cocok untuk bekas pertambangan dan reklamasi pantai
  • Memperkuat material di atas tebing
  • Bahan untuk mencegah erosi
  • Memperkuat tanah
  • Membantu memperkuat rel kereta api
  • Memperkuat tebing jalan atau jembatan

Tips Memulai Usaha Cocomesh

1. Analisis jenis bisnis yang terlibat

Pertama kalian harus memastikan bahwa usaha produk olahan sabut kelapa yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang ingin Anda kembangkan. Cari tahu produk kelapa unggulan mana yang dapat mendukung bisnis sabut kelapa Anda lebih baik lagi. Lakukan analisis Break Event Point untuk mengetahui potensi yang ada pada jenis bisnis Anda. Setelah itu, jelaskan rencana bisnis Anda secara detail (Ramalan penjualan, analisis arus kas, dll.). Setelah itu buatlah rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan produk sabut kelapa Anda.

2. Perluas jaringan Anda

Jaringan bisa menjadi fondasi bagi kelangsungan bisnis produk kelapa Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis bisnis Anda. Hal ini bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnis sendiri, sehingga ketika Anda mulai memasarkan produk / jasa yang Anda tawarkan, Anda sudah memiliki jaringan yang luas.

3. Siapkan modal

Modal merupakan faktor penting dalam memulai bisnis Anda sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, tetapi tidak memiliki modal sehingga tidak bekerja. Modal dapat dihasilkan dari: modal sendiri dari tabungan, mencari modal dari investor, atau meminjam uang dari bank, dan sistem kemitraan. Selain modal awal, Anda juga harus memiliki minimal tiga bulan dari anggaran keluarga di bank.

Nah itu tadi beberapa tips memulai usaha cocomesh, keunggulan sabut kelapa yang memiliki daya serap air yang sangat tinggi, proses pengolahan tidak mencemari lingkungan, memiliki potensi pasar yang sangat besar, baik di pasar dalam negeri maupun di ekspor. Pasaran, tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang merupakan pengusaha produk olahan sabut kelapa. Dan kita juga bisa menjual cocomesh murah dan berkualitas.

The post Tips Memulai Usaha Cocomesh Yang Menguntungkan appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Mari Simak Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa Yang Benar https://lintasusaha.com/proses-pembuatan-cocomesh/ Wed, 25 Nov 2020 02:28:18 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5589 Bisnis cocomesh sabut kelapa saat ini mulai meningkat. Nah bagi kalian yang ingin memulai bisnis ini kalian wajib mengetahui proses...

The post Mari Simak Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa Yang Benar appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Bisnis cocomesh sabut kelapa saat ini mulai meningkat. Nah bagi kalian yang ingin memulai bisnis ini kalian wajib mengetahui proses pembuatan cocomesh.

Cocomesh Sabut Kelapa

Proses Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh atau coconut coir net adalah bahan jaring sabut kelapa yang alami 100%. Material ini sangat ramah lingkungan dalam membantu proses reklamasi tambang, pantai ataupun hutan. Cocomesh mempunyai sifat biodegradable dan kuat, membantu memfasilitasi pertumbuhan tanaman baru di lahan cocomesh yang ditempatkan di bekas tambang atau lahan lain.apa terbukti mampu menghijaukan lahan bekas tambang dan hutan gundul. Banyak perusahaan konsultan hijau mulai beralih ke bahan-bahan alami seperti Cocomesh.

Sifat bahan sabut kelapa yang terbuat dari sabut kelapa yang mampu menyimpan air dalam waktu lama menyebabkan permukaan tanah yang ditumbuhi bahan ini menahan kelembapan. Hal tersebut dapat mempengaruhi struktur tanah sehingga mudah ditanam dengan bibit yang ditanam. Selain itu, cocomesh sebagai pengganti tanah saat menanam bibit tanaman.

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa

Bahan :

  • Sabut kelapa tua

Alat – alat :

  • Mesin pengurai sabut kelapa
  • Mesin pemintal sabut kelapa

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa :

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua
  2. Giling kulit kelapa menjadi sabut dengan mesin dekomposisi sabut
  3. Keringkan sabut kelapa yang telah digiling hingga kering
  4. Ubah sabut menjadi tali dengan mesin pemintal sabut
  5. Rajut tali menjadi jaring (cocomesh)
  6. Jaring jaring / sabut siap pakai

Kelebihan Cocomesh / Coconet

Cocomesh memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Bahan adalah serat alami
  • Bahan serat yang kuat, bisa bertahan lama tapi bisa terurai secara hayati
  • Mampu menahan air
  • Menurut salah satu sumber, cocomesh ini bisa bertahan sekitar 4 tahun atau lebih
  • Cocomesh juga bisa digunakan sebagai pupuk tanah
  • Cocomesh ini tidak menimbulkan residu yang berbahaya
  • Memperbaiki area tanah di mana kelembaban telah hilang karena aktivitas tertentu
  • Cocomesh sangat cocok untuk daerah atau daratan yang landai atau berbatu, karena sifat materialnya yang elastis
  • Memiliki ketahanan terhadap jamur
  • Mudah dibersihkan

Dimesi Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh memiliki beberapa dimensi :

  • Jarak antar tali: 2 × 2 cm, 3 × 3 cm, 4xcm
  • Diameter tali: 0,4 – 0,7 cm
  • Dimensi: 1 × 50m, 1x30m, 2x25m, 2x30m, 2 × 50m sebagai persyaratan
  • Harga: sesuaikan ukurannya
  • Kapasitas produksi:> 20.000 m2 / bulan
  • Pengangkutan: kontainer 20 ft ~ 4300 m2,
  • Truk fuso ~ 6000 m2, truk tronton ~ 10.000m2

Kegunaan Cocomesh Sabut Kelapa

Penggunaan Cocomesh

  • Cocomesh memiliki beberapa kegunaan yaitu:
  • Media penghijauan di lahan bekas tambang
  • Sangat cocok untuk bekas pertambangan dan reklamasi pantai
  • Memperkuat material di atas tebing
  • Bahan untuk mencegah erosi
  • Memperkuat tanah
  • Membantu memperkuat rel kereta api
  • Memperkuat tebing jalan atau jembatan

Bisnis Cocomesh Sabut Kelapa

www.RumahSabut.com adalah website yang melayani penjualan cocomesh termurah dan berkualitas di Yogyakarta yang berdiri sejak 3 tahun yang lalu. Usaha ini dimulai ketika pemiliknya melakukan penelitian tentang manfaat sabut kelapa untuk penyelamatan lingkungan.

Alasan kami memilih bisnis coocmesh adalah banyaknya areal bekas tambang yang menggunakan media cocomesh untuk media tanamnya didatangkan dari India atau Sri Lanka. Padahal, Indonesia merupakan penghasil utama dan terbesar cocofiber sebagai bahan baku cocomesh. Selain itu, kami juga berupaya meningkatkan kesejahteraan para pengrajin sabut kelapa sebagai penghasilan tambahan yang pekerja utamanya adalah ibu rumah tangga.

