Resep Pindang Bandeng Sederhana Dan Enak

Halo gengs kali ini saya akan membahas artikel tentang Resep pindang bandeng makanan yang sudah populer di indonesia.

Untuk Resep membuat pindang bandeng ini terasa lezat dan sedap yang banyak diminati masyarakat khususnya sumatera.

Dan pindang bukan hanya dari sumatera saja tapi hampir indonesia juga mengenal pindang.

Kunci utama yang sangat harus diperhatikan adalah penggunaan bumbu rempah dan bumbu dapurnya.

Dengan pemilihan bumbu yang bagus, kuah resep pindang ikan bandeng yang kita akan buat nanti bisa benar benar nikmat untuk disantap bersama sepiring nasi putih dan segelas minuman segar.

Selain rasanya yang lezat, tentu saja resep ikan yang akan kita buat kali ini banyak sekali mengandung gizi, vitamin dan omega 3 yang bagus sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

Apalagi kalau disantap saat malam atau cuaca yang lagi dingin, kuah resep  pindang ikan ini yang sedikit berlemak dan perpaduan rempah rempahnya bisa memberikan energi yang bagus dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dan jika anda suka keripik pisang untuk usaha coba cek cara membuat keripik pisang aneka rasa anda siapa tau dapat membuka usaha makanan ringan dan membuka warung makan pindang patin.

Resep Membuat Pindang Bandeng

Bahan-Bahan Pindang Bandeng

  1. Ikan bandeng yang kondisinya masih segar kurang lebih sebanyak 1 kg saja.
  2. Buah jeruk nipis untuk mengurangi dan menghilangkan bau amis ikannya kurang lebih sebanyak 2 buah jeruk nipis. Potong potong dan peras air jeruknya.
  3. Serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja lalu Cuci bersih lalu memarkan sebelum digunakan.
  4. Lengkuas secukupnya atau kurang lebih sepanjang 5-6 cm saja tidak perlu banyak banyak.
  5. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 5 cm saja dan Memarkan dahulu sebelum dicampur dengan bumbu lainnya.
  6. Daun salam kurang lebih sebanyak 4 lembar saja.
  7. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja tidak perlu berlebihan.
  8. Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 4 sendok makan saja.
  9. Kecap manis kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3 sendok teh saja.
  10. Daun kemangi secukupnya sesuai selera anda.
  11. Garam dapur secukupnya.
  12. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera anda.
  13. Buah cabai merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 10-15 pcs saja Bisa ditambahkan juga buah cabai rawit dan cabai hijau kalau memang suka pedas.
  14. Buah tomat merah kurang lebih sebanyak 3 buah. Cuci bersih lalu belah menjadi 4-5 bagian untuk mempercantik tampilannya.
  15. Air bersih secukupnya untuk merebus ikan dan bumbunya.

Bahan Bumbu Pindang Ikan

  1. Bawang putih 6 siung saja.
  2. Bawang merah 7 siung juga.
  3. Buah cabai kurang lebih sebanyak 3-5 pcs. Cuci bersih lalu buang bijinya.

Cara Membuat Pindang Ikan

  1. Langkah pertama adalah siangi dan cuci bersih ikan dengan air mengalir sampai benar benar bersih dari kotorannya kemudian potong menjadi 2 atau 4 bagian
  2. Bersihkan bagian luar ikan sampai benar bersih dengan cara menekan sedikit menariknya keluar dengan pisau tajam. Hati hati jangan sampai membuat dagingnya robek.
  3. Lumuri ikan yang sudah dicuci bersih diatas dengan air jeruk nipis sambil sedikit diremas remas sampai semua bagian terkena rata kemudian diamkan sebentar (kurang lebih selama 15 menit saja).
  4. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya
  5. Sambil menunggu airnya mendidih, haluskan bahan bumbu pindang ikannya diatas, seperti bawang merah, bawang putih dan lainya yang perlu dihaluskan.
  6. Masukkan bumbu halus diatas ke dalam panci yang berisi air beserta jahe dam lengkuas yang sudah dimemarkan, serai dan daun salamnya. Aduk aduk sebentar sampai mendidih.
  7. Masukkan ikan bandeng yang sudah dicuci bersih kemudian aduk aduk sebentar.
  8. Masukkan air asam, gula merah, cabai, kecap manis, gula pasir dan garam dapur secukupnya lalu aduk aduk merata sampai masak dan ikannya matang lembut.
  9. Setelah matang dan airnya menyusut (kurang lebih selama 15 menit), masukkan daun kemangi dan irisan tomatnya.
  10. Jangan lupa cicipi sebentar dan tambahkan garam dapur, gula dan kecap kalau diperlukan lalu angkat dan sajikan.

