Ini Lho Resep Masakan Daging Sapi Yang Paling Mudah

Resep Masakan Daging Sapi

Pada artikel kali ini saya akan memberikan ulasan tentang resep masakan daging sapi yang wajik kalian coba.

Bagi anda yang hobi memasak atau suka memasak, cocok nih untuk anda yang ingin masak daging tapi takut tidak enak rasanya resep-resep ini bisa kalian coba.

Olahan daging sangat di gemari di seluruh dunia karena mengandung banyak manfaatnya .

Daging sapi merupakan makanan yang sangat baik untuk menambah kebutuhan protein dan vitamin B12 untuk perkembangan syaraf otak dan menambah darah.

 

Daging Sapi

Resep Masakan Daging Sapi

pengertian dari daging adalah bagian kenyal pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang yang besar yang menjadi bahan baku makanan.

Tersusun sebagian besar dari jaringan otot-otot, ditambah dengan bagian lemak yang melekat , urat, serta tulang rawan.

Daging sapi adalah daging yang berasal dari sapi biasanya digunakan untuk keperluan makanan. Sapi adalah produk peternakan yang banyak sekali di indonesia.

Daging sapi  memiliki kandungan gizi  sangat tinggi dan lengkap oleh karena itu  sangat bermanfaat sekali bagi pertumbuhan dan kesehatan manusia.

Daging sapi yang sudah ditrimming atau dihilangkan lemaknya mengandung banyak zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Serta merupakan sumber protein yang sangat baik  mempunyai nilai biologis tinggi, high digestible 94%), sumber kandungan omega-3 rantai panjang (DHA, EPA and DPA).

lemak tak jenuh, vitamin B12, niasin, vitamin B6, vitamin B5, vitamin D, riboflavin, zat besi Yang terserap dengan cepat dan baik.

Dibanding zat besi dari pangan nabat), seng, fosforus, selenium, mengandung kadar lemak yang relatif rendah, serta memiliki kadar komposisi kolesterol yang sesuai untuk tubuh.

Bagian Daging Sapi yang Sering Diolah menjadi Makanan

Resep Masakan Daging Sapi

Berbagai  resep masakan daging sapi tersebut telah banyak ditemukan diberbagai belahan dunia. setiap resep masakan daging sapi berbeda beda dan memiliki rasa yang berbeda beda.

Ada alasan di balik masakan daging sapi karna alassan tertentu berikut adalah daging sapi pilihan yang di gunakan untuk membuat olahan daging sapi

Punuk

Potongan daging sapi bagian ini diambil dari leher sampai dengan bagian paha depan. Karena pada bagian tengahnya terdapat serat-serat kasar yang mengarah ke bagian bawah.

Biasanya daging ini digunakan untuk membuat makanan khas Nusa tenggara Timur yaitu  daging asap

Sampil


Merupakan bagian daging yang diambil dari leher hingga bahu sapi. Warna dagingnya merah pekat, memiliki banyak serabut otot yang melintang namun sedikit lemak.

Biasa digunakan untuk membuat sup, semur, adonan bakso atau rendang.

Paha Depan Sapi


Diambil dari bagian atas paha depan sapi. Bentuk potongannya biasanya segi empat dengan ketebalan 2-3 cm. Bagian ini biasa digunakan untuk membuat adonan bakso.

Iga 

Bagian yang berasal dari sekitar tulang iga. Memiliki rasa yang khas karena daging ini dimasak bersama dengan tulang iganya sehingga kaldu yang dihasilkan memiliki aroma yang lezat. Biasa digunakan untuk membuat sup iga atau konro ala Makassar.

Short loin

Dikenal juga dengan sebutan striploin. Potongan ini menempel dengan bagian iga dan bagian tenderloin serta sirloin.

Merupakan bagian sisi berdaging dari bagian T-Bone, yaitu salah satu potongan steak yang khas dengan tulang berbentuk T pada bagian tengahnya.

Tenderloin (has dalam)


Merupakan potongan daging yang memiliki tekstur paling empuk dan sedikit lemak. Dalam bahasa Prancis bagian ini dikenal dengan nama Filet Mignon.

Harganya relatif mahal. Diambil dari bagian tengah sapi dan bentuknya seperti silinder panjang.

Paling favorit diolah menjadi steak tenderloin karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk menjadi matang dan lunak.

Sirloin (has luar)


Seperti has dalam, potongan daging bagian sirloin juga favorit diolah menjadi steak sirloin, yakiniku, sukiyaki atau shabu-shabu.

