Lintas Usaha https://lintasusaha.com Blog Ide, Inspirasi, Ulasan dan Info Usaha Bisnis Menarik Mon, 20 Apr 2020 03:05:25 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.1 https://lintasusaha.com/wp-content/uploads/2019/07/favicons-L-150x150.png Lintas Usaha https://lintasusaha.com 32 32 Cara Memperbaiki AC Cassette Dengan Mudah https://lintasusaha.com/cara-memperbaiki-ac-cassette/ Sat, 18 Apr 2020 08:31:06 +0000 https://lintasusaha.com/?p=5015 Cara memperbaiki ac cassette– Cassette AC merupakan tipe indoor AC dengan aliran udara seragam 360 ° menetapkan standar dan juga...

The post Cara Memperbaiki AC Cassette Dengan Mudah appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara memperbaiki ac cassette– Cassette AC merupakan tipe indoor AC dengan aliran udara seragam 360 ° menetapkan standar dan juga menghindari suhu yang tidak merata dan juga ketidaknyamanan yang disebabkan oleh angin. Karakter AC Cassette yang simple bisa memudahkan pengguna beradaptasi dengan ruang instalasi, tubuh mesin yang compact dan juga operasi yang tenang. Tipe AC yang sangat cocok di gunakan untuk ruangan – ruangan yang besar dan juga ruangan terbuka, seperti contoh nya kantor dan juga restaurant.

Cara Memperbaiki AC Cassette

Penyebab AC Cassette Bocor Dan Solusinya

Install AC Di Area Yang Salah

Banyak pembeli atau yang biasa disebut konsumen yang sering bertanya pada distributor AC tentang tempat atau lokasi ideal untuk memasang AC di rumah atau di kantor. Lebih tepat, AC di-install ke arah luar atau ke belakang. Dengan demikian, air dapat mengalir dengan lebih mudah menuju ke tempat pembuangan.

Jika salah satu alasan AC bocor karena tempat instalasi yang tidak benar, maka atasi dengan cara memindahkan letak posisinya. Jika tidak bisa melakukannya seorang diri, cukup panggil teknisi untuk membantu membetulkan posisinya AC.

Pipa AC Mulai Angus Bahkan Rusak

Ketika kontraktor AC menemukan kerusakan di pipa AC maka hal pertama yang akan mereka sarankan yaitu pergantian bungkus pipanya. Sama seperti halnya komponen AC lainnya, pipa AC juga bisa rusak seiring dimakan oleh usia. Maka dari itu, saat membawa AC ke teknisi minta mereka supaya turut memeriksa pipa AC Anda. Atau cukup Anda periksa sendiri saat waktunya membersihkan AC.

Jarang Merawat Dan Membersihkan AC

Menumpuknya debu di bagian dalam maupun di bagian luar AC merupakan penyebab AC baru. Debu yang dibiarkan menebal di bagian outdoor dan bagian indoor AC yang akan menyebabkan saluran pembuangan air tidak akan lancar.

Bila dibiarkan terus menerus, maka air tersebut akan mulai keluar dari lubang lain kemudian membasahi area di bawah AC tersebut. Solusi mengatasi AC bocor akibat debu dan juga kotoran yaitu membersihkannya. Bersihkan dengan seksama semua bagiannya dan tentu jangan sampai biarkan ada satu bagian pun yang terlewatkan.

Lupa Melakukan Vakum Ketika Diinstalasi

Meskipun tampak sangat mudah, pada dasarnya bahwa proses instalasi AC itu sangat kompleks. Satu bagian terlewati seperti lupa melakukan vakum saja dapat menyebabkan kebocoran pada AC Anda. Vakum saat instalasi bertujuan supaya mengeluarkan udara yang terdapat di dalam kompresor AC.

Bila udara tersebut tidak dikeluarkan, maka siap-siap saja Anda untuk mengganti pipa AC dengan pipa yang baru. Meskipun Anda merasakan canggung saat terus menerus mengawasi kinerja teknisi sedang instalasi AC. Untuk kebaikan di masa depan, jangan lupa untuk mengawasi dan juga terus bertanya pada mereka jika masih bingung.

Cara Mencuci AC Split Dengan Alat Pembersih AC

Cara Memperbaiki AC Cassette Dengan Mudah

Berikut ini merupakan cara mencuci AC split untuk unit yang berada di dalam rumah saja:

  • Matikan AC terlebih dahulu dan juga cabut kabelnya dari sumber listrik.
  • Gunakan alat pembersih AC contoh seperti mesin penyedot debu, kemoceng, bisa juga lap kering untuk menyingkirkan debu tersebut pada bagian bilah-bilah ventilasi dan permukaan luarnya.
  • Baca juga buku petunjuk AC Anda supaya Anda juga bisa mengetahui cara melepas dan tahu cara membersihkan filter AC tersebut.
  • Singkirkan debu tersebut pada filter dengan mesin pengisap debu atau dengan menggunakan kuas bersih.
  • Bilas filter AC Anda di bawah aliran air. Apabila sangat kotor, cuci dengan sabun cuci piring cair, contoh seperti Sunlight, kemudian bilas sampai kotorannya luruh.
  • Keringkan filter di tempat yang teduh tanpa menjemurnya di bawah teriknya matahari.
  • Pola pikir ini yang membuat kita tidak mau untuk mempelajari hal-hal baru atau hal-hal yang belum kita mengerti.

Naaaah, mari kita bahas tentang cara membersihkan AC rumah dengan mudah.

UNIT INDOOR

Alat-alat yang anda butuhkan:

  • Bulu ayam bisa juga kemoceng
  • Kuas kering yang kecil
  • Sikat gigi yang sudah tidak dipakai (jika diperlukan)
  • Lap dengan bahan yang lembut sebanyak 2 lembar
  • Air yang dicampur sedikit sabun cair yang digunakan untuk cuci piring
  • Manual book atau buku petunjuk AC
  • Cairan pembersih untuk AC indoor
  • Kain untuk ngepel
  • Lembaran plastic, ember untuk wadah tetesan air kotor

Berikut Caranya

  1. Bersihkan pada permukaan casing-nya. Pastikan AC dalam keadaan sudah mati. Putuskan aliran listrik Anda dengan cara melepaskan kabel dari stop kontak. Pastikan sebelumnya, kemoceng dalam kondisi yang kering dan juga tidak lembab. Supaya debu tidak menjadi basah dan juga tidak membuat noda pada casing. Bersihkan menggunakan lap dengan sedikit air. Keringkan dengan lap yang kering. Pada beberapa merk AC, tutup filter AC bisa anda lepas dari casing AC. Lepaskan lalu cucilah dengan air sabun tadi. Bersihkan lubang-lubang saluran udara pada tutup filter tersebut menggunakan sikat gigi.
  2. Bersihkan bagian filter AC. Filter AC sebaiknya dibersihkan tiap bulan sekali untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan demi kesehatan anda sendiri. Ikuti petunjuk dari buku petunjuk mengenai cara melepaskan filter AC ini. Setelah dilepaskan, bersihkan gumpalan-gumpalan debu menggunakan kuas kering. Kemudian cuci menggunakan air sabun tadi. Bilas menggunakan air hingga bersih. Keringkan filter AC menggunakan lap kering dan selanjutnya diangin-anginkan di udara terbuka. Setelah kering sempurna, barulah dipasang kembali ke unit AC tersebut.
  3. Bersihkan bilah-bilah pada evaporator. Pastikan melapisi lantai di bawah AC dengan menggunakan plastik dan juga ember. Cairan pembersih tersebut biasannya disemprotkan ke bagian bilah-bilah AC. Perlu ketelitian agar tepat sasaran. Tutup bagian dengan menggunakan komponen elektronik dengan plastic. Untuk menghindari terkena air atau terkena cairan pembersih. Air kotor akan menetes ke bawah dan juga ditampung dengan ember yang tadi. Setelah selesai, bersihkan lantai di bawah AC dengan memakai kain pel.

Cara Memebersihkan Filter

Saatnya untuk pindah ke unit indoor untuk langkah yang ini. Jika anda melepaskan atau anda memasang kembali kisi-kisi depan. Pada unit pendingin dalam ruangan ini. Anda harus bisa melepaskan satu panel jala besar maupun dua panel yang lebih kecil. Panel saringan ini yaitu garis pertahanan utama unit anda. Kepada berbagai nasties udara seperti debu dan juga bakteri. Namun, ini berarti mereka cenderung sangat kotor dan juga tersumbat dengan sangat cepat. Maka sangat perlu untuk dibersihkan lebih teratur daripada bagian lain dari unit ini.

Itu lah beberapa pelajaran dari Cara Memperbaiki AC Cassette yang bisa saya sampaikan. Jika teman-teman ingin mencari jasa service ac silahkan membaca artikel berikut Service AC Jogja teman-teman juga akan menemukan spesifikasi lengkapnya disana. Selain harganya murah pelayanannya juga maksimal loh!

Semoga mendapat manfaat dari semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

The post Cara Memperbaiki AC Cassette Dengan Mudah appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Analisa Usaha Bakso yang Wajib Anda Ketahui Jika Ingin Usaha Bakso https://lintasusaha.com/analisa-usaha-bakso/ Wed, 15 Apr 2020 01:55:22 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4996 Analisa Usaha Bakso – Bakso merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak penggemarnya. Semua kalangan dari anak-anak sampai orang...

The post Analisa Usaha Bakso yang Wajib Anda Ketahui Jika Ingin Usaha Bakso appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Analisa Usaha Bakso – Bakso merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak penggemarnya. Semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa begitu menyukai makanan yang umumnya berbentuk bulat ini. Bakso sendiri adalah makanan yang terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan tepung kemudian dibentuk bulat. Bakso memilki rasa yang gurih dari dagingya dan penyajiannya dipadukan dengan kuah yang segar.

Bahan yang digunakan membut bakso kebanyakan adalah daging sapi, namun seiring perkembangan dunia kuliner banyak dibuat variasi dari bakso. Sekarang banyak ditemukan variasi bakso seperti bakso ikan, bakso ayam, bakso udang, bakso tahu, dan jenis bakso lainnya.

Melihat begitu potensialnya makanan bakso, mendirikan usaha bakso bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan. Peluang usaha bakso sangat terbuka lebar. Kuntungan yang bisa diperoleh berlipat-lipat dari modal awal jika kita mampu menjalankan usaha bakso dengan baik. Terus pertanyaanya adalah bagaimanan caranya menjalankan usaha bakso dengan baik, apalagi bagi pemula yang masih minim pengalaman di usaha ini.

Semua usaha yang sukses tentu perlu perencanaan yang matang juga, sama halnya dalam usaha bakso. Diperlukan sebuah perencanaan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam usaha bakso. Langkah awal dalam perencaan usaha bakso adalah melakukan analisa usaha bakso. Bertujuan untuk mengetahui bahan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan serta mengukur berapa besar modal yang harus dikeluarkan.

Analisa Usaha Bakso agar Berjalan Sukses

analisa usaha bakso

Penting melakukan analisa usaha bakso ketika akan memulai usaha kuliner bakso. Mengetahui kisaran besar modal yang diperlukan dan perkiraan omzet yang akan didapatkan bagus untuk persiapan memulai usaha bakso anda. Sebagai pelaku bisnis harus tahu betul apa saja yang dibutuhkan  agar usaha bakso bisa berjalan dan berkembang. Juga harus tahu kira-kira berapa lama usaha anda akan balik modal.

Nah berikut adalah analisa usaha bakso :

1. Modal Utama Analisa Usaha Bakso

Modal utama pengeluaran pada tahap awal usaha untuk biaya yang memiliki nilai guna yang lama. Sehingga beberapa peralatan yang dibeli tersebut memiliki nilai penyusutan yang lama. Jadi dalam sekali pengeluaran bisa berfungsi dalam jangka waktu yang lama.