Tips Cara Membuat Pindang

Setelah membahas tentang Resep membuat pindang ikan bandeng kita akan mengulas tentang tips cara membuat pindang bandeng yang enak agar rasanya tidak kalah dengan yang dijual di warung makan khas.

Selain bahan bumbu, salah satu tips untuk membuat resep masakan ikan yang enak dan lezat adalah pengolahan ikan yang digunakan oleh ibu ibu sekalian.

Pastikan ikan benar benar dicuci bersih dari darah yang menempel dan kotoroan lainnya.

Selain untuk menghilangkan bakteri, biasanya darah yang menempel tersebut juga meninggalkan bau amis yag ada di ikan tersebut.

Pastikan untuk mencuci ikan di air mengalir. Selain itu, sebelum dimasak menjadi resep cara membuat pindang ikan.

Tips memasak yang lain adalah daging ikan yang sudah dicuci bersih harus dilumuri terlebih dahulu dengan perasan air jeruk nipis agar bau amis tidak bau lagi.

Ini membantu sekali untuk menghillangkan bau amis khas ikan dan menambah kesegaran di resep membuat pindang bandeng yang kita buat.

Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bumbu pindang ikan dan cara membuat masakannya yang sudah tertera dibawah ini.

Manfaat Ikan Pindang Untuk Kesehatan

Ikan, Siapa sih yang tidak kenal dengan seafood yang satu ini? Banyaknya manfaat yang kita dapat dari ikan yang satu ini.

Dan pastinya manfaat yang berbeda dengan lauk pauk lainnya, membuat ikan sebagai salah satu lauk pauk yang digemari dan paling dicari oleh masryarakat.

Beruntung kita yang tinggal di Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim,berarti sebagian besar negara kita didominasi laut dan kita bisa mendapat ikan dengan mudah dan murah.

Ikan sendiri dibagi menjadi dua, yaitu ikan tawar dan ikan laut. Apakah ada perbedaan antara kedua jenis ikan ini?

Beberapa penelitian dan ahli mengatakan jika kandungan gizi yang terdapat pada ikan laut lebih banyak daripada ikan air tawar, contohnya saja kandungan DHA dan EPA yang tinggi pada ikan laut.

Bukan hanya itu saja, kondisi suhu air laut menyebabkan kadar kolesterol ikan laut rendah dan protein yang mudah diserap oleh tubuh manusia.

Selain kandungan gizinya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, apalagi yang membuat ikan ini lebih “istimewa” daripada lauk pauk lainnya?

Jawabannya adalah pada cara mengolah ikanya itu sendiri. Yups, kita bisa mengolah ikan menjadi sejuta masakan yang enak dan khas.

Mulai dari membakarnya dengan berbagai macam bumbu, menggorengnya, mengolahnya menjadi gulai ataupun sop ikan, dan lain-lain.

Ikan pindang bukanlah nama suatu ikan namun merupakan salah satu proses mengolah berbagai ikan yang diolah menjadi masakan khas.

Pindang sendiri adalah proses penggaraman pada ikan yang kemudian dilanjutkan dengan perebusan.

Untuk mendapatkan ikan pindang ini bukanlah suatu hal yang sulit bagi kita karena yang biasa dipakai adalah pindang  patin.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang pindang cek artikel tentang cara membuat pindang ikan yang lezat disitu akan membahas semua tentang pindang dari mulai tips resep dan lainya.

Terimakasih sudah membaca artikel resep membuat pindang bandeng yang lezat ini ini semoga membantu pembaca jika ada kesalahan dalam penulisan mohon maaf.

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa Dijamin Ketagihan

hallo gengs saya akan membahas artikel tentang cara membuat keripik pisang aneka rasa dan pastinya mudah sekali.

untuk mengetahui resep-resep keripik pisang yang pastinya tidak kalah enak dengan yang dibeli di toko atau supermarket yuk coba cek cara membuat keripik pisang aneka rasa dibawah ini.