Nah itulah ulasan mengenai proses pembuatan cocomesh sabut kelapa. Dan jika kalian berminat memulai bisnis ini kalian wajib mempersiapkan segalanya dengan maksimal, agar bisnis anda berjalan dengan maksimal dan penuh persiapan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

The post Mari Simak Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa Yang Benar appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Tips Dan Trik Dalam Membuat Es Krim https://lintasusaha.com/tips-membuat-es-krim-lembut/ Tue, 24 Nov 2020 03:28:26 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5585 Disini kita akan membahas tips-tips membuat es krim lembut, yang dilengkapi dengan beberapa resep sederhana, yang tentunya melengkapi cara membuat...

The post Tips Dan Trik Dalam Membuat Es Krim appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Disini kita akan membahas tips-tips membuat es krim lembut, yang dilengkapi dengan beberapa resep sederhana, yang tentunya melengkapi cara membuat es krim. Dengan mengikuti tips dan trik tersebut maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan lah.

Sebelum masuk membahas tentang tips membuat es krim lembut, kami akan membagikan apasih manfaat dari mengkonsumsi es krim sendiri. Menurut studi yang dilakukan oleh inggirs menyebutkan, bahwa memakan es krim langsung dapat memberikan pengaruh terhadap perasaan manusia.

Studi itu mendapati adanya hubungan antara es krim dan kebahagiaan. Es krim merupakan makanan yang mengandung banyak kandungan yang dapat membantu mendapatkan gizi yang lebih baik. Karbohidrat, Protein, Lemak, Kalsium, Vitamin, dan Mineral. Itulah kandungan yang terdapat di dalam es krim.

Sementara itu juga ada bagaimana sih tips dan trik agar es krim bisa dijadikan ladang bisnis. Yaa, dengan kita menjualbelikan es krim yang kita buat sendiri dapat untuk menciptakan peluang bisnis untuk diri kita, sementara di tengah kondisi pandemi yang cukup menghambat, bisnis rumahan yang dilakukan secara daring ini dapat menjadi solusi apabila kita ingin mendapatkan pemasukan.

Dan dengan beberapa orang yang mempunyai hobi memasak, bisnis ini dapat dijadikan wadah untuku sekedar tetap menjalankan hobi yang telah lama digandrungi, setidaknya hanya untung 2 ribuan, pasti sudah membuat kita senang.

Untuk lebih lengkapnya anda dapat membaca artikel berikut ini

Tips Membuat es Krim Lembut

  • Ketika memasak adonan utama, apabila di resep tertulis tunggu 5 menit, disarankan untuk menunggu lebih lama lagi, walaupun lebih lama, tetap menggunakan api kecil. Karena dengan menggunkan api kecil maka dapat lebih cepat membeku karena kelembapan yang ada di dasar adonan telah menguap dengan menggunakan api kecil.
  • Bila es krim sudah jadi, maka sebaiknya mengambil menggunakan sendok panas yang sudah dicelupkan ke air panas terlebih dahulu, dengan begitu es krim yang padat dapat terpotong denga rapi.
  •  Disarankan menggunakan food processor, Apabila tidak memiliki alat atau mesin pembuat es krim di rumah. Jangan memaksakan kehendak
  • Apabila anda menyukai es krim coklat dan ingin membuatnya sendiri di rumah, maka disarankan untuk menambahkan bubuk espresso agar ketika adonan jadi aroma lebih kuat dan rasanya tidak kalah seperti produk es krim mahal
  • Disarankan menggunakan minyak zaitun bila membuat es krim yang tidak menggunakan susu
  • Lebih baik menerapkan il Gelato di Matteo, yang artinya es krim dibuat setiap hari yang lebih segar, daripada es krim yang dibuat dalam satu waktu dengan skala besar.

Resep Es Krim Cokelat

Bahan:
  • 1/4 kg gula pasir putih
  • 1/2 liter susu
  • 3 butir telur ayam
  • 3 sdm cokelat bubuk
  • Garam dan vanili secukupnya
Cara Membuat:
  1. Pisahkan antara kuning dan putih telur. Mengambil kuning telur, kemudian campurkan kuning telur dengan gula, kemudian aduk dengan mixer sampai lembut.
  2. Setelah itu, putih telur yang dicampur dengan vanili dan garam secukupnya, aduk lagi sampai tercampur rata dan halus.
  3. Menggabungkan adonan 1 dengan adonan 2. Masak sampai mendidih sambil mengaduk-aduk terus-menerus.
  4. Larutkan cokelat dengan susu, kemudian masukkan ke adonan yang sudah mendidih. Aduk terus sampai benar-benar mengental, kemudian angkat dan dinginkan.
  5. Setelah dingin, masukkan ke freezer sehingga es krim berubah lembut dan lezat. Selamat mencoba.

Es Krim SilverQueen

Bahan:
  • 150 ml susu kental
  • 120 gram Silver Queen
  • 300 ml double cream
Cara Membuat:
  1. Campurkan susu kental manis dengan 2/3 Silver Queen ke dalam panci kecil. Panaskan dengan perlahan sambil diaduk hingga cokelat meleleh. Sisihkan.
  2. Gunakan mixer untuk mengocok krim hingga teksturnya kaku.
  3. Potong sisa Silver Queen hingga menjadi remahan, campurkan ke dalam krim hingga tercampur dengan baik.
  4. Campurkan sisa potongan Silver Queen ke dalam adonan, lalu bekukan ke dalam freezer selama 24 jam.

 

The post Tips Dan Trik Dalam Membuat Es Krim appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Belajar Cara Membuat Es Krim https://lintasusaha.com/bahan-dan-cara-membuat-es-krim/ Tue, 24 Nov 2020 02:26:46 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5581 Kali ini kita akan membahas bahan dan cara membuat es krim. Seiring kemajuan zaman es krim pun menjadi makanan favorit...

The post Belajar Cara Membuat Es Krim appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Kali ini kita akan membahas bahan dan cara membuat es krim. Seiring kemajuan zaman es krim pun menjadi makanan favorit di semua kalangan. Sekarang ini banyak sekali pilihan varian es krim yang rasanya bersaing, tergantung pilihan saja.

Jika ingin menikmati es krim, tentu kita akan pergi ke supermarket atau cafe yang menyediakan menu es krim. Tetapi pernahkah Anda terbesit dipikiran Anda untuk membuat es krim tersebut sendiri? Tentu bisa, karenanya Anda akan menghadirkan  yang layak Anda coba.

Anda juga bisa membaca tips dan trik dalam berbisnis es krim

Berikut beberapa bahan dan cara membuat es krim.