Sewa tempat : Rp. 2.000.000

Gerobak : Rp. 1.500.000

Satu set meja dan kursi : Rp. 2.000.000

Satu set peralatan makan : Rp. 500.000

Satu set alat masak : Rp. 1.000.000

Total : Rp 7.000.000

2. Biaya Operasional

Analisa usaha bakso selanjutnya adalah biaya opresional. Biaya operasional adalah biaya yang dikelurkan selama 30 kerja. Ini merupakan biaya sehari-hari dalam membuat bakso dan kegiatan usaha, tentunya merupakan pengeluaran yang wajib dihitung. Adapun biaya operasional dalam kegiatan membuat bakso sebagai berikut.

Daging sapi 3 kg : Rp. 9.000.000

Tepung tapioka : Rp. 200.000

Rempah-rempah : Rp. 450.000

Sayuran : Rp. 450.000

Gas 3 kg : Rp. 500.000

Total : Rp. 10.600.000

3. Pendapatan

Apabila bakso yang anda jual satu porsi seharga Rp 15.000, sehingga dalam satu hari misalnya mampu menjual sebanyak 50 porsi, maka omzet yang anda dapatkan sebesar Rp 22.500.000. Angka tersebut merupakan pendapatan kotor dalam jangka satu bulan.

4. Laba

Laba bersih didapatkan dari hasil pendapatan kotor – biaya opresional yakni Rp 22.500.00 – Rp 10.600.000 = Rp 19.600.000. Berdasarkan perhitunga tersebut maka laba bersih yang didapatka dalam satu bulan adalah Rp 19.600.00. Menguntungkan bukan.

Itulah analisa usaha bakso yang wajib dilakukan ketika akan mendirikan usaha bakso. Analisa ayang tepat akan menjadikan usaha anda berjalan dengan lancar.

Strategi Marketing Usaha Bakso

analisa usaha bakso

Tentunya pemasaran akan berpengaruh pada keuntungan yang bisa anda dapatkan. Setelah analisa usaha bakso pemasaran produk bakso menjadi langkah yang harus dilakukan. Memutuskan memulai usaha bakso sudah menjadi langkah pertama yang bagus bagi seorang penhgusaha. namun dalam membangun sebuah usaha tidak hanya satu langkah, akan tetapi harus melakukan banyak langkah. Salah satunya adalah pemasaran.

Pemasaran adalah strategi yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha dalam hal ini usaha bakso untuk meningkatkan nilai tanbah suatu produk. Ditengah persaingan usaha kuliner yang semakin ketat dan padat, anda harus memiliki keunggulan dibandingkan dengan pesaing.

Dalam menentukan strategi pemasaran langkah pertama adalah memulai strategi bisnis. Tentukan STP (Segmen, Target, Positioning) dari usaha bakso anda :

1. Segmen

Tentukan segmen pasar usaha bakso anda, apakah menengah kebawah atau menengah ke atas, dan sebagainya. Hal ini penting untuk perkembangan usaha bakso anda.

2. Target

Pilih  juga target pasar anda. Rinci siapa saja target bisnis anda, apakah pria, wanita, anak-anak, orang dewasa, dan lain sebagainya. Misalnya walaupun makanan bakso bisa dimakan orang usia 3 tahun keatas, namun jika anda membuka lokasi usaha bakso di sekitar kampus, maka target uatam anda adalah mahasiswa (usia 18-24).

3. Positioning

Ciptakan positioning usaha anda. Buatlah produk bakso anda memiliki kesan dan selalu diingat oleh konsumen atau target pasar anda. Misalnya apakah bakso anda ingin dikenal memiliki rasa yang enak, porsi banyak, dan harga yang murah? atau bakso sehat, atau bakso yang pelayanannya via media sosial dengan menawarkan jasa antar bakso.

Sebuah produk yang sudah memiliki positioning yang kuat akan mampu bersaing dengan produk yang sejenis. Konsumen juga kemungkinan besar akan menjadi pelangan setia produk bakso anda. Dengan demikian potensi bertambahnya pelanggan anda akan semakin besar.

Setelah melakukan strategi bisnis dengan TP (Segmen, Target, Positioning) maka selanjutnya melakukan strategi bisnis sederhana menggunakan sistem marketing mix (4P). Strategi Marketing Mix (4P) dapat dilihat dalam ulasan berikut.

Strategi Marketing Mix (4P)

 

analisa usaha bakso

1. Produk

Setiap usaha harus memiliki USP (Unique Selling Proposition) yakni hal yang membedakan produk anda dari para pesaing lainnya. Anda harus bisa menawarkan bakso dengan keunikan tersendiri, bakso yang berbeda dengan bakso yang sudah ada. Misalnya bakso anda bentuk yang unik serta cara penyajiannya berbeda dengan bakso kebanyakan.

Namun rasa harus yang utama, sebab menurut survei orang indonesia akan memilh makanan atau minuman yang mempunyai rasa nomor satu. Tanpa sesuatu yang mempunyai nilai jual yang berbeda usaha anda akan kesulitan bersaing dalam pasar yang semakin ketat ini.

2. Place

Lokasi untuk membuka usaha bakso sangat mentukan. Jika target pasar utama anda adalah mahasiswa, maka harus menyiapkan tempat yand sesuai dengan budaya atau perilaku mahasiswa. Misalnya menyediakan tempat parkir, meyediakan permainan meja, tempatnya tidak telalu mewah, tidak perlu mencari tempat yang mewah atau lainnya.

3. Price

Penentuan harga produk sangat peting. Cari tahu atau survei terlebih dahulu harga bakso dari kompetitor anda. Kemudian tentukan harga bakso anda bisa kompetitif dan terjangkau bagi target pasar anda.

4. Promotion

Lakukan promosi bakso sesuai dengan target pasar anda. Misalnya jika target pasar adalah mahasiswa lakukan strategi promosi degan media digital dan buat digital promo juga.  Seperti misalnya khusus setiap hari sabtu, bakso dipromosikan dengan paket beli 2 dapat gratis  1 atau bisa juga khusus hari sabtu minimal beli 2 porsi gratis minuman.

Memang memerlukan biaya tambahan yang cukup banyak, namun ini merupakan investasi agar bakso anda dikenal dan banyak orang yang mencobanya. Optimalkan juga promosi melalui media sosial sehingga promo tersebut bisa dikenal lebih luas lagi.

Buat juga merk atau nama brand usaha bakso anda. Pertama buat logo, warna brand, tagline, dan sebagainya agar usaha anda mudah dan cepat dikenali oleh target konsumen anda.

Yah, itulah rincian analisa usaha bakso, semoga bermanfaat bagi anda yang berniat membuka usaha bakso. Strategi pemasaran juga penting karena akan mentukan dapat bertah atau tidak usaha bakso anda di dalam persaingan pasar yang semakin ketat ini. Baca juga artikel tentang peluang usaha kebab turki.

The post Analisa Usaha Bakso yang Wajib Anda Ketahui Jika Ingin Usaha Bakso appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Peluang Usaha Kebab Turki yang Menjanjikan Keuntungan Besar https://lintasusaha.com/usaha-kebab-turki/ Mon, 13 Apr 2020 03:48:56 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4987 Kebab adalah makanan yang berasal dari timur tengah yang berbahan dasar daging sapi atau daging domba yang mana penyajiannya dengan...

The post Peluang Usaha Kebab Turki yang Menjanjikan Keuntungan Besar appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Kebab adalah makanan yang berasal dari timur tengah yang berbahan dasar daging sapi atau daging domba yang mana penyajiannya dengan cara ditusuk kemudian dipanggang. Kepopuleran kebab sudah menyebar ke berbagai negara. Di tiap negara, kebab sendiri memiliki cri khas masing-masing, biasanya berbeda dalam cara penyajiannya. Salah satu jenis kebab yang paling populer adalah kebab turki yaang mana penyajiannya dengan dibalut roti tortilla. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan pelaku usaha kebab turki, baik skala kecil samapi skala besar.

Selain daging sapi dan daging domba, daging ayam juga bisa dibuat sebagai kebab. Tergantung selera dari calon pembeli. Isi kebab tidak hanya daging namun juga berbagai sayuran. Cara pembutab kebab terbilang mudah cukup semua isi kebab yang sudah matang menjadi satu dalam roti tortilla. kemudian kebab diguliung untuk kemudian dipanggang kembali agar kenmatangannya lebih sempurna.

Di Indonesia kebab turki menjadi salah satu usaha makanan kekinian yang cukup populer. Banyak orang akhirnya memilih usaha kuliner ini karena melihat banyaknya minat masyarakat akan makanan berbahan daging ini. Rasa daging panggang dipadukan dengan lembaran roti membuat orang nagih ingin menikmatnya.

Peluang usaha kebab turki ini bisa dibilang sangat terbuka lebar. Melihat semakin banyak orang meenyukai makanan khas timur tengah ini. Jika anda berminat membuka bisnis ini terlebih dahulu cari informasi tentang bagaimana menjalankan usaha ini.

Kiat Memulai Usaha Kebab Turki Agar Sukses

usaha kebab turki

Banyak orang indonesia mulai gemar melakukan wisata kuliner. Bahakan sebagian orang menjadikan wisata kuliner sebagai kegiatan rutin. Hal ini membuka peluang bagi usaha kuliner seperti usaha kebab turki ini. Dalam memulai usaha kuliner tidak boleh dilakukan asal-asalan, harus dilakukan dengan benar agar hasilnya pun sesuai yang kita harapakan.

Nah agar bisa menjalankan usaha kuliner dalam hal ini usaha kebab turki dengan benar harus memperhatikan beberapa hal dalam memulai usaha. Memulai usaha dengan benar dan baik tentu otomatis kedepannya akan berjalan denagn baik juga.

Berikut adalah beberapah kiat ketika memulai usaha kebab turki :

1. Pelajari Menu Kebab Turki

Sebelum menjalankan usaha kebab turki sebaiknya pelajari dulu berbagai resep kebab turki. Karena resep dari kebeb turki sendiri bermacam-macam. Pilihlah dan pelajari satu resep yamg menuru anda cocok dan enak. Resep kebab turki bisa anda peroleh dari buku resep ataupun mencari dari internet. Karena anda akan membuka usaha di Indonesia tentunya pilihlah resep keban yang sesua dengan lidah orang Indonesia.

Walaupun sama-sama kebab turki, cita rasa setiap negara berbeda-beda. Ada pelaku usaha kebab turki di Indonesia yang yang sudah sangat populer, bahkan cabangnya sampai mancanegara. Namanya adalah Kebab Turki Baba Rafi, hampir di setiap kota besar di Indonesia pasti terdapat cabang Kebab Turki Baba Rafi. Usaha tersebut bisa anda jadikan contoh dalam memulai usaha.

2. Pilih Ikut Waralaba atau Membuka Gerai Sendiri

Usaha kebab turki di Indonesia sudah menjamur dimana-mana, mulai dari pedagang kecil pinggir jalan hingga gerai waralaba besar. Nah ketika akan terjun ken bisnis ini pikirkan terlebih dahulu apakah akan memilih bekerjasama dengan waralaba atau membuka usaha kebab turki sendiri.

usaha kebab turki

Kedua pilihan tersebut kelebihan dan kekurangan masing-masing. Waralaba memiliki keunggulan seperti merk sudah terkenal luas, ada tarining/ pelatihan dari pemilik waralaba, hingga biaya lebih murah. Sedangkan membuka usaha sendiri memiliki kelebihan seperti keuntungan milik pribadi tidak harus bagi untung, bisa lebih berinovasi, bahan baku bisa mencari sendiri tidak tergantung orang lain.

3. Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Pendukung

Usaha kebab turki tentu membutuhkan peralatan dan perlengkapan khusus untuk memasak serta meyajikannya. Lakukan identifikasi peralalatan yang dibutuhkan, apakan dalam skala besar atau skala kecil. tentu kebutuhan usaha dalam skala kecil berbeda dengan usaha skala besar. Ini tergantung anda apakah usaha kebab turki dimulai dari skala kecil terlebih dahulu  atau langsung dalam skala besar.

Dalam usaha skala besar tentu kebutuhan peralatan dan perlengkapan pendukung lebih banyak. Identifikasi ini pentimg dilakukan agar usaha anda bisa berjalan lancar. Benar-benar pastikan bahwa peralatan dan perlengkapan pedukung sudah siap ketika anda membuka usaha untuk pertama kalinya.

4. Promosi Usaha Kebab Turki

Promosi menjadi bagian terpenting dalam kesuksesan sebuag usaha kuliner seprti kebab turki ini. Jika anda melakukan strategi promosi yang tepat maka kesuksesan usaha anda sudah didepan mata. Banyak metode promosi yang bisa anda pakai mulai dari metode konvensional sampai metode digital/internet seperti kebanyakan yang dilakukan pelaku usaha saat ini.

Sebaiknya lebih fokus promosi lewat media digital atau internet seperti media sosial, sebab dengan kemajuan teknologi saat ini lebih efektif promosi lewat internet. Hampir semua orang setiap hari terhubung dengan internet, dengan begitu promosi melalui media bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas serta biayanya pun lebih murah.

Namun jika perlu tetap promosi dengan motode konvesional seperti brosur, pamflet, dan lainya. Walaupun intensitasnya lebih sedikit.

Resep Kebab Turki Mudah dan Ontentik

Bagi anda yang masih akan merintis usaha kebab turki tapi masih belum menemukan resep yang cocok, berikut resep kebab turki yang mudah serta ontentik. Mungkin akan sesuai dengan resep yang anda cari.

usaha kebab turki

Bahan Kebab Turki :
  • 1 lembar kulit tortilla
  • 25 gram bawang Bombay yang sudah diiris
  • 1 sdt saus tomat
  • 25 gram timun yang sudah diiris tipis
  • 1 sdt saus sambal
  • 25 gram selada yang sudah diiris tipis
  • 25 gram tomat yang sudah diiris tipis
  • 1 sdm mayonnaise
  • 1 sdt margarine
  • Irisan daging kebab
Bahan Daging Kebab Turki :
  • ½ kg daging sapi yang sudah dipotong melintang
  • 100 cc yoghurt tanpa rasa
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 2 cm jahe
  • ½ sdt ketumbar
  • Lada
  • Garam
Cara Membuat Daging Kebab Turki :
  1. Daging sapi masukkan kedalam wadah atau mankok.
  2. Daging dicuci sampai bersih kemudian pukul hingga dahing lunak dan melebar
  3. Haluskan cabai merah, jahe, ketumbar, dan bawang putih, bisa dengan blender atau cobek
  4. Pastikan bumbu tersebut benar-benar halus
  5. Masukkan bumbu yang sudah halus ke dalam wadah berisi daging sapi tadi
  6. Campu bumbu denagn daging hingga merata
  7. Tambahkan lada, yoghurt, dan garam secukupnya
  8. Diamkan daging sapi yang sudah dibumbui kurang lebih selama 10-15 menit hingga bumbu meresap ke dalam daging
  9. Panggang daging sapi hingga matang
Cara Membuat Kebab Turki :
  1. Masukkan kue/kulit tortilla ke dalam teflon yang sudah diolesi margarin
  2. Panggang kue tortlla hinggga kekunungan dan muncul bercak kecloklatan
  3. Tumis bawang bombay dalam wajan sebentar saja, cukup sedikit layu
  4. Pindahkan kue tortilla ke atas piring yang ukurannya sesuai
  5. Tambahkan bawang bombay, selada, irisan tomat, dan irisan timun ke tengan kue tortilla secara merata
  6. Tambahkan saus samabl, saus tomat, mayonise sesuai selera ke atas sayuran segar tadi
  7. Masukkan irisan daging ke atasnya secara merata
  8. Gulung kue tortilla berbentuk memanjang kerucur seperti kebeb turki
  9. Kebab Turki telah siap untuk disajikan

Nah, itulah peluang usaha kebab turki serta potensi keuntungan yang bisa diraih. Usaha ini jika dijalankan dengan serius dan benar maka keuntungan pun akan datang dengan mudah. Semoga informasi tersebut berguna bagi anda yang ingin memulai usaha kebab.

 

The post Peluang Usaha Kebab Turki yang Menjanjikan Keuntungan Besar appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Memilih PK AC yang Cocok untuk Dibeli https://lintasusaha.com/cara-memilih-pk-ac/ Sat, 11 Apr 2020 13:28:47 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4983 Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara memilih PK AC yang cocok untuk anda beli. Pendingin ruangan atau...

The post Cara Memilih PK AC yang Cocok untuk Dibeli appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara memilih PK AC yang cocok untuk anda beli. Pendingin ruangan atau AC ( air conditioner ) mungkin sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan. Ya tentu karena tinggal di daerah perkotaan sangat memiliki hawa yang panas ditambah dengan pabrik dan kendaraan yang ada.

Mungkin dengan menggunakan AC adalah salah satu jalur alternatif yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan udara yang sejuk di dalam rumah. Tentu sangat nyaman bukan setelah keluar dari rumah dan terkena udara yang sangat panas langsung masuk ke dalam rumah yang udaranya dingin. Sangat menyenangkan dan sangat nyaman bukan berada pada ruangan yang terpasangi dengan AC tersebut.

Nah jika anda belum mempunyai AC dan ada rencana akan membeli AC. Hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli AC adalah dengan memilih ukuran PK yang pas dengan ruangan yang akan dipasangi dengan AC. Mengapa harus memperhatikan hal tersebut ? Sebab jika anda tidak memperhatikan hal tersebut maka anda akan mendapatkan AC yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan yang anda perlukan.

Hal tersebut bisa menjadikan anda sia – sia sebab AC yang anda beli tidak mengeluarkan udara yang dingin ke seluruh ruangan. Nah sangat penting bukan memperhatikan ukuran PK pada AC yang akan anda beli tersebut. Agar nantinya anda tidak menyesal dan kecewa setelah membelinya.

Jika anda bertanya – tanya bagaimana cara memilih ukuran PK yang pas untuk ruangan anda ? Disini saya akan menjelaskan cara memilih PK AC yang cocok untuk anda beli. Tak perlu panjang lebar lagi berikut cara memilih PK AC yang cocok untuk dibeli.

Cara Memilih PK AC

Nah untuk memilih PK AC yang cocok untuk anda beli ada dua rumus yang bisa anda gunakan.

1. Rumus Pertama

Rumus yang pertama yaitu dengan cara menghitung menghitung kebutuhan AC yang akan anda gunakan di rumah.

Cara memghitung = ( Panjang x Lebar x Tinggi ruangan x Faktor 1 x 37 ) + ( Jumlah orang yang ada di rumah x Faktor 2 )

Untuk angka faktor 1 yaitu untuk kamar tidur = 5, untuk kantor = 6 dan jika digunakan untuk restoran, salon, warnet ataupun digunakan untuk mini market = 7. Nah jika untuk angka faktor 2 yaitu untuk orang dewasa = 600 btu dan untuk anak – anak = 300 btu.

2. Rumus Kedua

Untuk menghitung PK AC dengan menggunakan rumus yang kedua ini jauh lebih simple dibandingkan degan rumus pertama. Dan rata – rata kebanyakan orang menggunakan rumus ini untuk menghitung kebutuhan AC meskipun rumus ini tidak seakurat rumus yang pertama.

Untuk menghitung kebutuhan AC yang akan digunakan anda hanya perlu menggunakan rumus berikut :

Panjang x Lebar ruangan x 500 sampai 1000 btu tergantung dengan lokasi yang akan dipasangi ac, lantai dasar atau lantai atas ruangan, arah sinar matahari dan juga dengan tingkat suhu dingin yang anda suka.

Dikalikan dengan 500 btu jika AC dipasang di koridor kantor, koridor lift ataupun juga dengan tempat yang sama sekali tidak membutuhkan udara dingin. Dengan 600 btu untuk AC yang dipasang pada kamar yang tidak terkena sinar matahari. Untuk 700 btu jika AC dipasang pada kamar yang terkena dengan sinar matahari.

Dikalikan dengan 800 btu untuk AC yang dipasang pada kamar yang atapnya cor beton. Yang terakhir dikalikan dengan 1000 btu jika AC tersebut memang diinginkan dingin sekali.

Jika anda membutuhkan AC untuk mendinginkan ruangan dengan luas 3 x 3 m maka AC yang harus terpasang pada ruangan tersebut memiliki ukuran PK minimal 1/2 PK atau sama dengan AC yang memiliki BTU sebesar 5000.

Itulah cara memilih PK AC yang cocok untuk anda beli. Jadi sangat penting bukan memilih PK AC yang sesuai dengan kebutuhan anda di rumah apalagi jika AC tersebut akan anda pasangi pada kamar tidur anda yang menjadi tempat istrahat anda. Tentu sangat tidak nyaman bukan jika PK yang ada pada AC yang ada di kamar tidak sesuai dengan luas ruangan tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli AC

Jika anda bertanya selain memperhatikan ukuran PK AC hal apa yang harus diperhatikan saat akan membeli AC bukan ? Nah saya akan menjelaskan beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda akan membeli AC agar nantinya anda tidak menyesal.

  1. Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu jenis AC yang akan anda gunakan nanti. Jika anda akan menggunakan AC di rumah maka AC yang cocok untuk anda beli yaitu AC dengan jenis AC split.
  2. Penempatan AC setelah anda membelinya. Hal ini harus benar – benar diperhatikan karena hal ini juga bisa mempengaruhi kinerja pada AC. Jangan pasang AC didepan pintu ya.
  3. Pilihlah unit AC yang menggunakan fitur mudah untuk digunakan. Seiring dengan berjalannya waktu ada berbagai merk AC yang dijual dipasaran. Pada setiap merk AC tentu memiliki kelebihan fitur yang berbeda – beda.
  4. Belilah AC yang hemat listrik. Nah pada sekarang ini ada tipe AC yang bisa anda beli yaitu tipe low watt, standar dan juga dengan tipe inverter.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda akan membeli AC. Nah pembaca sekalian jika anda sudah mempunyai AC anda juga jangan sampai lupa untuk tetap menjaga dan merawat AC yang anda punyai. Sebab jika anda tidak rawat AC yang anda punyai maka AC akan mengalami beberapa masalah yang bisa datang dengan tiba – tiba.

Masalah AC Tidak Dirawat
  • Filter pada AC akan menjadi kotor. Jika hal ini terjadi maka bisa mempengaruhi aliran udara yang ada pada AC dan menjadikan penurun kemampuan dalam mendinginkan ruangan.
  • AC bocor merupakan salah satu masalah yang mungkin sudah umum dijumpai. Kebocoran pada AC bisa terjadi karena saluran pembuangan pada AC tersebut tersumbat degan kotoran ataupun juga dengan debu.
  • Mengeluarkan suara yang berisik. AC juga bisa mengeluarkan suara yang brisik jika AC tersebut tidak dirawat secara rutin. Hal ini bisa terjadi karena adat baut ataupun skrup yang sudah kendur ataupun dengan hal lain sebaginya.
  • AC tiba – tiba mengalami mati hidup saat dinyalakan. Nah untuk hal ini anda bisa menggunakan jasa teknisi service AC Jogja untuk membantu menangani masalah tersebut.