Dan jika anda suka dengan minuman murah meriah segar anda harus cek artikel ini karna disana ada macam-macam minuman segar dan murah untuk memulai usaha anda.

Resep Keripik Pisang Aneka Rasa

Salah satu buah yang tidak mengenal musim di Indonesia adalah pisang, kita bisa menemui buah pisang ini setiap tahun dan hampir di semua penjuru indonesia ada.

Pisang merupakan buah yang biasa dimakan secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Kita bisa menemukan banyak olahan makanan yang enak berbahan dasar pisang ini.

Olahan pisang ini pun juga sangat banyak jenisnya, mulai dari yang mudah dibuat sampai yang sulit sekalipun.

Kamu tentu pernah makan pisang goreng, pisang molen, brownies kukus pisang,cake pisang, atau keripik pisang.

Beberapa olahan pisang tersebut sudah tidak asing lagi di Indonesia dan kita akan mudah menemukannya di beberapa daerah indonesia.

Tapi kita nggak akan ngomongin pisang goreng, saat ini kita akan mencari tahu cara membuat keripik pisang.

Salah satu olahan pisang ini ternyata juga memiliki banyak jenis nya lho gengs. Ada yang rasanya gurih, manis, original, bahkan ada yang ditambahi dengan taburan coklat dan keju.

Berikut ini ada resep cara membuat keripik pisang aneka rasa yang rasanya tentu lezat, dan kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Keripik Pisang Manis

Bahan Keripik Pisang Manis

  • 1/2 kg pisang yang masih setengah matang
  • 200 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh garam
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Pisang Manis

  1. Kupas terlebih dahulu pisang yang masih setengah matang dan kemudian iris tipis-tipis.
  2. Setelah itu rendam pisang dengan air yang sudah dicampur air kapur sirih. Rendam selama kurang lebih 30 menit, kemudian tiriskan.
  3. Jika sudah tiris, masukkan pisang ke dalam wadah, taburi dengan garam, dan aduk sampai rata.
  4. Panaskan minyak ldan goreng pisang sampai berwarna kuning kecoklatan dan matang, setelah itu angkat dan tiriskan.
  5. Rebus air secukupnya bersama gula lalu masak sampai gula larut. Kemudian masukkan daun pandan ke dalam rebusan gula sampai tercium bau wangi dan larutan gula mengental.
  6. Masukkan keripik pisang yang sudah digoreng ke dalam larutan gula setelah itu aduk sampai semua keripik pisang terselimuti larutan gula, kemudian angkat dan dinginkan.
  7. Keripik pisang manis siap dinikmati.

Selain keripik pisang, kacang telur juga bisa jadi camilan enak sehari-hari lho. mari kita lihat lagi cara membuat keripik pisang aneka rasa selanjutnya.

Keripik Pisang Gurih

Bahan Keripik Pisang Gurih

  • 10 buah pisang
  • 2 liter air
  • 1 sendok teh kapur sirih
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Pisang Gurih

  1. Kupas terlebih dahulu pisangnya, lalu iris tipis dengan cara menyerong.
  2. Campur air dan kapur sirih ke dalam wadahlalu aduk sampai kapur sirih larut semua.
  3. Rendam pisang yang sudah dipotong ke dalam air kapur sirih selama 30 menit atau lebih.
  4. Setelah itu angkat dan bilas menggunakan air bersih, lalu tiriskan.
  5. Goreng pisang pada minyak yang banyak dan panas. Goreng sampai warnanya kuning kecoklatan, lalu tiriskan.
  6. Setelah tiris, taburi keripik pisang dengan sedikit garam.
  7. Keripik pisang gurih siap disantap bersama keluarga.

Keripik Pisang Coklat

Bahan Keripik Pisang Coklat

  • 1 kg keripik pisang
  • 50 gram gula halus
  • 30 gram coklat bubuk
  • 30 gram maizena yang sudah disangrai
  • Kapur sirih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Pisang Coklat

  1. Kupas pisang terlebih dahulusetelah itu rendam dalam air yang sudah diberi garam selama kurang lebih 1 jam.
  2. Iris tipis pisang yang sudah direndam dan lalu rendam lagi ke dalam air garam yang tadi digunakan.
  3. Kemudian masukkan irisan-irisan pisang yang sudah direndam di dalam air garam ke dalam air yang sudah ditambahkan kapur sirih selama sekitar 30 menit lebih.
  4. Setelah 30 menit lalu pindahkan irisan buah pisang ke air garam lagi, diamkan sambil menunggu untuk digoreng.
  5. Panaskan minyak dan goreng pisang menggunakan api yang sedang sampai warnanya kuning kecoklatan.
  6. Setelah matang angkat dan tiriskan.