Daging ini memiliki lapisan otot pada sisi luarnya, seratnya lebih kasar dari tenderloin, sehingga tesksturnya agak lebih keras.

Oleh karena itu, meskipun masuk dalam kategori potongan daging premium, namun harganya tidak semahal tenderloin.

Top Sirloin (has atas)


Merupakan bagian sirloin yang lebih disuka karena dianggap lebih enak dan lembut daripada bagian sirloin. Merupakan potongan daging yang biasa diolah dalam sajian steak.

Flank (samcan)


Merupakan bagian dari potongan otot perut, kurang lunak karena mengandung banyak otot namun rasanya sangat kuat akibat memiliki banyak lemak.

Cocok digunakan untuk membuat sup atau semur yang membutuhkan daging berlemak yang dimasak dalam waktu cukup lama.

Short plate


Sama dengan bagian flank, short plate merupakan potongan daging dari bagian otot perut, bentuknya panjang dan datar, tetapi tekstur dagingnya kurang lunak.

Dalam potongan daging ala Inggris, short plate dikategorikan sebagai bagian dari brisket.

Daging bagian short plate biasanya digunakan untuk menjadi daging giling, kornet, semur atau diolah menjadi beef bacon.

Rump Cap (tanjung)


Bagian ini memiliki tekstur yang lumayan lunak sehingga biasanya diolah untuk dipanggang, digoreng atau ditumis/oseng.

Bagian ini yang paling banyak  dipilih dan di gunakan untuk membuat sate.

Round (gandik)


Tekstur daging bagian gandik ini padat, minim lemak, seratnya terlihat panjang-panjang dan warna merahnya lebih muda.

Bagian ini sangat cocok digunakan untuk membuat empal, dendeng dan rendang.

Shank (sengkel)

Merupakan potongan sapi dari bagian betis sehingga memiliki banyak otot dan membutuhkan waktu cukup lama untuk dimasak hingga empuk.

Banyak digunakan untuk membuat sup, soto atau menjadi adonan bakso urat.

Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh

Resep Masakan Daging Sapi

Selain rasanya yang enak dan banyak di gemari masyarakat indonesia daging sapi ternyat banyak sekali manfaatnya berikut adalah beberapa manfaat daging sapi.

Didalam daging sapi terkandung  gizi yang  sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, dibawah ini adalah beberapa penjelasan tentang kandungan dan manfaat daging sapi bagi tubuh manusia.

1.Lemak

Didalam daging sapi terdapat kandungan lemak , fungsi lemak sendiri adalah untuk meningkatkan energi dan sumber  untuk  tenaga bagi tubuh agar kuat menjalani aktivitas sehari-hari. Lemak  juga bisa berperan sebagai penunjang fungsi 0tak

2.Zat besi

Zat besi adalah salah satu mineral alami yang terkandung juga di dalam daging sapi .

Zat besi menjadi komponen utama dalam pembentukan hemoglobin yaitu bagian dari sel darah merah. Manfaat zat besi antara lain adalah mengatasi gangguan belajar pada anak dan menghasilkan energi dari asupan yang bernutrisi

3.Selenium dan Zinc

Selenium merupakan mineral yang diperlukan tubuh, seperti vitamin dan mineral lainnya, yaitu kalsium dan zat besi, tapi dalam jumlah yang lebih sedikit.

Selenium adalah zat yang sangat dibutuhkan untuk membentuk zat antioksidan dan meningkatkan imunitas anak

sedangkan Zinc mempunyai peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan mahkluk hidup (essential elements).

Zinc sangat bermanfaat  seperti membantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman

4. Protein

Daging sapi mengandung kandungan gizi yang sangat penting adalah protein. Manfaat protein bagi tubuh adalah untuk membantu dalam perkembangan otak pada anak anak dalam masa pertumbuhan.

Selain dari itu protein juga membantu tubuh manusia dalam  membentuk jaringan-jaringan baru pada otot-otot manusia

5.Vitamin B Komplek

Vitamin B kompleks yang aterdapat  pada daging sapi dapat membantu kerja sistem saraf otak manusia sehingga bisa membantu untuk menjaga konsentrasi dan daya ingat.

vitamin kompleks sangat  bermanfaat sebagai tameng perlindungan diri terhadap risiko kerusakan jangka panjang akibat polusi udara seperti asap dan debu

6.Omega 3

Manfaat omega 3 yang terdapat pada daging sapi berfungsi  untuk membantu fungsi jantung, hati dan sistem saraf pusat. Dalam 150 gr daging sapi, terkandung lebih kurang sekitar 30 gram asam lemak Omega 3.