Beberapa masalah AC yang tidak dirawat terbut bisa terjadi pada anda jika anda tidak merawat AC secara rutin dan dengan baik dan benar. Jadi anda harus tetap merawat dan menjaga kebersihan ruangan yang terpasangi degan AC tersebut agar AC tetap berjalan degan normal.

Jika mempunyai masalah dengan AC dan anda tidak bisa memperbaikinya sendiri. Anda bisa menggunakan teknisi service AC Jogja untuk membantu menangani masalah AC yang ada di rumah anda.

The post Cara Memilih PK AC yang Cocok untuk Dibeli appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Ternak Sapi yang Terbukti Menghasilkan Kesuksesan https://lintasusaha.com/cara-ternak-sapi/ Tue, 07 Apr 2020 14:53:39 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4972 Sapi adalah salah satu dari sekian banyak jenis hewan yang bisa dibudidayakan. Di Indonesia sendiri sapi sudah menjadi komoditas penting...

The post Cara Ternak Sapi yang Terbukti Menghasilkan Kesuksesan appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Sapi adalah salah satu dari sekian banyak jenis hewan yang bisa dibudidayakan. Di Indonesia sendiri sapi sudah menjadi komoditas penting dalam industri peternakan. Peternakan sapi tersebar di berbagai daerah di Indonesia, daerah pemasok sapi terbesar seperti Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Walaupun usaha ternak sapi sudah ditemukan, namun cara ternak sapi tidak semudah yang dibayangkan.

Diperlukan keahlihan khusus dalam menjanin usaha peternakan ini. Sebab sapi memerlukan perhatian khusus dan intensif. Jika anda ingin terjun di usaha ini tapi belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara ternak sapi, anda harus memiliki niat dan keseriusan di bisnis ini. Keseriusan usaha ternak sapi bisa dimulai dengan cara menambah wawasan bagaimana cara memulai usaha agribisnis terutama ternak sapi ini.

Namun dibalik agak susahnya cara ternak sapi, ternyata usaha ini memiliki peluang keuntungan yang besar. Kita ketahui bahwa produk hasil peternakan sapi banyak kita temukan dipasaran seperti susu dan daging sapi. Yang terakhir merupakan komoditas bahan makanan yang sangat penting dimasyarakat, permintaan daging sapi tidak pernah surut bahkan mengalami kenaikan di waktu-waktu tertentu.

Produk olahan dari sapi juga sudah menjangkau berbagai pasar di masyarakat, mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern. Permintaan produk hasil peternakan sapi semakin meningkat, hal itu menjadi faktor penyebab berkembangnya industri peternakan sapi. Itu juga menjadikan usaha ternak sapi sangat menjanjikan.

Jika anda berminat memulai jenis usaha peternakan ini, namun belum tahu banyak ilmunya. Berikut informasi tentang cara ternak sapi agar bisa menambah wawasan anda mengenahi usaha ini.

Langkah-Langkah Cara Ternak Sapi yang Benar

cara ternak sapi

Ketika menjalani ternak, lakukan cara-cara budidaya sapi secara benar dan baik. Jika cara tersebut sudah benar, itu menunjukkan awal yang baik untuk usaha ternak sapi anda. Karena setiap jenis ternak memiliki cara yang berbeda-beda, misalnya cara ternak kambing berbeda dengan cara ternak sapi

Bangun hubungan juga dengan peternak sapi lain agar untuk menjalin relasi dan jaringan bisnis yang lebih menguntungkan. Sebelum menjalin relasi dan jaringan bisnis ketahui dulu cara ternak sapi yang baik dan benar.

Nah berikut bagaimana cara ternak sapi yang benar :

1. Tetapkan Modal Awal Usaha Ternak Sapi

Pertama yang harus dikeluarkan adalah modal. Tetapkan modal yang sesuai dengan kebutuhan ternak sapi yang akan anda mulai. Jika anda memiliki cukup modal, jangan takut untuk mengeluarkan dana besar. Sebab keuntungan yang akan anda dapatkan dari modal awal bisa berkali lipat.

Modal awal tidak hanya tentang dana anggaran, namun juga jaringan usaha pertemanan. Jaringan usaha pertemanan ini sangat penting untuk mendapatkan beberbagai informasi dan ilmu tentang nerawat dan berbisnis ternak sapi. Karena ternak sapi bukan merupakan usaha dengan modal kecil dan keuntungannya tidak bisa dirasakan dalam waktu sehari-dua hari. Anda perlu menanamkan sifar sabar dan tekun dalam menjalini bisnis ini.

2. Memilih Jenis Sapi

Cara ternak sapi selanjutnya setelah menentukan modal adalah memilih jenis sapi. Jenis sapi yang bisa dibudidayakan sangat banyak. Ketika anda akan memulai usaha ternak sapi, pilihlah jenis sapi yang sekiranya sesuai pertimbangan anda.

Berikut berbagai jenis sapi yang banyak di ternak di Indonesia :

A. Sapi Ongole

Sapi jenis ini merupakan sapi berasal dari India. Memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih dan sapi ini mudah beradaptasi dengan cuaca tropis sebab habitat asalnya juga beriklim tropis. Banyak peternak lokal membudidayakan sapi jenis ini, namun perkembangan dan pertumbuhannya relatif lambat sekitar 4,5 tahun hingga dewasa. Sebab itu para peternak sering menyilangkan sapi Ongole dengan jenis sapi lain.

B. Brahma

Jenis sapi impor lainnya adalah sapi brahman, sapi ini juga berasal dari India. Memiliki ciri khusus tubuh yang besar dan pertumbuhannya cepat. Sapi jenis brahma ini menjadi primadona peternak Indonesia sebagi sapi pedaging.

C. Sapi Limousin

Jenis sapi limousin ini juga sudah banyak dibudidayakan oleh peternak Indonesia. Sapi limousin sama seprti dua sapi sebelumnya yakni berasal dari India, itu mengapa sapi limousin mudah beradaptasi di Indonesia dengan iklim tropisnya. Jenis sapi ini memilliki tubuh yang besar dan dibudidayakan sebagai sapi pedaging.

D. Sapi Madura

cara ternak sapi

Sesuai namanya sapi jenis ini berasal dari madura dan merupakan sapi lokal unngulan. Sapi madura memiliki ciri bewarna putih dan kuning dan berpunuk. Sama seperti kebanyakan sapi lokal, pertumbuhan dan perkembangan sapi madura cenderung lambat. Tapi memiliki kualitas daging ayang bagus.

E. Sapi Bali

Sapi bali juga nerupakan jenis sapi lokal yang berasal dari pulau Bali. Jenis sapi bali perawatannya tergolong mudah, karena memiliki kemampuan adaptasi yang bagus saat berada di lingkungan baru. Jenis sapi banyak disukai oleh peternak Indonesia, meskipun cocok dibididayakan di wilayah Indonesia Timur. Walupun tubuhnya tergolong kecil dibandingkan dengan sapi impor dari Indi, namun memiliki kualitas daging yang bagus dan tekstur dagingnya lembut serta rendah lemak.

Intinya adalah, anda harus mengetahui terlebih dahulu berbagai jenis sapi lokal maupun impor. Kemudian anda bisa memilih jenis sapi apa yang akan anda budidayakan. Jika anda memilih jenis sapi lokal, perlu katekunan serta kesabaran karena sapi lokal cenderung pertumbuhan dan perkembangannya lama, namun memiliki kualitas daging yang baik. Sebaiknya pilih bibit sapi yang berumur 2,5 tahu baik jantan tau betina yang sehat.

3. Menyiapkan Kandang Sapi

Butlah luas tempat untuk kandang sapi sesuai dengan jumlah sapi yang akan anda budidayakan. Biasanya ukuran kandang untuk memuat sekitar 25 ekor sapi membutuhkan modal sekitar Rp 50 juta. Usahakan membuat kandang sapi yang agak jauh dengan pemukiman penduduk, agar tidakmenggangu kenyamanan masyarakat. Kandang sapi juga harus mendapatkan sinar matahari agar suhu kandangnya tetap terjaga.

4. Membuat Kandang Sapi

Ada berbagai model kandang sapi yang bisa anda buat. Model seperti satu baris sejajar, model dua baris yang berhadapan atau berlawanan, dan model dengan pososo menelilingi kandang saling berhadapan atau berlawanan. Model kandang juga tergantung dari jumlah sapi yang ingin anda budidayakan.

Sebaiknya buatlah kandang yang nyaman baik untuk ternak atau untuk kita saat hendak memberi pakan maupun membersihkan kotoran ternak.

5. Memilih Bibit Sapi Ternak yang Unggul

Cara ternak sapi selanjutnya adalah memilih bibit sapi. Pilihlah bibit sapi yang sehat dan unggul, sebsb akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan usaha ternak anda. Bibit sapi unggul akan menghasilkan produk sapi yang berkualitas. Jika menginginkan hasil peternakan yang maksimal ,memilih bibit yang unggul adalah langkah tepat.

Ciri fisik bibit sapi yang sehat dan bagus adalah memilik mata bersih dan cerah, dan tidak memiliki lendir di hidungnya. Lendir yang ada pada hidung sapi menandakan bahwa sapi tersebut memiliki gangguan pada pernapasannya. Kulit dan bulu sapi juga harus bersih dan tidak rontok, hal itu menandakan sapi terhindar dari infeksi zat bebahaya. Dan terakhir periksa dubur bibit sapi apakan sedang atau memiliki gejala diare atau tidak.

6. Pemberian Pakan

Untuk memicu pertumbuhan dan perkaembangan ternak sapi agar maksimal, sapi harus diberikan pakan dengan cara yang benar. Pakan ternak sapi biasanya terdiri dari dua jenis, pakan hijauan dan pakan buatan atau konsentrat. Pemberian pakan hijauan saja pada ternak sapi kurang efektif maka perlu dikombinasikan dengan pakan yang mengandung konsentrat.

Contoh pakan yang mengandung konsentrat seperti ampas tahu, bekatul, kulit kacang kedelai, dan kulit buah-buahan seperti kulit nanas. Sedangkan pakan seperti daun tebu, jerami, dan alang-alang adalah pakan memiliki kualitas rendah.

cara ternak sapi

Contoh pakan sapi hijauan yang baik dan dianjurkan adalah rumput gajah dan sataria kolonjoro. Dua jenis rumput tersebut memiliki kualitas bagus untuk pakan. Berikan juga vitamin, mineral, dan protein untuk tambahan sapai untuk menjaga kekebalan tubuh sapi agar terhindar dari berbagai penyakit.

7. Perawatan Sapi dan Pemeliharaan Sapi

Ternak sapi juga perlu dilakukan vaksinasi serta pemberian obat cacing untuk menjaga kekebalan tubuh sapi. Kandang sapi harus dibersihkan setiap hari supaya tetap bersih dan kering guna menghindari berbagai penyakit dan virus yang mungkin menyerang sapi. Sampai sampai kandang dalam keadaan lembab dan berbau karena akan mudah menjadi sarang penyakit, kuman, dan bakteri.

Kotoran sapi yang dibersihkan dari kandang jangan dibuang begitu saja. Anda bisa memanfaatkanya sebgai pupuk kompos. Pupik kompos terkenak sangat baik bagi kesuburan tanah, selaindigunakan sendiri pupuk kompos bisa dijual dan bisa menambah pemasukan anda.

Pemberian pakan harus teratur, dan jangan lupa selalu sediakan air minum bagi sapi. Lakukan pengecekan rutin pada tempat minum sapi, jika sudah kotor segera diganti baru. Tempat pakan dan minum usahakan jangan terlalu dekat, agar air tidak timpah pada pakan atau sebaliknya air menjadi kotor terkena sisa pakan.

