Inilah Proses Pembuatan Gula Merah dari Gula Pasir dan Manfaat nya yang Wajib Anda Tahu

Pada artikel kali ini akan membahas proses pembuatan gula merah dari gula pasir dan manfaat yang dimiliki oleh gula merah.

Gula termasuk sembilan bahan pokok kebutuhan rumah tangga yang tidak pernah lepas dari sorotan masyarakat.

Tidak kalah heboh dengan kelangkaan minyak goreng, kelangkaan gula juga terkadang membuat pejabat negara pusing tujuh keliling untuk memutuskan apakah sudah waktunya membuka keran impor atau tidak.

Gula dikenal sebagai penambah rasa manis pada makanan dan minuman. Terdapat dua pemanis yang biasanya dikonsumsi, gula putih atau biasa disebut dengan nama gula pasir dan gula merah atau biasa disebut gula aren atau brown sugar.

Kedua jenis gula ini mempunyai fungsi yang sama, tapi rasa dan kandungannya agak berbeda. Gula putih umumnya dibuat dari kritalisasi cairan tebu dan mempunyai kalori yang cukup banyak. Sedangkan gula merah umumnya dibuat dari nira atau aren dan kalorinya lebih sedikit.

Gula merah sering disebut sebagai segala jenis gula yang dibuat dari nira yaitu cairan yang disadap dari bunga pohon dari keluarga palma. Tetapi membuat gula merah juga bisa dari gula pasir.

Dikarenakan kalorinya yang lebih sedikit, banyak ahli yang berpendapat kalau gula merah jauh lebih sehat dibandingkan gula putih atau gula pasir. Penggunaan gula merah di Indonesia sudah digunakan sejak zaman dahulu, seperti digunakan untuk pemanis alami makanan dan minuman.

Gula merah, biasa disebut orang Jawa sebagai Gula Jawa, menyimpan sejuta manfaat untuk tubuh manusia.

Proses Pembuatan Gula Merah dari Gula Pasir

pembuatan gula merah dari gula pasir

Berikur ini rangkaian cara membuat gula merah dari gula pasir:

Alat dan Bahan:

  • 30 Kg Gula Pasir
  • 20 Kg Gula Jawa
  • 2 Wajan Besar Wajan (Tempat untuk memasak gula merah)
  • Cetakan
  • Kayu Bakar
  • Pengaduk gula

Cara Membuat Gula Merah dari Gula Pasir:

  1. Pertama, nyalakan kayu bakar terlebih dahulu, persiapkan Gula Jawa dan Gula Pasir untuk di masukan ke dalam wajan.
  2. Masukan Gula Putih / Gula Pasir 30 Kg kedalam Wajan Besar, gula pasir dipanaskan bersamaan dengan sedikit air lalu aduk terus sampai gula pasir meleleh. Kemudian tunggu hingga Gula Pasir mendidih jadi air atau pastikan gula pasir benar – benar hancur.
  3. Lalu masukan Gula Jawa 20 Kg, tunggu sampai hancur mencair menyatu dengan gula pasir.
  4. Aduk hingga hancur mendidih. Jangan lupa perhatikan gula merah di masak sampai kadar air habis bergemulak dan menguning berbusa. Gula merah cair yang belum kental diaduk dengan cepat dengan arah memutar.
  5. Apabila gula merah kadar airnya sudah tidak ada, kemudian pindahkan ke wajan tanpa api untuk proses pendinginan.
  6. Tunggu sampai temperatur gula merah turun.
  7. Setelah temperatur dan warna gula merah berubah karena proses pendinginan, aduk cairan gula sampai benar-benar Kental.
  8. Kemudian jika gula cair matang, aduk terus menerus dan di kitit, sambil di kitit tepi wajan.
  9. Patut diperhatikan, saat mencetak gula merah kadar temperatur gula merah dikisaran 50 -60 derajat celcius.

Manfaat Gula Merah

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Dengan mengonsumsi gula merah bisa mengatasi masalah kelelahan dan kekurangan energi. Mencampurkan gula merah ke minuman, dapat meningkatkan energi tubuh secara cepat dan instan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mampu meningkatkan energi tubuh secara cepat, gula merah juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat gula merah ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Antioksidan memiliki peran untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Mencegah Asma

Asma adalah salah satu penyakit pernapasan yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam bernapas.