Kandungan Gizi Pada 100 gram Daging Sapi

  • Protein  = 18,8 gr
  • Energi = 207 kkal
  • Lemak  = 14 gr
  • Kalsium = 11 mg
  • Kandungan Karbohidrat  = 0 gr
  • Fosfor  = 170 mg
  • Vitamin A = 30 IU
  • Zat Besi  = 3 mg
  • Vitamin C  = 0 mg
  •  Vitamin B1 = 0,08 m

Resep Masakan Daging Sapi Yang Mudah dan Wajib Dicoba

Bagi anda yang hobi memasak atau suka memasak, cocok nih untuk anda yang ingin memasak daging tapi takut tidak enak rasanya resep-resep ini bisa kalian coba.

1.Semur

Resep Masakan Daging Sapi

Resep masakan daging sapi yang pertama adalah semur daging sapi. Semur daging sapi adalah makanan khas Indonesia yang dipengaruhi oleh gaya memasak orang-orang Belanda.

Belanda yang pernah menjadi pengusa di indonesia selama lebih dari 350 tahun, sangat wajar jika pengaruh budaya Belanda sangat melekat di berbagai warisan budaya Indonesia. Contohnya pada masakan semur daging ini

Selain dipengaruhi oleh budaya Belanda, resep semur daging sapi juga terkenal memiliki cita rasa yang bervariasi, dari satu daerah ke daerah daerah lainnya tergantung di daerah mana hidangan ini dimasak.

Bumbu rahasia dari hidangan semur yang membedakannya dari resep masakan Nusantara yang lain adalah kombinasi dari rempah cengkih, pala, dan kayu manis.

Ketiga rempah inilah yang menciptakan cita rasa yang unik dan khas dari resep semur daging sapi.Cara Pengolahan daging sapi juga sangat penting dalam resep semur daging sapi.

Anda perlu memperhatikan ukuran daging sapi yang Anda olah serta mengolahnya dengan proses pemasakan pelan atau lambat  sehingga daging sapi  dapat matang dengan merata, empuk, dan nikmat.

Bahan bahan resep masakan  daging  sapi semur daging sapi

  • 500 gr daging sapi has
  • 5 buah/50 gr bawang merah
  • 2 siung/6 gr bawang putih
  • 1 batang/5 cm kayu manis
  • cengkeh
  •  kecap manis
  • 1 sendok teh bubuk kaldu
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1 buah tomat
  • garam sesuai selera
  • gula pasir  sesuai selera
  • air panas secukupnya
  • margarine untuk menumis
  • cabe merah, buang bijinya
  • bawang goreng untuk taburan
  • daun salam
  • Gula merah jawa
  • jahe

cara pembuatan semur daging sapi

  1. Uleg bawang merah, bawang putih,garam dan cabe merah.
  2. Panaskan minyak untuk menumis
  3. Tumis bumbu yang telah diuleg, tambahkan daun salam dan jahe
  4. Masukkan daging, tumis hingga daging berubah warna dan bumbu tercampur merata
  5. Masukan air hingga daging terendam
  6. Tambahkan , gula pasir, garam, kayu manis bubuk,kecap manis  gula merahdan lada secukupnya.
  7. Masak hingga bumbu meresap, dan daging matang serta empuk.
  8. semur daging sapi siap di hidang kan dan cocok selagi masih hangat

2.Rendang

Resep Masakan Daging Sapi

Resep masakan daging sapi yang kedua adalah rendang. Makanan berasal dari sumatra barat lebih tepatnya dari daerah minangkabau .

Rendang merupakan masakan yang terbuat dari rempah rempah dengan daging sebagai bahan dasarnya

Pembuatan makanan menggunakan santan kelapa dan campuran bumbu khas yang dihaluskan seperti cabai, lengkuas, jahe, kunyit, bawang, dan bumbu-bumbu lainnya.

olahan daging sapi yang satu ini bisa bertahan berbulan-bulan karena bumbu alami yang digunakan memiliki sifat antiseptik, sehingga berguna sebagai pengawet makanan alami.

Untuk memasaknya saja butuh waktu lebih dari 8 jam hingga kuahnya kering dan juga empuk.

Meski Anda menambahkan banyak cabai agar lebih pedas, sensasi rendang khas tidak akan berkurang nikmatnya.

