Lintas Usaha https://lintasusaha.com Blog Ide, Inspirasi, Ulasan dan Info Usaha Bisnis Menarik Wed, 03 Mar 2021 18:19:11 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.6.2 https://lintasusaha.com/wp-content/uploads/2019/07/favicons-L-150x150.png Lintas Usaha https://lintasusaha.com 32 32 Peluang Usaha dan Tips Penting Ternak Ayam Petelur https://lintasusaha.com/peluang-usaha-ayam-petelur/ Tue, 23 Feb 2021 04:56:02 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5917 Peluang Usaha dan Tips Penting Ternak Ayam Petelur Bisnis ternak ayam petelur sebenarnya bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan dalam peluang...

The post Peluang Usaha dan Tips Penting Ternak Ayam Petelur appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Peluang Usaha dan Tips Penting Ternak Ayam Petelur

Bisnis ternak ayam petelur sebenarnya bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan dalam peluang usaha ternak, mengingat telur adalah salah satu komoditas bahan pokok yang selalu dibutuhkan masyarakat setiap hari. Hampir seluruh rumah tangga ataupun tempat usaha makanan menggunakan telur yang merupakan sumber protein hewani yang murah meriah.

Tingginya kebutuhan masyarakat akan telur membuat sebagian orang menjalankan peluang usaha yang menjanjikan ini. Di samping itu, resiko kerugiannya bisa dibilang minim jika memang segala aspek bisnisnya dijalankan dengan baik.

Meskipun menguntungkan, tetapi masih banyak orang yang enggan untuk terjun ke bisnis ini karena menganggap memelihara ayam itu bukan hal yang mudah. Ada hal-hal yang perlu dipelajari untuk menjaga agar ayam-ayam itu tetap sehat dan produktif, serta menghasilkan telur berkualitas yang layak dijual di pasaran.

Ada dua jenis usaha ternak ayam, yaitu ternak ayam petelur dan ternak ayam pedaging. Kedua jenis usaha ini memiliki peluang, tantangan dan resiko yang berbeda.

Pelaku usaha ayam petelur tidak perlu membeli bibit lagi karena ayam-ayam itu bisa menghasilkan telur berulang kali. Lain halnya dengan peternak ayam pedaging yang kemudian harus membeli bibit lagi setelah tiba waktunya ayam-ayamnya disembelih.

Ternak ayam petelur menggunakan ayam betina dewasa yang dapat menghasilkan telur setiap hari, yang kemudian telurnya dikumpulkan dan disortir, lalu dijual. Tingginya permintaan telur di pasaran membuat peluang usaha ayam petelur semakin besar.

Peluang Usaha Ternak Ayam Petelur

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, konsumsi telur nasional terus meningkat dari tahun ke tahun seiring bertambahnya jumlah penduduk, sehingga kebutuhan pun meningkat. Masyarakat Indonesia membutuhkan 6.53 kilogram telur per kapita per tahun. Pada tahun 2017, konsumsi telur nasional mencapai 1.5 juta ton dan diperkirakan akan meningkat hingga 1.7 juta ton pada tahun 2021.

peluang usaha ayam petelur

Beternak ayam petelur memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ayam pedaging, yaitu dalam hal memberikan pendapatan yang lebih stabil dan masa produktif yang lebih lama. Ayam petelur cenderung memberikan pendapatan yang lebih stabil karena telur bisa dihasilkan setiap hari. Lain halnya dengan ayam pedaging yang perlu menunggu siklus setidaknya 35 hari.

Soal masa produktif, ayam petelur bisa terus menghasilkan telur untuk jangka waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 1.5 hingga 2 tahun. Puncak produksi biasanya dapat dicapai sekitar minggu ke 90. Selama masa produktif tersebut, kamu bisa mengambil telur setiap harinya.

Hal inilah yang membuat bisnis ayam petelur layak untuk dikembangkan. Keuntungan lainnya yaitu ketika ayam sudah tidak mampu memproduksi telur lagi, ayam tersebut bisa dijual untuk dimanfaatkan dagingnya.

Bagaimana menentukan jenis ayam petelur yang diminati pasar? 

Tentunya yang berkualitas tinggi, dilihat dari bentuk, ruang udara dan kejernihannya. Untuk pasar yang high-class, kamu bisa memilih strain ayam yang berkualitas tinggi. Sebaliknya, jika target market kamu adalah yang standar, maka kamu bisa memilih strain biasa. Tiap strain memiliki produktivitas telur yang berbeda.

Tips Memulai Usaha Ternak Ayam Petelur

Buat kamu yang tertarik menjalankan usaha ternak ayam petelur, berikut ini ada beberapa tips sukses untuk memulainya.

1. Persiapkan lokasi beternak

Dalam menentukan lokasi untuk membangun kandang, usahakan yang letaknya jauh dari pemukiman warga, agar bau yang disebabkan oleh kotoran ayam tidak mengganggu warga di sekitar lokasi.

Disamping itu, kandang ayam memang sebaiknya ditempatkan di lokasi yang tidak terlalu ramai untuk mencegah terjadinya stress pada ayam, yang tentunya akan mempengaruhi kondisi fisik dan produktivitas ayam dalam menghasilkan telur, serta mencegah ayam  menjadi rentan penyakit dan menghasilkan telur yang kurang sempurna.

Namun, harus dipastikan bahwa lokasi beternak ini juga mudah dijangkau dengan kendaraan, untuk menjamin kelancaran proses pemantauan atau pemeliharaan ternak, serta pengangkutan telur yang diambil dari peternakan untuk dijual.

2. Persiapkan perlengkapan ternak ayam petelur

Berikut ini adalah perlengkapan yang diperlukan untuk beternak ayam petelur.

  • Kandang ayam : Ukuran kandang untuk ayam berumur 0-6 minggu adalah 1 m2 untuk 10-15 ekor anak ayam dengan suhu kandang berkisar antara 30ºC-32ºC. Suhu ini harus stabil, agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan atau stres pada anak ayam. Pada ternak ayam petelur dewasa, suhunya berkisar 32,2ºC-35ºC dengan kelembaban sekitar 60-70%.
  • Peralatan kandang :
      • Litter (alas lantai) : Tebal litter setinggi 10 cm. Bahan litter berasal dari campuran kulit padi/sekam dengan sedikit kapur dan pasir secukupnya, atau hasil serutan kayu dengan panjang 3–5 cm sebagai pengganti kulit padi/sekam.
      • Tempat bertelur : Tempat bertelur dapat dibuat berbentuk kotak dengan ukuran 30 cm x 35 cm x 45 cm yang cukup untuk 4–5 ekor ayam. Kotak diletakkan di dinding kandang dengan lebih tinggi dari tempat bertengger
      • Tempat bertengger : Tempat bertengger untuk tempat istirahat/tidur. Dibuat tertutup agar terhindar dari angin dan letaknya lebih rendah dari tempat bertelur.
      • Tempat pakan, minum,dan tempat grit : Tempat pakan dan minum harus tersedia cukup. Dibuat dari bambu, aluminium atau apapun asalkan kuat, tidak bocor, dan tidak berkarat. Untuk tempat grit dengan kotak khusus, tergantung pada umur ayam. Kamu dapat menggantinya dengan memanfaatkan teknis otomatis yang menggunakan mesin.
      • Alat pemanas : Pemanas atau brooder berguna untuk memberikan kehangatan pada ayam. Kamu dapat membuatnya dengan membuat lingkaran setinggi 30-45 cm dengan jari-jari 350 cm, atau model persegi panjang berukuran 5 m x 6 m dan menggantungkan pemanas di ketinggian 80-120 cm dari permukaan tanah.

3. Pemilihan Anakan atau Bibi

Memilih anakan atau bibit merupakan hal yang harus diperhatikan karena menjadi salah satu kunci sukses ternak ayam petelur ini. Belilah bibit dari penjual yang dapat dipercaya, yang mengembangbiakkan ayam dari indukan yang unggul, sehingga akan menghasilkan bibit yang tumbuh normal, sehat, tanpa cacat sama sekali.

Secara fisik, bibit yang bagus seperti ini bisa terlihat dari bulunya yang menutup rata badannya. Dengan memastikan hal ini pada bibit ayam petelur, maka telur ayam yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang bagus.