Es Krim Coklat

Bahan:

  • 1 kaleng susu kental manis
  • 10 sendok makan tepung maizena
  • ¾  gelas gula pasir
  • 2 sendok makan sp
  • Santaln kara ukuran 65 ml 1 bungkus
  • 8 kaleng air (gunkan kaleng bekas susu)
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gram bubuk coklat

Cara Membuat Es Krim Coklat:

  1. Campur tepung maizena, santan, garam, vanili, gula, air.
  2. Masak menggunakan api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih.
  3. Setelah itu angkat dan tuang di dalam wadah. Tunggu hingga mendingin.
  4. Setelah dingin Anda bisa tambahkan susu kental manis lalu mix sebentar sampai rata lalu kembali di bekukan melalui freezer sampai setengah beku.
  5. Keluarkan dari freezer, setelah itu pindah tempatkan dalam wadah yang besar lalu tambahkan sp yang sebelumnya telah di cairkan terlebih dahulu.
  6. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang sekitar 20-30 menit.
  7. Tambahkan bubuk coklat sambil terus diaduk sampai merata.
  8. Tuang es krim dalam cup es krim dan bekukan di freezer, tunggu hingga membeku
  9. Es krim siap disajikan

Es Krim Mochi Tiramisu

Bahan:

  • 200 gr tepung beras ketan
  • 15 gr gula pasir
  • garam secukupnya
  • 200 ml air panas
  • 1/2 sdm kopi instan
  • Es krim rasa capuccino atau rasa cokelat
  • Cokelat bubuk secukupnya

Cara Membuat:

  1. Bentuk bulat es krim dengan bantuan plastik agar mudah dibentuk dalam mochi. Simpan dalam freezer agar tetap beku.
  2. Campur tepung beras ketan yang sudah diayak, gula dan garam. Aduk dengan spatula.
  3. Masukkan kopi instan dalam 200 ml air panas. Aduk dan masukkan ke campuran tepung ketan, gula, dan garam.
  4. Aduk tetap dengan spatula, jika masih ada yang menggumpal, gunakan whisker untuk mencampurnya sampai tidak ada yang menggumpal.
  5. Panaskan panci kukusan. Masukkan adonan mochi bersama wadahnya ke kukusan  selama 15 menit.
  6. Gunakan serbet atau kain untuk menutup panci agar tidak ada air yang jatuh ke adonan mochi.
  7. Selama 7 menit pertama pengukusan, aduk adonan mochi dengan spatula plastik kemudian kukus kembali hingga 15 menit berakhir.
  8. Setelah adonan masak, angkat adonan ke talenan yang sudah ditaburi tepung beras ketan. Kemudian taburi kembali tepung ketan di atas adonan agar tidak lengket saat diratakan.
  9. Ratakan adonan dengan tangan dan rolling pin. Jangan terlalu tipis. Dinginkan dulu, bisa di kulkas atau di suhu ruangan.
  10. Setelah dingin bagi 6-8 bagian mochi. Gunakan sarung tangan untuk membentuk mochi atau taburkan dengan tepung ketan.
  11. Masukkan es krim ke dalam mochi. Bentuk bulat dan masukkan dalam loyang kecil.
  12. Setelah selesai, masukkan mochi ke freezer hingga mochi membeku. Tunggu selama kurang lebih 3 jam.
  13. Taburi mochi yang sudah beku dengan coco powder atau coklat bubuk. Sajikan

Itulah beberapa bahan dan cara membuat es krim. Itu tadi ada beberapa cara bikin es krim dengan menggunakan berbagai macam jenis. Masih banyak jenis dan bentuk es krim di dunia, yang kebanyakan orangpun juga belum mengenalnya.

Es Krim sebenarnya mempunyai zat yang bisa menjernihkan otak dan hati, menurut studi yang dilakukan oleh inggirs menyebutkan, bahwa memakan es krim langsung dapat memberikan pengaruh terhadap perasaan manusia. Studi itu mendapati adanya hubungan antara es krim dan kebahagiaan.

The post Belajar Cara Membuat Es Krim appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Mochi Es Krim Dengan Beberapa Varian https://lintasusaha.com/cara-membuat-mochi-es-krim/ Mon, 23 Nov 2020 04:04:03 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5578 Kali ini kita akan membahas beberapa cara membuat mochi es krim. Mochi sendiri merupakan makanan tradisional Jepang yang kini begitu...

The post Mochi Es Krim Dengan Beberapa Varian appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Kali ini kita akan membahas beberapa cara membuat mochi es krim. Mochi sendiri merupakan makanan tradisional Jepang yang kini begitu terkenal di Indonesia. Dengan bentuknya yang bulat dan kenyal menjadi makanan yang banyak dicari di Indonesia.

Mochi asli pada umumnya diisi dengan adonan kacang tanah yang manis. Namun saat ini sudah banyak variasi isian dari mochi. Mulai dari mochi green tea, mochi gula merah,  mochi mangga, mochi strawberry hingga mochi es krim.

Sayangnya mochi es krim ini dijual dengan harga yang lumayan mahal. Nah agar lebih menghemat kamu bisa membuatnya di rumah. Dengan begitu rasa serta warnanya pun bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu.

Bagaimana cara membuat es krim untuk bisnis?

Berikut beberapa cara membuat mochi es krim.

Mochi es krim biskuit

Bahan:

  1. 125 gr tepung ketan
  2. 150 ml air
  3. 1 sdm susu bubuk
  4. 80 gr gula pasir
  5. Pewarna sesuai selera
  6. 1 bungkus kecil biskuit Oreo
  7. 100 ml susu kental manis
  8. 200 ml susu cair
  9. 50 gr tepung ketan sangrai

Cara Membuat Mochi Es Krim Biskuit:

  • Campur dan aduk rata susu kental manis dan susu cair.
  • Hancurkan biskuit Oreo, jangan terlalu lembut.
  • Masukkan biskuit Oreo secukupnya dalam cetakan kue talam. Lalu masukkan campuran susu.
  • Simpan di freezer sekitar 2 jam hingga membeku.
  • Setelah es krim biskuitnya sudah mengeras dan membeku, buat lapisan mochinya.
  • Campurkan tepung ketan, gula pasir, dan susu bubuk lalu tambahkan air sedikit demi sedikit hingga semua tercampur rata.
  • Beri pewarna biru atau sesuai selera.
  • Kukus adonan hingga matang. Jangan lupa beri kain pada penutup panci agar tidak ada air yangg menetes.
  • Sambil menunggu adonan dikukus, sangrai tepung ketan.
  • Jika adonan sudah mengkilap dan kenyal, angkat adonan dan letakkan ke nampan yang sudah ditaburi dengan tepung ketan sangrai.
  • Letakkan mochi lalu beri taburan tepung ketan sangrainya lagi kemudian pipihkan menggunakan rolling pin.
  • Potong menjadi beberapa bagian.
  • Letakkan adonan mochi ke cetakan talam lalu masukkan es krim biskuitnya kemudian tutup kembali dengan adonan mochi.
  • Tekan pinggirannya agar ujung mochi tertutup dan terpotong otomatis.
  • Tutup mochi dengan plastik pembungkus dan masukkan ke kulkas hingga membeku.