Membuat Lapisan Coklat

  1. Campurkan coklat bubuk, maizena yang sudah disangrai, dan gula halus.
  2. Masukkan lapisang coklat ke dalam wadah yang ada tutupnya, lalu masukkan juga keripik pisang yang sudah dingin. Kocok wadah sampai seluruh permukaan pisang terlapisi dengan lapisan coklat.
  3. Keripik pisang coklat siap dinikmati.

Ada sedikit catatan, ketika merendam menggunakan air garam, jangan menggunakan garam yang banyak. Biar rasa keripiknya tidak terlalu asin.

Selain itu, simpan keripik pisang dalam wadah tertutup agar tidak mudah melempem atau tidak renyah lagi.

Kalau kamu suka coklat, cobain resep kue ulang tahun, kan biasanya banyak tuh coklatnya.

Keripik Pisang Keju

Bahan Keripik Pisang Keju

  • 5 sisir pisang kepok
  • 2 liter minyak goreng

Bahan Larutan Pencelup

  • 1 liter air hangat
  • 10 gram kaldu ayam bubuk
  • 20 gram garam

Bahan Taburan

  • 400 gram keju yang sudah diparut halus

Cara Membuat Keripik Pisang Keju

  1. Kupas pisang kepok dan kemudian cuci sampai bersih menggunakan air mengalir.
  2. Pastikan pisang benar bersih, kira-kira cuci sebanyak tiga kali sampai getah-getahnya hilang, lalu tiriskan.
  3. Potong tipis pisang dengan menyerong.
  4. Goreng pisang yang sudah dipotong-potong ke dalam minyak yang sudah panas dengan api sedang sampai warnanya menjadi kuning kecoklatan dan matangsetelah itu tiriskan sampai dingin.
  5. Campurkan air hangat, kaldu ayam bubuk dan garam, aduk rata sampai semua larut di dalam air.
  6. Celupkan keripik pisang pada campuran larutan pencelup dan tiriskan.
  7. Setelah itu taburkan keju di atas keripik pisang.
  8. Goreng kembali dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang dan kering renyah lalu angkat dan tiriskan.
  9. Keripik pisang keju siap disajikan.

Itu tadi beberapa resep cara membuat keripik pisang aneka rasa yang bisa kamu coba. Tapi ada beberapa tips biar keripik yang dibuat makin mantab rasanya.

Tips Cara Membuat Keripik Pisang

  • Sebaiknya gunakan pisang yang hampir matang dan bukan yang terlalu matang, selain hasilnya kurang bagus jika pisang terlalu matang, keripik pisang nantinya tidak akan renyah saat digoreng.
  • Simpan kerpik pisang di dalam wadah yang tertutup agar tidak mudah melempem.
  • Usahakan untuk merendam dalam air kapur sirih terlebih dahulu untuk menghindari pisang berubah warna menjadi kehitaman, dan supaya hasilnya lebih renyah.

Setelah membahas tips cara membuat keripik pisang aneka rasa mari kita ulas tentang mamfaatnya.

Manfaat Pisang Baik Bagi Ibu Hamil

Seorang ibu hamil memerlukan konsumsi yang sangat baik untuk dirinya dan janin yang dikandungnya.

Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin.

Selain itu pisang dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu yang hamil.

Untuk lebih menunjang pertumbuhan janin yang sehat, diperlukan juga mengkonsumsi kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat kacang hijaudan manfaat kacang merah.

Pada bayi yang baru memulai memakan makanan padat, seperti pisang menjadi pilihan baik karena pisang bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi .

Manfaat pisang mencakup banyak hal, mulai pada kebutuhan asupan makanan sehari-hari, media pengobatan hingga untuk ibu hamil.

Mulailah menjadikan pisang sebagai salah satu menu makanan anda.