Ciri-ciri lain dari anakan yang baik selain bulu yang menutup rata dan halus serta tidak ada cacat tubuh, yaitu ukuran badannya normal dengan berat yang ideal sesuai usianya, nafsu makan baik, serta tidak terdapat feses (kotoran) di duburnya.

Bibit ayam biasanya dikenal dengan sebutan DOC atau Day-Old Chick, yaitu anak ayam yang baru lahir. DOC sebaiknya diberi vaksin agar terbebas dari penyakit. Harga DOC di pasaran biasanya berkisar Rp 900,000 per 100 ekor.

Pada umumnya ada dua jenis/ras ayam yang digunakan peternak ayam petelur, yaitu ayam petelur coklat dengan ukuran telur yang lebih besar, dan ayam petelur putih dengan ukuran telur yang lebih kecil. Dua jenis telur tersebut sama saja jika dilihat dari kandungan gizinya. Berikut ini adalah perbedaan antara dua jenis ayam tersebut:

  • Ayam Ras Petelur Putih : Tipe ayam yang menghasilkan warna cangkang telur berwarna putih. Badannya lebih ramping, kurus, mungil, kecil, dan matanya lebih bersinar. Berasal dari galur murni white leghorn, bulu berwarna putih bersih, dan berjengger merah.
  • Ayam Ras Petelur Coklat : Tipe ayam yang memiliki berat badan yang lebih ketimbang tipe ayam ras petelur putih. Tetapi, ayam ini memiliki bobot badan yang lebih ringan dibandingkan dengan ayam pedaging (broiler). Bulunya berwarna coklat dan menghasilkan cangkang telur dengan warna coklat.

4. Penyiapan dan Pemberian Pakan

Jika ingin ayam petelur kamu menghasilkan telur yang berkualitas, selain harus berasal dari anakan yang sehat, juga harus diberi pakan yang berkualitas yaitu yang mengandung protein, karbohidrat, mineral, kalsium, serta vitamin untuk memenuhi kebutuhan ayam. Kamu bisa memberikan pakan kepada ayam dalam bentuk konsentrat, dedak dan jagung yang telah digiling, atau potongan hijauan yang dipotong menggunakan mesin pencacah rumput.

Namun, harus diperhatikan pula bahwa ayam tidak bisa mendapatkan pakan yang berlebih, karena akan membuatnya mengalami penumpukan lemak yang berakibat pada kemampuan memproduksi telur. Jadi, usahakanlah untuk selalu memberi pakan dengan kandungan gizi dan takaran yang tepat sesuai usia ayam.

5. Pemeliharaan Kesehatan

Menjaga kesehatan ayam petelur dilakukan dengan pemberian vitamin dan vaksin secara rutin, agar kekebalan tubuhnya meningkat sehingga tidak rentan penyakit.

Hal lainnya dalam pemeliharaan kesehatan ayam petelur yaitu dengan memelihara kebersihan kandangnya. Kandang harus dibersihkan secara berkala untuk mencegah kotoran ayam menumpuk. Gunakan desinfektan agar kandang lebih bersih.

6. Pemilihan Telur

Pada umumnya bibit ayam petelur baru akan mulai bertelur di usia 4 bulan. Jika ayam dalam kondisi normal dan sehat, ayam tersebut akan mampu menghasilkan telur setiap hari. Setelah mengumpulkan telur, sebaiknya jangan langsung dijual, tetapi perlu disortir terlebih dahulu untuk memisahkan telur yang tidak normal.

Telur yang tidak normal memiliki ukuran yang lebih kecil atau lebih besar dari telur biasa. Ada pula yang bentuknya cenderung lebih gepeng atau lonjong. Jadi, pastikan untuk selalu menyortir telur yang terkumpul agar hanya  telur yang berkualitas saja yang kamu jual di pasaran.

***

Menjalankan peluang usaha ayam petelur membutuhkan kesabaran serta keterampilan yang perlu dipelajari untuk memelihara ayam-ayam tersebut, serta kegigihan untuk menghadapi segala kesulitan dan resiko agar usaha ini bisa berkembang dan memberikan keuntungan yang menjanjikan.

The post Peluang Usaha dan Tips Penting Ternak Ayam Petelur appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Peluang Bisnis Ternak Yang Mudah Dikembangkan Dan Menjanjikan https://lintasusaha.com/bisnis-ternak-yang-menjanjikan/ Tue, 23 Feb 2021 03:56:04 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5912 10 Peluang Bisnis Peternakan Yang Menjanjikan dan Mudah Dikembangkan dengan Modal Kecil Tidak banyak orang yang mau berat di dalam...

The post Peluang Bisnis Ternak Yang Mudah Dikembangkan Dan Menjanjikan appeared first on Lintas Usaha.

]]>
10 Peluang Bisnis Peternakan Yang Menjanjikan dan Mudah Dikembangkan dengan Modal Kecil

Tidak banyak orang yang mau berat di dalam bisnis peternakan, sebuah usaha memelihara, mengembangbiakkan, dan mendapatkan hasil dari hewan ternak.

Namun demikian, kebutuhan manusia atas hewan ternak sebagai bahan baku yang menunjang industri kuliner cenderung semakin meningkat. Hal ini tentu menyebabkan peluang peningkatan omzet bagi si empunya bisnis peternakan.

Peluang bisnis peternakan yang dapat dimulai dengan modal kecil adalah sebagai berikut:

Beternak Ayam

bisnis ternak yang menjanjikan

Beternak ayam dapat diawali dengan sebidang tanah yang memadai untuk area kandang dan tempat ayam mencari makan. Namun demikian, peternak ayam rumahan—baik ayam kampung, ayam petelur, maupun ayam potong—harus memastikan agar peternakan kecilnya tidak mengganggu tetangga dan lingkungan sekitar.

Beternak Burung Puyuh

Meskipun tidak sebanyak kuliner daging ayam, daging burung puyuh merupakan bahan dasar yang mulai sering dicari oleh restoran-restoran kelas menengah ke atas. Rasanya yang khas membuat kuliner dari daging burung puyuh ini mulai diminati oleh masyarakat, di samping telurnya yang tentu sudah cukup lama digemari.

Beternak Ikan Lele

Beternak ikan lele merupakan salah satu opsi bisnis peternakan yang layak dipertimbangkan, mengingat populernya makanan hasil olahan lele; salah satunya adalah pecel lele yang dapat dijumpai hampir di mana saja.

Kecepatan memanen ikan lele tergantung dari seberapa rutinnya ternak tersebut diberi makan. Cukup mudah, bukan?

Beternak Bebek

Daging dan telur bebek dicari karena tekstur dan rasanya yang khas, berbeda dari daging dan telur ayam. Dalam pemeliharaannya, kandang dan lahan peternakan bebek pun harus dijaga kebersihannya.

Baca Juga : Resep Sambal Hitam Bebek Goreng Madura yang Enak dan Gurih

Selain itu, aspek pencahayaan dan pengelompokkan bebek sesuai dengan ukuran perlu diperhatikan.

Beternak Kelinci

Meskipun belum sepopuler ayam atau bebek, bisnis peternakan kelinci merupakan salah satu peluang yang menjanjikan omzet cukup besar. Olahan daging kelinci seperti abon, sate, nugget bahkan dapat diekspor hingga mancanegara.

Selain kebersihan dan lokasi kandang, lingkungan peternakan kelinci harus terbebas dari polusi udara, baik dalam bentuk bau tidak sedap maupun asap, dan suara bising.

Beternak Kambing

Beternak kambing dapat dimulai dari membesarkan beberapa ekor kambing di kebun belakang rumah—di lokasi yang tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Sebaiknya kambing digembalakan untuk merumput di padang rumput dan tidak dibiarkan berkeliaran di jalanan sehingga tidak mengganggu kegiatan khalayak umum. Pakan kambing bisa dibuat sendiri dengan jerami melalui proses menggunakan mesin pencacah rumput.

Beternak Udang

Selain diolah menjadi kerupuk, terasi, dan rempeyek, udang merupakan salah satu komoditi utama di restoran-restoran makanan laut. Oleh karena itu, produsen udang banyak dicari oleh pengusaha-pengusaha kuliner di Indonesia.