Pemeliharaan dan perawatan ternak sapi membutuhkan waktu cukup lama. Anda harur selalu telaten mengurusnya, apalagi jika jumlah ternak sapi banyak, tentu dibutuhkan tenaga lebih banyak orang. Memasuki umur antara 3 sampai 4,5 tahun sapi sudah dewasa dan siap dipasarkan.

Yah, itulah paduan dan langkah-langkah cara ternak sapi yang baik dan benar. Ketika memulai usaha ternak sapi anda bisa menerapkan cara-cara tersebut. Juga selalu cari tambahan informasi bagaimana budidaya sapi yang baik kepada para peternak yang sudah berpengalaman.

The post Cara Ternak Sapi yang Terbukti Menghasilkan Kesuksesan appeared first on Lintas Usaha.

]]>
5 Peluang Usaha Makanan Ringan Khas Indonesia Paling Menguntungkan https://lintasusaha.com/peluang-usaha-makanan-ringan/ Wed, 01 Apr 2020 19:12:20 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4947 Indonesia adalah sebuah negara yang besar dan kaya akan keragaman, baik budaya maupun kulinernya. Di Indonesia setiap daerah pasti mempunyai...

The post 5 Peluang Usaha Makanan Ringan Khas Indonesia Paling Menguntungkan appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Indonesia adalah sebuah negara yang besar dan kaya akan keragaman, baik budaya maupun kulinernya. Di Indonesia setiap daerah pasti mempunyai makanan khasnya sendiri, termasuk juga makanan ringan. Tak khayal jika pergi ke suatu daerah pasti menemukan jajanan yang berbeda-beda. Alasan itulah yang menjadikan peluang usaha makanan ringan khas Indonesia begitu menjanjikan.

Walaupun disebut jajanan tradisional, mengenai rasa dan gizi tidak kalah dengan makanan modern. Bisa dijamin sehat untuk dikonsumsi, apalagi jika dibandingkan dengan makanan cepat saji banyak di jual di mana-mana. Harganya pun ramah di kantong dan sangat terjangkau. Anda bisa memanfaatkannya sebagai daya tarik untuk menjual makanan ringan khas daerah.

Keunikan makanan ringan atau jajanan tradisional bisa menjadi faktor penting yang akan menarik masyarakat untuk membelinya. Biasanya makanan tradisional lebih sehat karena tidak menggunakan bahan kimia seperti pengawet dan pewarna makanan, kalaupun menggunakan bahan pewarna yang digunakan adalah pewarna alami, misal pewarna alami dari tumbuhan.

Hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri bagi usaha makanan ringan khas Indonesia. Berikut kami berikan rekomendasi beberapa ide peluang makanan ringan tradisional.

5 Peluang Makanan Ringan Tradisional untuk Ide Usaha

peluang usaha makanan ringan

Melihat fakta bahwa jajanan tradisional masih banyak diminati masyarakat. Bisa dijadikan pertimbangan untuk memulai usaha baru dan sebagai peluang menambah pendapatan anda. Sebaiknya sebelum memutuskan usaha makanan ringan anda perlu tahu tips memulai usaha makanan ringan dan jenis makanan khas yang bisa dijadikan usaha.

Berikut 5 ide peluang usaha makanan ringan khas Indonesia yang bisa anda jadikan referensi dalam memulai usaha.

1. Lumpia

Lumpia merupakan jenis makanan yang cara memsakanya dengan digoreng, makanya disebut juga sebagai gorengan. Pada umunya lumpia memiliki rasa gurih dan tekstur renyah. Makanan ini sebenarnya berasal dari daratan Tiongkak, namun sekarang sudah dikenal menjadi makanan Indonesia, khususnya Semarang.

Lumpia dipercaya memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, karena perpaduan antara karbonhidrat, sayuran, daging ataupun telur. Lumpia yang paling terkenal adalah lumpia Semarang, bahkan sudah menjadi oleh-oleh khas Semarang. Biasanya lumpia Semarang mempunyai isian berupa rebung, udang, dan telur. Penyajiannya lumpia Semarang ada dua versi yakni goreng dengan tekstur renyah dan kukus yang bertekstur lembut.

Kemudian bagaimana mengenahi peluang usahanya. Peluang usaha makanan ringan lumpia masih terbuka lebar bagi anda yang berminat memulai usaha ini. Lumpia memang cukup menjanjikan untuk dibuat usaha, dimana kuntungan yang dihasilkan tidak sedikit, sehingga patut dikembangkan. Dan juga usaha ini memiliki prospek bagus kedepannya.

Meski usaha lumpia sudah banyak dilakukan orang sejak dahulu, namun peminat makanan ini juga semakin bertambah. Bahkan diyakini usaha lumpia akan mengalami perkembangan dengan segala inovasinya. Inovasi lumpia contohya berupa banyaknya variasi yang sekarang mulai ditawarkan oleh para penjual.

Dengan banyaknya variasi lumpia yang ditawrakan diharapkan mampu menarik konsumen lebih banyak dan mendatangkan keuntungan yang maksimal. Bagi yang ingin memperoleh pendapatan tambahan ataupun ingin memulai usaha baru. Anda bisa memulai usaha lumpia ini.

2. Peluang Usaha Makanan Ringan Klepon

Jajanan tradisional yang diprediksi akan populer salah satunya adalah klepon. Klepon adalah termasuk jenis kue yang mirip seperti onde-onde. Makanan ringan tradisional berbentuk bulat hijau dengan isian gula merah manjadi jajanan yang banyak disukai orang. Memiliki rasa yang manis dan gurih deng tekstur kenyal saat digigit membuat setiap orang ketagihan untuk menikmatinya.

Kue klepon dibedakan menjadi dua jenis yakni kue klepon yang dibuat dari ubi dan klepon yang dibuat dari tepung ketan. Dari dua jenis klepon tersebut, kue klepon yang terbuat dari tepung ketan paling banyak disukai masyarakat karena memiliki tekstur yang lebih kenyal. Jajanan ini termasuk makanan yang sehat karena pewarna yang digunakan berasal dari bahan alami, sehingga tidak berbahaya bagi tubuh.

Berbisnis kue klepon saat ini masing menjadi salah satu peluang usaha makanan ringan yang sangat menguntungkan. Dengan mengeluarkan modal yang tidak terlalu besar, anda bisa memperoleh keuntungan yang menjanjikan. Banyak masyarakat juga yang memilih membeli klepon dari pada membuatnya sendiri.

Untuk pangsa pasanya jajanan klepon disukai oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang tua menyukai kue dengan rasamanis ini. Ketika anda memilih menjalankan usaha kue klepon sebaiknya anda memikirkan bagaimana strategi penjualan yang ingin anda gunakan. Karena klepon termasuk jenis kue basah yang tidak bisa bertahan lama, makan jangan sampai dagangan anda tidak habis.

Agar usaha klepon menarik bagi konsumen, anda bisa membuat variasi kue klepon misal dengan memasukkan buah sebagai pelngakap klepon. Selain itu, anda bisa menggunakan cokelat sebagai isi klepon menggantikan gula merah, agar lebih terlihat unik dan lebih kekinian.

3. Kue Putu

peluang usaha makanan ringan

Ide peluang  usaha makanan ringan khas daerah selanjutnya adalah kue putu. Siapa yang dengan kue satu ini? hampir semua orang Indonesia mengenal dan pernah menikmati kue putu. Kue putu merupakan olahan jajanan tradisonal jawa yang masih tetap eksis hingga saat ini. Makanan ringan ini dubuat dari tepung berasndan dicampur dengan parutan kelapa.

Sedangkan isian kue putu biasanya menggunakan gula jawa, sehingga menimbulkan cita rasa manis nikmat. Untuk mencetak kue putu bisa menggunakan cetakan plastik maupun cetakan bambu. Cetakan bambu lebih banyak dipilih oleh masyarakan karena lebih mudah menggunakannya serta menghasilkan cita rasa kue putu yang lebih nikmat. Kue putu sendiri hingga saat ini mudah untuk didapatkan, banyak yang menjual makanan ini, terutama di pinggir jalan.

Berbisnis kue putu bisa dikatakan mudah untuk dilakukan, karena tidak memerlukan bahan dan alat yang terlalu banyak dalam proses pembuatannya. Proses pembuatan kue putu sangat mudalh dilakukan, sehingga semua orang bisa membuatnya. Usaha kue putu memang sudah ada sejak dahulu, biasanya penjual berjualan dengan cara berkeliling.

Namun sekarang banyak para penjual kue putu menjual daganganya dengan membuka sebuah kedai maupun stand. Untuk menarik minat pembeli kue putu bisa di diolah secara kreatif serta penyajiannya dibuat semenarik mungkin. Kue putu bisa anda jadikan pilihan memulai usaha, sebab peluang usaha makanan ringan ini masih terbuka lebar. Dan juga sebelum memulai usaha kue putu perhatikan analisis usahanya agar keuntungan yang anda peroleh bisa maksimal.

4. Onde – Onde

Onde – onde merukan jajanan tradisional yang hingga saat ini masih eksis dipasaran. Penggemar dari makanan berbentuk bulat ini juga masih banyak ditemui, hal ini juga yang menjadi penyebab mengapa onde-onde masih tetap eksis dimana-mana. Onde-onde termasuk makanan yang disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Makanan ini dibuat dari bahan utama tepung beras yang dicampur dengan beberapa bahan lain dan biasanya diisi dengan kacang hijau. Memasaknya dengan cara digoreng. Ciri khas onde-onde selain berbentuk bulat juga ada taburan wijen dibagian luarnya. Taburan wijen membuat cita rasa onde-onde tambah gurih dan nikmat.

Mengingat banyaknya orang yang menyukai makanan ini, membuat usaha makanan ringan onde-onde menjadi bisnis yang menguntungkan. Usaha onde-onde bisa dilakukan dengan mudah sebab bahan-bahan nya mudah didapatkan. Selain itu juga proses pembuatanya tidak membutuhkan keahlian khusus, siapa saja bisa membuatnya jika dilakukan dengan serius.

5. Serabi

peluang usaha makanan ringan

Peluang usaha makanan ringan selanjutnya yaitu serabi. Serabi atau juga di beberapa daerah disebut surabi merupakan jajanan tradisional berupa sejenis kue. Kue serabi berbentuk bulat pipit seperti kue cucur yang terbuat dari tepung beras, santan, dan parutan kelapa. Jika dulu kue serabi hanya dikenal dengan rasa manis, sekarang banyak dijumpai serabi dengan variasi rasa yang beragam.

Kue serabi banyak ditemukan bebrapa daerah, namun yang paling terkenal dan khas adalah serabi Bandung dan Solo. Sama halnya seperti lumpia, serabi sudah menjadi oleh-oleh khas Kota Bandung dan Solo. Di beberapa kota banyak penjual yang mendirikan gerai-gerai hanya khusus menjual kue serabi. Biasanya sebagai sebagai tempat nongkrong bersama teman atau keluarga. Dengan penyajian yang lebih kekinian membuat serabi jauh dari stigma jajanan kuno.

Ya itulah beberapa peluang usaha makanan ringan khas daerah yang masih eksis sampai sekarang. Bahkan jika dikelola dengan baik makanan-makanan daerah tersebut akan menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat. Jika anda berminat bisnis makanan ringan sebaiknya terlebih dahulu belajar resep makanan ringan. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk anda.

The post 5 Peluang Usaha Makanan Ringan Khas Indonesia Paling Menguntungkan appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Membuat Sate Daging Sapi Yang Praktis https://lintasusaha.com/cara-membuat-sate-daging-sapi/ Tue, 10 Mar 2020 03:27:35 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4905 Anda tentu tidak asing dengan sajian sate daging sapi dengan bumbu nya yang lezat bukan? Masakan sate yang umum banyak...

