Lintas Usaha https://lintasusaha.com Blog Ide, Inspirasi, Ulasan dan Info Usaha Bisnis Menarik Wed, 01 Apr 2020 19:12:20 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.3.2 https://lintasusaha.com/wp-content/uploads/2019/07/favicons-L-150x150.png Lintas Usaha https://lintasusaha.com 32 32 5 Peluang Usaha Makanan Ringan Khas Indonesia Paling Menguntungkan https://lintasusaha.com/peluang-usaha-makanan-ringan/ Wed, 01 Apr 2020 19:12:20 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4947 Indonesia adalah sebuah negara yang besar dan kaya akan keragaman, baik budaya maupun kulinernya. Di Indonesia setiap daerah pasti mempunyai...

The post 5 Peluang Usaha Makanan Ringan Khas Indonesia Paling Menguntungkan appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Indonesia adalah sebuah negara yang besar dan kaya akan keragaman, baik budaya maupun kulinernya. Di Indonesia setiap daerah pasti mempunyai makanan khasnya sendiri, termasuk juga makanan ringan. Tak khayal jika pergi ke suatu daerah pasti menemukan jajanan yang berbeda-beda. Alasan itulah yang menjadikan peluang usaha makanan ringan khas Indonesia begitu menjanjikan.

Walaupun disebut jajanan tradisional, mengenai rasa dan gizi tidak kalah dengan makanan modern. Bisa dijamin sehat untuk dikonsumsi, apalagi jika dibandingkan dengan makanan cepat saji banyak di jual di mana-mana. Harganya pun ramah di kantong dan sangat terjangkau. Anda bisa memanfaatkannya sebagai daya tarik untuk menjual makanan ringan khas daerah.

Keunikan makanan ringan atau jajanan tradisional bisa menjadi faktor penting yang akan menarik masyarakat untuk membelinya. Biasanya makanan tradisional lebih sehat karena tidak menggunakan bahan kimia seperti pengawet dan pewarna makanan, kalaupun menggunakan bahan pewarna yang digunakan adalah pewarna alami, misal pewarna alami dari tumbuhan.

Hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri bagi usaha makanan ringan khas Indonesia. Berikut kami berikan rekomendasi beberapa ide peluang makanan ringan tradisional.

5 Peluang Makanan Ringan Tradisional untuk Ide Usaha

peluang usaha makanan ringan

Melihat fakta bahwa jajanan tradisional masih banyak diminati masyarakat. Bisa dijadikan pertimbangan untuk memulai usaha baru dan sebagai peluang menambah pendapatan anda. Sebaiknya sebelum memutuskan usaha makanan ringan anda perlu tahu tips memulai usaha makanan ringan dan jenis makanan khas yang bisa dijadikan usaha.

Berikut 5 ide peluang usaha makanan ringan khas Indonesia yang bisa anda jadikan referensi dalam memulai usaha.

1. Lumpia

Lumpia merupakan jenis makanan yang cara memsakanya dengan digoreng, makanya disebut juga sebagai gorengan. Pada umunya lumpia memiliki rasa gurih dan tekstur renyah. Makanan ini sebenarnya berasal dari daratan Tiongkak, namun sekarang sudah dikenal menjadi makanan Indonesia, khususnya Semarang.

Lumpia dipercaya memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, karena perpaduan antara karbonhidrat, sayuran, daging ataupun telur. Lumpia yang paling terkenal adalah lumpia Semarang, bahkan sudah menjadi oleh-oleh khas Semarang. Biasanya lumpia Semarang mempunyai isian berupa rebung, udang, dan telur. Penyajiannya lumpia Semarang ada dua versi yakni goreng dengan tekstur renyah dan kukus yang bertekstur lembut.

Kemudian bagaimana mengenahi peluang usahanya. Peluang usaha makanan ringan lumpia masih terbuka lebar bagi anda yang berminat memulai usaha ini. Lumpia memang cukup menjanjikan untuk dibuat usaha, dimana kuntungan yang dihasilkan tidak sedikit, sehingga patut dikembangkan. Dan juga usaha ini memiliki prospek bagus kedepannya.

Meski usaha lumpia sudah banyak dilakukan orang sejak dahulu, namun peminat makanan ini juga semakin bertambah. Bahkan diyakini usaha lumpia akan mengalami perkembangan dengan segala inovasinya. Inovasi lumpia contohya berupa banyaknya variasi yang sekarang mulai ditawarkan oleh para penjual.

Dengan banyaknya variasi lumpia yang ditawrakan diharapkan mampu menarik konsumen lebih banyak dan mendatangkan keuntungan yang maksimal. Bagi yang ingin memperoleh pendapatan tambahan ataupun ingin memulai usaha baru. Anda bisa memulai usaha lumpia ini.

2. Peluang Usaha Makanan Ringan Klepon

Jajanan tradisional yang diprediksi akan populer salah satunya adalah klepon. Klepon adalah termasuk jenis kue yang mirip seperti onde-onde. Makanan ringan tradisional berbentuk bulat hijau dengan isian gula merah manjadi jajanan yang banyak disukai orang. Memiliki rasa yang manis dan gurih deng tekstur kenyal saat digigit membuat setiap orang ketagihan untuk menikmatinya.

Kue klepon dibedakan menjadi dua jenis yakni kue klepon yang dibuat dari ubi dan klepon yang dibuat dari tepung ketan. Dari dua jenis klepon tersebut, kue klepon yang terbuat dari tepung ketan paling banyak disukai masyarakat karena memiliki tekstur yang lebih kenyal. Jajanan ini termasuk makanan yang sehat karena pewarna yang digunakan berasal dari bahan alami, sehingga tidak berbahaya bagi tubuh.

Berbisnis kue klepon saat ini masing menjadi salah satu peluang usaha makanan ringan yang sangat menguntungkan. Dengan mengeluarkan modal yang tidak terlalu besar, anda bisa memperoleh keuntungan yang menjanjikan. Banyak masyarakat juga yang memilih membeli klepon dari pada membuatnya sendiri.

Untuk pangsa pasanya jajanan klepon disukai oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang tua menyukai kue dengan rasamanis ini. Ketika anda memilih menjalankan usaha kue klepon sebaiknya anda memikirkan bagaimana strategi penjualan yang ingin anda gunakan. Karena klepon termasuk jenis kue basah yang tidak bisa bertahan lama, makan jangan sampai dagangan anda tidak habis.

Agar usaha klepon menarik bagi konsumen, anda bisa membuat variasi kue klepon misal dengan memasukkan buah sebagai pelngakap klepon. Selain itu, anda bisa menggunakan cokelat sebagai isi klepon menggantikan gula merah, agar lebih terlihat unik dan lebih kekinian.

3. Kue Putu

peluang usaha makanan ringan

Ide peluang  usaha makanan ringan khas daerah selanjutnya adalah kue putu. Siapa yang dengan kue satu ini? hampir semua orang Indonesia mengenal dan pernah menikmati kue putu. Kue putu merupakan olahan jajanan tradisonal jawa yang masih tetap eksis hingga saat ini. Makanan ringan ini dubuat dari tepung berasndan dicampur dengan parutan kelapa.

Sedangkan isian kue putu biasanya menggunakan gula jawa, sehingga menimbulkan cita rasa manis nikmat. Untuk mencetak kue putu bisa menggunakan cetakan plastik maupun cetakan bambu. Cetakan bambu lebih banyak dipilih oleh masyarakan karena lebih mudah menggunakannya serta menghasilkan cita rasa kue putu yang lebih nikmat. Kue putu sendiri hingga saat ini mudah untuk didapatkan, banyak yang menjual makanan ini, terutama di pinggir jalan.

Berbisnis kue putu bisa dikatakan mudah untuk dilakukan, karena tidak memerlukan bahan dan alat yang terlalu banyak dalam proses pembuatannya. Proses pembuatan kue putu sangat mudalh dilakukan, sehingga semua orang bisa membuatnya. Usaha kue putu memang sudah ada sejak dahulu, biasanya penjual berjualan dengan cara berkeliling.

Namun sekarang banyak para penjual kue putu menjual daganganya dengan membuka sebuah kedai maupun stand. Untuk menarik minat pembeli kue putu bisa di diolah secara kreatif serta penyajiannya dibuat semenarik mungkin. Kue putu bisa anda jadikan pilihan memulai usaha, sebab peluang usaha makanan ringan ini masih terbuka lebar. Dan juga sebelum memulai usaha kue putu perhatikan analisis usahanya agar keuntungan yang anda peroleh bisa maksimal.

4. Onde – Onde

Onde – onde merukan jajanan tradisional yang hingga saat ini masih eksis dipasaran. Penggemar dari makanan berbentuk bulat ini juga masih banyak ditemui, hal ini juga yang menjadi penyebab mengapa onde-onde masih tetap eksis dimana-mana. Onde-onde termasuk makanan yang disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Makanan ini dibuat dari bahan utama tepung beras yang dicampur dengan beberapa bahan lain dan biasanya diisi dengan kacang hijau. Memasaknya dengan cara digoreng. Ciri khas onde-onde selain berbentuk bulat juga ada taburan wijen dibagian luarnya. Taburan wijen membuat cita rasa onde-onde tambah gurih dan nikmat.

Mengingat banyaknya orang yang menyukai makanan ini, membuat usaha makanan ringan onde-onde menjadi bisnis yang menguntungkan. Usaha onde-onde bisa dilakukan dengan mudah sebab bahan-bahan nya mudah didapatkan. Selain itu juga proses pembuatanya tidak membutuhkan keahlian khusus, siapa saja bisa membuatnya jika dilakukan dengan serius.

5. Serabi

peluang usaha makanan ringan

Peluang usaha makanan ringan selanjutnya yaitu serabi. Serabi atau juga di beberapa daerah disebut surabi merupakan jajanan tradisional berupa sejenis kue. Kue serabi berbentuk bulat pipit seperti kue cucur yang terbuat dari tepung beras, santan, dan parutan kelapa. Jika dulu kue serabi hanya dikenal dengan rasa manis, sekarang banyak dijumpai serabi dengan variasi rasa yang beragam.

Kue serabi banyak ditemukan bebrapa daerah, namun yang paling terkenal dan khas adalah serabi Bandung dan Solo. Sama halnya seperti lumpia, serabi sudah menjadi oleh-oleh khas Kota Bandung dan Solo. Di beberapa kota banyak penjual yang mendirikan gerai-gerai hanya khusus menjual kue serabi. Biasanya sebagai sebagai tempat nongkrong bersama teman atau keluarga. Dengan penyajian yang lebih kekinian membuat serabi jauh dari stigma jajanan kuno.

Ya itulah beberapa peluang usaha makanan ringan khas daerah yang masih eksis sampai sekarang. Bahkan jika dikelola dengan baik makanan-makanan daerah tersebut akan menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat. Jika anda berminat bisnis makanan ringan sebaiknya terlebih dahulu belajar resep makanan ringan. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk anda.

The post 5 Peluang Usaha Makanan Ringan Khas Indonesia Paling Menguntungkan appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Membuat Sate Daging Sapi Yang Praktis https://lintasusaha.com/cara-membuat-sate-daging-sapi/ Tue, 10 Mar 2020 03:27:35 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4905 Anda tentu tidak asing dengan sajian sate daging sapi dengan bumbu nya yang lezat bukan? Masakan sate yang umum banyak...