Tidak perlu dengan membuka tambak dengan ukuruan yang lumayan besar, Anda bisa melakukan ternak udang menggunakan kolam terpal di rumah Anda.

Beternak Belut

Belut merupakan komoditi yang belum banyak diminati. Mungkin bentuknya yang menyerupai ular dan licin menyebabkan tidak semua orang mudah menikmatinya. Namun, olahan belut seperti kerupuk, keripik, rendang, sate, bahkan spaghetti belut sudah mulai dijual di berbagai outlet dan rumah makan.

Beternak Jangkrik

Meskipun bukan merupakan kuliner yang umum di Indonesia, jangkrik juga dibudidayakan untuk dijual ke peternak atau pecinta burung kicauan. Selama terjaga kebersihan tempat dan diberikan asupan makanan secara rutin, jangrik dapat hidup di dalam wadah sederhana seperti drum bekas minyak atau ember bekas cat.

Beternak Ikan Hias

Peternak ikan hias memperoleh keuntungan dengan membesarkan bibit ikan menjadi ikan dewasa yang cantik dan memiliki nilai jual tinggi di kalangan penggemarnya. Partisipasi rutin dalam konvensi atau pameran ikan hias merupakan salah satu cara membangun relasi dan menggenjot omzet di bidang ini.

Kesimpulan

Bagi Anda yang berminat untuk mengawali atau beralih karir ke bisnis peternakan, jangan ragu-ragu. Dengan modal kecil dan tekad yang kuat, serta berbekal ketekunan merawat hewan ternak Anda, bisnis peternakan merupakan alternatif yang menjanjikan keuntungan yang lumayan.

Bisnis apapun, termasuk bisnis peternkan memerlukan proses pengelolaan biaya yang terstruktur dan harus terencana dengan baik. Lakukanlah pembukuan pada proses bisnis peternakan yang sedang Anda bangun, dengan begitu semua arus pemasukan dan pengeluaran bisa terpantau secara detail.

Terima Kasih sudah mengunjungi artikel tentang peluang usaha ternak yang menjanjikan dan mudah dikembangkan dengan modal yang sedikit. Semoga Bermanfaat.

The post Peluang Bisnis Ternak Yang Mudah Dikembangkan Dan Menjanjikan appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Rekomendasi Usaha Ternak Yang Menjanjikan Untuk Pemula https://lintasusaha.com/usaha-ternak-yang-menjanjikan/ Tue, 23 Feb 2021 02:56:37 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5905 5 Rekomendasi Usaha Ternak yang Menjanjikan` Peluang usaha ternak yang menjanjikan merupakan usaha yang membutuhkan tingkat kesabaran serta ketekunan tinggi....

The post Rekomendasi Usaha Ternak Yang Menjanjikan Untuk Pemula appeared first on Lintas Usaha.

]]>
5 Rekomendasi Usaha Ternak yang Menjanjikan`

Peluang usaha ternak yang menjanjikan merupakan usaha yang membutuhkan tingkat kesabaran serta ketekunan tinggi. Pasalnya, Usaha ternak akan mengelola berbagai jenis makhluk hidup dan ini membutuhkan ketekunan ekstra dalam proses pemeliharaannya. Usaha ternak juga perlu memilih lahan yang luas sebagai tempat dimana kamu mengelola hewan-hewan peternakan nantinya.

Agar usaha ternak bisa menjanjikan untuk menopang finansial kehidupanmu, Peran yang perlu kamu lakukan ialah kamu diwajibkan membangunnya secara sungguh-sungguh dan cermat memilih jenis usaha ternak apa saja yang akan kamu lakoni nantinya. Tapi, untuk kamu yang sedang bingung.

Berikut dibawah ini 5 Rekomendasi Usaha Ternak yang Menjanjikan. Nomor Satu Patut diperhitungkan!!!

1. Usaha Ternak Sapi

Kita tahu kebutuhan olahan daging sapi semakin meningkat setiap tahunnya bahkan perbulannya dan itu menjadi alasan mengapa harga daging sapi begitu mahal dipasaran. Memiliki usaha ternak yang menjanjikan sepertinya salah satu alasan terbesar untuk menstabilkan harga tersebut dan meningkatkan komoditas daya bahan pangan.

usaha ternak yang menjanjikan

Usaha Ternak Sapi merupakan pilihan yang tepat atas solusi semua permasalahan di atas yang semakin pelik. Untuk memulai usaha ternak sapi 3 hal yang kamu perlukan ialah :

  1. Memilih berbagai jenis sapi yang akan menjadi hewan ternak nantinya. Pada hal ini, kamu perlu belajar untuk membedakan mana jenis sapi jantan dan betina.
  2. Menetapkan jumlah anggaran pengeluaran semaksimal mungkin. Karena, nantinya diperlukan untuk kebutuhan perawatan sapi, pembelian ladang serta pemasaran penjualan.
  3. Menentukan jenis kandang sapi dengan mencari tempat terbaik tanpa terkena sinaran matahari.

Setelah kamu selesai melakukan ketiga hal di atas, kamu sebagai pemilik usaha ternak ini juga harus mengetahui prospek perkembangan bisnis pada usaha ternak sapi yang kamu miliki. Usaha ternak sapi juga perlu mengembangbiakan berbagai jenis sapi perah untuk diperas susunya agar bisa menghasilkan susu sapi yang berkualitas. Membuat pakan sapi tergolong mudah, dengan membuat jerami menggunakan mesin pencacah rumput.

Selain itu, permintaan dari konsumen, seperti : Hotel, Restoran, Pasar, Maupun pada hari raya Idul fitri dan Idul adha serta Hari raya natal yang kemungkinan besar akan membutuhkan sapi yang lebih banyak untuk diolah menjadi bahan pangan atau pemotongan hewan kurban.

2. Usaha Ternak Lele

Usaha ternak lele merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan. Usaha ternak lele dimulai dari mengelola pertambakan lele milik orang lain terlebih dahulu. Semua dilakukan guna mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi. Jika kamu pernah mengelola
tambak lele, dari sana kamu akan belajar bagaimana menjadi budayawan yang baik selain mencari keuntungan pada usaha ini.

3. Usaha Ternak Ayam

Usaha ternak yang menjanjikan ketiga yaitu ” Usaha Ternak Ayam “. Usaha ternak ayam bisa dimulai dengan membeli pakan ayam serta ayam petelur yang nantinya bisa berkembang biak secara cepat serta menghasilkan telur-telur yang nantinya bisa kamu jual dengan harga sesuai nilai jual beli pasar.

BACA JUGA : Cara Membuat Nasi Arab Ayam Yang Asli Dan Lezat

4. Usaha Ternak Kambing

Usaha ternak kambing ialah usaha yang mengelola jenis hewan ternak seperti kambing ataupun domba dengan prinsip metode 3P yakni : Perawatan Kesehatan Kambing, Pemberian Pangan serta Pemasaran penjualan. Usaha ternak kambing termasuk jenis usaha yang menjanjikan dimana kamu sebagai pemilik usaha ini perlu mengelola peternakan kambing semaksimal mungkin dengan
melakukan prinsip metode 3P yang telah dijelaskan.

Untuk modal awal, memulai usaha ternak kambing cukup mengeluarkan kocek senilai 10 juta saja dan bahan pangan untuk kambing nantinya yang diperlukan, ialah : rumput, ampas tahu atau tempe bisa juga daun nangka yang masih layak untuk dikonsumsi oleh hewan ternak ini.

5. Usaha Ternak Burung Puyuh

Usaha yang menjanjikan terakhir ialah : Usaha ternak burung puyuh. Kamu pasti sudah tidak asing dengan ” Telur Puyuh “, telur yang berbentuk kecil dengan cita rasa gurih di lidah membuat telur burung puyuh biasa dikonsumsi masyarakat untuk pembuatan sayur sup ataupun kuliner lainnya.

usaha ternak yang menjanjikan

Selain telur burung puyuh, burung puyuh memiliki bagian lain yang bisa dijual untuk meraup keuntungan, misalnya : Bulunya digunakan untuk pembuatan kemoceng, Daging burung puyuh bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat untuk mengatasi anemia.

Usaha ternak burung puyuh memiliki peningkatan permintaan supplai konsumen hingga 72% setiap bulannya. Untuk modal awal, kamu perlu merogok kocek sekitar 14-20 juta untuk keperluan membeli bibit, kandang serta perawatan dan kebutuhan lainnya.

