Strategi Peningkatan Brand Melalui Sosial Media untuk Kamu Coba

Strategi peningkatan brand melalui sosial media memang sangat penting dilakukan untuk meningkatkan brand awareness. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan brand awareness melalui sosial media.

Brand Awareness merupakan bagian penting dalam bisnis dan bertujuan untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produk. Biasanya brand awareness digunakan sebagai alat untuk mengukur kinerja suatu brand.

Tidak heran jika brand awareness sangat penting bagi perusahaan dalam membangun bisnisnya. Selain itu, ada beberapa fungsi brand awareness selain meningkatkan brand dan penjualan. Mulai dari menciptakan persepsi, meningkatkan kepercayaan, hingga menciptakan jaringan.

 

 

7 Strategi Peningkatan Brand Melalui Sosial Media

strategi peningkatan brand melalui sosial media

1. Buat Konten Video

Pemasaran video telah menjadi cara populer untuk membangun brand. Nyatanya, cara ini bisa membantu kamu menjangkau banyak konsumen secara luas. Kamu bisa membuat video dalam bentuk video penjelasan.

Perhatikan juga durasi video agar pengunjung tidak bosan. Kamu bisa memasukkan informasi penting terkait bisnis hanya dalam 1-2 menit. Bentuk video menarik lainnya yang bisa kamu coba adalah video pre-roll. Bentuk video ini merupakan video iklan yang biasanya muncul sebelum video yang ingin ditonton. Buatlah video blog atau vlog, kamu bisa membuat video ini dengan optimasi kata kunci. Buatlah vlog yang santai, menyenangkan dan informatif untuk konsumen.

2. Membuat Konten yang Menarik

Jika kamu sudah memutuskan platform yang akan kamu gunakan, inilah saatnya membuat konten yang berfokus pada niche kamu. Gunakan tampilan visual yang menarik agar target audiens tertarik.

Selalu konsisten membuat konten berkualitas, autentik yang menjawab kebutuhan target audiens kamu akan membuat kamu semakin terhubung dan dekat dengan audiens kamu. Jangan membagikan jenis konten yang sama untuk semua platform. Sangat penting untuk membuat konten yang spesifik untuk setiap platform yang akan kamu gunakan.

3. Konsisten dalam Membuat Konten

Usahakan untuk selalu membuat konten secara rutin. Pastikan untuk selalu terhubung dengan audiens kamu dan berinteraksi dengan mereka. Saat kamu tidak aktif, otomatis penonton akan berkurang atau bahkan melupakan kamu.

Menggunakan alat akan memudahkan kamu menjadwalkan postingan konten. Dengan begitu, kamu akan tetap terhubung dengan target audiens dan berinteraksi sesuai harapan.

4. Membuat Logo dan Tagline

Cara mudah untuk meningkatkan brand awareness bisa melalui logo dan tagline. Bisa dibilang kedua bagian ini merupakan hal mendasar dan sangat penting dalam membangun sebuah brand. Karena, logo bisa menjadi pengingat konsumen akan bisnis kamu. Selain itu, logo biasanya digunakan pada produk, poster, website, dan media sosial.

Sementara itu, tagline juga sangat penting untuk membantu kamu mempresentasikan brand kamu. Buatlah tagline yang sederhana dan mudah diingat. Namun, kamu tidak boleh sembarangan membuat tagline karena dapat merusak reputasi brand. kamu dapat memilih kalimat yang bermakna, mewakili brand, dan relevan.

5. Kolaborasi dengan Influencer Marketing

Pemasaran influencer adalah ketika sebuah bisnis atau brand berkolaborasi dengan orang-orang berpengaruh di media sosial untuk mempromosikan suatu brand, produk, atau layanan.

Influencer biasanya memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial dan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap pengikutnya. Sehingga apa yang disampaikan atau dipromosikan oleh influencer tersebut akan diikuti oleh para pengikutnya.

Berkolaborasi dengan influencer yang menarik tentu akan meningkatkan reputasi brand kamu. Hal ini memberikan peluang bagi brand untuk menjangkau lebih banyak audiens target, mendapatkan pelanggan baru, dan meningkatkan konversi.

6. Memanfaatkan Ulasan Pelanggan

Dalam perkembangan bisnis, banyak pembeli yang lebih mempercayai ulasan online. Bisa dibilang review online mirip dengan word of Mouth. Tak heran jika suatu produk akan laris manis setelah banyak orang yang merekomendasikannya. Apalagi jika yang merekomendasikan produk kamu adalah seorang selebritis atau artis terkenal.

Kamu bisa memvariasikan cara ini untuk meningkatkan brand. Misalnya, kamu memberikan poin atau promosi khusus setelah pelanggan merekomendasikan suatu produk. Alhasil, banyak pembeli yang akan memberikan review.

7. Mengadakan Kontes di Media Sosial

Mengadakan kontes atau give away di media sosial bisa menjadi salah satu cara meningkatkan brand awareness. Cara ini dinilai mampu meningkatkan mention, engagement, dan jangkauan di media sosial dalam waktu singkat. Kontes atau give away ini dibuat seperti tantangan di dalam acara. Namun, kamu bisa membuatnya sedikit berbeda dan terlihat menarik.

Melalaui ini kamu bisa menggunakan peraturan sebagai salah satu syarat mengikuti kontes atau give away. Sebagai hadiahnya, kamu bisa menawarkan kupon, promo, atau keuntungan khusus kepada peserta kontes yang mengikuti. Cara ini terbukti ampuh membuat peserta kontes berubah menjadi pelanggan kamu.

Membangun brand yang terpercaya akan membantu bisnis kamu terus berkembang. Sangat penting bagi audiens untuk memiliki kepercayaan terhadap suatu brand. Media sosial akan membantu kamu memperkuat brand kamu, mengembangkan basis pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Kamu bisa menggunakan Jasa Kelola Sosmed untuk membantu optimasi branding, kami merekomendasikan menggunakan jasa dari Punca.id yang mampu memberikan apa yang kamu butuhkan.