The post Cara Membuat Sate Daging Sapi Yang Praktis appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Anda tentu tidak asing dengan sajian sate daging sapi dengan bumbu nya yang lezat bukan? Masakan sate yang umum banyak dijual para pedagang kaki lima dan restoran ini memang memiliki cita rasa gurih yang begitu sedap dan cara membuat sate daging sapi pun tidak cukup susah.

Nah, bagi anda yang suka belajar sendiri bagaimana membuat sajian hidangan ini dirumah agar bisa disajikan untuk keluarga. Kali ini kami akan berbagi resep cara membuat sate daging sapi manis yang empuk, gurih dan sederhana. Inilah dia resepnya.

Daging Sapi

cara membuat sate daging sapi

Mangsud dari daging ini  adalah bagian yang kenyal pada hewan yang terbungkusi kulit dan melekat pada tulang yang besar sendiri yang menjadi bahan baku makanan.

Tersusun sebagian besar dari jaringan otot-otot itu tersebut, ditambah lagi dengan bagian lemak yang melekat pada, urat, serta tulang rawan.

Daging sapi adalah daging yang berasal dari sapi biasanya digunakan untuk keperluan makanan. Sapi ialah produk peternakan yang sangat banyak di indonesia.

Daging sapi  mempunyai kandungan gizi  cukup tinggi dan lengkap oleh sebab itu  sangat bermanfaat sekali bagi pertumbuhan dan kesehatan pada manusia.

Daging sapi yang sudah ditrimming atau dihilangkan lemaknya mengandung banyak zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Serta merupakan sumber protein yang sangat baik  mempunyai nilai biologis tinggi, high digestible 94%), sumber kandungan omega-3 rantai panjang (DHA, EPA and DPA).

lemak tak jenuh, vitamin B12, niasin, vitamin B6, vitamin B5, vitamin D, riboflavin, zat besi Yang terserap dengan cepat dan baik.

Dibandingkan zat besi dari pangan nabat), seng, fosforus, selenium, mempunyai kadar lemak yang cukup rendah, serta mempunyai kadar komposisi kolesterol yang pas untuk tubuh.

1. Resep bumbu  Sate Daging Sapi

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 50 gram lengkuas parut
  • 200 ml kecap manis
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 100 gram selai kacang krimi
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 19 buah tusuk sate

Bumbu halus bumbu sate:

  • 8 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 60 gram gula merah sisir halus

Cara membuat bumbu sate Daging Sapi :

  1. Tumbuk haluskan bumbu sate memakai mesin penghalus maupun dengan memakai ulekan atau cobek. Silahkan haluskan bumbu sate hingga benar-benar halus dan merata.
  2. Setelah selesai, lumuri daging yang tadi disisihkan dengan menggunakan bumbu sate halus ini hingga semua bagian daging terlumuri dengan bumbu sate halus secara merata.
  3. Sesudah melumuri daging, silahkan anda diamkan  terlebih dahulu daging selama 2 jam di dalam lemari es hingga bumbu sate yang anda dihaluskan bisa meresap didalam daging hingga merata dan daging tetap segar.
  4. Sesampai dua jam lamanya, baru anda keluarkan daging kembali dari lemari es, lalu tusuk-tusuk daging dengan memakai tusuk sate. Bagi potongan sebanyak 3-4 tusuk dalam satu tusuk sate itu.
  5. Sediakan bumbu sate selai kacang tadi dengan campuran bawang putih yang dihaluskan bersama cabai rawit.
  6. Bakar sate dengan bara api sampai matang dan siapkan sate bakar ini dengan bumbu kacang yang nikmat.

 

A. Cara Membuat Bumbu Sate Kacang Daging Sapi

Bahan-bahan:

  • 250 gram kacang tanah, goreng, haluskan
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 5 butir bawang merah, haluskan
  • 500 ml air
  • garam dan merica bubuk secukupnya
  • 100 ml kecap manis
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 2 buah cabai merah, haluskan (opsional)

Cara membuat Sate Kacang Daging Sapi :

  1. Potong-potong daging yang akan dipakai berbentuk dadu (dengan takaran untuk ½ kg daging, perpaduan dengan lemak atau gajih jika suka) lalu tusuk kembali dan susun pada tusukan sate.
  2. Masak lagi bumbu sate yang sudah dihaluskan bersaman air, kecap manis, daun jeruk, garam dan merica sampai mendidih dan matang. lalu sisihkan,
  3. Ambil seperlunya bumbu kacang tersebut, campurkan kembali dengan kecap manis. Setelah rata, lalu lumuri pada permukaan daging, lalu diamkan sebentar agar meresap. Bakar sate sesekali diolesi sisa bumbu sate olesan dan sesekali juga dibolak-balik agar matang merata dan tidak gosong.
  4. Hidangkan sate menggunakan siraman bumbu kacang yang disisihkan tadi, lengkapi juga penyajiannya dengan menggunakan irisan tomat, irisan bawang merah dan air jeruk limau.

B. Cara Membuat bumbu sate untuk Bakar Sate

Bahan-bahan:

  • 1/2 bh nanas, parut halus
  • 3 sdm bumbu kacang siap pakai
  • 5 lbr daun jeruk
  • 1 sdm perasan jeruk nipis
  • kecap manis, secukupnya
  • gula pasir, secukupnya
  • garam, secukupnya
  • air, secukupnya
  • minyak untuk menumis

Bumbu halus bumbu sate:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 btr kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 cm jahe

Cara membuat Bumbu Sate untuk bakar sate :

  1. Tumis bumbu sate halus hingga matang dan harum.
  2. Masukkan potongan nanas, daun jeruk, gula pasir, garam dan kecap manis. Masak selama beberapa saat sambil diaduk-aduk secara perlahan.
  3. Lalu masukkan bumbu kacang (bumbu yang jadi untuk pelengkap sate), aduk sampai merata.
  4. Tuangkan air secukupnya hingga bumbu sate menjadi encer. Masak hingga mendidih.
  5. Angkat dan bumbu sate tadi yang dipakai untuk bakar sate siap dipakai.
  6. Cara memakainya, sebelum sate dibakar, celupkan dulu sate ke dalam bumbu sate ini kemudian bakar sate seperti biasa. Sesudah sate setengah matang, celupkan lagi dan bakar lagi hingga sate matang.

 Cara Membuat Tusuk Sate Sendiri

  1. Bahan yang perlu Anda siapkan dalam pembuatan tusuk sate sendiri adalah bambu, sebab bambu memang menjadi bahan pokok ketika Anda ingin membuat tusuk sate dari bambu.
  2. Jika Kalian tidak mempunyai bahan, maka percuma saja Anda mempunyai alat atau mesin pembuat tusuk sate misalnya. Jadi siapkan terlebih dahulu bahan bambu.
  3. Selain itu Anda harus bisa memilih mana bambu yang bagus dalam pembuatan tusuk sate seperti memilih bambu yang tidak terlalu tua ataupun muda, lalu pilihan jenis bambu dan lain sebagainya.
  4. Langkah selanjutnya, Anda juga harus menyiapkan tempat dimana Anda akan mengolah bambu Kalian tersebut, jika Anda tidak mempunyai tempat yang cukup luas maka Anda bisa kesulitan dalam proses menaruh mesin tusuk sate dan bahan bambu nya nanti, jadi siapakan terlebih dahulu tempat untuk menyimpan alat hingga bahan tusuk sate.
  5. Mesin tusuk sate adalah alat yang harus ada jika kalian ingin membuat usaha tusuk sate sendiri. Jika Anda tidak mempunyainya, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara manual, namun ini tidak akan berhasil jika Anda ingin menjadi pemasok tusuk sate bagi banyak tempat,cek mesin tusuk sate,jika anda ingin tahu.
  6. Pembuatan tusuk sate harus memakai mesin tusuk sate yang terdiri dari berbagai jenis mesin dan berbagai fungsinya.
  7.  Selain hal tersebut, Anda membutuhkan alat seperti gergaji, pisau dan lain nya untuk menebang bambu hingga memotong nya menjadi berbagai bagian yang sesuai dengan ukuran yang akan anda gunakan. Jadi harus perhatikan semua bahan atau alat yang harus anda persiapkan di atas.

Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh

cara membuat sate daging sapi

Selain rasanya yang cukup enak dan banyak di gemari masyarakat di indonesia daging sapi ternyata banyak sekali manfaatnya berikut adalah beberapa manfaat daging sapi.

Didalam daging sapi terkandung  gizi yang  sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, dibawah ini adalah beberapa penjelasan tentang kandungan dan manfaat daging sapi bagi tubuh manusia.

1.Lemak

Didalam daging sapi terdapat kandungan lemak , fungsi lemak sendiri adalah untuk meningkatkan energi dan sumber  untuk  tenaga bagi tubuh agar kuat menjalani aktivitas sehari-hari. Lemak  juga bisa berperan sebagai penunjang fungsi 0tak

2.Zat besi

Zat besi adalah suatu mineral alami yang terkandung di dalam daging sapi .

Zat besi menjadi sebuah komponen utama dalam pembentukanya hemoglobin yaitu dibagian dari sel darah merah. Manfaat dari zat besi antara lain adalah mampu mengatasi gangguan belajar pada anak dan mampu menghasilkan energi dari asupan yang bernutrisi

3.Selenium dan Zinc

Selenium adalah mineral yang diperlukan bagi tubuh, seperti vitamin dan mineral lainnya, yaitu kalsium dan zat besi, tapi dalam jumlah yang lebih cukup sedikit.

Selenium adalah zat yang sangat dibutuhkan untuk membentuk zat antioksidan dan meningkatkan imunitas anak

sedangkan Zinc mempunyai peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan mahkluk hidup (essential elements).

Zinc sangat bermanfaat  seperti membantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman

4. Protein

Daging sapi memiliki kandungan gizi yang sangat penting yaitu protein. Manfaat protein untuk tubuh adalah dapat membantu dalam perkembangan otak bagi anak anak dalam masa pertumbuhan.

Selain dari itu protein juga dapat membantu tubuh manusia dalam proses membentuk jaringan-jaringan yang baru pada otot-otot manusia

5.Vitamin B Komplek

Vitamin B kompleks yang ada pada daging sapi dapat menolong kerja sistem pada saraf otak manusia sehingga bisa membantu untuk menjaga konsentrasi dan daya ingat manusia.

vitamin kompleks sangat  berfungsi sebagai tameng perlindungan diri terhadap risiko terhadap kerusakan jangka yang panjang akibat polusi udara seperti asap dan debu

6.Omega 3

Manfaat omega 3 yang ada pada daging sapi dapat berfungsi  untuk dapat membantu fungsi jantung, hati dan sistem saraf pusat. Dalam 150 gr daging sapi, terkandung lebih dari kurang sekitar 30 gram asam lemak Omega 3.