Banyak sekali yang bias anda buat selain keripik pisang keju anda juga bias membuat yang coklat,balado dan asin.
Jika anda ingin memulai usaha keripik pisang aneka rasan cek artikel cara membuat keripik pisang untuk usaha yang mudah dan lezat di dalam artikel membahas semua tentang keripik pisang yang bisa anda pelajari sebelum memulai usaha keripik pisang.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang cara membuat keripik pisang aneka rasa untuk usaha anda semoga artikel ini membantu.

Resep Minuman Murah Meriah Yang Enak Dan Seger

Hi,guys kembali lagi dengan saya. Siang siang kek gini enaknya minum,minuman yang dingin ya guys.Nah kali ini saya akan kasih tau nih resep minuman murah meriah ini yang simple dan sehat tentunya.

Buat anda yang mau membuka usaha nih.saya kasih tau resep minuman murah meriah yang simple dan sehat dong buat orang minum. etss sebelum saya kasih tau resep minuman murah meriah untuk dijualan.

Baca dulu dong keuntungan membuat minuman sendiri.kalo udah baca nanti saya akan kasih tau resep minuman murah meriah untuk dijual.

Dan jika butuh refrensi yang lebih coba baca artikel tentang resep minuman unik untuk usaha siapa tau bisa membantu pembaca untuk mengetahui resep minuman murah meriah.

Resep Jualan Minuman Paling Laris Di Jaman Milenial

Nah Guys udah baca kan tadi diatas manfaat membuat minuman sendiri dirumah,nah kali ini saya akan jelasin ni resep minuman murah meriah yang simple dan mudah tentunya

1.Es Bulbul

Bahan-Bahan

  • 200 gram stroberi, belah dua
  • 200 gram melon, potong bulat
  • 100 gram buah naga, potong bulat
  • 100 gram mangga, potong kotak
  • 200 gram semangka, potong bulat
  • 100 gram lidah buaya

Bahan Sirup

  • 500 ml air
  • 200 gram gula pasir
  • 50 ml air jeruk lemon

Bahan Pelengkap

  • 100 gram es serut

Cara Membuat Es Bulbul

  1. Rebuslah air bersama sirup, gula pasir, dan garam dengan api kecil hingga  mengeluarkan aroma harum.
  2. Tambahkan air jeruk lemon. Aduk rata. Dinginkan.
  3. Kemudian tata stroberi, semangka, melon, mangga, buah naga, dan lidah buaya.
  4. Lalu Tambahkan sirup dan masukkan ke dalam lemari es beberapa saat.
  5. Es bul-bul pun siap dihidangkan.

2.Choco Dinosaur

Bahan-Bahan

  • 2 sachet susu cokelat
  • Air hangat secukupnya, hanya untuk melarutkan
  • Air dingin dan es batu
  • Whipped cream atau es krim rasa vanilla (opsional)

Cara Membuat Choco Dinosaur

  1. Larutkan susu cokelat dalam sedikit air hangat sampai benar-benar larut.
  2. Tambahkan air dingin dan sedikit es batu.
  3. Untuk finishing, taburkan satu sachet susu cokelat ke atas minumanmu. Jika punya whipcream atau es krim rasa vanilla, bisa ditambahkan dulu di atasnya sebelum menaburkan susu cokelat bubukmu.
  4. Larutkan susu cokelat dalam sedikit air hangat sampai benar-benar larut.
  5. Tambahkan air dingin dan sedikit es batu.
  6. Untuk finishing, taburkan satu sachet susu cokelat ke atas minumanmu. Jika punya whipcream atau es krim rasa vanilla, bisa ditambahkan dulu di atasnya sebelum menaburkan susu cokelat bubukmu.

3.King Mango Thai

Bahan-Bahan

  • siapkan 1 kg gram mangga madu, harum manis atau jenis lain yang rasanya manis
  • 300 ml susu cair
  • Madu / susu kental manis sesuai selera
  • Es batu sesuai selera
  • Whipped cream
  • Es krim mangga

Cara Membuat King Mango Thai

  1. pertama-tama Blender semua bahan kecuali whipped cream dan es krim mangga
  2. Kemudian sisakan beberapa potong mangga yang dibentuk dadu untuk hiasan akhir.
  3. Setelah tercampur merata, masukkan kedalam gelas panjang 1/4 ukuran gelas. Bisa juga menggunakan wadah seperti gelas plastik jumbo supaya persis seperti yang dijual diluaran sana.
  4. Kemudian tuang whipped cream diatasnya. Tuangkan lagi jus mangga dan whipped cream lagi diatasnya sehingga terlihat membentuk sebuah lapisan.
  5. Dan yang terakhir ambil satu sendok es krim dan letakkan diatasnya.
  6. Lalu hias dengan sisa potongan mangga (Bentuk hiasan bisa dikreasikan sesuai keinginan)
  7. King Mango Thai siap untuk dinikmati.