The post Cara Membuat Sate Daging Sapi Yang Praktis appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Anda tentu tidak asing dengan sajian sate daging sapi dengan bumbu nya yang lezat bukan? Masakan sate yang umum banyak dijual para pedagang kaki lima dan restoran ini memang memiliki cita rasa gurih yang begitu sedap dan cara membuat sate daging sapi pun tidak cukup susah.

Nah, bagi anda yang suka belajar sendiri bagaimana membuat sajian hidangan ini dirumah agar bisa disajikan untuk keluarga. Kali ini kami akan berbagi resep cara membuat sate daging sapi manis yang empuk, gurih dan sederhana. Inilah dia resepnya.

Daging Sapi

cara membuat sate daging sapi

Mangsud dari daging ini  adalah bagian yang kenyal pada hewan yang terbungkusi kulit dan melekat pada tulang yang besar sendiri yang menjadi bahan baku makanan.

Tersusun sebagian besar dari jaringan otot-otot itu tersebut, ditambah lagi dengan bagian lemak yang melekat pada, urat, serta tulang rawan.

Daging sapi adalah daging yang berasal dari sapi biasanya digunakan untuk keperluan makanan. Sapi ialah produk peternakan yang sangat banyak di indonesia.

Daging sapi  mempunyai kandungan gizi  cukup tinggi dan lengkap oleh sebab itu  sangat bermanfaat sekali bagi pertumbuhan dan kesehatan pada manusia.

Daging sapi yang sudah ditrimming atau dihilangkan lemaknya mengandung banyak zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Serta merupakan sumber protein yang sangat baik  mempunyai nilai biologis tinggi, high digestible 94%), sumber kandungan omega-3 rantai panjang (DHA, EPA and DPA).

lemak tak jenuh, vitamin B12, niasin, vitamin B6, vitamin B5, vitamin D, riboflavin, zat besi Yang terserap dengan cepat dan baik.

Dibandingkan zat besi dari pangan nabat), seng, fosforus, selenium, mempunyai kadar lemak yang cukup rendah, serta mempunyai kadar komposisi kolesterol yang pas untuk tubuh.

1. Resep bumbu  Sate Daging Sapi

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 50 gram lengkuas parut
  • 200 ml kecap manis
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 100 gram selai kacang krimi
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 19 buah tusuk sate

Bumbu halus bumbu sate:

  • 8 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 60 gram gula merah sisir halus

Cara membuat bumbu sate Daging Sapi :

  1. Tumbuk haluskan bumbu sate memakai mesin penghalus maupun dengan memakai ulekan atau cobek. Silahkan haluskan bumbu sate hingga benar-benar halus dan merata.
  2. Setelah selesai, lumuri daging yang tadi disisihkan dengan menggunakan bumbu sate halus ini hingga semua bagian daging terlumuri dengan bumbu sate halus secara merata.
  3. Sesudah melumuri daging, silahkan anda diamkan  terlebih dahulu daging selama 2 jam di dalam lemari es hingga bumbu sate yang anda dihaluskan bisa meresap didalam daging hingga merata dan daging tetap segar.
  4. Sesampai dua jam lamanya, baru anda keluarkan daging kembali dari lemari es, lalu tusuk-tusuk daging dengan memakai tusuk sate. Bagi potongan sebanyak 3-4 tusuk dalam satu tusuk sate itu.
  5. Sediakan bumbu sate selai kacang tadi dengan campuran bawang putih yang dihaluskan bersama cabai rawit.
  6. Bakar sate dengan bara api sampai matang dan siapkan sate bakar ini dengan bumbu kacang yang nikmat.

 

A. Cara Membuat Bumbu Sate Kacang Daging Sapi

Bahan-bahan:

  • 250 gram kacang tanah, goreng, haluskan
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 5 butir bawang merah, haluskan
  • 500 ml air
  • garam dan merica bubuk secukupnya
  • 100 ml kecap manis
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 2 buah cabai merah, haluskan (opsional)

Cara membuat Sate Kacang Daging Sapi :

  1. Potong-potong daging yang akan dipakai berbentuk dadu (dengan takaran untuk ½ kg daging, perpaduan dengan lemak atau gajih jika suka) lalu tusuk kembali dan susun pada tusukan sate.
  2. Masak lagi bumbu sate yang sudah dihaluskan bersaman air, kecap manis, daun jeruk, garam dan merica sampai mendidih dan matang. lalu sisihkan,
  3. Ambil seperlunya bumbu kacang tersebut, campurkan kembali dengan kecap manis. Setelah rata, lalu lumuri pada permukaan daging, lalu diamkan sebentar agar meresap. Bakar sate sesekali diolesi sisa bumbu sate olesan dan sesekali juga dibolak-balik agar matang merata dan tidak gosong.
  4. Hidangkan sate menggunakan siraman bumbu kacang yang disisihkan tadi, lengkapi juga penyajiannya dengan menggunakan irisan tomat, irisan bawang merah dan air jeruk limau.

B. Cara Membuat bumbu sate untuk Bakar Sate

Bahan-bahan:

  • 1/2 bh nanas, parut halus
  • 3 sdm bumbu kacang siap pakai
  • 5 lbr daun jeruk
  • 1 sdm perasan jeruk nipis
  • kecap manis, secukupnya
  • gula pasir, secukupnya
  • garam, secukupnya
  • air, secukupnya
  • minyak untuk menumis

Bumbu halus bumbu sate:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 btr kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 cm jahe

Cara membuat Bumbu Sate untuk bakar sate :

  1. Tumis bumbu sate halus hingga matang dan harum.
  2. Masukkan potongan nanas, daun jeruk, gula pasir, garam dan kecap manis. Masak selama beberapa saat sambil diaduk-aduk secara perlahan.
  3. Lalu masukkan bumbu kacang (bumbu yang jadi untuk pelengkap sate), aduk sampai merata.
  4. Tuangkan air secukupnya hingga bumbu sate menjadi encer. Masak hingga mendidih.
  5. Angkat dan bumbu sate tadi yang dipakai untuk bakar sate siap dipakai.
  6. Cara memakainya, sebelum sate dibakar, celupkan dulu sate ke dalam bumbu sate ini kemudian bakar sate seperti biasa. Sesudah sate setengah matang, celupkan lagi dan bakar lagi hingga sate matang.

 Cara Membuat Tusuk Sate Sendiri

  1. Bahan yang perlu Anda siapkan dalam pembuatan tusuk sate sendiri adalah bambu, sebab bambu memang menjadi bahan pokok ketika Anda ingin membuat tusuk sate dari bambu.
  2. Jika Kalian tidak mempunyai bahan, maka percuma saja Anda mempunyai alat atau mesin pembuat tusuk sate misalnya. Jadi siapkan terlebih dahulu bahan bambu.
  3. Selain itu Anda harus bisa memilih mana bambu yang bagus dalam pembuatan tusuk sate seperti memilih bambu yang tidak terlalu tua ataupun muda, lalu pilihan jenis bambu dan lain sebagainya.
  4. Langkah selanjutnya, Anda juga harus menyiapkan tempat dimana Anda akan mengolah bambu Kalian tersebut, jika Anda tidak mempunyai tempat yang cukup luas maka Anda bisa kesulitan dalam proses menaruh mesin tusuk sate dan bahan bambu nya nanti, jadi siapakan terlebih dahulu tempat untuk menyimpan alat hingga bahan tusuk sate.
  5. Mesin tusuk sate adalah alat yang harus ada jika kalian ingin membuat usaha tusuk sate sendiri. Jika Anda tidak mempunyainya, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara manual, namun ini tidak akan berhasil jika Anda ingin menjadi pemasok tusuk sate bagi banyak tempat,cek mesin tusuk sate,jika anda ingin tahu.
  6. Pembuatan tusuk sate harus memakai mesin tusuk sate yang terdiri dari berbagai jenis mesin dan berbagai fungsinya.
  7.  Selain hal tersebut, Anda membutuhkan alat seperti gergaji, pisau dan lain nya untuk menebang bambu hingga memotong nya menjadi berbagai bagian yang sesuai dengan ukuran yang akan anda gunakan. Jadi harus perhatikan semua bahan atau alat yang harus anda persiapkan di atas.

Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh

cara membuat sate daging sapi

Selain rasanya yang cukup enak dan banyak di gemari masyarakat di indonesia daging sapi ternyata banyak sekali manfaatnya berikut adalah beberapa manfaat daging sapi.

Didalam daging sapi terkandung  gizi yang  sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, dibawah ini adalah beberapa penjelasan tentang kandungan dan manfaat daging sapi bagi tubuh manusia.

1.Lemak

Didalam daging sapi terdapat kandungan lemak , fungsi lemak sendiri adalah untuk meningkatkan energi dan sumber  untuk  tenaga bagi tubuh agar kuat menjalani aktivitas sehari-hari. Lemak  juga bisa berperan sebagai penunjang fungsi 0tak

2.Zat besi

Zat besi adalah suatu mineral alami yang terkandung di dalam daging sapi .

Zat besi menjadi sebuah komponen utama dalam pembentukanya hemoglobin yaitu dibagian dari sel darah merah. Manfaat dari zat besi antara lain adalah mampu mengatasi gangguan belajar pada anak dan mampu menghasilkan energi dari asupan yang bernutrisi

3.Selenium dan Zinc

Selenium adalah mineral yang diperlukan bagi tubuh, seperti vitamin dan mineral lainnya, yaitu kalsium dan zat besi, tapi dalam jumlah yang lebih cukup sedikit.

Selenium adalah zat yang sangat dibutuhkan untuk membentuk zat antioksidan dan meningkatkan imunitas anak

sedangkan Zinc mempunyai peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan mahkluk hidup (essential elements).

Zinc sangat bermanfaat  seperti membantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman

4. Protein

Daging sapi memiliki kandungan gizi yang sangat penting yaitu protein. Manfaat protein untuk tubuh adalah dapat membantu dalam perkembangan otak bagi anak anak dalam masa pertumbuhan.

Selain dari itu protein juga dapat membantu tubuh manusia dalam proses membentuk jaringan-jaringan yang baru pada otot-otot manusia

5.Vitamin B Komplek

Vitamin B kompleks yang ada pada daging sapi dapat menolong kerja sistem pada saraf otak manusia sehingga bisa membantu untuk menjaga konsentrasi dan daya ingat manusia.

vitamin kompleks sangat  berfungsi sebagai tameng perlindungan diri terhadap risiko terhadap kerusakan jangka yang panjang akibat polusi udara seperti asap dan debu

6.Omega 3

Manfaat omega 3 yang ada pada daging sapi dapat berfungsi  untuk dapat membantu fungsi jantung, hati dan sistem saraf pusat. Dalam 150 gr daging sapi, terkandung lebih dari kurang sekitar 30 gram asam lemak Omega 3.

Kandungan Gizi Pada 100 gram Daging Sapi

  • Protein  = 18,8 gr
  • Energi = 207 kkal
  • Lemak  = 14 gr
  • Kalsium = 11 mg
  • Kandungan Karbohidrat  = 0 gr
  • Fosfor  = 170 mg
  • Vitamin A = 30 IU
  • Zat Besi  = 3 mg
  • Vitamin C  = 0 mg
  •  Vitamin B1 = 0,08 m

Itulah Cara Membuat Sate Daging Sapi  yang sangat lezat sekali untuk hidangan keluarga anda, silahkan anda menambahkan beberapa bahanya bila ingin memperbanyak porsi yang dibuat, sangat mudah ko, Kunjungi juga resep makanan daging sapi.

untuk masalah rasa siap diadu deh dengan sate-sate lainya yang pernah anda coba, karena memang rasa dagingnya yang sangat empuk dan bumbu yang meresap  kedalam daging sangat terasa. Selamat mencoba dan terimakasih

 

 

The post Cara Membuat Sate Daging Sapi Yang Praktis appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Resep Kue Bantal Goreng yang Gurih Mantap Jiwa https://lintasusaha.com/resep-kue-bantal-goreng/ Sun, 08 Mar 2020 12:14:37 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4895 Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep kue bantal goreng yang mantap enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat...