Untuk mencegah penyakit ini menyerang tubuh, ganti konsumsi gula putih dengan gula merah. Selain mampu mencegah asma, gula merah juga mampu melawan reaksi alergi dari penyakit asma.

4. Mengatur Kadar Kolestrol

Kabar baik bagi para penderita diabetes, gula merah dapat jadi solusi pengganti pemanis buatan. Tapi, dengan syarat tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

Gula merah mengandung niasin yang berperan dalam mengatur kolesterol dalam darah, sehingga kadar kolesterol dapat dijaga untuk tetap normal.

4. Mengandung Antiseptik

Selain mengandung antioksisan, gula merah juga mengandung nutrisi yang berperan sebagai anti peradangan dan anti mikroba.

Dua kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi luka minor atau luka terbakar, karena bersifat antiseptik. Hanya dengan menempelkan sedikit gula merah ke area luka dan diamkan selama beberapa saat, agar luka tidak semakin parah.

5. Memperlancar Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang terganggu atau tersumbat, dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti hipertensi, penyakit jantung, hingga stroke.

Menjaga sirkulasi darah tetap lancar jadi salah satu cara untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya tersebut. Konsumsi gula merah bisa jadi solusi memperlancar sirkulasi darah.

6. Meredakan Demam dan Flu

Berkaitan dengan manfaat gula darah sebelumnya, suhu tubuh yang hangat akan membuatnya terhindar dari demam dan flu. Anda bisa menambahkan sedikit gula merah dan jahe dalam minuman hangat untuk meredakan demam dan flu.

7. Tidak Mengandung Bahan Kimia

Karena terbuat dari bahan alami, gula merah tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Justru, gula merah mengandung banyak mineral alami, seperti kalsium, iron, magnesium, potassium dan phosphorus.

8. Mengobati Sariawan

Kandungan mineral alami dalam gula merah memiliki banyak manfaat, salah satunya mengobati sariawan. Ditambah dengan kandungan niacin, membuat gula merah semakin ampuh untuk mengatasi berbagai masalah sariawan.

9. Mencegah Obesitas

Jumlah kalori rendah dalam gula merah sangat berpengaruh dalam mencegah obesitas dan peningkatan berat badan. Oleh karena itu, banyak manfaat gula merah lain yang bisa diperoleh tubuh karena kandungan kalori rendahnya.

10. Memperlancar Pencernaan

Selain mampu mencegah obesitas, mengonsumsi gula merah secara rutin juga dapat memperlancar pencernaan. Di saat pencernaan mengalami masalah, gula merah juga dapat membantu tubuh dalam mengatasi masalah tersebut.

11. Melindungi Kulit

Kandungan antioksidan dalam gula merah sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, peradangan dan infeksi bakteri. Cukup dengan mengonsumsi gula merah secara rutin, maka manfaat ini bisa diperoleh kulit.

12. Mencegah Jerawat

Dengan kulit yang terlindungi, jerawat tentu enggan untuk mampir ke kulit. Tidak hanya mampu mencegah jerawat, mengonsumsi gula merah secara teratur juga dapat melindungi kulit wajah dari komedo yang membandel. Manfaat ini tentu akan membuat kulit jadi lebih bersih, segar dan tampak awet muda.

13. Mengatasi Masalah Menstruasi

Bagi perempuan, kram dan nyeri saat menstruasi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Parahnya lagi, bisa membuat perempuan tidak bisa beraktivitas.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengonsumsi gula merah, karena mampu menenangkan otot rahim dan kontraksi saat menstruasi.

14. Baik Dikonsumsi untuk Ibu Hamil

Untuk menjaga kesehatan janin, gula tambahan saat hamil harus dikurangi. Bagi ibu hamil yang ingin merasakan manis, bisa menambahkan gula merah dalam minumannya. Tidak hanya sebagai penambah manis saja, mengonsumsi gula merah saat hamil bermanfaat untuk memulihkan tenaga.

Itulah proses pembuatan gula merah dari gula pasir dan manfaatnya yang sangat banyak. Semoga bermanfaat.