Kandungan Gizi Pada 100 gram Daging Sapi

  • Protein  = 18,8 gr
  • Energi = 207 kkal
  • Lemak  = 14 gr
  • Kalsium = 11 mg
  • Kandungan Karbohidrat  = 0 gr
  • Fosfor  = 170 mg
  • Vitamin A = 30 IU
  • Zat Besi  = 3 mg
  • Vitamin C  = 0 mg
  •  Vitamin B1 = 0,08 m

Itulah Cara Membuat Sate Daging Sapi  yang sangat lezat sekali untuk hidangan keluarga anda, silahkan anda menambahkan beberapa bahanya bila ingin memperbanyak porsi yang dibuat, sangat mudah ko, Kunjungi juga resep makanan daging sapi.

untuk masalah rasa siap diadu deh dengan sate-sate lainya yang pernah anda coba, karena memang rasa dagingnya yang sangat empuk dan bumbu yang meresap  kedalam daging sangat terasa. Selamat mencoba dan terimakasih

 

 

The post Cara Membuat Sate Daging Sapi Yang Praktis appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Resep Kue Bantal Goreng yang Gurih Mantap Jiwa https://lintasusaha.com/resep-kue-bantal-goreng/ Sun, 08 Mar 2020 12:14:37 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4895 Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep kue bantal goreng yang mantap enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat...

The post Resep Kue Bantal Goreng yang Gurih Mantap Jiwa appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep kue bantal goreng yang mantap enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat sudah sering melihat kue bantal di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli kue bantal dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah Sahabat. Tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Kue bantal ialah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Kue Bantal Goreng

Kue bantal goreng syang satu ini sangat sering kita jumpai di pasaran ataupun di pinggiran jalan. Karena enaknya kue ini banyak sekali orang-orang yang membeli kue ini dan saya sudah merangkum beberapa resep kue bantal goreng dengan cara pemuatannya yang mudah dan hasil rasanya yang enak.

Resep Kue Bantal Goreng

  • 500 gr/ 50 sdm tepung terigu segitiga biru
  • 50 gr/ 5 sdm Susu bubuk
  • 120 gr/ 12 sdm gula pasir
  • Satu butir telur suhu ruang
  • 1 sdt soda kue
  • Satu sdt fermipan / ragi instan bubuk
  • 1 sdt pasta vanili
  • 40 gr mentega
  • secukupnya Air

Bahan olesan topping:

  • Wijen (secukupnya)
  • 2 sdm air
  • 3 sdm gula halus

Cara Membuat Kue Bantal Goreng

  1. Tuang tepung terigu, susu bubuk (saya cairkan dg air biasa), gula pasir, soda kue, fermipan, pasta vanili, telur, aduk rata lalu masukan air secukupnya jika dirasa kurang.
    Aduk rata bahan semua kecuali mentega dan garam. Uleni sebentar dan baru masukan mentega dan garam. Uleni adonan hingga benar2 khalis selama 15 menit.
  2. Jika sudah khalis, tutup adonan dengan serbet. Diamkan selama 1,5 jam agar mengembang
    Jika sudah 1,5 jam, adonan pipihkan setinggi 1,5cm / 2cm. Kemudian potong adonan menyeruapi bantal atau kotak. Lalu biarkan sejenak kita akan membuat topping wijennya. Ambil wijen tuang 3sdm gula halus dan beri air 2sdm agar wijen nanti menempel di atas adonan roti bantal
    Setelah adonan rori dipotong2 kemudian permukaan atasnya beri wijen merata, sambil ditekan2
  3. agar wijen menempel dan tdk gampang pudar saat digoreng.
    Tips dr sy: adonan roti bantal ini bisa didiamkan bbrp jam atau digoreng ketika pagi, dan tidak akan kecut rasanya karena dia hanya menggunakan sedikit ragi dan tercampur soda kue jd aman. Kemudian jangan takut akan mengembang hebat, dia akan stabil bentuknya sesuai pengembangan ketika awal karena kombinasi 2 bahan antara ragi dan soda kue tdk terlalu banyak. Tp jangan kuatir ketika digoreng dia baru akan mengembang
  4. Lanjut, kita panaskan minyak goreng dengan api yg sangat kecil. Gunanya matangnya sempurna dan tidak akan terlalu gosong. Kemudian goreng roti bantal dg permukaan wijen di balik. Jadi yg ada toppingnya taru terbalik ya jangan ditaruh permukaan dulu, gunanya agar wijen menempel sempurna dan tidak bercerai berai. Jangan dibolak balik dulu, biarkan matang sisi baliknya lalu ketika sudah mencoklat baru dibalik.
  5. Angkat roti bantal jika sudah berwarna kecoklatan cruncy, tiriskan dr minyaknya dan roti bantal siap dihidangkan

 Kue Bnatal Tabur Wijen

Kue bantal ini sanat enak sekali dimakan bersama keluarga dan sangat cocok dipadukan bersama teh hangat.

Resep Roti Bakar Tabur Wijen

  • 150 gr Tepung Cakra kembar (15sdm munjung)
  • 100 gr Tepung segitiga biru (10sdm munjung)
  • 30 gr mentega (2sdm munjung)
  • 1 btr telur
  • 3 sdm susu kental manis

Bahan biang :

  • 100 ml air hangat
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm ragi fermipan

Bahan hiasan :

  • 2 sdm Wijen putih
  • 1-2 sdm gula pasir
  • Sedikit air matang

Cara Membuat Roti Bakar Tabur Wijen

  1. Buat biang dengan mencampur air hangat,gula pasir dan ragi diamkan sampai berbusa
  2. Masukkan terigu,telur dan susu kental manis aduk secara merata tuang bahan biang secara perlahan lahan aduk merata hingga setengah kalis
  3. Masukkan mentega uleni adonan hingga kalis dan elastis bentuk bulat dan diamkan hingga 45menit agar mengembang 2x lipat tutup dengan serbet
  4. Kempeskan adonan gilas bentuk persegi dengan ketebalan 2cm dan potong2 kotak
  5. Campur wijen+gula putih dan air berbentuk karamel jangan tlu cair bikin kental trus oleskan di atas roti dan diamkan hingga 15menit
  6. Goreng dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan angkat sajikan panas dan walaupun udah dingin roti nya tetap gurih dan empuk

Kue Bantal Goreng Empuk

Kue Bantal Goreng yang satu ini bertekstur empuk dan enak cocok sekali dimakan saat kita sedang berkumpul bersama keluarga atau di saat kita sendiri untuk camilan dan saya sudah merangkum beberapa resep nya.

Resep Kue Bantal Goreng Empuk

  • 150 gr Tepung terigu (cakra)
  • Satu sdm Mentega
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt Vanili bubuk
  • 1 sdm SKM (me:Susu bubuk)
  • 1 Butir telur ayam

Bahan B :

  • 1/2 sdt Ragi instan
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 50 ml Air hangat

Bahan C :

  • Secukupnya Biji wijen + gula pasir

Cara Membuat Kue Bantal Goreng Empuk

  1. Masukan semua bahan B/bahan biang dlm gelas. Tunggu hgga berbuih byk tanda ragi aktif. (Kalau tdk berbuih harap diganti)
  2. Masukan semua bahan A yaitu tepung, mentega, telur, susu bubuk, gula pasir dan vanili bubuk dalam satu wadah. Lalu tuang bahan biang sedikit demi sedikit, sambil di uleni hgga kalis elastis (Saya pakai mixer spiral).
  3. Jika adonan terasa msh lengket setelah cukup lama diuleni, bisa tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hgga kalis elastis. Bulatkan adonan, diamkan hgga mengembang 2x lipat, lamanya tergantung suhu ruang masing masing (45 menit sampai 1 jam).
  4. Setelah mengembang 2x lipat, kempeskan dgn cara ditinju, lalu uleni sebentar saja.
  5. Taruh adonan diatas meja/silmat yang sudah ditaburi tepung tipis tipis. Pipihkan adonan setebal kira kira 2 cm. Olesi dgn air, lalu tabur biji wijen dan gula pasir sambil ditekan tekan agar biji wijennya melekat dgn baik. Lalu diamkan kembali sekitar 15 menit.
  6. Panaskan minyak goreng secukupnya, pakai api kecil. Potong potong adonan sesuai selera. Lalu goreng hgga kedua sisi matang/kecoklatan (dgn api kecil saja).
    Angkat, tiriskan. Siap dihidangkan bersama segelas kopi atau teh kesukaan masing masing. Teksturnya empuk didalam, renyah diluar!

Nah demikianlah beberapa resep kue bantal manis semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar resep kue bantal. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. Semoga dengan atikel kali ini sahabat bisa membuat kue ini dengan lebih mudah dan hasil ang didapatkan nya pun enak seperti yang Sahabat di rumah inginkan. Good Luck

The post Resep Kue Bantal Goreng yang Gurih Mantap Jiwa appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Membuat Jus Kurma Spesial Buat Anda yang Ada di Rumah https://lintasusaha.com/cara-membuat-jus-kurma-spesial/ Fri, 06 Mar 2020 13:59:21 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4888 Semua orang yang tinggal di Arab pasti  tau dengan buah yang satu ini, iya siapa lagi kalo bukan buah kurma....

The post Cara Membuat Jus Kurma Spesial Buat Anda yang Ada di Rumah appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Semua orang yang tinggal di Arab pasti  tau dengan buah yang satu ini, iya siapa lagi kalo bukan buah kurma. Tapi buah ini tidak hanya di arab saja di indonesia juga sudah banyak yang jual.

Kurma sering muncul di saat lagi bulan puasa, karena buah ini di jadikan untuk takjil pada saat buka puasa. Dan buah ini sudah ada pada jaman terdahulu sejak nabi Muhamad SAW.

Nah, pada artikel kali saya akan menjelaskan tentang cara membuat jus kurma spesial yang gampang dan bikin ngiler. Tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu daerah mana yang memiliki kebun kurma terbesar.

 

Kurma

cara membuat jus kurma spesial

Buah yang sering kita jumpai di negara arab yaitu buah kurma adalah buah yang berasal dari pohon Kurma Phoenix dactylifera yang telah banyak dibudidayakan di berbagai negara yang beriklim tropis dan subtropis.

Dalam penanaman nya, Pohon Kurma yang juga merupakan keluarga dari pohon palem ini membutuhkan kondisi arid gersang dan semi-kering di wilayah yang musim panasnya panjang.

dengan curah hujan yang seminimal mungkin serta tingkat kelembabannya relatif rendah selama periode pematangan.

Berdasarkan kebutuhan iklim and kondisi lingkungan, kawasan geografis yang paling cocok untuk membudidayakan pohon. Kurma ini adalah kawasan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Sehingga kawasan tersebut dikenal sebagai kawasan pengekspor buah kurma untuk seluruh dunia.

Buah Kurma yang berbentuk lonjong silinder dengan panjang sekitar 3-7cm dan diameter 2-3cm ini merupakan makanan tradisional umat Islam untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan.

 

Berikut Cara Membuat Jus Kurma Asli Enak, dan Simple

cara membuat jus kurma spesial

1.Cara Membuat Jus Kurma Spesial

Bahan-Bahan:

  • 4-5 butir butir kurma yang sudah matang dan sudah di pisahkan dengan bijinya
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Susu kental manis secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • 1 blender
  • 1 gelas berkuran sedang dan tidak terlalu besar
  • Pisau tajam

Cara Membuat Jus Kurma Asli:

  1. Pertama yang harus di perlukan adalah dengan menyiapkan semua bahan dan alat seperti di atas
  2. Jika sudah semua, mari ke cara membuat nya
  3.  pertama, buang biji pada kurma, potong-potong mangga, peras jeruk untuk mendaptkan airnya.
  4. Kedua, masukan semua bahan kurma, mangga, air perasa jeruk, yogurt, madu dan air ke dalam belender.
  5. Ketiga, belender semua bahan sampai halus lalu tuangkan ke dalam gelas, jus kurma mangga jeruk telah siap dinikmati.
  6. Cara membuat resep jus kurma mudah bukan hanya perlu waktu kurang dari 10 menit minuman yang bernutrisi untuk bisa anda nikmati bersama keluarga di rumah.