Bahan Bahan resep masakan  daging  sapi rendaNG Sapi

  • 1 ½ kg daging sapi, dipotong sedang
  • 4 buah asam kandis
  • daun jeruk
  •  ¾ liter santan kental dari kelapa tua
  • daun kunyit
  • 2 batang serai, geprek bagian pangkalnya
  •  lengkuas
  •  jahe
  • gula pasir
  • garam secukupnya

Bumbu halus

  • 15 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 50 gram cabai merah keriting

Cara membuat Rendang Daging sapi

  1. panaskan minyak dalam wajan.
  2. tumis bumbu halus halus,lalu masukan bumbu lainnya dan masukan santan kental.
  3. Aduk  agar bumbu tercampur rata dan santan tidak pecah tunggu sampai mendidih.
  4. Kecilkan api dan  masukkan daging.
  5. Aduk terus hingga bumbu menyusut dan berubah warna menjadi coklat.
  6. jika daging sudah berwarna coklat dan air bumbunya sudah meresap
  7. Matikan api, tiriskan rendang daging sapi.
  8. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

3.Iga Goreng Penyet

Resep Masakan Daging Sapi

Iga penyet adalah manana olahan dari iga yang berasal dari daerah jawa timur .Disajikan dari iga sapi yang di goreng dan di sajikan dengan sambal terasi.

Makanan ini sangat populer di kota bandung dan sekarang sudah tersebar kemana mana dan bahkan sampai diluar negeri .

Bahan Bahan resep masakan  iga goreng penyet

  • 500 gr iga sapi
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sdm air asam jawa
  • 3 sdm gula merah bubuk
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan

  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 merica
  • 3 cm jahe

Bahan-bahan Sambelan

  • 5 buah bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit (sesuai selera)
  • 3 buah cabai merah, potong-potong
  • 2 cm terasi
  • garam secukupnya

Cara Membuat iga goreng penyet

  1.  Campur iga sapi dengan bumbu halus, bersama serai, daun salam, air asam, gula merah, dan daun jeruk, kemudian rebus dalam panci presto hingga 20 menit, matikan.
  2. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng iga hingga matang dan kecokelatan.
  3.  Setelah iga matang, Anda bsia menggoreng bahan sambelan hingga empuk, lalu uleg hingga halus
  4. Penyet iga dalam cobek sambal dan Iga penyet siap dinikmati
    Semoga informasi yang berjudul Resep dan Cara Membuat Iga Goreng Penyet Empuk dan Gurih diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

4.Dendeng Kering

Resep Masakan Daging Sapi

Resep masakan daging sapi yang terakhir adalah dendeng . Dendeng kering ini meliki ciri khas teksturnya kering dan renyah. Umumnya dibuat dengan cara digoreng, dikeringkan, atau bahkan juga ada yang dibakar.

Karenakan dendeng ini berbentuk tipis, maka tidak dimasak dahulu di bumbu, namun hanya direndam saja hingga bumbunya benar-benar meresap ke dangnya.

Bahan Bahan resep masakan daging sapi dendeng kering

 

  • 50 gram ketumbar
  • 250 gram gula merah
  • 1 kg daging sapi has dalam
  • 1 sdm asam jawa
  • 10 buah cabe rawit
  • 5 sdm lada butir
  • 1/2 sdt biji pala bubuk
  • 5 butir kemiri
  • 2 liter air

Cara Membuat Dendeng Sapi manis

  1. Pertama iris daging sapi menjadi tipis tipis. Lalu geprek daging (saya pake cobek) sampai teplek dan melebar
  2. Panaskan air terus rebus daging yang telah dipipihkan sampai terlihat bertekstur empuk.
  3. Uleg bumbu (cabe, gula merah, asam jawa, ketumbar, kemiri, biji pala, lada, garam, kaldu instant, dan beri sedikit air bekas rebusan daging)
  4. Masukkan daging ke wadah yang berisi bumbu halus. aduk rata daging dengan bumbu sampai merata. Bumbu harus melumuri semua permukaan daging. lalu diamkan daging termarinasi dalam bumbu selama 3 jam atau bisa lebih agar bumbu meresap dengan sempurna tapi jangan terlalu lama.
  5. Jemur daging di bawah terik sinar matahari agar daging kering dan semua cairan menyusut.

Itu tadi ulasan tentang resep masakan daging sapi, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memasak  daging sapi,cara masak daging sapi biar empuk  jika anda ingin tahu  caranya tinggal klik saja OKE…!!!