The post Resep Kue Bantal Goreng yang Gurih Mantap Jiwa appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep kue bantal goreng yang mantap enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat sudah sering melihat kue bantal di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli kue bantal dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah Sahabat. Tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Kue bantal ialah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Kue Bantal Goreng

Kue bantal goreng syang satu ini sangat sering kita jumpai di pasaran ataupun di pinggiran jalan. Karena enaknya kue ini banyak sekali orang-orang yang membeli kue ini dan saya sudah merangkum beberapa resep kue bantal goreng dengan cara pemuatannya yang mudah dan hasil rasanya yang enak.

Resep Kue Bantal Goreng

  • 500 gr/ 50 sdm tepung terigu segitiga biru
  • 50 gr/ 5 sdm Susu bubuk
  • 120 gr/ 12 sdm gula pasir
  • Satu butir telur suhu ruang
  • 1 sdt soda kue
  • Satu sdt fermipan / ragi instan bubuk
  • 1 sdt pasta vanili
  • 40 gr mentega
  • secukupnya Air

Bahan olesan topping:

  • Wijen (secukupnya)
  • 2 sdm air
  • 3 sdm gula halus

Cara Membuat Kue Bantal Goreng

  1. Tuang tepung terigu, susu bubuk (saya cairkan dg air biasa), gula pasir, soda kue, fermipan, pasta vanili, telur, aduk rata lalu masukan air secukupnya jika dirasa kurang.
    Aduk rata bahan semua kecuali mentega dan garam. Uleni sebentar dan baru masukan mentega dan garam. Uleni adonan hingga benar2 khalis selama 15 menit.
  2. Jika sudah khalis, tutup adonan dengan serbet. Diamkan selama 1,5 jam agar mengembang
    Jika sudah 1,5 jam, adonan pipihkan setinggi 1,5cm / 2cm. Kemudian potong adonan menyeruapi bantal atau kotak. Lalu biarkan sejenak kita akan membuat topping wijennya. Ambil wijen tuang 3sdm gula halus dan beri air 2sdm agar wijen nanti menempel di atas adonan roti bantal
    Setelah adonan rori dipotong2 kemudian permukaan atasnya beri wijen merata, sambil ditekan2
  3. agar wijen menempel dan tdk gampang pudar saat digoreng.
    Tips dr sy: adonan roti bantal ini bisa didiamkan bbrp jam atau digoreng ketika pagi, dan tidak akan kecut rasanya karena dia hanya menggunakan sedikit ragi dan tercampur soda kue jd aman. Kemudian jangan takut akan mengembang hebat, dia akan stabil bentuknya sesuai pengembangan ketika awal karena kombinasi 2 bahan antara ragi dan soda kue tdk terlalu banyak. Tp jangan kuatir ketika digoreng dia baru akan mengembang
  4. Lanjut, kita panaskan minyak goreng dengan api yg sangat kecil. Gunanya matangnya sempurna dan tidak akan terlalu gosong. Kemudian goreng roti bantal dg permukaan wijen di balik. Jadi yg ada toppingnya taru terbalik ya jangan ditaruh permukaan dulu, gunanya agar wijen menempel sempurna dan tidak bercerai berai. Jangan dibolak balik dulu, biarkan matang sisi baliknya lalu ketika sudah mencoklat baru dibalik.
  5. Angkat roti bantal jika sudah berwarna kecoklatan cruncy, tiriskan dr minyaknya dan roti bantal siap dihidangkan

 Kue Bnatal Tabur Wijen

Kue bantal ini sanat enak sekali dimakan bersama keluarga dan sangat cocok dipadukan bersama teh hangat.

Resep Roti Bakar Tabur Wijen

  • 150 gr Tepung Cakra kembar (15sdm munjung)
  • 100 gr Tepung segitiga biru (10sdm munjung)
  • 30 gr mentega (2sdm munjung)
  • 1 btr telur
  • 3 sdm susu kental manis

Bahan biang :

  • 100 ml air hangat
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm ragi fermipan

Bahan hiasan :

  • 2 sdm Wijen putih
  • 1-2 sdm gula pasir
  • Sedikit air matang

Cara Membuat Roti Bakar Tabur Wijen

  1. Buat biang dengan mencampur air hangat,gula pasir dan ragi diamkan sampai berbusa
  2. Masukkan terigu,telur dan susu kental manis aduk secara merata tuang bahan biang secara perlahan lahan aduk merata hingga setengah kalis
  3. Masukkan mentega uleni adonan hingga kalis dan elastis bentuk bulat dan diamkan hingga 45menit agar mengembang 2x lipat tutup dengan serbet
  4. Kempeskan adonan gilas bentuk persegi dengan ketebalan 2cm dan potong2 kotak
  5. Campur wijen+gula putih dan air berbentuk karamel jangan tlu cair bikin kental trus oleskan di atas roti dan diamkan hingga 15menit
  6. Goreng dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan angkat sajikan panas dan walaupun udah dingin roti nya tetap gurih dan empuk

Kue Bantal Goreng Empuk

Kue Bantal Goreng yang satu ini bertekstur empuk dan enak cocok sekali dimakan saat kita sedang berkumpul bersama keluarga atau di saat kita sendiri untuk camilan dan saya sudah merangkum beberapa resep nya.

Resep Kue Bantal Goreng Empuk

  • 150 gr Tepung terigu (cakra)
  • Satu sdm Mentega
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt Vanili bubuk
  • 1 sdm SKM (me:Susu bubuk)
  • 1 Butir telur ayam

Bahan B :

  • 1/2 sdt Ragi instan
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 50 ml Air hangat

Bahan C :

  • Secukupnya Biji wijen + gula pasir

Cara Membuat Kue Bantal Goreng Empuk

  1. Masukan semua bahan B/bahan biang dlm gelas. Tunggu hgga berbuih byk tanda ragi aktif. (Kalau tdk berbuih harap diganti)
  2. Masukan semua bahan A yaitu tepung, mentega, telur, susu bubuk, gula pasir dan vanili bubuk dalam satu wadah. Lalu tuang bahan biang sedikit demi sedikit, sambil di uleni hgga kalis elastis (Saya pakai mixer spiral).
  3. Jika adonan terasa msh lengket setelah cukup lama diuleni, bisa tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hgga kalis elastis. Bulatkan adonan, diamkan hgga mengembang 2x lipat, lamanya tergantung suhu ruang masing masing (45 menit sampai 1 jam).
  4. Setelah mengembang 2x lipat, kempeskan dgn cara ditinju, lalu uleni sebentar saja.
  5. Taruh adonan diatas meja/silmat yang sudah ditaburi tepung tipis tipis. Pipihkan adonan setebal kira kira 2 cm. Olesi dgn air, lalu tabur biji wijen dan gula pasir sambil ditekan tekan agar biji wijennya melekat dgn baik. Lalu diamkan kembali sekitar 15 menit.
  6. Panaskan minyak goreng secukupnya, pakai api kecil. Potong potong adonan sesuai selera. Lalu goreng hgga kedua sisi matang/kecoklatan (dgn api kecil saja).
    Angkat, tiriskan. Siap dihidangkan bersama segelas kopi atau teh kesukaan masing masing. Teksturnya empuk didalam, renyah diluar!

Nah demikianlah beberapa resep kue bantal manis semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar resep kue bantal. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. Semoga dengan atikel kali ini sahabat bisa membuat kue ini dengan lebih mudah dan hasil ang didapatkan nya pun enak seperti yang Sahabat di rumah inginkan. Good Luck

The post Resep Kue Bantal Goreng yang Gurih Mantap Jiwa appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Cara Membuat Jus Kurma Spesial Buat Anda yang Ada di Rumah https://lintasusaha.com/cara-membuat-jus-kurma-spesial/ Fri, 06 Mar 2020 13:59:21 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4888 Semua orang yang tinggal di Arab pasti  tau dengan buah yang satu ini, iya siapa lagi kalo bukan buah kurma....

The post Cara Membuat Jus Kurma Spesial Buat Anda yang Ada di Rumah appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Semua orang yang tinggal di Arab pasti  tau dengan buah yang satu ini, iya siapa lagi kalo bukan buah kurma. Tapi buah ini tidak hanya di arab saja di indonesia juga sudah banyak yang jual.

Kurma sering muncul di saat lagi bulan puasa, karena buah ini di jadikan untuk takjil pada saat buka puasa. Dan buah ini sudah ada pada jaman terdahulu sejak nabi Muhamad SAW.

Nah, pada artikel kali saya akan menjelaskan tentang cara membuat jus kurma spesial yang gampang dan bikin ngiler. Tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu daerah mana yang memiliki kebun kurma terbesar.

 

Kurma

cara membuat jus kurma spesial

Buah yang sering kita jumpai di negara arab yaitu buah kurma adalah buah yang berasal dari pohon Kurma Phoenix dactylifera yang telah banyak dibudidayakan di berbagai negara yang beriklim tropis dan subtropis.

Dalam penanaman nya, Pohon Kurma yang juga merupakan keluarga dari pohon palem ini membutuhkan kondisi arid gersang dan semi-kering di wilayah yang musim panasnya panjang.

dengan curah hujan yang seminimal mungkin serta tingkat kelembabannya relatif rendah selama periode pematangan.

Berdasarkan kebutuhan iklim and kondisi lingkungan, kawasan geografis yang paling cocok untuk membudidayakan pohon. Kurma ini adalah kawasan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Sehingga kawasan tersebut dikenal sebagai kawasan pengekspor buah kurma untuk seluruh dunia.

Buah Kurma yang berbentuk lonjong silinder dengan panjang sekitar 3-7cm dan diameter 2-3cm ini merupakan makanan tradisional umat Islam untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan.

 

Berikut Cara Membuat Jus Kurma Asli Enak, dan Simple

cara membuat jus kurma spesial

1.Cara Membuat Jus Kurma Spesial

Bahan-Bahan:

  • 4-5 butir butir kurma yang sudah matang dan sudah di pisahkan dengan bijinya
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Susu kental manis secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • 1 blender
  • 1 gelas berkuran sedang dan tidak terlalu besar
  • Pisau tajam

Cara Membuat Jus Kurma Asli:

  1. Pertama yang harus di perlukan adalah dengan menyiapkan semua bahan dan alat seperti di atas
  2. Jika sudah semua, mari ke cara membuat nya
  3.  pertama, buang biji pada kurma, potong-potong mangga, peras jeruk untuk mendaptkan airnya.
  4. Kedua, masukan semua bahan kurma, mangga, air perasa jeruk, yogurt, madu dan air ke dalam belender.
  5. Ketiga, belender semua bahan sampai halus lalu tuangkan ke dalam gelas, jus kurma mangga jeruk telah siap dinikmati.
  6. Cara membuat resep jus kurma mudah bukan hanya perlu waktu kurang dari 10 menit minuman yang bernutrisi untuk bisa anda nikmati bersama keluarga di rumah.