The post Rekomendasi Usaha Ternak Yang Menjanjikan Untuk Pemula appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Membuat Usaha Ternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil https://lintasusaha.com/usaha-ternak-ayam-modal-kecil/ Tue, 23 Feb 2021 01:39:33 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5900 Usaha Ternak Ayam Kampung dengan Modal Kecil Ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang diminati dan menjadi peluang usaha...

The post Membuat Usaha Ternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Usaha Ternak Ayam Kampung dengan Modal Kecil

Ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang diminati dan menjadi peluang usaha ternak yang bangus, baik daging maupun telurnya. Masyarakat sendiri mengenalnya sebagai ayam kampung karena ayam ini merupakan ayam yang khasnya hidup di perkampungan atau pedesaan. Namun, kini usaha ternak ayam dengan modal kecil sudah mulai menjadi tren di kalangan peternak karena prospeknya cukup menjanjikan.

Untuk membantu Anda yang ingin memulai menekuni usaha ini, berikut 4 cara ternak ayam kampung dengan modal kecil yang pasti menguntungkan.

  1. Persiapan kandang

Tahap awal dalam budidaya ayam kampung yang perlu dipersiapkan adalah kandang. Sebaiknya, siapkan lokasi kandang yang berjarak tidak terlalu jauh dari rumah. Buat kandang tertutup yang mengelilingi lokasi agar ayam tidak berkeliaran dan mengganggu tetangga. Anda bisa membuat kandang menggunakan bambu yang dianyam atau dipaku atau dengan menggunakan mesin.

Dinding kandang harus rapat agar tidak bisa dimasuki hewan liar seperti anjing atau hewan buas lainnya. Tinggi kandang minimal 3 meter. Sebab, jika di bawah 3 meter, dikhawatirkan ayam masih dapat terbang untuk melewatinya. Sekat kandang menjadi dua bagian, dimana satu bagian untuk ayam dewasa dan satu untuk ayam yang baru mulai ditetaskan.
  1. Pemilihan indukan ayam kampung

Setelah kandang siap, tahapan selanjutnya adalah memilih indukan. Indukan yang baik, tentunya akan memiliki keturunan yang baik. Indukan jantan harus memiliki suara kokokan yang lantang, bulu yang mengilap, serta sehat dan tidak mengalami kecacatan. Selain itu, pejantan juga harus aktif bergerak dan cukup agresif.

Untuk indukan betina, Anda bisa memilih yang memiliki warna menarik, ukuran tubuh sudah besar dan siap kawin, bulu mengkilap, sehat dan tidak cacat, serta memiliki gerakan yang aktif.

usaha ternak ayam modal kecil

  1. Mengawinkan indukan

Setelah indukan dilepas di kandang, maka selama beberapa hari mereka akan beradaptasi dengan lingkungan. Jangan lupa untuk memberikan pakan tambahan. Proses perkawinan akan dilakukan oleh kedua indukan jika keduanya telah siap kawin.

Anda tidak bisa mempercepat proses perkawinan karena hal ini berlangsung secara alamiah. Anda hanya bisa menunggu hingga kedua indukan melakukan perkawinan.

Setelah kedua indukan melakukan perkawinan. Anda tetap harus memberikan pakan secara teratur sebanyak 3 kali dalam sehari. Pakan yang diberikan dapat berupa pelet dan dikombinasikan dengan jagung giling atau jagung pipilan.
Keberhasilan perkawinan akan ditunjukkan dengan cara si betina yang biasanya akan lebih rewel. Dalam artian, ia akan terus berkokok, ini menandakan bahwa sudah saatnya ia bertelur.

Setelah menunjukkan ciri tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah memisahkannya dan memindahkannya ke lokasi kandang sebelah sebagai tempat sementara untuk sang betina bertelur. Biasanya, ayam akan bertelur paling sedikit 5 butir dan bisa mencapai 14 butir telur untuk sekali bertelur.

  1. Memelihara anakan ayam kampung

Untuk mempercepat proses budidaya, sebaiknya penetasan telur dilakukan secara manual atau buatan. Penetasan melalui cara buatan, waktu yang dibutuhkan lebih singkat, yakni hanya 14—20 hari. Sementara, penetasan secara alami membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni sekitar 25—35 hari. Untuk itu, menetaskan secara manual atau buatan akan lebih menguntungkan.

Buatlah kotak penetasan dengan ukuran yang sudah ditentukan. Beri lampu tambahan dengan daya 10 watt. Anda bisa menggunakan lampu bohlam atau lampu neon. Letakkan telur di bawah lampu, kemudian biarkan hingga telur menetas. Setelah 14—20 hari, telur akan mulai menetas. Selanjutnya, perawatan dan pemeliharaan intensif harus mulai dilakukan.

Setelah anakan mulai menetas, Anda wajib melakukan pemeliharaan dengan intensif. Pemeliharaan yang dilakukan ialah memberi pakan. Pakan yang digunakan juga merupakan pakan khusus, yakni jagung yang digiling dengan halus, atau pakan hijauan yang dihancurkan halus dengan menggunakan mesin pencacah rumput. Pakan ini diberikan hingga anakan berusia 2 bulan. Baru setelah lewat dua bulan, anakan dapat dipindahkan ke kandang dewasa.

Terima Kasih sudah mengunjungi artikel tentang usaha ternak ayam modal kecil ini. Semoga Bermanfaat.

The post Membuat Usaha Ternak Ayam Kampung Dengan Modal Kecil appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dengan Modal Yang Kecil https://lintasusaha.com/usaha-ternak-yang-menguntungkan/ Mon, 22 Feb 2021 07:05:55 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5891 8 Usaha Ternak yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil Halo, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang peluang usaha...

The post Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dengan Modal Yang Kecil appeared first on Lintas Usaha.

]]>

8 Usaha Ternak yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil

Halo, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang peluang usaha ternak yang menguntungkan dengan modal kecil. Bersyukurlah kita hidup di Indonesia, karena negara kita kaya akan sumber daya alam hayati, mulai dari berbagai jenis hewan sampai banyak tumbuhan yang hidup di Nusantara ini.

Begitu juga dengan fauna yang ada di Nusantara, banyak sekali hewan yang tumbuh di Indonesia mulai dari hewan laut, darat, dan udara.Hal ini disebabkan karena letak geografis Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan penghujan atau beriklim tropis.

Dan efeknya hampir semua makhluk hidup termasuk hewan ternak dapat hidup di Indonesia dengan ikilm tropis. Mungkin ada beberapa dari kalian ingin mencoba berbisnis ternak, tetapi hanya memiliki modal yang minim dan lahan yang sempit untuk beternak. Jangan khawatir ,karena pada artikel ini saya akan memberikan solusinya.

Untuk memulai usaha peternakan tidak melulu mengeluarkan modal besar dan lahan untuk kandang yang luas, karena kita juga bisa memanfaatkan lahan yang kecil dengan modal yang murah untuk memulai usaha ternak. Kita bisa menggunakan lahan di belakang rumah atau di pekarangan untuk memulainya.  Untuk memluai beternak kitaharus menyiapkan semuanya seperti mesin dll.

Berikut ini adalah beberapa usaha ternak yang menguntungkan dengan modal kecil dan tentunya cepat panen, serta memberikan banyak keuntungan.

Kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan hewan yang namanya ayam ini. Daging dari ayam seringkali dijadikan bahan dasar berbagai olahan makanan lezat dan enak. Selain dagingnya kalian juga bisa memanfaatkan telurnya. Bahkan ayam menjadi daging yang paling diminati, ini dikarenakan harganya yang murah namun kaya akan gizi.

usaha ternak yang menguntungkan

Dengan kata lain, usaha ternak ayam adalah usaha yang sangat menjanjikan di masa depan. Karena selain mendapatkan pedapatan dari dagingnya, kalian juga bisa menjual telurnya untuk menambah keuntungan lebih banyak. Dalam usaha ternak ayam sendiri terbagi menjadi 3 jenis, berikut diantaranya :

A. Ternak Ayam petelur

Beternak ayam petelur sama seperti beternak hewan lain. Konsumsi telur di indonesia semakin hari semakin meningkat, bukan hanya untuk dimakan oleh masyarakat tetapi juga di jadikan produk yang lebih bernilai harganya contohnya mayones .