2.Cara Membuat Jus Kurma Spesial Campur Susu

Bahan-Bahan:

  • 5 butir kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya
  • Susu coklat sesuai selera masing masing
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat Jus Kurma Asli Susu:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua bahand alat yang harus di perlukan seperti di atas
  2. Jika semua alat dan bahan nya sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya dan di potong menjadi beberapa bagian
  4. Masukan kurma ke dalam blender dan masukan juga potongan buah pisang ke dalam blender, tambahkan gula, susu kental manis sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 2 menit sampai bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan jus ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  7. Tambahkan es batu untuk menambah kesegaran pada jus kurma
  8. Jus kurma Arab siap di sajikan

 

Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Kita

1. Tinggi Serat

Tingginya kandungan serat pada kurma dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat dapat mencegah terjadinya konstipasi, sehingga memperlancar buang air besar.

2. Mengandung Banyak Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya di tubuh. Ada tiga jenis antioksidan utama yang terdapat pada kurma, yaitu flavonoid, carotenoid, dan asam fenolat.

Ketiganya dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti Alzheimer, degenerasi makula, hingga kanker dan penyakit jantung.

3. Sumber Gula yang Baik

Kurma memiliki rasa manis alami sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pemanis dalam makanan maupun minuman.

Kandungan gula pada kurma juga membuatnya berguna untuk memperbaiki kadar gula darah yang menurun akibat puasa, sehingga tubuh terasa lebih berenergi.

4. Membantu Persalinan

Mengonsumsi kurma saat akhir kehamilan dipercaya dapat mengurangi kemungkinan ibu hamil memerlukan augmentasi saat proses persalinan.

Augmentasi dalam proses kelahiran merupakan suatu metode yang dilakukan oleh dokter untuk meningkatkan terjadinya kontraksi saat proses kelahiran.

5. Baik Untuk Kesehatan Otak

Mengonsumsi kurma dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Oleh karena itu, kurma dianggap dapat membantu mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, untuk memastikan manfaat kurma yang satu ini.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kurma mengandung banyak mineral termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Mineral-mineral tersebut mampu membantu tubuh terlindungi dari kondisi kelainan tulang seperti osteoporosis.

7. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Kurma dianggap dapat membantu untuk mengontrol gula darah. Manfaat ini didapatkan dari kandungannya yang rendah akan indeks glikemik. Kandungan serat dan antioksidannya juga dapat membantu kadar gula darah menjadi lebih terkontrol.

 

1. Perhatikan tampilan fisik kurma

Kurma yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah kurma yang tampilannya tidak terlalu basah, terlalu kering atau mengerut.

Hal ini disebabkan kandungan gula pada kurma yang basah menjadi cukup tinggi, selain itu kurma yang basah atau lengket kulitnya saat dipegang rentan mendapatkan pemanis berupa madu atau gula cair untuk menciptakan rasa manis berlebih pada kurma.

Sedangkan kurma yang kulitnya mengerut hingga kering menunjukkan kualitas yang sudah turun karena ukurannya mengecil yang disebabkan kurma sudah cukup lama.

Dari segi tampilan fisik, pilih kurma yang segar, tidak terlalu lengket atau basah saat dipegang, dan kulit ari yang masih menempel dengan baik.

Kurma dengan tampilan tersebut kualitasnya masih baik. Selain itu, memilih kurma yang masih menempel pada batangnya dinilai cukup baik karena mampu menjaga rasa manis dan kandungan gula menjadi tidak berlebihan.

2. Perhatikan warna

Meskipun ada berbagai jenis kurma, namun sebagian besar kurma memiliki warna kuning, merah, cokelat hingga kehitaman.

Perhatikan kualitas dan tampilan kurma dari warna untuk memastikan kurma masih segar dan berkualitas untuk dikonsumsi. Pilih kurma yang warnanya merata dan tidak tampak bagian rusak di permukaan kurma.

3. Pastikan tekstur dan rasa kurma

Mencicipi kurma menjadi salah satu cara jitu untuk mengetahui kualitasnya. Pastikan teksturnya masih segar, tidak kering dan berpasir. Mencicipi kurma Anda juga bisa mengetahui rasa manis kurma yang sesuai dengan selera Anda, ‘kan?

4. Perhatikan kemasan dan tempat penjualan

Jika Anda membeli kurma dalam kemasan, maka perhatikan tampilan fisik kemasan, pastikan terjaga dengan semua bagian tertutup rapat, tidak terbuka atau ada bagian yang berlubang. Jangan lupa pastikan tanggal kedaluwarsa kurma pada kemasan, ya.

Sedangkan jika Anda memilih kurma tidak dalam kemasan, maka usahakan memilih kurma yang dijual di wadah tertutup dan tidak ada kontaminasi fisik, seperti debu atau kotoran lainnya.

 

 

Nah, itu lah tadi artikel yang menjelaskan cara membuat jus kurma spesial dan beberapa khasiat buah kurma. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)

The post Cara Membuat Jus Kurma Spesial Buat Anda yang Ada di Rumah appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Macam-Macam Cara Buat Jus Tomat Mint Enak, Lezat, Spesial Buat Anda https://lintasusaha.com/cara-buat-jus-tomat-mint/ Fri, 06 Mar 2020 13:28:56 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4883 Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara buat jus tomat mint enak dan simple buatnya. Semua orang...

The post Macam-Macam Cara Buat Jus Tomat Mint Enak, Lezat, Spesial Buat Anda appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara buat jus tomat mint enak dan simple buatnya. Semua orang pasti sudah tau dengan buah yang satu ini yakni buah tomat. Tapi tidak semua orang tau jika tomat ini bisa di jadikan jus yang segar dan enak.

Semua ngira tomat ini hanya bisa di jadikan makanan saja, tapi nyatanya bisa di jadikan jus yang segar dan kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Kita sudah tau sendiri jika tomat ini sangatlah banyak mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Nah, Pada artikel ini kita tidak hanya membahas tentang bagaimana cara buat jus tomat mint saja tapi membahas tentang bahannya. Dan beberapa manfaat yang di hasilakan tomat, tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu asal dan usul buah toma.

 

Tomat

cara buat jus tomat mint

Tanaman yang sering kita jumpai di berbegai tempat yaitu tomat adalah tumbuhan atau tanaman dari keluarga Solanaceae. Tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru.

Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah. Tomat ini biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

Tanaman tomat biasanya memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Cara menanam tanaman tomat adalah disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari.

tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia.

Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia

 

Macam-Macam Cara Buat Jus Tomat Mint Enak dan Bikin Ketagihan

cara buat jus tomat mint

1.Cara Buat Jus Tomat Mint

Bahan-Bahan:

  • 1 biji tomat yang sudah dibersihkan dengan air besih dan di potong menjadi 4
  • Susu kental manis sesuai selera masing masing
  • Gula secukupnya
  • 5 lembar daun mint
  • Air matang 300ml
  • Madu asli sesuai selera masing masing
  • 1 blender yang mempunyai kecepatan yang tinggi
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

Cara Buat Jus Tomat Mint:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan tomat yang sudah di bersihkan dan sudah di potong menjadi 4 bagian, lalu masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan gula, susu kental manis, madu dan daun mint yang sudah di bersihkan asli sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 1-2 menit sampai semua bahan tercampur dan halus
  6. Lalu masukan jus yang sudah halus tadi ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar, beri hiasan potongan tomat di atas gelas
  7. Jus tomat susu siap di sajikan

 

2.Cara Buat Jus Tomat Mint Campur Susu

Bahan-Bahan:

  • 1 biji tomat yang sudah dibersihkan dengan air besih dan di potong menjadi 4
  • Susu kental manis sesuai selera masing masing
  • Gula secukupnya
  • Air matang 300ml
  • Madu asli sesuai selera masing masing
  • 1 blender yang mempunyai kecepatan yang tinggi
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

Cara Buat Jus Tomat Susu:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan tomat yang sudah di bersihkan dan sudah di potong menjadi 4 bagian, lalu masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan gula, susu kental manis, madu asli sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 1-2 menit sampai semua bahan tercampur dan halus
  6. Lalu masukan jus yang sudah halus tadi ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar, beri hiasan potongan tomat di atas gelas
  7. Jus tomat susu siap di sajikan

Manfaat Tomat yang Wajib Kamu Ketahui

1. Menguatkan Tulang

Manfaat tomat untuk tulang yakni menguatkan tulang. Likopen, kandungan antioksidan dalam buah tomat, diyakini sebagai penyebab tulang bertambah kuat.

2. Untuk Diet

Tomat bermanfaat untuk diet. Hal ini karena tomat mengandung likopen yang memberikan warna merah pada tomat. Jika dikonsumsi dapat memberikan rasa kenyang.

Serta mengonsumsi tomat akan membantu menurunkan hormon ghrelin dalam tubuh yang memicu nafsu makan. Dengan mengonsumsi tomat dengan rutin untuk diet dapat menurunkan berat badan.

3. Menghaluskan Kulit

Tomat bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Rutin mengonsumsi tomat dapat menghaluskan kulit. Selain itu, tomat dapat dibuat masker dengan dicampur putih telur.

Campurkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan putih telur dan air. Oleskan masker pada seluruh wajah. Biarkan mengering lalu bilas wajah dengan air dingin.

4. Mencegah Kanker

Manfaat tomat berikutnya yakni mencegah kanker. Namun tomat tersebut harus sudah direbus. Tomat yang sudah direbus nutrisinya lebih tinggi dibandingkan dengan nutrisi tomat mentah. Merebus tomat akan mengoptimalkan manfaat antikanker. Sebab likopen dan fitonutrisi pada tomat akan bekerja makin optimal setelah dipanaskan.

5. Membuat Mata Lebih Sehat

Manfaat tomat lainnya yakni membuat mata lebih sehat karena adanya kandungan beta karoten. Tomat yang kaya vitamin A meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan meningkatkan perkembangan mata.

 

Cara Memilih Tomat yang Segar dan Benar

 

1. Pilih dan beli tomat segar yang berwarna merah di semua bagian buahnya.

2. Jika tomat yang kamu beli akan di gunakan untuk beberapa hari kedepan, sebaiknya beli tomat yang warnanya agak hijau atau yang warnanya belum begitu merah. karena saat di simpan akan lebih tahan lama dan warnaya akan memerah seiring waktu.

3. Pilih tomat yang ukurannya agak besar karena kaya akan kandungan air yang bermanfaat bagi tubuh kita.

4. Pilih tomat yang segar dengan cara memegangnya, apakah ukuran dan beratnya sesuai, jangan pilih tomat yang agak ringan karena biasanya tomat tersebut sudah tidak segar lagi karena kandungan airnya yang sudah berkurang.