2.Cara Membuat Jus Kurma Spesial Campur Susu

Bahan-Bahan:

  • 5 butir kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya
  • Susu coklat sesuai selera masing masing
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat Jus Kurma Asli Susu:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua bahand alat yang harus di perlukan seperti di atas
  2. Jika semua alat dan bahan nya sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya dan di potong menjadi beberapa bagian
  4. Masukan kurma ke dalam blender dan masukan juga potongan buah pisang ke dalam blender, tambahkan gula, susu kental manis sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 2 menit sampai bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan jus ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  7. Tambahkan es batu untuk menambah kesegaran pada jus kurma
  8. Jus kurma Arab siap di sajikan

 

Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Kita

1. Tinggi Serat

Tingginya kandungan serat pada kurma dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat dapat mencegah terjadinya konstipasi, sehingga memperlancar buang air besar.

2. Mengandung Banyak Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya di tubuh. Ada tiga jenis antioksidan utama yang terdapat pada kurma, yaitu flavonoid, carotenoid, dan asam fenolat.

Ketiganya dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti Alzheimer, degenerasi makula, hingga kanker dan penyakit jantung.

3. Sumber Gula yang Baik

Kurma memiliki rasa manis alami sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pemanis dalam makanan maupun minuman.

Kandungan gula pada kurma juga membuatnya berguna untuk memperbaiki kadar gula darah yang menurun akibat puasa, sehingga tubuh terasa lebih berenergi.

4. Membantu Persalinan

Mengonsumsi kurma saat akhir kehamilan dipercaya dapat mengurangi kemungkinan ibu hamil memerlukan augmentasi saat proses persalinan.

Augmentasi dalam proses kelahiran merupakan suatu metode yang dilakukan oleh dokter untuk meningkatkan terjadinya kontraksi saat proses kelahiran.

5. Baik Untuk Kesehatan Otak

Mengonsumsi kurma dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Oleh karena itu, kurma dianggap dapat membantu mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, untuk memastikan manfaat kurma yang satu ini.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kurma mengandung banyak mineral termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Mineral-mineral tersebut mampu membantu tubuh terlindungi dari kondisi kelainan tulang seperti osteoporosis.

7. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Kurma dianggap dapat membantu untuk mengontrol gula darah. Manfaat ini didapatkan dari kandungannya yang rendah akan indeks glikemik. Kandungan serat dan antioksidannya juga dapat membantu kadar gula darah menjadi lebih terkontrol.

 

1. Perhatikan tampilan fisik kurma

Kurma yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah kurma yang tampilannya tidak terlalu basah, terlalu kering atau mengerut.

Hal ini disebabkan kandungan gula pada kurma yang basah menjadi cukup tinggi, selain itu kurma yang basah atau lengket kulitnya saat dipegang rentan mendapatkan pemanis berupa madu atau gula cair untuk menciptakan rasa manis berlebih pada kurma.

Sedangkan kurma yang kulitnya mengerut hingga kering menunjukkan kualitas yang sudah turun karena ukurannya mengecil yang disebabkan kurma sudah cukup lama.

Dari segi tampilan fisik, pilih kurma yang segar, tidak terlalu lengket atau basah saat dipegang, dan kulit ari yang masih menempel dengan baik.

Kurma dengan tampilan tersebut kualitasnya masih baik. Selain itu, memilih kurma yang masih menempel pada batangnya dinilai cukup baik karena mampu menjaga rasa manis dan kandungan gula menjadi tidak berlebihan.

2. Perhatikan warna

Meskipun ada berbagai jenis kurma, namun sebagian besar kurma memiliki warna kuning, merah, cokelat hingga kehitaman.

Perhatikan kualitas dan tampilan kurma dari warna untuk memastikan kurma masih segar dan berkualitas untuk dikonsumsi. Pilih kurma yang warnanya merata dan tidak tampak bagian rusak di permukaan kurma.

3. Pastikan tekstur dan rasa kurma

Mencicipi kurma menjadi salah satu cara jitu untuk mengetahui kualitasnya. Pastikan teksturnya masih segar, tidak kering dan berpasir. Mencicipi kurma Anda juga bisa mengetahui rasa manis kurma yang sesuai dengan selera Anda, ‘kan?

4. Perhatikan kemasan dan tempat penjualan

Jika Anda membeli kurma dalam kemasan, maka perhatikan tampilan fisik kemasan, pastikan terjaga dengan semua bagian tertutup rapat, tidak terbuka atau ada bagian yang berlubang. Jangan lupa pastikan tanggal kedaluwarsa kurma pada kemasan, ya.

Sedangkan jika Anda memilih kurma tidak dalam kemasan, maka usahakan memilih kurma yang dijual di wadah tertutup dan tidak ada kontaminasi fisik, seperti debu atau kotoran lainnya.

 

 

Nah, itu lah tadi artikel yang menjelaskan cara membuat jus kurma spesial dan beberapa khasiat buah kurma. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)

The post Cara Membuat Jus Kurma Spesial Buat Anda yang Ada di Rumah appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Macam-Macam Cara Buat Jus Tomat Mint Enak, Lezat, Spesial Buat Anda https://lintasusaha.com/cara-buat-jus-tomat-mint/ Fri, 06 Mar 2020 13:28:56 +0000 https://lintasusaha.com/?p=4883 Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara buat jus tomat mint enak dan simple buatnya. Semua orang...

The post Macam-Macam Cara Buat Jus Tomat Mint Enak, Lezat, Spesial Buat Anda appeared first on Lintas Usaha.

]]>
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara buat jus tomat mint enak dan simple buatnya. Semua orang pasti sudah tau dengan buah yang satu ini yakni buah tomat. Tapi tidak semua orang tau jika tomat ini bisa di jadikan jus yang segar dan enak.

Semua ngira tomat ini hanya bisa di jadikan makanan saja, tapi nyatanya bisa di jadikan jus yang segar dan kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Kita sudah tau sendiri jika tomat ini sangatlah banyak mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Nah, Pada artikel ini kita tidak hanya membahas tentang bagaimana cara buat jus tomat mint saja tapi membahas tentang bahannya. Dan beberapa manfaat yang di hasilakan tomat, tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu asal dan usul buah toma.

 

Tomat

cara buat jus tomat mint

Tanaman yang sering kita jumpai di berbegai tempat yaitu tomat adalah tumbuhan atau tanaman dari keluarga Solanaceae. Tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru.

Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah. Tomat ini biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

Tanaman tomat biasanya memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Cara menanam tanaman tomat adalah disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari.

tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia.

Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia

 

Macam-Macam Cara Buat Jus Tomat Mint Enak dan Bikin Ketagihan

cara buat jus tomat mint

1.Cara Buat Jus Tomat Mint

Bahan-Bahan:

  • 1 biji tomat yang sudah dibersihkan dengan air besih dan di potong menjadi 4
  • Susu kental manis sesuai selera masing masing
  • Gula secukupnya
  • 5 lembar daun mint
  • Air matang 300ml
  • Madu asli sesuai selera masing masing
  • 1 blender yang mempunyai kecepatan yang tinggi
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

Cara Buat Jus Tomat Mint:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan tomat yang sudah di bersihkan dan sudah di potong menjadi 4 bagian, lalu masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan gula, susu kental manis, madu dan daun mint yang sudah di bersihkan asli sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 1-2 menit sampai semua bahan tercampur dan halus
  6. Lalu masukan jus yang sudah halus tadi ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar, beri hiasan potongan tomat di atas gelas
  7. Jus tomat susu siap di sajikan

 

2.Cara Buat Jus Tomat Mint Campur Susu

Bahan-Bahan:

  • 1 biji tomat yang sudah dibersihkan dengan air besih dan di potong menjadi 4
  • Susu kental manis sesuai selera masing masing
  • Gula secukupnya
  • Air matang 300ml
  • Madu asli sesuai selera masing masing
  • 1 blender yang mempunyai kecepatan yang tinggi
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

Cara Buat Jus Tomat Susu:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan tomat yang sudah di bersihkan dan sudah di potong menjadi 4 bagian, lalu masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan gula, susu kental manis, madu asli sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 1-2 menit sampai semua bahan tercampur dan halus
  6. Lalu masukan jus yang sudah halus tadi ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar, beri hiasan potongan tomat di atas gelas
  7. Jus tomat susu siap di sajikan

Manfaat Tomat yang Wajib Kamu Ketahui

1. Menguatkan Tulang

Manfaat tomat untuk tulang yakni menguatkan tulang. Likopen, kandungan antioksidan dalam buah tomat, diyakini sebagai penyebab tulang bertambah kuat.

2. Untuk Diet

Tomat bermanfaat untuk diet. Hal ini karena tomat mengandung likopen yang memberikan warna merah pada tomat. Jika dikonsumsi dapat memberikan rasa kenyang.

Serta mengonsumsi tomat akan membantu menurunkan hormon ghrelin dalam tubuh yang memicu nafsu makan. Dengan mengonsumsi tomat dengan rutin untuk diet dapat menurunkan berat badan.

3. Menghaluskan Kulit

Tomat bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Rutin mengonsumsi tomat dapat menghaluskan kulit. Selain itu, tomat dapat dibuat masker dengan dicampur putih telur.

Campurkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan putih telur dan air. Oleskan masker pada seluruh wajah. Biarkan mengering lalu bilas wajah dengan air dingin.

4. Mencegah Kanker

Manfaat tomat berikutnya yakni mencegah kanker. Namun tomat tersebut harus sudah direbus. Tomat yang sudah direbus nutrisinya lebih tinggi dibandingkan dengan nutrisi tomat mentah. Merebus tomat akan mengoptimalkan manfaat antikanker. Sebab likopen dan fitonutrisi pada tomat akan bekerja makin optimal setelah dipanaskan.

5. Membuat Mata Lebih Sehat

Manfaat tomat lainnya yakni membuat mata lebih sehat karena adanya kandungan beta karoten. Tomat yang kaya vitamin A meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan meningkatkan perkembangan mata.

 

Cara Memilih Tomat yang Segar dan Benar

 

1. Pilih dan beli tomat segar yang berwarna merah di semua bagian buahnya.

2. Jika tomat yang kamu beli akan di gunakan untuk beberapa hari kedepan, sebaiknya beli tomat yang warnanya agak hijau atau yang warnanya belum begitu merah. karena saat di simpan akan lebih tahan lama dan warnaya akan memerah seiring waktu.

3. Pilih tomat yang ukurannya agak besar karena kaya akan kandungan air yang bermanfaat bagi tubuh kita.

4. Pilih tomat yang segar dengan cara memegangnya, apakah ukuran dan beratnya sesuai, jangan pilih tomat yang agak ringan karena biasanya tomat tersebut sudah tidak segar lagi karena kandungan airnya yang sudah berkurang.

5. Pilih tomat segar dengan teliti, salah satu ciri tomat yang bagus adalah tekstur pada perkukaannya yang halus dan kencang jika di pegang.

6. Hindari memilih tomat yang pada permukaannya sudah terlihat layu, berkerut, retak atau ada bekas goresan. karena kualitasnya yang kurang baik dan cepat busuk.

7. Untuk lebih memastikan bahwa tomat yang kita beli memang bagus, kita harus memilihnya sendiri dengan cara memilihnya satu persatu.

8. Jika ada tomat yang kita pegang teksturnya sagak kendur atau layu, berarti tomat tersebut sudah tidak segar lagi.

9. Jangan pilih tomat yang rusak atau bonyok karena sudah kurang layak untuk di konsumsi.

10. Pilih tomat yang apabila di pegang terasa segar dan padat.

11. Pilih dan beli tomat yang masih ada tangkainya ini menandakan bahwa tomat itu masih segar.

 

Nah itu lah tadi artikel yang menjelaskan asal usul  tomat, cara buat jus tomat mint, dan beberapa manfaat tomat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)

The post Macam-Macam Cara Buat Jus Tomat Mint Enak, Lezat, Spesial Buat Anda appeared first on Lintas Usaha.

]]>