4.Bubble Milk Tea

Bahan-Bahan

  • Teh rasa apa saja yang sudah diseduh dengan air panas. Jika ingin, bisa ditambahkan rempah-rempah. Dinginkan.
  • Bobba atau bubble
  • Susu cair
  • Gula

Cara membuat Bubble Milk Tea

  1. Masak bobba atau bubble dengan air mendidih agar lunak dan siap dikonsumsi.
  2. Campurkan susu cair ke dalam teh yang sudah diseduh tadi dengan perbandingan sesuai selera anda. Tambahkan gula secukupnya.
  3. Kemudian siapkan gelas saji, masukan bubble terlebih dahulu, baru tuangkan campuran milk tea. Tambahkan es batu sesuai selera.

5.Es Mambo

Bahan-Bahan

  • 1 gelas susu cair
  • 1 liter santan kelapa
  • 150 gram kacang hijau
  • 2 lembar daun pandan
  • 7 sendok makan gula pasir
  • Garam halus ecukupnya
  • Plastic es mambo secukupnya

Cara Membuat Es Mambo

  1. Pertama-tama cuci kacang hijau dan rendam selama 6 -7 jam
  2. Lalu rebus kacang hijau, masukkan santan, gula pair, susu cair, daun pandan dan juga garam.
  3. Kemudian diaduk sampai merata biarkan sampai empuk, sesuaikan rasa dengan yang diinginkan, biarkan dingin
  4. Lalu masukkan campuran kacang hijau yang sudah direbus kedalam plastik es, susun lalu masukkan kedalam lemari es

6.Es Dragon Milk

Bahan-Bahan

  • 1 buah naga
  • 2 buah mangga (mngga kweni/ arum manis)
  • 3 sachet susu kental manis
  • 4 gelas air
  • Gula putih secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Es Dragon Milk

  1. Kupas semua buah, potong kecil-kecil
  2. Lalu panaskan air, lalu masukan gula, susu kental manis dan garam
  3. Aduk sampai mendidih, setelah itu angkat dan dinginkan
  4. Sementara menunggu adonan dingin, masukan buah yg sudah dipotong-potong tadi kedalam plastik es
  5. Setelah semua bahan dimasukan,kemudian tuangkan air susu yang sudah dimasak tadi, terus ikat kencang
  6. Setelah semua selesai masukan dalam freezer dan tunggu sampai beku

7.Milkshake Atau Ice Blend

Bahan-Bahan

  • Susu cair
  • Es batu
  • Whipped cream
  • Perasa sesuai selera. Bisa bubuk green tea atau selai cokelat.

Cara membuat Milkshake atau Ice Blend

  1. Masukan es batu, dan setengah gelas susu ke dalam blender.
  2. Masukan larutan gula sesuai selera, kemudian perasa. Blender hingga tercampur rata.
  3. Tuang ke gelas saji. Lengkapi dengan whipped cream dan taburan choco chip atau sisa bubuk perasamu sebagai topping.

8.Milk Tea

Bahan-Bahan

  • Siapkan 2 sdt teh seduh atau 2 kantong teh celup
  • Siapkan 20 ml atau 4 sdt susu kental manis atau krimer
  • 150 ml air panas
  • 60 gram es batu
  • Gula cair sesuai selera

Cara Membuat Milk Tea

  1. Pertama-tama larutkan teh ke dalam 150 ml air mendidih hingga warnanya pekat.
  2. Tambahkan gula cair secukupnya, kalau Anda suka manis.
  3. Selain gula, Anda juga bisa menambahkan krimer atau susu kental manis pada minuman.
  4. Atur kadar manisnya sesuai selera Anda.