5. Pilih tomat segar dengan teliti, salah satu ciri tomat yang bagus adalah tekstur pada perkukaannya yang halus dan kencang jika di pegang.

6. Hindari memilih tomat yang pada permukaannya sudah terlihat layu, berkerut, retak atau ada bekas goresan. karena kualitasnya yang kurang baik dan cepat busuk.

7. Untuk lebih memastikan bahwa tomat yang kita beli memang bagus, kita harus memilihnya sendiri dengan cara memilihnya satu persatu.

8. Jika ada tomat yang kita pegang teksturnya sagak kendur atau layu, berarti tomat tersebut sudah tidak segar lagi.

9. Jangan pilih tomat yang rusak atau bonyok karena sudah kurang layak untuk di konsumsi.

10. Pilih tomat yang apabila di pegang terasa segar dan padat.

11. Pilih dan beli tomat yang masih ada tangkainya ini menandakan bahwa tomat itu masih segar.

 

Nah itu lah tadi artikel yang menjelaskan asal usul  tomat, cara buat jus tomat mint, dan beberapa manfaat tomat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)

The post Macam-Macam Cara Buat Jus Tomat Mint Enak, Lezat, Spesial Buat Anda appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Beberapa Cara Membuat Puding Susu Buah yang Bikin Ngiler Kamu https://lintasusaha.com/cara-membuat-puding-susu-buah/ Fri, 06 Mar 2020 10:33:07 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4851 Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat puding susu buah dan beberapa manfaat puding susu. Sudah banyak...

The post Beberapa Cara Membuat Puding Susu Buah yang Bikin Ngiler Kamu appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat puding susu buah dan beberapa manfaat puding susu. Sudah banyak orang yang mengetahui tentang makanan ini dan khasiat yang di hasilkan dari puding tersebut.

Makanan ini tidak sulit untuk di cari, karena sudah banyak orang yang menjual dan membuat puding susu ini. Biasnya makanan ini sering kita temui di saat bulan puasa. Karena makanan ini di jadikan untuk takjil pada saat buka puasa.

Nah, pada kali ini kita tidak hanya membahas caranya saja. Namun saya akan memberi tahu bahan dan manfaat yang di hasilkan dari puding. Tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu asal mula dari makanan ini.

 

Puding

cara membuat puding susu buah

Makanan yang sering kebanyakan menyebutnya dengan nama puding. Adalah sebutan untuk makanan hidangan sebagai penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang.

Istilah dari makanan puding juga dapat dipakai untuk berbagai jenis pai yang berisi campuran lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang, direbus, atau dikukus.

Makanan puding pada umumnya, makanan puding dibuat dengan bahan baku seperti susu atau bisa dengan yoghurt, tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.

Pada umum nya makanan puding seperti ini bisa memiliki rasanya manis dengan menggunakan perisa coklat, karamel, vanila, atau dengan buah-buahan.

Puding yang di buat seperti agar-agar dibuat dengan mencampur bahan bubuk agar-agar bersama susu kental manis dan, tepung maizena, atau telur kocok.

Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Saat ini sudah terdapat tepung puding instan yang memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air lalu dipanaskan diatas kompor.

 

Macam-Macam Cara Membuat Puding Susu Buah Lezat dan Nikmat

cara membuat puding susu buah

1.Cara Membuat Puding Susu Buah

Bahan-Bahan:

  • Buah-buahan sesuai selera dan jangan lupa di bersihkan dan di potong menjadi beberapa bagian
  • susu cair tawar 800 ml
  • coklat bubuk 20 gr
  • gula pasir sesuai selera masing masing
  • agar-agar bubuk 1 bungkus
  • dark cooking chocolate 100 gr yang sudah di potong menjadi beberapa bagian
  • telur 1 butir (gunakan kuningnya saja)
  • garam 1/8 sdt
  • Air matang secukupnya
  • Panci berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  • Cetakan puding, sesuai keinginan

Cara Membuat Puding Susu Buah.:

  1. Pertama Siapkan Alat dan bahan yang harus di perlukan seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada maka kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan panci yang sudah di isi air secukupnya, panaskan di atas api yang lumayan besar. Beri bubuk agar agar ke dalam panci sambil di aduk
  4. Tambahkan susu cair ke dalamnya, tambahkan juga gula pasir ke dalam panci sesuai selera masing masing. Dan beri telur juga ke dalam untuk mengembangkan bahan, beri sedikit garam juga
  5. Masak kurang lebih 6-8 menit sampai air mendidih dan jangan lupa untuk selalu mengaduk
  6. Jika sudah masukan ke dalam cetakan sesuai keinginan
  7. Tunggu sampai dingin, atau bisa langsung di masukan ke dalam lemari penginin
  8. Lalu puding susu asli siap di sajikan bersama keluarga

 

2.Cara Membuat Puding Susu Buah Campur Vanila

Bahan-Bahan:

  • 800 ml susu yang sudah dicairkan
  •  2 buah kuning telur
  •  1/4 sdt pasta vanila
  • 2 bungkus agar-agar bubuk
  •  125 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Puding Susu Buah Campur Vanila:

  1. Siapkan bahan yang sudah ditentukan diatas
  2. Lalu masukan susu yang sudah dicairkan, agar-agar dan gula secukupnya kedalam panci, lalu rebus. tunggu kurang lebih 3-4 menit.
  3. Ambil sebagian adonan rebusan tadi, lalu campur dengan kuning dari telur. Aduk sampai tercampur rata.
  4. Kemudian masukkan lagi ke rebusan susu tadi. Beri pasta vanila secukupnya, aduk rata.
  5.  Tuang rebusan tadi ke cetakan puding atau cangkir, tunggu hingga berbentuk beku.
  6. Puding siap disajikan.

 

3.Cara Membuat Puding Susu Buah Spesial

Bahan-Bahan:

  • 1000 ml air
  •  1 sdt vanilla essence
  •  93 gram susu bubuk
  • 12 gram agar-agar powder
  • 30 gram gula
  • 250 gram potongan buah segar

Cara Membuat Puding Susu Spesial:

  1.  Campurkan bahan susu bubuk dengan 675 ml air lalu aduk hingga  rata.
  2.  lalu masukan bubuk agar kedalam sisa air dan aduk. Masukkan gula secukupnya dan esens vanila. Didihkan diatas panci.
  3.  Aduk susu bubuk tadi dengan perlahan lahan. Didihkan di panci dengan api kecil selama kurang lebih 2 menit.
  4.  Atur buah-buahan yang telah di potong-potong ke dalam cetakan.
  5.  Saring campuran puding tadi , dan tuang ke dalam cetakan yang sudah disediakan. Dinginkan sebelum disajikan biar lezat .
  6. Puding susu spesial siap disajikan.

Khasiat Puding Untuk Kesehatan Kita

1.Melancarkan Pencernaan

Kandungan puding yang mencakup serat, sangat bermanfaat bagi pencernaan, yaitu membantu kita membersihkan usus serta memperlancar pencernaan.

2.Bisa Menurunkan Berat Badan

Jika kita merasa lapar namun merasa “terlalu berat” jika harus makan nasi, cobalah puding. Puding merupakan makanan yang cocok untuk menahan rasa lapar karena kandungan seratnya bersifat mengenyangkan namun tidak membuat gemuk.

3.Atioksidan

Puding yang mengandung ekstrak rumput laut dapat berfungsi sebagai antioksidan, karena klorofil pada ganggang laut dapat membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang membahayakan tubuh.

3.Pencegah Kanker Dan Kardiovaskular

Tanaan rumput laut biasanya dikenal kaya akan banyak manfaatnya, salah satunya sebagai pencegah penyakit kanker. Maka dari itu, makanan puding sangar baik untuk mencegah penyakit kanker.

Selain itu juga tanaman rumput laut juga sangat berguna untuk menyerap kelebihan garam pada tubuh kita dan bisa menurunkan tekanan darah pada penderita penyakit hipertensi.

Cara Mengatasi Puding Tetap Enak Dan Segar

 

1. Kurangi Takaran Air

Makanan puding yang instan dan selalu menyertakan instruksi untuk pembuatan di bagian belakang kemasan makanan. Guna untuk menjaga kekenyalan pada puding untuk lebih lama, kurangi takaran air pada puding yang dianjurkan kemasan.

Misalkan di dalam kemasan puding tertera 400 ml air, maka kurangilah air yang ada dikemasan menjadi 300 ml. Dengan begitu, puding akan tetap kenyal dan terasa tetap segar dan akan menjadi awet.

 

2. Biarkan Dingin Dalam Suhu Ruang

Puding terasa panas disaat proses pembuatan nya. Tetapi jangan langsung untuk memasukkannya dalam kulkas atau menutup cetakannya terlebih dahulu. Jika puding dimasukan kedalam kulkas disaat puding masih panas, maka uap panas puding akan bertemu dengan udara dingin kulkas.

Sama Seperti Hal nya itu dapat menyebabkan perubahan pada suhu dan permukaan bawah kemasan puding dapat berair. Sama halnya apa bila puding langsung ditutup disaat masih panas. maka yang terjadi Uap panas akan berkumpul di bawah penutup dan membuat puding berair.

Untuk mengatasinya gampang, biarkan puding panas mendingin dalam suhu ruang terlebih dahulu. Jika sudah tidak nampak kalo beruap, puding boleh ditutup dengan penutup dan dimasukkan dalam kulkas.

 

3. Simpan Puding Tetap Segar

Ada sebuah trik nih untuk menyimpan puding tetap kenyal tetep segar dan tak berair, yakni buat puding 3 jam yang belum disajikan. Pada umumnya Kesegaran puding hanya bisa  bertahan kurang lebih 2-3 jam setelah dibuat, jika lebih dari itu maka akan kurang segar, lembek, dan berair.

 

Itu lah tadi artikel yang menjelaskan asal usul dari makanan ini, cara membuat puding susu buah dan beberapa khasiat yang di hasilkan dari puding susu ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba:)

The post Beberapa Cara Membuat Puding Susu Buah yang Bikin Ngiler Kamu appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Macam-Macam Cara Membuat Terong Belanda Susu Lezat, dan Nikmat https://lintasusaha.com/cara-membuat-terong-belanda-susu/ Fri, 06 Mar 2020 09:32:40 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4836 Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jus terong belanda susu yang bikin ngiler dan beberapa manfaatnya. Semua...

The post Macam-Macam Cara Membuat Terong Belanda Susu Lezat, dan Nikmat appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jus terong belanda susu yang bikin ngiler dan beberapa manfaatnya. Semua orang pasti belum banyak tau jika terong ini bisa di jadikan jus yang enak.

Kebanyakan orang mengira terong ini hanya bisa di jadikan makanan saja, tapi nyatanya bisa di sulap menjadi jus yang lezat. Dan terong belanda ini sangat lah banyak mengandung serat yang sangat baik untuk tubuh.

Nah, pada kesempatan kali ini saya tidak hanya memberi tahu cara membuatnya saja. Namun beserta bahan dan manfaat dari terong belanda tersebut.

Dan terong ini bernama terong belanda bukan berarti berasal dari negara belanda. Maka sebelum ke cara pembuatannya mari kita ketahui dulu asal usul dari terong belanda ini.