Mochi Es Krim Taro

Bahan:

  1. 150 gr tepung ketan
  2. 65 gr gula pasir
  3.  100 gr air
  4.  Pewarna makanan ungu
  5.  200 gr tepung maizena (sangrai)

Bahan Es Krim Taro:

  1. 150 gram ubi ungu
  2. 200 ml santan
  3. 100 ml susu cair
  4. 50 gram gula pasir
  5. 1 sdt garam
  6. 1 sdm SP

Cara Membuat Mochi Es Krim Taro:

  • Buat adonan es krim, blender semua bahan kecuali SP. Masukkan kulkas dan bekukan selama 10 jam.
  • Keluarkan es krim yang sudah beku dari kulkas. Hancurkan es krim dengan sendok, lalu mixer hingga lembut.
  • Masukkan sesendok SP dan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.
  • Kemudian simpan kembali dalam kulkas selama 2-3 jam.
  • Campurkan tepung dan gula pasir lalu aduk merata.
  • Masukkan air perlahan hingga tekstur menjadi sedikit cair dan mengilap.
  • Pindahkan adonan terigu ke piring tahan panas, dan kukus selama 20 menit.
  • Angkat adonan dari kukusan, lalu aduk dengan sendok hingga menggumpal.
  • Setelah itu pindahkan adonan ke talenan yang sudah diberi tepung maizena dan uleni adonan saat masih panas.
  • Berikan sedikit pewarna makanan sambil diulen.
  • Ratakan adonan dan potong sesuai selera. Isi adonan dengan es krim dan bungkus rapat hingga es krim tidak meleleh keluar.
  • Masukkan mochi ke kulkas selama 2 jam. Mochi siap dinikmati.

The post Mochi Es Krim Dengan Beberapa Varian appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Apakah Sulit Membuat Es Krim Sendiri? https://lintasusaha.com/cara-membuat-ice-cream-sendiri/ Fri, 20 Nov 2020 01:23:43 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5574 Kali ini kita akan membahas cara membuat Ice Cream sendiri yang bisa dibuat di rumah dengan bahan seadanya mulai dari...

The post Apakah Sulit Membuat Es Krim Sendiri? appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Kali ini kita akan membahas cara membuat Ice Cream sendiri yang bisa dibuat di rumah dengan bahan seadanya mulai dari es krim buah-buahan hingga es krim rasa kelapa pun juga ada. Ice Cream saat ini menjadi jajanan yang paling dicari para kalangan manusia, mulai dari kalangan bawah hingga atas, siapa sih yang tidak suka Ice Cream?

Cara Membuat Ice Cream Stroberi

Bahan:

  1. 3 bungkus susu bubuk full cream
  2. 5 cangkir air atau santan
  3. 5 sendok makan (sdm) tepung maizena
  4. 2 sendok makan (sdm) red bell vanilla estract
  5. 2 sendok makan (sdm) sp
  6. Pewarna atau perasa makan rasa stroberi secukupnya
  7. 200 gram (gr) gula pasir
  8. Garam secukupnya

Cara Membuat Ice Cream Stroberi:

  • Dari 5 cangkir air, ambil 1 cangkir air untuk melarutkan semua bahan kecuali sp. Bisa di mixer atau di blender agar benar benar larut dan halus.
  • Setelah adonan halus lalu campurkan 4 cangkir air dan masak dengan api kecil sambil diaduk agar tak ada gumpalan/endapan adonan pada dasar panci.
  • Aduk terus hingga adonan mengental menyerupai susu kental manis, matikan api dan diamkan hingga dingin, lalu masukan kedalam box dan bekukan di freezer.
  • Setelah beku hancurkan es krim dengan garpu hingga menjadi butiran kecil.
  • Lalu masukan sp yg sudah di tim lebih dulu dan mixer dengan kecepatan terendah secara hati hati, mixer terus hingga mengembang lalu tata es krim dalam kemasan atau box.
  • Bekukan kembali dan siap disajikan.

Cara Membuat Ice Cream Jeruk

Bahan:

  1. 3 bungkus susu bubuk full cream
  2. 5 cangkir air atau santan
  3. 5 sendok makan (sdm) tepung maizena
  4. 2 sendok makan (sdm) sp
  5. 200 gram (gr) gula pasir
  6. Garam secukupnya
  7. 2 buah jeruk segar
  8. 100 mili liter (ml) whipped cream

Cara Membuat Ice Cream Jeruk:

    1. Siapkan whipped cream dan tambahkan air. Kocok sampai mengental.
    2. Dari 5 cangkir air, ambil 1 cangkir air untuk melarutkan semua bahan termasuk jeruk yang sudak disaring kecuali sp. Bisa di mixer atau di blender agar benar benar larut dan halus. Pastikan benar-benar halus
    3. Setelah adonan halus lalu campurkan 4 cangkir air dan masak dengan api kecil sambil diaduk agar tak ada gumpalan/endapan adonan pada dasar panci.
    4. Aduk terus hingga adonan mengental menyerupai susu kental manis, matikan api dan diamkan hingga dingin, lalu masukan kedalam box, tunggu hingga dingin dan bekukan di freezer.
    5. Setelah beku hancurkan es krim dengan garpu hingga menjadi butiran kecil.
    6. Lalu masukan sp yg sudah di tim lebih dulu dan mixer dengan kecepatan terendah secara hati hati, mixer terus hingga mengembang lalu tata es krim dalam kemasan atau box.
    7. Masukkan kembali ke dalam freezer dan siap disajikan.

    cara membuat ice cream jeruk

Cara Membuat Ice Cream Mangga

Bahan:

  1. 3 bungkus susu bubuk full cream
  2. 5 cangkir air atau santan
  3. 5 sendok makan (sdm) tepung maizena
  4. 2 sendok makan (sdm) sp
  5. 200 gram (gr) gula pasir
  6. Garam secukupnya
  7. 100 mili liter (ml) whipped cream
  8. 3 buah mangga segar

Cara Membuat Ice Cream Mangga:

  • Bersihkan 3 buah mangga, kupas dan blender sampai halus dengan sedikit air.
  • Siapkan whipped cream dan tambahkan air. Kocok sampai mengental.
  • Campurkan mangga dan whipped cream yang sudah halus tersebut. Kocok sampai merata.
  • Dari 5 cangkir air, ambil 1 cangkir air untuk melarutkan semua bahan termasuk jeruk yang sudak disaring kecuali sp. Bisa di mixer atau di blender agar benar benar larut dan halus. Pastikan benar-benar halus
  • Setelah adonan halus lalu campurkan 4 cangkir air dan masak dengan api kecil sambil diaduk agar tak ada gumpalan/endapan adonan pada dasar panci.
  • Aduk terus hingga adonan mengental menyerupai susu kental manis, matikan api dan diamkan hingga dingin, lalu masukan kedalam box, tunggu hingga dingin dan bekukan di freezer.
  • Setelah beku hancurkan es krim dengan garpu hingga menjadi butiran kecil.
  • Lalu masukan sp yg sudah di tim lebih dulu dan mixer dengan kecepatan terendah secara hati hati, mixer terus hingga mengembang lalu tata es krim dalam kemasan atau box.
  • Masukkan kembali ke dalam freezer dan siap disajikan.