Cara Menyajikan MIlk Tea dengan Cara Di-blend

  1. Pertama-tama masukkan 20gr Bubuk / Powder Milk Tea (untuk takaran gelas 14-16 oz)
  2. Setelah itu masukkan gula cair 40-60 ml / gula pasir 2-3 sendok makan
  3. Masukkan air 50ml
  4. Masukkan 1 gelas es batu (ukuran gelas 14oz)
  5. Blender selama 40 detik – 1 menit
  6. Ice Milk Tea siap disajikan

Cara Menyajikan Milk Tea dengan Cara Di-shake

  1. pertama-tama masukkan 20gr Bubuk / Powder Milk Tea (untuk takaran gelas 14-16 oz)
  2. Kemudian masukkan gula cair 40-60 ml / gula pasir 2-3 sendok makan
  3. Masukkan air 100ml – 150ml
  4. Kemudian shake / kocok minuman sampai bubuk dan gulanya larut dengan air
  5. Kemudian tuangkan kedalam gelas, tambahkan es batu secukupnya
  6. Ice Milk Tea siap disajikan

Itulah artikel tentang resep minuman murah meriah dan cara pembuatannya.Gimana guys udah taukan resep minuman murah meriah dan cara pembuatannya.

So,cepatan cari lapak buat jualan.Nanti malah keburu diambil saingan.Ok segitu aja artikel tentang resep minuman murah meriah.

Jika suka pisang anda boleh coba resep masakan dari pisang yang satu ini   yang wajib anda coba dirumah untuk keluarga anda.

Semoga artikel saya resep minuman murah meriah untuk usaha bisa bermanfaat untuk anda makasih.

Cara Membuat Makanan Dari Pisang Sederhana Dan Dijamin Sehat

Namun kita akan membahas tentang pisang nya dulu baru ke resep nya tentang cara membuat Makanan Dari Pisang Sederhana

Jika butuh artikel yang lebih jelas tentang makanan makanan yang terbuat bolu pisang anda harus mengecek cara membuat makanan dari pisang yang praktis dan enak ini gengs.

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Sederhana Yang Enak Tanpa Mixer

resep bolu pisang tanpa mixer

bolu pisang termasuk salah satu jajanan yang paling populer di masyarakat untuk dibuat di rumah.

kue ini bisa menjadi olahan yang pas saat kita memiliki sisa buah pisang yang sudah terlalu matang untuk disantap/dimakan atau sudah terlalu benyek jadi bisa diolah menjadi bolu pisang.

Proses pembuatannya pun mudah dan relatif sederhana gengs.

Bisa dibuat oleh siapa saja, bahkan yang tak terlalu ahli membuat bolu. Lalu bagaimana cara membuat bolu pisang yang enak dan sederhana?

Berikut ini kami tampilkan beberapa resep dan cara membuat makanan dari pisang berikut variasinya. Tekstur dan rasanya tak bakal kalah dari kue bolu bikinan bakery yang ada di toko kue.

Ingin tahu cara membuat makanan dari pisang yaitu bolu kukus sederhana yang enak, lembut, tanpa menggunakan mixer? Sangat mudah, kok. Berikut ini kami tampilkan cara membuat Makanan Dari Pisang Sederhana.

Bahan-Bahan Utama Bolu Pisang Kukus:

  • 3 Buah pisang ukuran sedang
  • 150 Gram tepung terigu serba guna
  • 150 Gram minyak goreng
  • 2 Butir telur
  • 6 Sendok makan gula pasir
  • 1/2 Sendok teh soda kue
  • 1/2 Sendok teh baking powder
  • 1 Sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 Sendok teh garam
  • Gula halus secukupnya

Cara membuat bolu pisang kukus sederhana:

  1. Lumatkan pisang dengan garpu dan Tidak perlu sampai halus untuk mempertahankan tekstur.
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan Masukan pisang lumat ke dalam kocokan telur, tambahkan minyak goreng, dan aduk sampai tercampur rata.
  3. Ayak tepung terigu, soda kue, baking powder, bubuk vanili, dan garam halus. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur dan pisang tadi.
  4. Aduk lipat dengan spatula seperti mengaduk adonan semen agar hasil akhir kue tidak bantat atau terlalu mengembang.
  5. Siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng/margarin. Tuang adonan ke dalam loyang, kemudian ketuk-ketuk agar permukaannya rata semua di setiap sisinya.
  6. Siapkan kukusan yang sudah dipanaskan, kemudian masak adonan bolu pisang dengan api sedang selama 30 menit atau lebih tunggu hingga matang benar benar sempurna.
  7. Bungkus penutup kukusan dengan kain agar uap air tidak menetes ke adonan kue supaya kue bisa tahan lama jika disimpan.
  8. Tusuk kue menggunakan lidi untuk memastikan kematangannya. Jika sudah benar-benar matang, angkat dari kukusan dan tunggu sampai dingin.
  9. Keluarkan bolu pisang dari loyang lalu Taburi gula halus, kemudian sajikan utuh atau dalam keadaan terpotong-potong dan siap di sajikan.