 

Terong Belanda

cara membuat jus terong belanda susu

Terong belanda atau orang belanda menyebutnya dengan nama Solanum betaceum. Adalah jenis tumbuhan yang memiliki keluarga terung-terungan atau Solanaceae yang mulai di kembangkan di daerah Bogor Jawa Barat dari tahun 1941.

Di negara Indonesia terong ini pertama kalinya dibawa dan dikembangkan di  negara Indonesia oleh seorang dari Belanda pada waktu itu sehingga saat ini yang biasa disebut sebaga terong belanda, padahal terong tersebut berasal dari daerah Amazon.

Terong belanda juga memiliki banyak ciri-ciri bau seperti lembu kutub, panjang dari tangkai daunnya mencapai 7–10 cm. Dan ada banyak khasiat dari terong belanda ini, bisa dibuat untuk jus diet dipagi hari, bisa juga untuk memperbaiki masalah pada pencernaan.

Ciri-ciri lain dari terong belanda terlihat di bagian bunga yang berbilangan lima,daun mahkota berbentuk genta,bercuping lima,benang sari 5 utas tepat berada di depan daun mahkota.

Buah terong belanda berbentuk bulat telur,berukuran 3-10cmx3-5cm,meruncing ke dua ujungnya.Kulitbuah tipis,licin berwarna kemerah-merahan.Malah menurutku mirip kaya tomat.

Terong Belanda adalah jenis tanaman anggota dari keluarga terung-terungan (Solanaceae) yang mulai di kembangkan di Bogor,Jawa Barat sejak tahun 1941.

 

Macam-Macam Cara Membuat Jus Terong Belanda Susu yang Simple

cara membuat jus terong belanda susu

1.Cara Membuat Jus Terong Belanda Susu

Bahan-Bahan:

  • 3 terong belanda yang sudah di cuci dan di potong menjadi 4 bagian
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Susu kental manis secukupnya
  • Madu asli sesuai selera masing masing
  • Air matang secukupnya
  • 1 blender
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  • Pisau tajam

Cara Membuat Jus Terong Belanda Susu:

  1. Pertama siapakan alat bahan yang harus di perlukan seperti yang di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada semua langsung ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan terong belanda yang sudah di potong menjadi 4 bagian dan masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan gula, susu kental manis, dan beri madu asli secukupnya tambahkan air matang sedikit saja
  5. Blender kurang lebih 1-2 menit an sampai semua bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan ke dalam gelas berukuran sedang dan jangan terlalu besar
  7. Tambahakn es batu secukupnya untuk menambah rasa dingin pada jus nya
  8. Jus terong belanda siap di sajikan

 

2.Cara Membuat Jus Terong Belanda Susu Campur Pisang

Bahan-Bahan:

  • 3 terong belanda yang sudah di cuci dan di potong menjadi 4 bagian
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Susu kental manis secukupnya
  • 2 buah pisang yang sudah di potong menjadi beberapa bagian
  • Air matang secukupnya
  • 1 blender
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  • Pisau tajam

Cara Membuat Jus Terong Belanda Susu Campur Pisang:

  1. Pertama siapakan alat bahan yang harus di perlukan seperti yang di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada semua langsung ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan terong belanda yang sudah di potong menjadi 4 bagian dan masukan ke dalam blender, dan buah pisang yang sudah di potong tadi
  4. Tambahkan gula, susu kental manis, dan beri madu asli secukupnya tambahkan air matang sedikit saja
  5. Blender kurang lebih 1-2 menit an sampai semua bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan ke dalam gelas berukuran sedang dan jangan terlalu besar
  7. Tambahakn es batu secukupnya untuk menambah rasa dingin pada jus nya
  8. Jus terong belanda siap di sajikan

3.Cara Membuat Jus Terong Belanda Susu Campur Jeruk

Bahan-Bahan:

  • 2 Buah terong belanda
  • 1 buah jeruk manis/sudah matang
  • 3 sdt gula manis
  • Susu kental manis
  • 250 air mineral
  • 1 blender
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

Cara Membuat Jus Terong Belanda Susu Campur Jeruk:

  1. Siapkan alat dan bahan yang harus di perlukan lalu, cuci terong belanda dan belah menjadi 2 lalu kerok isinya.
  2. Belah juga jeruk menjadi dua, peras air jeruk tersebut.
  3. Lalu masukan semua bahan kedalam blender, beri gula sesuka selara masing-masing
  4. Jika sudah halus masukan jus kedalam gelas, sajikan bersama es batu biar segar.
  5. Jus terong belanda susu campur jeruk siap di sajikan bersama keluarga

 

Macam-Macam Khasiat Terong Belanda

1.Menyegarkan Tubuh

Terong belanda memiliki rasa asam dan mungkin agak masam.

Rasa asam ini dapat membantu Anda menyegarkan tubuh, sehingga tubuh yang lemah dan mengantuk dapat langsung segar setelah mengonsumsi jus terong Belanda.

Selain itu, jika Anda menambahkannya dengan es batu dan air es, makan akan bertambah segarlah jus itu.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi terong Belanda sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda karena kandungan vitamin C.

Vitamin C adalah jenis vitamin yang baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, maka tubuh kita akan: selalu bugar, sulit mendapatkan penyakit, dan tidak mudah lelah.

3.Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat terong belanda yang pertama adalah bisa membantu mencegah penyakit anemia. Hal ini diakrenakan adanya kandungan zat besi yang bisa membantu mencegah anemia.

Kandungan mineral yang terdapat di dalamnya juga bisa membantu mengatur dan mempromosikan produksi sel darah merah. Sehingga terong belanda juga dapat membantu melawan tanda-tanda kelelahan, sakit, dan pusing.

4.Mengobatai Tekanan Darah

Terong belanda juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan potasium di dalamnya yang bisa membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah dan denyut jantung tetap normal.

Bagi kamu penderita hipertensi, dianjurkan untuk mengonsumsi terong belanda bila ingin hipertensi lekas membaik.

5.Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat terong belanda selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A di dalam terong belanda. Kandungan ini mampu menjaga dan menghindari mata dari kerusakan.

Nah, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mencukupi konsumsi terong belanda secara rutin dengan 1 buah atau 50 gram terlong belanda. Kamu bisa mengolahnya dengan dihaluskan tanpa menambahkan gula di dalamnya, guna menjaga kesehatan penglihatan.

 

Itu lah tadi artikel yang menjelaskan cara membuat jus terong belanda susu dan beberapa manfaat nya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)

The post Macam-Macam Cara Membuat Terong Belanda Susu Lezat, dan Nikmat appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Resep Kwetiau Basah yang Lezat dan Menggugah Selera https://lintasusaha.com/resep-kwetiau-basah/ Thu, 05 Mar 2020 14:30:43 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4828 Pada artikel kali ini, akan saya jelaskan tentang resep kwetiau basah yang enak dan juga mudah untuk di tiru. Mari...

The post Resep Kwetiau Basah yang Lezat dan Menggugah Selera appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Pada artikel kali ini, akan saya jelaskan tentang resep kwetiau basah yang enak dan juga mudah untuk di tiru. Mari simak bersama sama.

 

Sebelum heboh kwetiau, di Indonesia khususnya di Kota Medan, sudah lama orang mengenal makanan yang bernama mie tiaw ini. Mie yang terbuat dari bahan tepung beras berbentuk pipih, lembut, tipis, dan berwarna putih. Terkadang orang menyebutnya mie tiaw, dan di lain tempat sering disebut kwe tiau.

Di Indonesia, kita sering menyebutnya kwe tiau atau Mie Tiau. Tetapi di Penang  namanya ditulis di kedai-kedai sebagai Char Koay Teow atau Kuey Teow. Di Singapura pun sama, Char Koay Teow. Di Thailand, disebut  Phat Thai.

Kabarnya Char kway teow artinya potongan mi beras goreng. Dibuat dengan menggoreng kwetiau dengan kecap asin dan manis, sedikit belacan (terasi), jus asam, tauge, kucai, lap cheong (sosis hidangan khas Tionghoa) dan kerang.

 

Resep Kwetiau Basah

Ada beberapa resep atau cara membuat kwetiau basah yang akan kita pelajari pada artikel kali ini. Ada resep kwetiau basah spesial, resep kwetiau basah kuah, resep kwetiau basah sosis, dan resep kwetiau basah goreng.

 

1. Resep Kwetiau Basah Spesial

Bahan-bahan :

  • 400 g kwetiau basah
  • 100 g paha ayam fillet, dipotong dadu
  • 100 g kol, diiris kasar
  • 150 g caisim, dipotong-potong
  • 75 g toge
  • 1 btg daun bawang, diiris halus
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 2 sdt kecap asin
  • 1 sdm saus tiram,
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak goreng
  • 100 g udang, dibersihkan
  • 2 sdm kecap manis

Cara Membuat Kwetiau Basah Spesial :

  1. Lumuri kwetiau dengan saus tiram, saus tomat dan kecap manis.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Sisihkan.
  3. Masukkan telur lalu diorak-arik. Kemudian tambahkan bakso sapi dan aduk rata kembali.
  4. Masukkan wortel, tauge dan kapri dan aduk-aduk sampai layu. Tambahkan sedikit air dan masak sampai meresap.
  5. Masukkan kwetiau, merica bubuk dan garam lalu aduk rata dan masukkan daun bawang. Aduk hingga matang dan angkat.
  6. Kwetiau basah Spesial siap disajikan.

 

2. Resep Kwetiau Basah Kuah

Bahan-bahan :

  • 200 gram kwetiau basah, cuci dan bersihkan
  • Bakso dan atau sosis secukupnya, potong kecil-kecil sesuaikan dengan selera
  • 1 buah wortel, iris kecil memanjang bentuk korek api
  • 1 batang daun bawang, potong kecil-kecil
  • ½ sendok teh kaldu jamur
  • 4 sendok makan kecap ikan djoe hwa
  • ½ sendok teh garam
  • Lada bubuk secukupnya
  • Cabe rawi secukupnya, iris kecil
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • Air bersih secukupnya, pastikan cukup untuk bahan kuah dan merebus kwetiau

Cara Membuat Kwetiau Basah Sederhana :

  1. Siapkan panci dan didihkan air, setelah mendidih kemudian tuangkan air secara perlahan ke kwetiau basah dan diamkan kurang lebih selama 5menit, untuk menghilangkan minyaknya.
  2. Didihkan kembali air menggunakan panci, kemudian masukkan kwetiau yang barusa anda hilangkan minyaknya, rebus selama kurang lebih 3 menit saja karena sudah matang.
  3. Setelah matang kemudian angkat dan tiriskan ke dalam mangkuk suk saji.
  4. Siapkan kembali panci dan kembali didihkan air untuk kuah.
  5. Setelah mendidih lalu anda masukkan cabe rawit iris, beserta dengan potongan wortel dan aneka bakso dan atau sosis, lalu masak kembali sampai matang.
  6. Setelah beberapa saat anda masukkan 1 butir telur, dan jangan lupa untuk memasukan bumbu perasa makanan, lanjutkan mengaduk hingga rata.
  7. Jangan lupa untuk mencicipi, jikalau sudah pas anda matikan api dan tuangkan secara perlahan kuah ke atas mangkuk yang sudah berisi kwetiau.
  8. Terakhir taburkan daun bawang sebagai pelengkap dan sajikan kwetiau yang anda buat segera selagi masih hangat.