 

The post Apakah Sulit Membuat Es Krim Sendiri? appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Keripik Jamur Cemilan Enak Simple Gak Ribet https://lintasusaha.com/keripik-jamur-cemilan-enak-simple-gak-ribet/ Thu, 19 Nov 2020 03:37:14 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5568 Cara membuat keripik jamur keriting dan renyah tidaklah sulit. Satu-satunya rahasia adalah adonan dan tepung kering terbuat dari bahan baku...

The post Keripik Jamur Cemilan Enak Simple Gak Ribet appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara membuat keripik jamur keriting dan renyah tidaklah sulit. Satu-satunya rahasia adalah adonan dan tepung kering terbuat dari bahan baku yang sama. Menggunakan air es untuk mencelupkan adonan juga dapat meningkatkan kerenyahan stik adonan. Selain itu, kulit yang renyah akan lebih awet. Artikel hari ini tentang keripik jamur cemilan enak.

Jamur merupakan makanan berserat tinggi dan rendah lemak. Jamur juga merupakan sumber vitamin dan mineral. Jamur dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol, mengurangi penyakit pencernaan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nah … jika jamur itu sendiri memiliki banyak manfaatnya, alangkah baiknya bisa dimasukkan dalam menu makanan kita sehari-hari.

Bagaimana cara membuat jamur crispy yang masih renyah dan enak meski setelah beberapa jam? Berikut beberapa resep yang bisa digunakan di dapur.

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Tahan Lama

Untuk menjaga agar jamur renyah lebih lama, jangan lupa gunakan air es untuk melarutkan campuran celupan. Soda kue juga membantu menggulung krim. Bagaimana cara membuat jamur keriting yang renyah dan super renyah? Berikut kami sajikan resep dan cara membuat jamur renyah.

 

Bahan:

  • 500 gram jamur tiram
  • Bahan tepung pencelup:
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 200 ml air es

 

 Bahan tepung pelapis:

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung maizena/tepung kanji
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Saus sambal botolan/sambal bangkok secukupnya

 

Cara Membuat:

  1. Potong jamur tiram yang kuntumnya lebar menjadi seukuran satu suapan.
  2. Haluskan bawang putih, kemudian campurkan dengan tepung terigu bahan pencelup. Tambahkan garam, merica bubuk, dan sendok teh baking soda. Sisihkan terlebih dahulu sebelum dituangi air es.
  3. Buat campuran tepung pelapis dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena/tepung kanji, dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan air es ke dalam adonan pencelup. Aduk rata hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Kemudian celupkan jamur tiram ke dalamnya satu per satu.
  5. Setelah dicelupkan ke dalam tepung pencelup, gulingkan jamur tiram di tepung pelapis. Pastikan seluruh bagian jamur diselimuti lapisan tebal. Setelah itu remas-remas sedikit untuk membentuk gumpalan di permukaannya.
  6. Goreng jamur tiram di dalam minyak panas sampai terendam seluruhnya. Selagi digoreng, siram permukaan jamur dengan minyak panas.
  7. Angkat jamur tiram dari penggorengan begitu warnanya sudah berubah kuning kecoklatan.
  8. Tiriskan minyak dari gorengan jamur crispy dengan kertas penyerap minyak atau kertas koran. Setelah itu sajikan dengan sambal.

Cara membuat jamur crispy aneka rasa

Setelah menguasai resep dasar cara membuat jamur renyah, tidak ada salahnya jika resep tersebut dimodifikasi dengan rasa yang lebih variatif. Misalnya keju, grill, jagung manis atau balado. Yang Anda butuhkan hanyalah bumbu untuk kentang goreng bubuk, yang dapat dibeli di toko bahan makanan dalam kemasan kecil atau besar. Anda juga bisa menggunakan perasa alami seperti daun jeruk, ketumbar, bawang merah, atau lada hitam. Bagaimana cara membuat jamur yang enak, renyah dengan rasa yang berbeda? Pelajari bahan-bahannya dan cara menyiapkan berbagai rasa jamur renyah ini.

Bahan:

  • 500 gram jamur tiram
  • Bahan tepung pencelup:
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 200 ml air es

 

Bahan tepung pelapis:

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung maizena/tepung kanji
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 Bungkus bumbu kentang goreng bubuk

Cara Membuat:

  1. Potong jamur tiram yang kuntumnya lebar menjadi seukuran satu suapan.
  2. Haluskan bawang putih, kemudian campurkan dengan tepung terigu bahan pencelup. Tambahkan garam, merica bubuk, dan sendok teh baking soda. Sisihkan terlebih dahulu sebelum dituangi air es.
  3. Buat campuran tepung pelapis dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena/tepung kanji, dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan air es ke dalam adonan pencelup. Aduk rata hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Kemudian celupkan jamur tiram ke dalamnya satu per satu.
  5. Setelah dicelupkan ke dalam tepung pencelup, gulingkan jamur tiram di tepung pelapis. Berbeda dengan resep sebelumnya, kali ini gulingkan jamur di tepung kering hingga membentuk lapisan tipis saja. Setelah itu remas-remas sedikit untuk membentuk gumpalan di permukaannya.
  6. Goreng jamur tiram di dalam minyak panas sampai terendam seluruhnya. Selagi digoreng, siram permukaan jamur dengan minyak panas.
  7. Angkat jamur tiram dari penggorengan begitu warnanya sudah berubah kuning kecoklatan.
  8. Tiriskan minyak dari gorengan jamur crispy dengan kertas penyerap minyak atau kertas koran. Setelah itu letakkan di dalam wadah yang memiliki tutup rapat. Taburi bumbu kentang goreng, kemudian kocok-kocok hingga bumbu tercampur rata.
Sekian artikel hari ini tentang keripik jamur cemilan enak semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membuat cemilan enak di rumah, dan anda bisa membuat keripik laiinya di rumah denga gampang, seperti keripik tempe keripik jamur dan masih banyak lagi keripik yang bisa anda buat di rumah. sekian dan terima kasih.