Usaha ternak ayam petelur tergolong mudah, karena anda hanya memberikan makan dan perawatan sederhana. Anda juga tidak perlu repot repot untuk mengeluarkan dan memasukan ayam dari kandang.

Baca Juga : Cara Ternak Sapi yang Terbukti Menghasilkan Kesuksesan

B. Ternak Ayam Potong

Jenis usaha ini masih banyak dilirik pengusaha muda, namun tidak sedikit pula yang meninggalkan jenis usaha ini, mungkin karena kurangnya ilmu pengetahuan mengenai usaha ini. Negara kita masih membutuhkan daging ayam dengan jumlah yang banyak.

Biasanya daging ayam potong di gunakan untuk menyuplai restoran, hotel ,dan tempat kuliner lainnya. Dan banyak yang mampu bertahan di bisnis ini hingga akhirnya mendapatkan kesuksesan yang luar biasa.

C. Ternak Ayam Kampung

Beebeda dengan ternak ayam negri atau potong, jika ternak ayam kampung memerlukan waktu yang lebih lama. Banyak orang yang menyukai daging ayam ini. Tetapi orang yang menjualnya hanyalah peternak tertentu saja. Untuk tambahan saja, sebaiknya anda juga beternak ayam bangkok.

Kenapa ? Karena jika kita memelihara ayam bangkok ruang lingkup pasar kita akan semakin luas. Orang yang hobi ayam bangkok atau petarung biasanya memiliki relasi teman yang sangat banyak dan mudah untuk diajak menjadi partner berbisnis.

Para peminat kelinci tidak hanya untuk menggkonsumsinya saja, tetapi juga untuk di jadikan hewan peliharaan kembali bagi orang yang hobi dengan binatang ini, peminatnya pun juga banyak mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Mengeluarkan modal kecil karena pakan kelinci bisa dibuat sendiri jari hijauan yang dihaluskan menggunakan mesin pencacah rumput.

Mungkin harga kelinci konsumsi tidak semahal kelinci untuk di pelihara, namun harganya masih lebih mahal dari hewan kecil lainnya.

Harga kelinci lokal di pasaran di patok kurang lebih Rp.120.000 sampai Rp.150.000 sepasang dan Rp.25.000 sampai Rp.35.000 per ekornya untuk kelinci usia 2–3 bulan. Usia dari kelinci lokal juga terbilang lumayan lama yaitu mencapai 5 hingga 10 tahun.

Berbeda dengan ternak kelinci, cara bertenak marmut tergolong lebih gampang dan cepat, akan tetapi harga jualnya juga lebih murah. biasanya marmut di jual untuk peliharaaan dan juga di konsumsi. Salahsatu contoh olahan masakan dari marmut adalah sate.

Daging bebek sangat di sukai banyak orang, Selain itu anda juga mendapat pendapatan double selain anda beternak bebek anda juga akan dapat memfaatkan telur bebek untuk anda olah kembali menjadi telur asin. Hal ini dapat di ibaratkan Menyelam sambil minum air. Harga daging bebek pun relatif masih mahal yaitu sekitar Rp.42.000.

 usaha ternak yang menguntungkan

Jika dilihat kembali, Saat ini sangat jarang orang yang membutuhkan bebek. Namun jika anda sudah terjun di dunia bisnis peternakan bebek, anda tidak akan mengira bahwa ternak bebek juga sangat menguntungkan.

Pada jaman dahulu kalu hanya untuk mendapatkan kroto masih tergolong mudah karena alam sudah menyediakan. Namun seiring perkembangan jaman kroto yang ada di alam sudah kian menipis.

Potensi ternak kroto untuk mendapatkan keuntungan yang besar sangat tinggi. Di tandai banyaknya pabrik pakan burung yang membutuhkan kandungan kroto alami untuk pencampuran produk yang ingin dihasilkan.

Beternak lovebird alias burung cinta juga memberikan keuntungan yang besar, lho. Pasalnya, kini love bird semakin banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan dalam ajang kontes saja, terdapat 2 kelas yang digelar yakni kelas kicau dan beauty.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai usaha ternak love bird, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 1.000.000-Rp 1.500.000. Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli indukan love bird, kandang, dan pakan.

Sedangkan untuk omset yang bisa anda raih sekitar Rp 60.000.000 per bulan, dengan syarat anda harus serius dan ulet dalam menekuni usaha ternak love bird ini.

Usaha ternak ikan hias adalah salah satu jenis usaha ternak yang populer di Indonesia. Dalam usaha peternakan ikan hias juga cukup menjanjikan, hal ini dikarenakan banyaknya jumlah penggemar ikan hias di Indonesia. Mulai dari anak anak hingga dewasa menyukai ikan hias.

Ada beberapa jenis ikan hias yang populer dan tentunya tinggi peminatnya yaitu ikan lohan, oscar, louhan, cupang, dan lain sebagainya. Dan ini akan menjadi peluang bagi anda untuk mencoba membudidayakannya kerena tingginya minat masyarakat.

Jika pengusaha ternak bertambah banyak, maka semakin banyak pula konsumsi jangkrik yang dibutuhkan. Sekarang bukan hanya peternak burung saja yang membutuhkan jangkrik, tetapi orang yang punya hobi memelihara burung juga membutuhkan jangkrik untuk burung peliharaannya.

Kenapa lebih memilih jangkrik bukan pakan lainnya? Karena protein yang terdapat dalam tubuh jangkrik bagus untuk pertumbuhan burung peliharaan, terlebih bagi burung yang sering di ikutkan lomba.

The post Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dengan Modal Yang Kecil appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Membuat Boba Milk Tea dengan Sangat Praktis https://lintasusaha.com/cara-membuat-boba-milk-tea/ Fri, 19 Feb 2021 03:10:18 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5882 Cara Membuat Boba Milk Tea – Siang hari enaknya minum yang seger, salah satu rekomendasinya ialah minuman boba. Ternyata cara...

The post Cara Membuat Boba Milk Tea dengan Sangat Praktis appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Membuat Boba Milk Tea – Siang hari enaknya minum yang seger, salah satu rekomendasinya ialah minuman boba. Ternyata cara membuat minuman boba sangatlah mudah dan bisa dipratikkan dirumah.

Sejarah Boba Milk Tea

Cara membuat minuman boba –  Boba atau bubble ini ialah merupakan kata slogan dalam bahasa Mandarin. Boba terbuat dari tepung tapioka alias singkong. Pada zaman dulu ada imigran dari Tiongkok yang  datang ke Taiwan lalu mendirikan kedai teh yang dalam tehnya terdapat  bola bola tapioka  digabungkan dengan teh yang dingin.

Akhirnya, boba ikut menyebar ke negara-negara Eropa. Tetapi, Eropa belum bisa mengalahkan inovasi dari Tiongkok pada saat itu. Negara Tiongkok sendiri pun telah menawarkan boba milk tea instan miliknya, yang dimana kita dapat menyimpan boba-nya di rumah dan menyeduhkan ketika dingin dan ketika kita ingin mengkonsumsinya.

Cara Membuat Boba Milk Tea

Cara Membuat Boba Milk Tea

Bahan Boba:

  • 100 ml air panas
  • 30 gr/ 1 bungkus nutrijel cokelat
  • 100 gr tepung tapioka
  • 1 sdm cokelat bubuk
  • 1/4 sdt garam

Bahan Sirup:

  • 300 ml air
  • 4 sdm gula pasir

Bahan Milk Tea:

  • 1 kantong teh celup
  • 2 sdm gula pasir
  • 200 ml air panas
  • air dingin secukupnya
  • susu segar secukupnya
  • susu kental manis secukupnya
  • es batu secukupnya

Cara Membuat Boba Milk Tea :

  1. Pertama tama masak sirup dengan mencampurkan gula pasir dan air hingga mendidih. Lalu daiamkan hingga dingin.
  2. Lalu, campurkan tepung tapioka, cokelat bubuk, nutrijel, dan garam, aduk sampai merata.
  3. Tuang air panas, aduk rata.
  4. Kemudian uleni hingga kalis.
  5. Siapkan wadah dan beri sedikit tepung tapioka.
  6. Ambilah adonan sedikit saja, kemudian bentuk bulat-bulat dan masukkan ke dalam wadah yang sudah ditaburi tepung tapioka tadi. Lalu lakukan hingga adonan habis
  7. Selanjutny ayak boba dan rebus dalam air mendidih hingga mengapung dan matang. Tiriskan dan simpan di kulkas.