 

3. Resep Kwetiau Basah Sosis

Bahan-bahan :

  • 1 Bungkus Kwetiau Basah
  • 1 Butir Telur
  • 3 Pcs Sosis
  • Secukupnya Sawi Hijau
  • Bunga Kol Secukupnya (bisa ganti brokoli)
  • 1 Buah Tomat
  • 5 Buah Cabai Rawit
  • 3 Siung Bawang Merah (iris tipis)
  • 2 Siung Bawang Putih (cincang halus)
  • 2 sdm saus tiram
  • secukupnya Kecap Manis
  • sedikit Saos sambal
  • Secukupnya Garam dan Merica
  • Secukupnya Kaldu Jamur
  • Minyak Goreng untuk menumis

Cara Membuat Kwetiau Basah Sosis :

  1. Cuci kwetiau basah lalu tiriskan. Tumis bawang merah dan putih hingga harum, beri sedikit garam untuk pengikat rasa.
  2. Lalu masukkan sosis dan bunga kol, aduk sebentar lalu tambahkan telur. Aduk lagi hingga telur sudah setengah matang. Tambahkan saus tiram, aduk lagi.
  3. Masukkan kwetiau, sawi dan tomat, garam, merica dan kaldu jamur, aduk hingga tercampur.
  4. Lalu beri kecap manis dan saos sambal, aduk rata hingga tercampur dan dirasa sudah matang, lalu masukkan potongan cabai rawit aduk sebentar lalu angkat dan sajikan.

 

4. Resep Kwetiau Basah Goreng 

Bahan-bahan :

  • 300 gram kwetiau basah, dicuci bersih
  • 50 gram daging ayam, dipotong-potong
  • 4 buah otak otak goreng, dpotong-potong
  • 4 butir bakso, dipotong-potong
  • 2 butir telur ayam, dikocok lepas
  • 3 siung bawang putih, digeprek
  • 3 sendok makan minyak goreng

Bahan Bumbu :

  • 1 sendok makan kecap asin
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sendok teh kecap ikan
  • 1 sendok makan angciu (kalau ada/mau)
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Pelengkap :

  • 3 bonggol sawi, dipotong-potong
  • 3 lembar kol, diiris
  • 100 gram taoge
  • 1 lembar daun bawang, dipotong-potong

Cara Membuat Kwetiau Basah Goreng :

  1.  Langkah awal tumis bawang putih dengan minyak goreng, hingga harum.
  2. Lalu masukkan daging ayam, aduk-aduk hingga berubah warna, tambahkan bakso serta otak otak.
  3. Kemudian masukkan kecap asin, kecap manis, kecap ikan, saus tiram, angciu , garam, merica.
  4. Sesudah itu masukkan kwetiau, Aduk-aduk secara cepat dan merata.
  5. Selanjutnya tuangkan telur kocok, aduk-aduk rata.
  6. Terakhir masukkan sayurannya, dan masak hingga sayuran layu. angkat, beres bos. Kwetiau siap dinikmati.

 

Manfaat Beras Sebagai Bahan Dasar Kwetiau

Kwe tiau adalah jenis pasta atau mie yang transparan yang terbuat dari tepung beras dan air. Tepung beras merupakan olahan tepung yang terbuat dari beras dengan proses penggilingan. Terdapat kandungan karbohidrat, kalsium, protein, zat besi dan vitamin C, sehingga banyak sekali manfaatnya. Antara lain adalah :

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya susu saja yang memiliki kandungan kalsium. Tepung beras pun memiliki kandungan kalsium di dalamnya, yang tentu saja kalsium sangat baik dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Mencegah Anemia

Tidak hanya bayam, tepung beras pun mempunyai kandungan zat besi di dalamnya. Banyak memakan makanan yang mengandung zat besi dapat membantu sel darah untuk mengikat oksigen. Dengan sirkulasi oksigen dalam darah yang lancar, tubuh akan terhindar dari anemia yang sering dialami karena kekurangan zat besi.

3. Meningkatkan Metabolisme

Energi tubuh yang terpenuhi dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Karbohidrat dalam tepung beras sebagai sumber energi dalam tubuh, mampu membantu membakar kalori pada lemak dalam tubuh. Kalori akan terbakar pada saat tubuh sedang menjalani berbagai kegiatan.

 

4. Mencegah Terjadinya Panas Dalam

Panas dalam tidak hanya bisa diobati dengan jeruk dan alang-alang saja. Tetapi juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi tepung beras. Kandungan vitamin C di dalam tepung beras dapat membantu meredakan dan mencegah panas dalam menyerang tubuh.

 

Jadi seperti itulah tadi macam macam resep kwetiau basah yang lezat dan mudah untuk di tiru dirumah bersama keluarga dan orang tercinta. Jangan lupa pelajari juga artikel tentang resep kwetiau goreng lainnya jika anda ingin mengetahui lebih banyak seputar kwetiau. Sekian dan terimakasih. Selamat mencoba..

The post Resep Kwetiau Basah yang Lezat dan Menggugah Selera appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Beberapa Cara Membuat Jus Nanas Spesial yang Simple dan Lezat https://lintasusaha.com/cara-membuat-jus-nanas-spesial/ Thu, 05 Mar 2020 13:43:27 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4829 Kalian Pasti sudah tau dengan kuning dan kaya akan andugan vitamin C nya, ya siapa lagi kalo bukan buah nanas....

The post Beberapa Cara Membuat Jus Nanas Spesial yang Simple dan Lezat appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Kalian Pasti sudah tau dengan kuning dan kaya akan andugan vitamin C nya, ya siapa lagi kalo bukan buah nanas. Buah ini sangatlah banyak sekali manfaatnya sangking banyaknya, banyak orang yang mencari buah ini.

Dan buah ini sering di juluki buah diet, karena seseorang yang sudah memakan ini pasti akan turun berat badan nya. Jika anda sedang menjalankan program diet maka buah ini sangatlah cocok untuk anda yang sedang bermasalah dengan berat badan anda.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberi tahu tentang cara membuat jus nanas susu yang simple. Kita sudah tau sendiri kandungan yang ada di dalam susu seperti apa, dan apa lagi di buat dengan campuran jus nanas yang segar.

Tapi sebelum ke cara pembuataany mari kita ke tahui dulu asal usul dari buah nanas.

 

Buah Nanas

cara membuat jus nanas spesial

Buah yang sering kita jumpai di pasar pasar pada umumnya yaitu buah nanas diyakini berasal dari negara Brazil dan Paraguay yang pada akhirnya dibudidayakan oleh penduduk lokal di seluruh wilayah Amerika Serikat hingga Kepulauan Karibia.
Pada tahun 1493, Christoper Columbus menemukan buah yang bentuknya mengerucut di sebuah pulau Karibia Guadalupe. Katanya nih, berawal dari sini lah diperkenalkannya buah tersebut ke Eropa hingga menyebar ke seluruh dunia.
Saat seorang ilmuan yang bernama Columbus telah membawanya buah nanas ini ke Eropa, buah nanas langsung menjadi populer. Dalam masanya, nanas menjadi makanan yang mewah dan eksklusif.
Karena kondisinya hanya beberapa kapal cepat saja yang mampu membawa nanas segar, buah nanas yang segar menjadi sangat sulit di dapat dan bahkan lebih mahal ketika dijual di Eropa. Tentunya kapal-kapal tersebut membawa nanas-nanas yang diawetkan dari pulau karibia.

Macam-Macam Cara Membuat Jus Nanas Spesial Buat Anda

cara membuat jus nanas spesial

1.Cara Membuat Jus Nanas Spesial

Bahan-Bahan:

  • 1 buah nanas yang masih segar dan sudah matang, dan hindari buah nanas yang masih muda
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Susu kental manis secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Es  batu secukupnya
  • 1 blender yang memiliki kecepatan tinggi
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

Cara Membuat Jus Nanas Spesial:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang harus di perlukan untuk membuat jus nanas seperti yang di atas.
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada, mari ke cara buatnya.
  3. Siapkan nanas yang sudah di bersihakan dari kulitnya, dan paling penting untuk jangan lupa menghilangkan mata pada buah nanas karena itu bisa membuat lidah terasa gatal.
  4. Jika sudah potong menjadi beberapa bagian dan masukan kedalam gelas
  5. Tambahkan gula, susu kental manis sesuai selera masing masing dan tambahkan air matang secukupnya.
  6. Blender dengan kecepatan tinggi dan tunggu sampai kurang lebih 2 menit an sampai semua bahan tercampur rata dan halus
  7. Jika sudah masukan jus yang sudah halus ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  8. Tambahkan es batu untuk menambah cita rasa segar pada jus nanas
  9. Jus nanas spesial siap di sajikan bersama keluarga

2.Cara Membuat Jus Nanas Spesial Campur Madu

Bahan-Bahan:

  • 1 buah nanas yang masih segar dan sudah matang, dan hindari buah nanas yang masih muda
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Madu asli 2 sdm
  • Susu kental manis secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Es  batu secukupnya
  • 1 blender yang memiliki kecepatan tinggi
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

Cara Membuat Jus Nanas Spesial Campur Madu:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang harus di perlukan untuk membuat jus nanas seperti yang di atas.
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada, mari ke cara buatnya.
  3. Siapkan nanas yang sudah di bersihakan dari kulitnya, dan paling penting untuk jangan lupa menghilangkan mata pada buah nanas karena itu bisa membuat lidah terasa gatal.
  4. Jika sudah potong menjadi beberapa bagian dan masukan kedalam gelas
  5. Tambahkan gula, susu kental manis dan madu asli sesuai selera masing masing dan tambahkan air matang secukupnya.
  6. Blender dengan kecepatan tinggi dan tunggu sampai kurang lebih 2 menit an sampai semua bahan tercampur rata dan halus
  7. Jika sudah masukan jus yang sudah halus ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  8. Tambahkan es batu untuk menambah cita rasa segar pada jus nanas
  9. Jus nanas susu siap di sajikan bersama keluarga

 

3.Cara Membuat Jus Nanas Spesial Campur Wortel

Bahan-Bahan:

  • 1 buah Nenas yang sudah dikupas dan dipotong kecil-kecil
  • 2 buah wortel
  • 1 sendok makan gula pasir dilarutkan dengan 1 sendok air panas
  • 1 gelas air dingin

Cara Membuat Jus Nanas Spesial Campur Wortel:

  1. Siapkan bahan yang sudah disediakan
  2. Lalu potong wortel kecil kecil dan blender dan beri air dingin secukupnya, jika sudah saring ke dalam gelas.
  3. Blender nanas yang sudah dibersihkan, beri air dingi secukupnnya.
  4. Lalu masukan kedua tadi kedalam gelas yang sudah ada larutan gula.
  5. Jus nanas wortel siap disajikan.

 

Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan Kita

1.Melawan Radikal Bebas

Buah Nanas yang mempunyai rasa manis, dan segar ini banyak mengandung vitamin C yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, jika vitamin ini sangat baik untuk mencegah penyakit radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita dan efeknya bisa menyebabkan gangguan pada kulit.