The post Keripik Jamur Cemilan Enak Simple Gak Ribet appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Budidaya Bawang Putih di Pot Dengan Mudah di Rumah https://lintasusaha.com/cara-budidaya-bawang-putih-di-pot/ Mon, 16 Nov 2020 15:59:54 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5563 Cara budidaya bawang putih di pot merupakan cara terbaik untuk membudidayakan bawang putih jika anda tidak memiliki lahan yang luas....

The post Cara Budidaya Bawang Putih di Pot Dengan Mudah di Rumah appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara budidaya bawang putih di pot merupakan cara terbaik untuk membudidayakan bawang putih jika anda tidak memiliki lahan yang luas. Bawang putih sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang paling penting dan wajib ada di dapur bagi orang Indonesia. Salah satu masakan yang menggunakan bawang putih sebagai bahan utamanya adalah sayur sop.

Kali ini saya akan membagikan cara budidaya bawang putih di pot dengan baik dan benar.

Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Budidaya Bawang Putih di Pot

Jika anda berniat untuk melakukan budidaya bawang putih di pot rumahan atau ingin anda jadikan bisnis, berikut ini beberapa cara untuk budidaya bawang putih yang berkualitas.

Mulai dari tahap paling awal hingga ke tahap anda dapat panen sukses.

1. Menyiapkan Lahan Penanaman

Pertama-tama, untuk melakukan budidaya bawang putih tentu anda harus menyiapkan lahan dan segala peralatan yang dibutuhkan. Untuk masalah iklim, Indonesia merupakan salah satu negara yang terbaik untuk melakukan budidaya bawang putih.

Dikarenakan Indonesia sendiri memiliki iklim yang stabil untuk menanam berbagai macam tanaman termasuk salah satunya bawang putih. Untuk media tanamnya, anda bisa menggunakan polybag, pot, atau langsung ditanam saja di pekarangan rumah anda.

Dalam menanam bawang putih, tidak memerlukan lahan yang sangat luas. Bahkan, kamu bisa melakukan budidaya bawang putih pada lahan yang kecil sekalipun. Bawang putih membutuhkan tanah yang memiliki tekstur lempung berpasir serta struktur tanah yang gembur dengan pH 5,5-7.

Mulai tanam bawang putih anda dengan jarak sekitar 4 inci serta kedalaman lubang sekitar 2 inci. Masukkan bawang putih ke dalam lubang tadi dengan bagian akar menghadap ke bawah dan bagian runcingnya menghadap ke atas. Lalu, tutup dengan tanah, padatkan secara perlahan dan beri pupuk.

2. Menyiapkan Bibit Budidaya Bawang Putih

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk budidaya bawang putih adalah menyiapkan bibit bawang putih. Anda dapat menggunakan satu bonggol bawang putih untuk bibit yang biasa anda beli di pasar.

Tapi, anda juga harus tahu mana jenis bawang putih yang cocok untuk anda jadikan bibit budidaya bawang putih. Akan lebih baik jika anda membeli bibitnya di toko tanaman yang menyediakan berbagai jenis varietas dari bawang putih. Disarankan anda membeli di toko tanaman saja.

Jika anda membeli bibit budidaya bawang putih dari pasar, bisa saja bawang putih tersebut bukan berasal dari Indonesia. Bibit bawang putih yang anda beli di pasar juga cenderung susah untuk ditanam. Karena, para pedagang biasanya menambahkan bahan kimia agar bawang putih dapat bertahan lebih lama.

3. Perhatikan Waktu Penanaman Budidaya Bawang Putih di Pot

Selanjutnya adalah memperhatikan waktu anda menanam bawang putih. Waktu untuk mulai menanam yang tepat adalah pada saat musim gugur. Jika anda menanam pada musim itu, maka bawang anda berkemungkinan memiliki ukuran yang lebih besar serta rasa yang kuat.

Akan tetapi, dikarenakan Indonesia hanya memiliki dua musim dan berada di iklim tropis, maka waktu yang tepat untuk menanam adalah pada awal musim semi. Disarankan anda memulai penanaman saat bulan Februari atau Maret.

4. Cara Merawat Bawang Putih di Pot

Ketika anda melakukan budidaya bawang putih, anda harus selalu memperhatikan dan merawat tanaman bawang putih anda. Hal ini bertujuan agar anda mendapatkan hasil budidaya bawang putih yang berkualitas.

Selalu cukupi kebutuhan air tanaman anda. Siramlah tanaman bawang putih anda setiap 3-4 hari tergantung pada cuaca. Jika tanaman bawang putih anda sudah muncul akar, anda bisa memotongnya. Ini dilakukan supaya umbi bawang anda dapat tumbuh lebih besar.

5. Menambahkan Pupuk

Anda dapat menambahkan pupuk organik atau non-organik pada tanaman bawang putih anda. Jika anda menggunakan pupuk organik, anda bisa menggunakan pupuk kandang seperti kotoran ayam atau kambing. Tambahkanlah dengan dosis masing-masing 10-20 ton/ha dan 30 ton/ha.

Selain pupuk kandang, anda juga bisa menggunakan pupuk nitrogen yang biasa digunakan 3 kali selama pertumbuhan bawang putih. Yaitu pada saat tanam, pertumbuhan tunas, dan pertumbuhan umbi.

Setelah itu, untuk dosis dari pupuk non-organik tersebut adalah 200 Kg N, 180 Kg P2O5, 60 Kg K2O, dan 142 Kg S per hektar. Kemudian, pemberian pupuk kimia cair (unsur mikro) seperti Sitozim 0,25% juga penting dalam menghasilkan bawang yang berkualitas.

Jangan lupa untuk melakukan pembasmian gulma. Karena ini merupakan salah satu langkah yang penting untuk pertumbuhan pesat bawang. Gulma sendiri dapat menghambat proses pertumbuhan, pembesaran, dan pembentukan umbi dari bawang.

6. Memanen Bawang Putih

Saat membudidayakan bawang putih, anda tentunya juga harus memahami mana tanaman bawang yang sudah siap panen. Rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam budidaya bawang putih dari tahap awal hingga siap panen adalah 90-120 hari.

Tanda dari bawang yang sudah siap panen memiliki daun yang mulai menguning dan mati. Anda juga tidak boleh lambat dalam memanen, dikarenakan hasil umbi bawang akan mengerut dan menghasilkan rasa yang tidak enak.

Selanjutnya untuk cara memanen bawang putih yang sudah siap panen yaitu, anda bisa langsung mencabutnya menggunakan tangan. Setelah selesai dipanen, ikatlah hasil panen dengan banyak sekitar 20-30 rumpun perikat.

Lalu, jemurlah hingga batang bawang kering dan waktu yang diperlukan adalah sekitar 15 hari.