Cara Menyajikan Boba Milk Tea:

  1. Pertama tama masukan teh celup kedalam gelas ukuran besar, tambahkan secukupnya gula pasir dan air panas, aduk rata hingga gulanya larut.
  2. Kemudian masukkan air dingin, kemudian susu segar dan susu kental manis, aduk hingga merata.
  3. Lalu siapkanlah gelas, lalu masukkan boba secukupnya ke gelas kemudian tuang milk tea dan tambahkan es batu sesuai selera.
  4. Beri sedotan besar dan boba milk tea telah siap untuk disajikan.

Bisnis Boba Mil Tea

Boba atau umumnya bisa disebut sebagai bola-bola berwarna hitam bertekstur kenyal ini kerap digunakan sebagai isian dalam minuman bubble tea.

Akhir akhir ini banyak bermunculan bisnis minuman yang kekinian di berbagai daerah di Indonesia. Ternyata tidak hanya kopi saja yang kini mulai banyak digemari konsumen, namun kafe-kafe minuman sekarang juga menyajikan menu yang unik dan kekinian.

Bisnis minuman seperti ini memang sangat menjanjikan, tidak salah jika banyak pengusaha yang mulai membuka gerainya masing masing di beberapa kota. Minuman kekinian yang kita bahas salah satunya adalah boba atau bubble.

Boba sekarang memang sedang banyak digemari oleh semua kalangan usia. Boba ini identik dengan dengan variasi rasanya, penggunaan bahan-bahan yang tak biasa, dengan tampilan yang begitu memikat untuk diminum. Minuman yang segar ini begitu memanjakan lidah karena topping boba yang bertekstur kenyal layaknya jelly. Sambil membuat boba kalian juga dapat loh membuat arum manis dengan mesin arum manis ini.

Nggak hanya di mall saja, minuman boba kekinian juga sudah menjamur di sekitar sekolah, kampus, hingga perkantoran. Meskipun terlihat sangat rumit untuk dibuat, namun kalian dapat juga membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang tentunya mudah didapat.

 

The post Cara Membuat Boba Milk Tea dengan Sangat Praktis appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Membuat Minuman Thai Tea yang Mudah Saat Dirumah Saja https://lintasusaha.com/cara-membuat-minuman-thai-tea/ Fri, 19 Feb 2021 02:23:05 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5875 Cara Membuat Minuman Thai Tea – Mungkin pada saat ini kalian semua di rumah saja, selain membuat jajanan atau makanan...

The post Cara Membuat Minuman Thai Tea yang Mudah Saat Dirumah Saja appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Membuat Minuman Thai Tea – Mungkin pada saat ini kalian semua di rumah saja, selain membuat jajanan atau makanan ringan, mesti tidak lupa juga dengan membuat minumannya. Dan salah satu minuman yang segar dan dapat kalian buat sendiri di rumah ialah minuman thai tea.

Apa itu Thai Tea?

Minuman Thai tea ialah minuman asal Thailand yang sekarang mulai mendunia. Pada tahun 80 an, pedagang dari cina yang menyalurkan teh hitam atau Cha Yen Tea yang merupakan bahan baku dari minuman Thai Tea ini, tetapi harganya yang mulai melambung tinggi, akhirnya digantikan dengan  seduhan teh Ceylon. Teh Ceylon ini ialah Teh hitam yang beraroma sangat pekat yang berasal daari SriLanka.

Teh yang dipilihpun memang tak bisa sembarangan, dikarenakan seduhan teh tersebut haruslah memiliki aroma yang tajam dan rasa teh hitam yang sangat kuat pula.Tidak heran jika Ceylon atau Cha yen yang terpilih.

Tak hanya pada seduhan teh hitamnya saja, minuman Thai Tea tak akan lengkap jika tidak ada bahan lain yang ditambahkan, seperti  asam dan anise, rempah rempah, dan juga pewarna makanan oranye yang khas dari thai tea tersebut. Warna oranye pada teh bukan dikarenakan seduhan teh melainkan dari pewarna loh.Cara membuat Thai Tea yang lain.

Supaya lebih creamy dan manis, teh yang kaya rempah ini kemudian dipadukan dengan gula, evaporated milkcondensed milk,  atau coconut milk. Tidak hanya itu saja, es batu pun akan menjadi pelegkap yang sangat penting untuk membuat Thai Tea menjadi primadona disaat kita kehausan.

Meskipun kini telah banyak yang menjual minuman Thai Tea di Indonesia, kalian dapat mencari sesuai keinginan kalian sendiri dan yang ada pada daerah kalian.  Minuman Thai Tea yang dapat ditemukan disini ialah minuman Thai Tea authentic atau original dengan campuran black tea yang sangat pekat dan beraroma kuat yang dicampur dengan evaporated milkcondensed milk, dan tentu saja dengan tambahan gula yang kemudian diaduk selama teh masih dalam keadaan panas.

Setelah itu, kalian dapat memilih apakah ingin menikmatinya selagi masih panas atau dengan tambahan es batu. Tentu Thai Tea dingin sangat menggiurkan! Selain membuat thai tea yang segar, kalian juga dapat membuat gulali kapas denga mesin arum manis berikut ini.

Cara Membuat Minuman Thai Tea 

Cara membuat Thai Tea

 

 

Bahan-bahan:

  • 10 kantong teh (apa saja)
  • 2 kotak susu full cream (apa saja)
  • 2 sachet susu kental manis (apa saja)
  • Air (secukupnya)
  • Es batu (secukupnya)

Cara Membuat Minuman Thai Tea  :

  • Pertama tama, siapkan semua bahan. Siapkanlah panci lalu masukkan susu full cream kedalam panci tersebut. Kemudian, nyalakan api kecil menuju sedang, terus tunggulah sekitar 20 menit-an atau hingga kadar air susunya berkurang atau menjadi kental.
  • Langkah berikutnya saringlah susu yang telah di evaporasi yang agak kental agar tidak tercampur dengan busanya.
  • Lalu persiapkanlah wadah, kemudian potong kantong teh yang telah disiapkan sebanyak 10 bungkus tersebut.
  • Setelah itu, masukkanlah air, dan takaran airnya ialah 4 sendok makan air sama dengan 1 kantong teh.
  • Kemudian siapkan panci, rebus air teh tersebut sampai airnya mendidih. Setelah itu, saring teh dari ampanya.
  • Selanjutnya tuanglah susu kental manis sekitar 2 sachet ke dalam botol agar bisa dikocok atau dicampur setelahnya.
  • Lalu masukkan lah 6 sdm susu evaporasi ke dalam botol yang telah disiapkan, setelah itu masukkan larutan teh sesuai selera nda atau sekitar 10 samoai 15 sdm saja.
  • Setelah bahan bahan sudah masuk semuanya, kocok botol tadi hingga semua bahan tercampur didalam.
  • Lalu persiapkan es batu sesuai selera kalian masing masing tentunya, kemudian tuangkan campuran bahan thai tea tersebut ke dalam gelas atau mug. Masukkan sedikit susu evaporasi di atasnya.
  • Dan minuman Thai Tea ini pun siap untuk di sajikan.

The post Cara Membuat Minuman Thai Tea yang Mudah Saat Dirumah Saja appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Membuat Gulali Gula Merah yang Enak https://lintasusaha.com/cara-membuat-gulali-gulali-gula-merah/ Thu, 18 Feb 2021 06:53:25 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5869 Cara membuat gulali gula merah ini cukup sederhana, karena bahan yang paling penting atau utama dari jenis makanan ini adalah...

The post Cara Membuat Gulali Gula Merah yang Enak appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara membuat gulali gula merah ini cukup sederhana, karena bahan yang paling penting atau utama dari jenis makanan ini adalah gula pasir. Permen Gulali gula merah sendiri biasanya memiliki warna kebanyakan coklat kehitam hitamandan rasanya yang manis ataupun kalian juga dapat cara bikin gulali sendiri.

