Suka Es Kelapa ? Ini Manfaat Es Kelapa Muda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jika kalian penggemar es kelapa muda, kalian wajib tau ini, manfaat es kelapa muda untuk kesehatan kita, karena es kelapa ini tidak hanya menyegarkan akan tetapi dengan mengkonsumsi secara teratur maka kita akan menemukan banyak manfaatnya.Sebelum kita membahas manfaatnya sebaiknya kita buah dahulu es kelapa mudanya.

Resep Es Kelapa Muda Campuran Gula Merah

Bahan-Bahan yang Diperlukan :

  • 2 buah kelapa muda, ambil air dan kerok dagingnya
  • 3 sdm gula jawa, sisir
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • Air es secukupnya

Cara Membuat Es Kelapa Muda Campuran  Gula Merah :

  1. Pertama-tama rebus dahulu sekitar 150 ml air
  2. Kemudian masukkan gula jawa dan gula pasir hingga larut,
  3. Masukkan daun pandan dan masak hingga mendidih dan  gula agak mengental.
  4. Masukkan air dan kelapa muda di gelas yang telah di siapkan, tuang gula jawa dan air es secukupnya.
  5. Es kelapa muda dengan gula merah siap untuk disajikan.

Resep Membuat Es Kelapa Muda Original

Bahan-Bahan yang diperlukan :

  • Siapkan satu buah kelapa muda segar
  • Siapkan satu kaleng susu kental manis
  • 1-2 jeruk lemon
  • Sediakan sirop gula
  • Es batu serut

Cara Membuat Es Kelapa Muda Original

  1. Langkah pertama siapkan wadah lalu masukkan buah kelapa segar dan tambahkan dengan beberapa sendok makan sirop gula(disesuikan selera ).
  2. Tambahkan perasan air jeruk lemon untuk rasa es kelapa muda yang jauh lebih istimewa dan segar, air lemon ini akan memberikan rasa asam yang alami yang mana cocok dikonsumsi disaat cuaca panas karena bermanfaat untuk melembabkan bibir dan melegakan tenggorokan
  3. Terakhir masukkan air kelapa muda yang tersedia dan tambahkan susu kental manis serta es batunya.

Resep Cara Membuat Es Kelapa Muda Jeruk

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 2 buah kelapa muda
  • 100 gram madu murni
  • 5 buah jeruk peras.
  • Es batu secukupnya.

Cara Membuat Es Kelapa Muda Jeruk :

  1. Peras jeruk untuk mendapatkan air atau sarinya,lalu tampung di dalam wadah yang telah disiapkan.
  2. Masukkan madu dan aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan air dan daging kelapa ke dalam wadah  yang telah berisi jeruk dan madu, kemudian aduk sampai rata.
  4. Terakhir masukkan es batu secukupnya, dan es kelapa siap untuk dihidangkan.

Es kelapa muda yang biasanya dibuah bersama campuran buah, agar-agar seperti resep diatas, kalian juga bisa mencoba dengan campuran melon, ayo simak resepnya di cara membuat es kelapa muda .Supaya tidak tambah penasaran bagaiamana manfaatnya, silahakan baca artikel di bawa ini:

Manfaat Es Kelapa Muda untuk Kesehatan

Es kelapa muda yang terkenal untuk menyegarkan tubuh kita, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan,  simak manfaatnya berikut ini :

1.Es Kelapa Muda Membantu Tubuh Mengatur Tekanan Darah

Salah satu manfaat  dari air kelapa atau es kelapa muda adalah agar  dapat mempercepat naiknya trombosit bagi penderita DBD. Orang yang terserang DBD maka trombositnya akan menurun dan bermasalah, dengan mengkonsumsi es kelapa muda maka trombosit kita dapat meningkat secara perlahan dan membaik, tentunya ini sangat baik untuk di konsumsi penderita DBD.

2.Es Kelapa Muda Dapat Menyehatkan Rambut

Mungkin teman-teman punya masalah dengan rambut, nah salah satu alternatif yang bisa kita gunakan adalah air kelapa  karena dengan menggunakan es kelapa muda dapat menyehatkan rambut kita. Kita dapat menggunkaan airnya secara teratur dan mendapatkan hasil akhir menyehatkan rambut dan melebatkan rambut, sehingga rambut menjadi lebih sehat alami.