7. Pengawetan Bawang Putih

Setelah anda memanen semua bawang anda, hal selanjutnya yang perlu dilakukan selama budidaya bawang putih adalah pengawetan selama kurang lebih 2 minggu. Lakukan pengawetan ini sampai bawang tersebut kering dengan cara didiamkan.

Setelah semua kering, kulit bawang akan mengering dan umbinya semakin keras. Lalu, simpanlah di tempat yang dingin dan kering. Kemudian anda bisa menggunakan bawang putih tersebut sebagai bahan masakan, obat, atau dijual.

Bawang putih memiliki harga yang relatif tetap. Hal inilah yang membuat budidaya bawang putih menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Di Indonesia sendiri, para petani bawang putih sampai sekarang bisa dibilang terbatas. Maka dari itu, mungkin anda bisa memulai bisnis budidaya bawang putih rumahan.

Itu dia tadi bagaimana cara budidaya bawang putih di pot dengan baik dan benar. Langkah ini bisa anda terapkan di rumah anda yang tidak memiliki lahan yang terlalu luas. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

The post Cara Budidaya Bawang Putih di Pot Dengan Mudah di Rumah appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Tutorial Membuat Keripik Pare Gampang Pemula https://lintasusaha.com/tutorial-membuat-keripik-pare/ Mon, 16 Nov 2020 06:48:35 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5559 Siapa yang tidak tahu pare? Sayuran, biasanya diolah dengan cara ditumis. Ada berbagai macam pare. Tapi hanya ada satu rasa...

The post Tutorial Membuat Keripik Pare Gampang Pemula appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Siapa yang tidak tahu pare? Sayuran, biasanya diolah dengan cara ditumis. Ada berbagai macam pare. Tapi hanya ada satu rasa dan sama, yaitu pahit. Ya, banyak orang tidak suka pare karena itu. Namun banyak juga orang yang suka pare, apalagi saat memasak. artikel hari ini tentang tutorial membuat keripik pare.

Walaupun terasa pahit, ternyata ada inovasi baru dalam pengolahan pare. yaitu keripik. Apakah kamu percaya? Beberapa orang pasti tidak asing dengan irisan pare.

Rasanya enak sekali. Tidak pahit, bahkan renyah dan enak. Ada juga rasa pedas, balado, dan barbekyu.

Di Yogyakarta, banyak keripik pare sudah tergantung di rak-rak toko oleh-oleh dan supermarket. Tentu saja banyak juga produsennya. Biasanya pare yang beredar biasanya dilapisi dan bisa digunakan sendiri. Produksinya masih tergolong industri rumahan atau UMKM. Tepung akan mengurangi rasa pahit dari pare. Sehingga pare tidak akan terlalu pahit. Jika disimpan dalam kemasan yang baik, Anda bisa menyimpan keripik pare tetap renyah.

Ibu Endah adalah salah satu produsen keripik ternama. Ia memproduksi keripik pare di rumahnya di Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Sekitar 10 kilogram pare diproses setiap hari untuk membuat keripik pare dengan berbagai rasa dan ukuran. Bu Endah tidak punya rahasia tentang kunci menghadapi keripik pare. Penting agar pare digoreng dengan minyak yang sangat panas mengunakan deep fryer. Ini akan mengurangi air dan kepahitan.

Sebelum kita masuk ke topik bahasan utama kita cara bikin keripik pare ada baiknya kita mengetahui sejarah dari sayur pare terlebih dahulu. Yukk simak!!

Manfaat Sayur Pare

1. Menyumbang gizi penting yang dibutuhkan tubuh

Secangkir pare mentah (94 gram) mengandung karbohidrat, serat, vitamin C tinggi (93%), vitamin A, asam folat, kalium dan zat besi. Bagi yang ingin menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit setelah Lebaran, makan pare bisa menjadi solusinya. Padahal, antioksidannya juga bisa melindungi sel manusia dari bahaya.

2. Menekan kadar kolesterol dan gula darah

Santan, daging, kue berlemak, dll yang masuk ke tubuh Anda saat Lebaran akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi ekstrak pare, pare goreng atau pare yang dikukus, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida penyebab penyakit jantung dan stroke! Tak hanya itu, pare juga dipercaya dapat meningkatkan penggunaan gula pada jaringan tubuh manusia dan meningkatkan sekresi insulin. Artinya, kadar gula darah Anda cenderung normal, sehingga dapat menurunkan risiko diabetes.

3. Membantu menurunkan berat badan

Mereka yang berat badannya naik setelah libur Lebaran biasanya tidak berhenti mengeluh. Daripada mengeluh, makanlah labu pahit. Karena pare merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat melewati saluran pencernaan dengan sangat lambat. Oleh karena itu, akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar. Kabar baiknya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak pare setiap hari dapat mengurangi lemak perut secara signifikan.

4. Mencegah penyakit kanker

Selain brokoli, sayur yang dipercaya ampuh mencegah pembentukan sel kanker adalah pare. Faktanya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak pare dapat secara efektif membunuh sel kanker lambung, usus, paru-paru dan nasofaring. Dalam penelitian lain, ekstrak pare dilaporkan dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara.

5. Aman dikonsumsi ibu hamil dan dapat “membersihkan” darah

Menurut Dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari BMedSc Hons dari KlikDokter, pare aman dimakan ibu hamil asalkan dibersihkan dan dimasak dengan benar. Padahal, pare merupakan sayuran yang dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Cara Membuat Keripik Pare

Bahan:

  • 1 kg pare
  •  2 sdm garam kasar
  • Air

Bumbu:

  • 8 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdm ketumbar, sangria
  •  ½ sdt merica bubuk
  •  ½ sdt garam halus

Adonan:

  • 1 butir telur
  •  275 gram tepung beras
  • 150 gram tepung tapioka
  •  50 gram tepung terigu
  •  450 ml air
  •  1 sdt penyedap rasa
  •  ½ sdt kaldu jamur
  •  ½ sdt garam halus
  •  5 lembar daun jeruk iris halus

Bahan Pelengkap:

  •  Saus Tomat
  • Saus Sambal
  • Mayonaise

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih semua pare dan buang bijinya. Iris tipis-tipis lalu beri garam kasar dan air, rendam sekitar 30 menit.
  2. Buang air rendaman, cuci bersih dengan air mengalir (dua kali).
  3. Siapkan air panas hingga mendidih, matikan kompor kemudian rendam pare selama 10 menit agar rasa pahitnya tak terlalu terasa. Setelah itu cuci kembali dengan air dingin dengan meremas pare hingga bertekstur kesat.
  4. Haluskan bahan-bahan bumbu lalu campurkan dengan bahan-bahan adonan, aduk rata.
  5. Masukan pare ke adonan sampai tertutup rata.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, lalu ambil pare dengan memakai tangan (tanpa alat bantu), goreng pare satu persatu kemudian aduk terus agar tidak saling menempel.
  7. Goreng hingga pare menjadi kering atau berwarna kuning keemasan, angkat lalu tiriskan.
  8. Sajikan bersama saus tomat, saus sambal dan mayonaise.
Sekian artikel hari ini tentang tutorial membuat keripik pare semoga bermanfaat bagi anda semua, jika anda bosan dengan cemilan itu-itu saja, anda bisa membuat keripik tempe sebagai cemilan anda. sekian dan terima kasih.