Cara Membuat Gulali Gula Merah (Gula Jawa)

Cara Membuat Gulali Gula Merah

 

Gulali gula merah ini biasanya memiliki warna yang biasanya coklat agak kehitam hitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan bambu kecil ataupun sedotan kecil. Gulali dari gula merah ini sering juga dicampur dengan kacang tanah agar memiliki tekstur saat dimakan.

Bahan Arum Manis Atau Gulali Gula Jawa :

  • Gula jawa yang sudah halus 500 gram.
  • Air secukupnya setidaknya sekitar 125 ml.
  • Kacang tanah yang sudah ditumbuk kasar (sesuai keinginan).
  • Tangkai babmbu kecil.

Cara Membuat Gulali Tradisional :

  1. Pertama tama, masukkan gula merah dan air ke dalam sebuah kuali yang kemudian diaduk hingga air dan gula merah tercampur dengan sangat merata.
  2. Kemudian, nyalakan kompor dengan api yang sedang setelah itu letakan kuali diatas api.
  3. Aduk adonan tersebut hingga mendidih, setelah itu masukkan kacang yang telah di tumbuk kasar tadi lalu di aduk hingga merata.
  4. Lalu, jika air dalam kuali atau adonan sudah mulai sedikit berkurang, angkat kuali lalu diamkan adonan tersebut hingga mulai mengental.
  5. Ketika adonan sudah mengental, masukkan tangkai kecil ke dalam adonan lalu putar gulalinya agar berbentuk agak melingkar seperti permen.
  6. Arum manis atau gulali siap disantap atau dinikmati. Jika kalian akan menyimpan dalam kurun waktu yang lumayan lama, kalian dapat membungkus arum manis atau gulali yang sudah ditusuk dan dibentuk itu dengan plastik dan kemudian simpan dalam wadah.
  7. Jika kalian juga ingin mencoba untuk membuat suatu hal yang baru bagi kalian ,tambahkan saja ceres, coklat ataupun selai ke gulali gula merah tersebut agar memiliki cita rasa yang baru dan unik tentunyaa

Permen gulali gula jawa atau arum manis ini dapat dijual lagi loh, untuk menambah uang jajan. Kenapa tidak?. Selain itu kalian juga dapat menjual di acara ulang tahun, restoran, atau cafe sekalipun. Tetapi juga harus diperhatikan dalam hal pengemasannya. Jika anda ingin memeiliki kualitas yang sangat terjaga, serahkan saja pada mesin cup sealer. Kualitasnya tidak perlu kalian ragukan lagi.

Permen Gulali Gula Jawa

Gulali gula jawa ialah gulali tertua yang ada di Indonesia, dan pembutannyapun masih sanget tradisional juga. Kabarnya, gulali ini ialah asal mula adanya berbagai macam gulali yang ada pada saat ini. Gulali ini biasanya memiliki warna coklat kehitaman yang disebabkan oleh bahannya yaitu gula jawa. Selain membuat gulali jawa kalian juga dapat membuat sendiri gulali kapas menggunakan mesin arum manis juga loh.

Ciri dari gulali ini yaitu lengket dan keras. Gulali ini biasa disebut dengan lollipop tradisional karena ditusuk menggunakan bilah bambu. Selain gulali ini kadang polos dan ditambah dengan kacang tanah sebagai penambah rasa. Rasa manis yang di ciptakan gulali gula merah akan diimbangi dengan gurihnya kacang tanah yang telah digoreng. Cek juga Cara Membuat Permen Rambut Nenek  yang Legendaris.

Fakta Dalam Permen Gulali

Sesuai dengan namanya, jajanan manis yang dibuat dari gula pasir dan pewarna makanan dicampur hingga rata kemudian di masukkan ke dalam sebuah mesin pembuat permen gulali. Dimesin permen gulali atau arum manis ini, gula pasir pasti akan meleleh dan sisa sisanya itulah yang kemudian diputar-putar kemudian diambil menggunakan stik menjadi permen gulali atau gula kapas.

Walaupun bahan dasar utama pada permen gulali ialah gula, tetapi permen gulali dipercaya tidak memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Panganan manis ini Gulali dikenalkan oleh Morrison dan John C. Wharton di St. Louis World’s Fair pada tahun 1904.

Di Amerika sendiri selalu merayakan hari Permen Gulali atau Gula Kapas atau Arum Manis Nasional setiap tanggal 7 Desember. Dan hal ini hanya berlaku di Amerika Serikat saja tentunya, dan tidak ada di negara lain. Dan cara membuat permen gulali ini telah melebar luas ke penjuru dunia.

The post Cara Membuat Gulali Gula Merah yang Enak appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Inilah Beberapa Manfaat Air Putih Dicampur Gula Pasir https://lintasusaha.com/manfaat-air-dicampur-gula-pasir/ Thu, 18 Feb 2021 05:11:54 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5864 Manfaat air putih dicampur gula pasir- gula pasir ialah salah satu jenis bahan makanan yang sering kali digunakan sebagai bumbu...

The post Inilah Beberapa Manfaat Air Putih Dicampur Gula Pasir appeared first on Lintas Usaha.

]]>

Manfaat air putih dicampur gula pasir- gula pasir ialah salah satu jenis bahan makanan yang sering kali digunakan sebagai bumbu dapur atau pemanis makanan. Namun tahukah kalian  manfaat gula pasir  yang lain yang sangat bagus bagi penyakit maag lho. Apa saja manfaat air putih dicampur gula pasir untuk penyakit maag ini?

Maag adalah suatu perasaan tidak nyaman atau nyeri di bagian lambung yang biasanya disebabkan oleh suatu kondisi tertentu. Maag atau dyspepsia  tersebut dapat disebabkan karena adanya luka pada bagian lapisan lambung. Secara umum maag sendiri terjadi akibat adanya infeksi bakteri stress, Helicobacter pylori, dan efek samping akibat dari apa yang di konsumsi seseorang terhadap obat anti inflamasi nonsteroid. Sambil baca manfaat gula pasir lebih enak jika ditemani oleh arum manis yang dibuat sendiri menggunakan mesin arum manis.

Maag yang dialami pada seseorang harus secepat mungkin diobati, jika tidak maka akan menimbulkan perasaan yang kurang nyaman pada saat kita beraktivitas. Selain ini dapat diobati menggunakan obat medis, sakit maag juga dapat diobati menggunakan bahan alami atau bahan-bahan rumahan. Salah satu contohnya ialah air putih dicampur gula pasir. Berikut adalah manfaat air putih dicampur gula pasir untuk maag.

Manfaat Air Putih Dicampur dengan Gula Pasir

Manfaat Air Putih Dicampur dengan Gula Pasir

Ketika kalian sudah terkena atau mengalami maag, pengobatan dengan air gula pasir ini dapat diandalkan untuk mengurangi perasaan yang kurang nyaman yang ditimbulkan oleh sakit maag. Cek juga Manfaat Kopi luwak. Dengan cara ini, setidaknya kalian dapat kembali secara normal dalam melaksanakan aktivitas sehari hari.

1. Mampu mencegah keadaan naiknya asam lambung

Mereka yang sudah terkena atau mengalami gangguan maag pasti akan lebih sering mangalami kondisi asam lambung yang naik secara tiba-tiba. Naiknya asam lambung ini bisa terjadi pada tingkat esophagus yang dimana suatu tanggapan tinggi terhadap produksi asam lambung pada lambung tersebut. Dari keadaan yang seperti ini mampu mengakibatkan beberapa permasalahn lainnya, seperti terjadinya iritasi hingga kerusakan pada otot-otot lambung.

Nah, salah satu manfaat air gula pasir untuk maag di sini ialah untuk mengatasi keadaan lonjakan pada asam lambung agar tidak terjadi masalah lain yang lebih berbahaya lagi bagi kesehatan tubuh kita. Cara penggunaannya pun sangatlah gampang. Kalian hanya tinggal mencampurkan gula ke pada air biasa dan menganduknya sampai merata. Kemudian kalian minum.

2. Memberikan efek kenyamanan pada lambung

Bagi kalian yang menderita maag atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan masalah lambung, tentu mereka akan merasakan perasaan yang kurang nyaman saat permasalahan tersebut terjadi kembali. Sehingga bisa mengakibatkan si penderita sulit untuk melakukan aktivitasnya sehari hari.