3.Es Kelapa Menyehatkan Urin

Manfaat lainnya dari es kelapa muda muda adalah menyehatkan urin khususnya membantu membersihkan ginjal. Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang berasa dan berwarna tentu saja akan membuat ginjal anda bekerja dengan keras. Namun tidak jika anda mengkonsumsi air kelapa baik biasa ataupun es. Keduanya membantu membersihkan ginjal dan membantu menyehatkan urin sehingga hilang bahan berwarnanya.

4.Es Kelapa Dapat Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa dapat digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri,diare, kolera,flu perut. Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa  hampir sama dengan darah. Air kelapa cocok setelah berolaraga untuk menganti cairan tubuh yang hilang.

5.Es Kelapa Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa mmemilki kandungan asam laurat dan sitokin, dua elemen penting ini  digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. kandungan ini bermanfaat untuk anti-penuaan sehingga kita dapat awet muda jika mengkonsumsinya dengan baik.

6.Es Kelapa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air kelapa bisa kita katakan sebagai air super, air kelapa kaya akan nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, dan folat. Air kelapa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu, batuk dan lain sebagainya.

7. Es Kelapa Baik untuk ibu hamil

Air kelapa cocok untuk ibu hamil karena  minuman ini dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Vitamin C yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kecantikan

1. Air Kelapa Sebagai Campuran Masker

Untuk mendapatkan masker dengan campuran air kelapa muda, ikuti cara berikut ini :

Bahan:

  • 1 sendok teh bubuk cendana
  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 3 sendok makan air kelapa segar

Cara Membuat:

  1. Campur ketiga bahan di atas hingga menjadi pasta kental. Aplikasikan di wajah dan leher, kemudian tunggu selama 20 menit.
  2. Selanjutnya cuci wajah dengan air kelapa, kemudian bilas dengan air hangat. Keringkan wajah menggunakan handuk bersih.

2. Air Kelapa Untuk Bilasan Wajah

Jika anda sulit untuk menyiapkan masker dan merasa kurang praktis, kamu bisa menggunakan air kelapa untuk bilasan wajah. caranya percikkan air kelapa segar di wajah dua kali sehari untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan halus.

3. Air Kelapa Untuk Obat Jerawat Alami

Jika Anda yang memiliki jerawat, air kelapa bisa mengobatinya dengan mudah. Oleskan air kelapa ke wajah yang sudah bersih dari makeup sebelum tidur, lalu mencucinya saat bangun tidur di pagi hari. Cara ini membuat jerawat lebih cepat mengering.

4. Air Kelapa Untuk Pencerah Kulit Alami

Untuk mencerahkan kulit secara alami kalian dapat mencampurkan air kelapa dengan susu segar dan jus mentimun. Caranya Campuran 3 bahan tersebut, bisa menjadi masker wajah. Jika dilakukan secara teratur,kalian tidak lagi memerlukan krim pemutih atau perawatan kulit lainnya.

5. Air Kelapa Dapat Menjadikan Awet Muda

Air kelapa mengandung sitokinin dan anti oksidan. Kandungan pada air kelapa dapat mencegah kulit keriput dan mencegah penuaan dini. Minumlah secara teratur atau gunakan sebagai masker.

6. Air Kelapa Untuk Tonik Rambut

Air kelapa segar juga bisa dijadikan sebagai tonik penyubur rambut. Gunakan air kelapa minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang baik.

7. Air Kelapa Untuk Bilasan Rambut

Selain menutrisi kulit kepala, ternyata air kelapa bisa membantu mengatasi rasa gatal dan ketombe rambut kita. Gunakan sebagai air bilasan setidaknya seminggu sekali.

Selain untuk kesehatan dan kecantikan ternyata, minyak kelapa memilki manfaat untuk ibu hamil, baik yang dalam masa hamil muda atau tua yang terpenting dikonsumsi dengan cara teratur.