2.Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah nanas yang ke dua yaitu menyeimbangkan kandungan air pada tubuh kita. Kandungan air yang ada di dalam tubuh kita biasanya ruet penyebabnya banyak sodium atau garam yang sering dikonsomsi.

Kandungan yang sangat baik untuk kesehatan jantung adalah pada vitamin C yang ada di buah nanas. Zat ini bisa mencegah akan terjadinya penyakit pada pembuluh darah seperti penyumbatan akibat kolesterol jahat.

3.Menurunkan Kadar Lemak Pada Tubuh

Buah nanas pada umumnya banyak mengandung banyak gula yang sangat baik untuk untuk tubuh. Jika Anda merasa kelaparan dan ingi mengemil seseuatu, tapi menyehatkan, buah nanas lah yang cocok, karena khasiat buah nanas juga mempengaruhi pembakaran lemak pada tubuh.

4.Meningkatkan Daya Tubuh

Buah nanas banyak mengandung zat antioksidan yang akan mengakibatkan tubuh untuk selalu siap terhadap berbagai serangan penyakit yang terjadi mulai dari serangan bakteri, jamur, hingga virus.

5.Membuat Tulang Lebih Sehat

Mengonsumsi buah nanas dalam jumlah yang cukup bisa membuat tulang menjadi lebih sehat dan kuat. Buah Nanas juga banyak mengandung senyawa mangan yang bisa membuat tulang kita dan juga tendon bisa menjadi lebih sehat dan kuat.

 

Itulah tadi artikel yang menjelaskan tentang beberapa cara membuat jus nanas spesial dan macam macam khasiat yang di hasilkan dari buah nanas ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)

The post Beberapa Cara Membuat Jus Nanas Spesial yang Simple dan Lezat appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Resep Omelet Makaroni yang Enak Lezat dan Maknyus https://lintasusaha.com/resep-omelet-makaroni/ Wed, 04 Mar 2020 14:35:46 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4819 Pada artikel kali ini, akan saya jelaskan tentang resep omelet makaroni yang enak dan juga mudah untuk di tiru. Mari...

The post Resep Omelet Makaroni yang Enak Lezat dan Maknyus appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Pada artikel kali ini, akan saya jelaskan tentang resep omelet makaroni yang enak dan juga mudah untuk di tiru. Mari simak bersama sama.

 

Maraknya omelet dimulai pada abad ke 18 sejak seorang Jenderal Perang bernama Napoleon Bonaparte melintasi Perancis bagian selatan.
Pada saat itu, sang Jenderal memilih untuk beristirahat dan memesan makanan khas daerah tersebut yang dikenal dengan nama omelet/telur. Setelah selesai menikmati omelet itu, ternyata sang jenderal sangat menyukai omelet telur buatan juru masak daerah tersebut.
Dan keesokan harinya sang Jenderal meminta kepada seluruh penduduk di desa tersebut untuk mengumpulkan seluruh telur untuk dijadikan omelet sebagai makanan bagi para prajuritnya.
Sejak itulah awal mula omelet telur mulai dikenal oleh masyarakat luas sampai saat ini. Omelet telur hampir ada di seluruh dunia.
Saking populernya, omelette terbesar pernah dibuat di Jepang pada tahun 1994, menggunakan 160.000 butir telur, dan menghasilkan omelette sebesar 128.5 meter. Ini menunjukkan bahwa omelet benar – benar disukai di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Resep Omelet Makaroni

Ada beberapa resep atau cara membuat omelet makaroni yang akan kita pelajari pada artikel kali ini. Ada resep omelet makaroni sederhana, resep omelet makaroni sayur, resep omelet makaroni gurih, resep omelet makaroni bayam, dan resep omelet makaroni keju.

 

1. Resep Omelet Makaroni Sederhana

Bahan-bahan :

  • 50 gram Makaroni Pipa
  • 3 Butir Telur
  • 2 Buah Sosis Sapi siap makan (potong dadu atau sesuai selera)
  • 1 sdm Kornet Sapi
  • 30 gr Keju Cheddar parut
  • 1 buah Tomat (potong dadu)
  • 1 btg Daun Bawang (iris tipis)
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Lada
  • Mentega untuk menggoreng

Cara Membuat Omelet Makaroni Sederhana :

  1. Rebus makaroni, tambahkan sedikit minyak dan garam agar makaroni tidak lengket dan lebih gurih.

  2. Campurkan makaroni, sosis, kornet, tomat, daun bawang, keju dan telur, aduk rata.

  3. Tambahkan lada dan garam sesuai selera.

  4. Goreng diatas teflon yang telah diberi mentega. masak satu sisi hingga matang dan berwarna kecoklatan. Balik dan goreng sisi yang lain hingga matang.

  5. Sajikan selagi hangat. dapat dijadikan lauk makan nasi atau cemilan dengan cocolan saos.

 

2. Resep Omelet Makaroni Sayur

Bahan-bahan :

  • 6 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 75 ml krim kental
  • 25 gram makaroni kecil, rebus
  • 50 gram keju cheddar, parut
  • 50 gram jamur kancing, iris halus
  • 25 gram kacang polong
  • 50 gram wortel, parut
  • 50 gram brokoli, rebus, cincang kasar
  • 100 gram ayam giling
  • 2 sendok makan mentega tawar untuk memanggang telur

Pelengkap :

  • 100 gram saus tomat

Cara Membuat Omelet Makaroni Sayur :

  1. Kocok lepas telur, garam, dan krim kental.
  2. Tambahkan makaroni, keju, jamur, kacang polong, wortel, brokoli, dan ayam giling. Aduk rata.
  3. Panaskan mentega hingga panas. Tuang campuran di atas wajan datar persegi.Tutup wajan. Balik telur. Biarkan hingga matang.
  4. Potong menjadi 3 bagian. Sajikan bersama pelengkap.

 

3. Resep Omelet Makaroni Gurih

Bahan-bahan :

  • Macaroni elbow, 50 gram (rebus makaroni sampai matang, setelah itu tiriskan. (Siapkan terlebih dahulu, kemudian masukkan kedalam kulkas)
  • Telur 3 butir
  • Blueband 2 sdm
  • Royco ayam 1 bungkus
  • Keju parut 50 gram
  • Tangkai daun bawang, iris tipis
  • ¼ bawang bombay, potong dadu kecil 30 gram
  • Tomat, buang bijinya, potong dadu kecil ½ buah
  • Kornet sapi 1 sdm
  • Lada ¼ sdt

Cara Membuat Omelet Makaroni Gurih :

  1. Campurkan dan aduk semua bahan di atas hingga rata.
  2. Panaskan Blueband terlebih dahulu pada penggorengan.
  3. Buat dadar tebal, agar tidak gosong gunakan api kecil saja.
  4. Balikkan hingga kuning keemasan dan matang.
  5. Untuk hasil sempurna, sajikan dengan roti bakar.

 

4. Resep Omelet Makaroni Bayam

Bahan-bahan :

  • 50 grams Makaroni La Fonte, rebus dalam air mendidih selama 12 menit, tiriskan
  • 10 grams Bawang Putih, cincang halus
  • 25 grams Bawang Bombay, cincang halus
  • 1 buah Tomat, potong kecil-kecil
  • 50 grams Bayam
  • 5 butir Telur Ayam, kocok sampai kental
  • 50 grams Keju Cheddar
  • 2 sdm Minyak Kedelai

Cara Membuat Omelet Makaroni Bayam :

  1. Panaskan Happy Soya Oil, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukkan makaroni rebus dan garam. Aduk agar tercampur rata, angkat.
  2. Masukkan campuran tersebut ke adonan telur, aduk rata.
  3. Cetak adonan ke dalam wajan dadar.
  4. Masak sampai adonan mengeras sesaat sebelum matang, taburi irisan tomat dan keju parut.
  5. Tutup wajan dadar. Lalu masak dengan api kecil sampai benar-benar matang.
  6. Setelah matang, potong menjadi 6 bagian, dan sajikan.

 

5. Resep Omelet Makaroni Keju

Bahan-bahan :

  • 100 gram makaroni, rebus hingga matang tiriskan
  • 50 ml susu cair segar
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 100 gram keju parut
  • garam secukupnya

Cara Membuat Omelet Makaroni Keju :

  1. Campurkan makaroni dan semua bahan, aduk rata dan tuangkan ke dalam pan yang telah diolesi margarin
  2. masak hingga matang, angkat dan potong lalu sajikan

 

Manfaat Telur Bagi Tubuh

1. Membantu Kehamilan Agar Lebih Sehat

Ibu hamil yang mengonsumsi lebih banyak putih telur selama kehamilan mempunyai lebih banyak energi. Tentu saja hal ini membuat Anda merasa tidak lelah. Selain itu, rajin makan telur juga dapat membantu mencegah bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

2. Kenyang Lebih Lama

Mengonsumsi telur rebus utuh untuk sarapan membuat perut Anda kenyang lebih lama. Itu dikarenakan telur mengandung protein tinggi, sehingga mengurung keinginan untuk makan banyak. Karena itu, tak salah jika Anda memperbanyak mengonsumsi telur, terutama pada saat sarapan yang dipadukan dengan lauk lainnya.

3. Baik Untuk Saraf dan Fungsi Otak

Putih telur mengandung kolin, nutrisi makro yang dapat membantu dalam proses menciptakan DNA. Tak hanya itu, putih telur mendukung fungsi saraf dan otak, dan juga membantu dalam proses membuang racun dalam tubuh.

4. Mengandung Vitamin

Satu butir telur terdapat banyak riboflavin yang diperlukan untuk mencegah kondisi tertentu, seperti sakit kepala terkait migrain. Para ahli juga menyatakan bahwa bagian putih telur juga dapat mencegah serangan jantung, demensia, dan penyakit terkait tulang dalam jangka panjang nanti.

5. Bebas Kolesterol

Orang yang sedang melakukan diet cocok sekali mengonsumsi telur, karena makanan ini bebas kolesterol. Tidak hanya itu, telur juga tidak memiliki kandungan lemak dan nol kalori, sehingga aman dikonsumsi. Cobalah untuk rajin mengonsumsi telur untuk sarapan atau makan malam yang pasti akan mengenyangkan

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Telur mengandung kolagen dalam membran yang terdapat di luar putih telur. Jika Anda ingin punya kulit yang sehat, makanlah banyak putih telur atau menggunakannya sebagai masker. Putih telur adalah bahan alami untuk mencegah kerutan dan memperbanyak asupan nutrisi untuk kulit.

7. Mengurangi Kelelahan

Putih telur mempunyai banyak mineral penting yang memberikan manfaat lebih besar untuk tubuh kita. Apabila Anda merasa lelahdan letih, cukup konsumsi putih telur dalam bentuk apapun. Putih telur ini dapat dimasak atau bisa digunakan untuk membuat kue yang rasanya lezat.

 

Jadi seperti itulah tadi macam macam resep omelet makaroni yang lezat dan mudah untuk di tiru dirumah bersama keluarga dan orang tercinta. Jangan lupa pelajari juga artikel tentang resep omelet mie lainnya jika anda ingin mengetahui lebih banyak seputar omelet mie. Sekian dan terimakasih. Selamat mencoba..

The post Resep Omelet Makaroni yang Enak Lezat dan Maknyus appeared first on Lintas Usaha.

]]>