Oleh sebab itu, dengan jalan meminum air gula pasir maka perasaan yang kurang nyaman itu dapat teratasi dan bisa kembali pulih ke keadaan yang normal seperti sedia kala.

3. Memiliki Manfaat Untuk Mengatasi Keadaaan Gastroenteritis

Gastoentritis merupakan suatu keadaan yang terjadi pada lambung seseorang, yang di mana masalah ini terjadi akibat adanya infeksi virus ataupun bakteri pada tubuh. Jika seseorang telah mengalami masalah kesehatan gastoentritis, maka orang ini akan lebih sering mengali lesu, lemas, dan tak bergairah ketika hendak melakukan aktivitas sehari hari. Oleh sebab itu, masalah seperti ini harus segera untuk di atasi. Untuk mengatasi masalah ini, maka seorang penderita dapat dengan meminum air gula pasir agar dapat memulihkan keadaan badan kembali seperti semula. Air gula di sini tidak berperan dalam mengatasi lukanya, melainkan memiliki peran untuk menghambat atau mencegah kemungkinan gejala yang akan ditimbulkan dari masalah tersebut lagi.

4. Mengurangi Rasa Mual

 

Manfaat air gula pasir untuk maag yang selanjutnya adalah dapat membantu mengurangi rasa mual pada penderitanya. Mual sudah menjadi perasaan yang biasa bagi yang sudah sering mengalami maag. Tentu saja ini dapat sangat menggagu aktivitas hariannya.

Untuk mengurangi rasa mual tersebut, maka meminum air gula bisa menjadi alternativenya. Apalagi air gula yang masih dalam keaadaan hangat. Karena, rasa pada air gula pasir ini mampu mengatasi rasa mual. Dan yang lebih parah lagi adlah dapat  mengakibatkan kerusakan lambung yang lebih serius lagi.

5. Membantu Kembali Memulihkan Energi dalam Tubuh

Kondisi dimana energi dalam tubuh yang fit, dapat mengatasi berbagai kemungkinan masalah yang terjadi. Salah satunya adalah maag. Dengan meminum air putih dicampur gula pasir, dapat mengembalikan keadaan tubuh yang lebih fit atau segar lagi. Ini dikarenakan air gula merupakan sumber energi bagi tubuh yang sangat mudah dan sangat cepat untuk diserap oleh tubuh.

Jadi, ketika tubuh seseorang telah fit, maka segala bentuk gangguan atau masalah yang menimbulkan perasaan kurang enak pada tubuh atau diri seseorang dapatdi atasi. Termasuk juga maag.

The post Inilah Beberapa Manfaat Air Putih Dicampur Gula Pasir appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Membuat Permen Rambut Nenek yang Legendaris https://lintasusaha.com/cara-membuat-permen-rambut-nenek/ Thu, 18 Feb 2021 04:10:23 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5857 Cara membuat permen rambut nenek – Siapa yang tidak tergoda dengan camilan rambut nenek? Jajanan jadul ini memang banyak digemari...

The post Cara Membuat Permen Rambut Nenek yang Legendaris appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara membuat permen rambut nenek – Siapa yang tidak tergoda dengan camilan rambut nenek? Jajanan jadul ini memang banyak digemari karena rasanya yang manis dan lembut ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa begitu menyukai makanan tradisional ini.

Cara Membuat Permen Rambut Nenek

Cara membuart permen rambut nenek

Cara membuat permen gulali – Makanan ini banyak dikenal dengan nama permen rambut nenek dikarenakan awalnya berwarna putih dan berbentuk menyerupai rambut nenek nenek. Tetapi, kini permen rambut nenek tampil dengan pewarna makanan yang membuatnya berwarna-warni seperti biru, merah muda, atau hijau. Rasanya juga bervarisai, misalnya melon, pandan, durian, dan lain sebagainya.Kalian juga dapat membuat gulali kaps menggunakan mesin arum manis berikut ini.

Biasanya, permen rambut nenek ini disantap sebagai isian setangkup wafer renyah yang tanpa rasa, selain menambah tekstur ketika disantap juga meminimalisir rasa manis dari gulali tersebut.

Buat kalian yang kangen era 90-an, jadi tak ada salahnya jika kalian ingin membuat camilan permen rambut nenek sendiri di rumah. Berikut resep permen rambut nenek yang mudah:

Bahan Bahan:

  • 250 gr tepung ketan
  • 250 gr gula pasir
  • 200 ml air mineral
  • 0,5 sdt air jeruk nipis
  • Pewarna makanan

Cara Membuat:

  1. Sangrai 250 gr tepung ketannya hingga harum, lalu matikanlah kompor. Langkah berikutnya tuang tepung yang sudah disangrai ke atas wadah yang lebar. Lalu taburkan dengan merata dan diamkan hingga panasnya menghilang. Sisihkan.
  2. Siapkan wajan, lalu masukan semua kecuali tepung ketan yang telah disangrai tadi. Lalu masaklah sambil diaduk dengan api yang sedang selama 8 hingga 10 menit, kemudian jika sudah mendidih jangan sering diaduk agar gula tidak mengkristal.
  3. Kemudian aduk hingga busa menghilang dan sudah menjadi bening. Lalu angkat wajan setelah itu tuang adonan gulali panas ke wajan yang lain yang sudah ditempatkan diatas bak berisi air. Diamkan gulali hingga kental dan agak mengeras.
  4. Langkah berikutnya ialah ambil adonan gulali secukupnya saja, lalu bentuk cincin di dalam wadah yang berisi tepung. Kemudian pilin adonan membentuk angka 8, kemudian lipat lipat.
  5. Terus lipat, pilin dan tarik adonan gulali setidaknya 15 hingga 20 kali, sehingga nantinya cincin yang telah tersambung sangat tipis dan terlihat seperti rambut rambut.
  6. Permen rambut nenek siap untuk disajikan.

TIPS:

  • Untuk mengetahui apakah gulanya sudah cukup kental atau belum yaitu ketika sudah mendidih dan berbusa. Matikanlah kompornya, lalu terus aduk-aduk adonannya. Jika busanya cepat menghilang, berarti adonannya masih cair jadi silahkan dimasak lagi. Tetapi jika kompornya sudah mati, terus diaduk-aduk busanya lama menghilang berarti adonan sudah pas tingkat kekentalannya dan dapat dikatakan sudah jadi adonan gulali.
  • Penggunaan air jeruk nipis harus sesuai takaran, karena jika kebanyakan, gulali akan susah mengeras. Tapi jika dilewatkan, gulalinya akan cepat mengeras. Karena itu pastikan sesuai takaran.
  • Simpan rambut nenek di wadah tertutup agar tidak cepat menggumpal.(mic)

Permen Rambut Nenek

Permen Rambut nenek

Permen rambut nenek ini berbeda dengan gulali lainya, permen gulali ini tidak berbentuk permen melainkan berbentuk rambut. Oleh karena itu permen gulali ini dipanggil dengan sebutan permen rambut nenek karena bentuknya itu. Permen rambut nenek sendiri dibuat dengan cara yang tradisional yaitu dengan mencampurkan tepung terigu dengan gula pasir yang sudah mengental menjadi satu.

Setelah itu adonan di tarik hingga membentuk serat yang sangat tipis. Proses ini hampir sama dengan bagaimana kita membuat mie. Nama lain dari permen rambut nenek sendiri ialah arum manis, dan warga tiongkok menyebutnya jenggot naga.Cek juga cara membuat choco chip yang sederhana

Terdapat beberapa pendapat yang mengatakan jika ini berasal dari Malang, tetapi ada yang mengatakan bahwa ini bersal dari Desa Kesambi, Lamongan. Terdapat banyak cerita unik pada permen gulali ini.

Konon dulunya permen rambut nenek ini dijual dengan cara barter atau dengan cara menukar rambut rontok, bukan dengan uang. Dan uniknya yang ditukar, sesuai dengan rambut yang telah dikumpulkan. Rambut-rambut tersebutpun diteruskan penjual kepembuat sanggul atau semacamnya.

The post Cara Membuat Permen Rambut Nenek yang Legendaris appeared first on Lintas Usaha.

]]>