The post Tutorial Membuat Keripik Pare Gampang Pemula appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang https://lintasusaha.com/manfaat-kunyit-bagi-kesehatan/ Wed, 11 Nov 2020 15:48:46 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5553 Kunyit merupakan tanaman yang cara menanam kunyit ini sendiri terbilang mudah serta memiliki banyak manfaat kunyit bagi kesehatan yang jarang...

The post Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Kunyit merupakan tanaman yang cara menanam kunyit ini sendiri terbilang mudah serta memiliki banyak manfaat kunyit bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh orang. Selain memiliki manfaat yang berlimpah, kunyit biasa digunakan sebagai campuran masakan. Salah satu masakan yang menggunakan tambahan kunyit adalah sayur sop.

Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui oleh banyak orang. Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Selain sebagai bahan makanan, kunyit juga punya banyak manfaat yang jarang kita ketahui. Berikut ini apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh:

1. Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Dapat Menghalangi Sel Kanker

Dikutip dari ucapan seorang dokter di UCLA, kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit ditemukan sebagai bahan utama yang aktif pada kunyit. Kurkumini disini berguna untuk mencegah atau memblokir enzim yang mendorong pertumbuhan kanker pada leher dan kepala.

Di Penelitiannya, terdapat sebanyak 21 orang yang memiliki kanker di kepala dan leher. Kemudian dokter UCLA meminta mereka untuk mengonsumsi dua buah tablet yang mengandung 1.000 mg kurkumin.

Hasil laboratorium independen di Maryland mengatakan, enzim yang menimbulkan kanker pada mulut pasien berhasil dihambat oleh kurkumin.

Dengan demikian, penyebaran sel-sel kanker ganas dapat dicegah oleh kurkumin yang ada didalam kunyit.

2. Sebagai Antioksidan Yang Kuat

Dikatakan juga oleh Pusat Medis Universitas Maryland, didalam kurkumin terdapat sifat antioksidan yang sangat kuat guna menangkal dan memerangi radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Bahkan selain dari itu ada juga penelitian awal, kurkumin juga menunjukkan bahwa kandungan ini dapat membantu pencegahan dari beberapa jenis kanker termasuk prostat, usus besar, dan kulit.

3. Bisa Menurunkan Resiko Penyakit Alzheimer

Pada sesuatu riset didalam suatu harian American Journal of Geriatric Psychiatry berkata bila kurkumin dinyatakan dapat tingkatkan ingatan serta melaksanakan pergantian pada atmosfer hati orang yang mengidap permasalahan kehabisan ingatan ringan.

Sebanyak 40 orang dewasa yang berusia 50-90 tahun dilibatkan dalam penelitian ini. Orang-orang yang berpartisipasi ini diminta untuk meminum pil dari kurkumin atau plasebo semala 18 bulan.

Penelitian ini membuahkan hasil yang menunjukkan perhatian serta memori partisipan yang sudah mengonsumsi pil kurkumin meningkat sebanyak 20 persen. Namun alasan jelas bahwa kunyit dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang belum diketahui.

Akan tetapi, para dokter percaya kalau hal tersebut dapat terjadi dikarenakan rempah-rempah umumnya memiliki sifat anti-inflamasi.

“Ini kemungkinan karena kemampuan dari kunyit untuk mengurangi peradangan pada otak, itulah yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer serta depresi berat,” ucap Gary Small dari UCLA kepada NDTV.

4. Berguna Sebagai Anti-Inflamasi (Anti-Peradangan)

Randy J Horwitz, selaku direktur medis dari Pusat Pengobatan Integratif Arizona, memberikan informasi mengenai manfaat bagi kesehatan dari kunyit didalam sebuah makalah di American Academy of Pain Management.

Horwitz di sebuah surat kabar mengatakan “kunyit merupakan salah satu obat anti-inflamasi(anti-peradangan) alami yang paling manjur.”

Para peneliti melakukan sebuah eksperimen pada tempat penelitian di Universitas Arizona. Mereka melakukan eksperimen dengan menyuntikan kunyit pada tikus yang terkena rheumatoid arthritis.

Supaya anda tahu, rheumatoid arthritis merupakan peradangan sendi yang diakibatkan sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri.

Perawatan dengan kunyit ternyata benar-benar dapat menghambat munculnya gejala rheumatoid arthritis pada tikus dan terjadi pengurangan gejala yang signifikan.

Selain dapat menghambat rheumatoid arthritis, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kurkumin dapat meringankan gejala dari uveitis atau biasa disebut peradangan jangka panjang pada lapisan tengah mata.

Mengkonsumsi kunyit setiap hari selama beberapa bulan juga dapat meningkatkan fungsi dari ginjal bagi orang yang menderita radang ginjal.

5. Meredakan Nyeri Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan inflamasi ringan yang menyebabkan sendi terasa nyeri. Hal ini terjadi karena gesekan pada ujung-ujung dari tulang yang menyusun sendi.

Sesuai penelitian, bahwa jika kita mengambil ekstrak kunyit maka itu dapat meringankan rasa sakit penderita osteoarthritis. Kunyit bisa bekerja bagaikan ibuprofen guna melenyapkan rasa sakit pengidap osteoarthtritis sebagaimana yang dilaporkan WebMD dalam satu riset.

6. Dapat Menjadi Pereda Gangguan Pencernaan

Kandungan kurkimin yang ada pada kunyit dapat bekerja dengan empedu, merangsang empedu tersebut untuk bekerja secara optimal, dan membantu pencernaan

7. Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Mampu Menekan Penyakit Jantung Dan Diabetes

Dalam suatu penelitian membuktikan bahwa kurkumin dapat membantu untuk mencegah penumpukan plak. Penumpukan plak sendiri umumnya menyebabkan serangan jantung dan stroke karena plak yang menumpuk dan menyumbat arteri.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini tentang cara menanam kunyit serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga tanaman kunyit anda dapat tumbuh besar dan dapat berguna. Selalu gunakan pupuk organik ya, jangan gunakan pupuk kimia agar pertumbuhan kunyit anda optimal dan tetap jaga kesuburan dari tanah anda.

Itu tadi merupakan penjelasan tentang apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat bagi semua orang. Terima kasih!

The post Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang appeared first on Lintas Usaha.

]]>