Bahan Dan Cara Membuat Bolu Pisang Panggang

bolu pisang panggang

Berikut ini kami tampilkan cara membuat bolu pisang panggang yang enak dengan bahan-bahan sederhana. Pastikan pisang yang digunakan matang.

Bahan-Bahan Bolu Pisang Panjang :

  • 4 Buah pisang matang
  • 200 Gram tepung terigu serba guna
  • 250 Gula pasir
  • 250 Gram minyak sayur
  • 4 Butir telur ayam
  • 1 Sendok teh SP/TBM
  • 1/2 Sendok teh baking powder

Cara Membuat Bolu Pisang Panggang:

  1. Kocok telur ayam, gula pasir, SP, dan baking powder dengan mixer berkecepatan tinggi sampai berwarna putih.
  2. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit, minyak sayur, dan pisang yang sudah dilumatkan. Aduk lagi sampai tercampur rata.
  3. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celcius.
  4. Olesi loyang menggunakan dengan minyak goreng dan tuangi sedikit tepung terigu. Tuang adonan ke dalamnya, kemudian panggang selama 30 menit.
  5. Tusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya, kemudian keluarkan dari oven.
  6. Dinginkan bolu pisang dan keluarkan dari loyang, kemudian sajikan.

Cara Membuat Bolu Pisang Ambon

Bolu pisang paling enak jika dibuat dengan pisang jenis ambon itu hanya jenisnya saja ya bukan harus dari ambon.

Berikut ini kami sajikan cara membuat Makanan Dari Pisang Sederhana salah satunya yaitu bolu pisang ambon panggang yang enak.

Bahan-Bahan Bolu Pisang:

  • 130 Gram pisang ambon
  • 130 Gram tepung terigu protein rendah
  • 1 Sendok makan tepung maizena
  • 100 ml susu cair
  • 110 Gram margarin cair
  • 130 Gram gula pasir
  • 4 Kuning telur
  • 3 Putih telur
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1 Sendok teh SP
  • 1/2 Sendok teh BP
  • 1/4 Sendok teh garam

Cara membuat bolu pisang ambon:

  1. Kocok telur, gula, dan SP dengan mixer hingga mengembang dengan sempurna Masukkan pisang, kemudian kocok lagi.
  2. Masukkan tepung, maizena, garam, vanili bubuk, dan BP dan Terakhir masukkan susu dan kocok sampai rata.
  3. Matikan mixer, masukkan margarin, aduk lipat hingga menyatu ke semua adonan.
  4. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celcius lalu Siapkan loyang yang dioles margarin/minyak goreng dan terigu, kemudian tuangkan adonan pelan pelan.
  5. Panggang adonan bolu pisang selama 30 menit kurang lebih. Tusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya, kemudian keluarkan dari oven jika sudah benar benar matang.
  6. Dinginkan bolu pisang dan keluarkan dari loyang, kemudian sajikan dengan secangkir teh atau kopi.

begitulah cara membuat makanan dari pisang yang mudah  dan masih ada lagi resep resep lainya di bawah ini .

Cara Membuat Bolu Pisang Coklat

bolu pisang coklat

Untuk menjadikan kue lebih bervariasi, modifikasi bahan bolu dengan menambahkan cokelat atau selai.

Berikut ini panduan lengkap cara membuat Makanan Dari Pisang Sederhana yaitu bolu pisang cokelat yang legit dan lembut.

Bahan:

  • 200 Gram pisang matang
  • 125 Gram margarin
  • 80 Gram gula palem
  • 175 Gram terigu serba guna
  • 5 Gram cokelat bubuk
  • 1 Sendok teh baking powder
  • 1/2 Sendok teh kayu manis bubuk
  • 2 Butir telur

Chocolate crumble:

  • 80 Gram terigu serba guna
  • 15 Gram cokelat bubuk
  • 60 Gram butter/margarin
  • 20 gr gula bubuk
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat bolu pisang coklat:

  1. Ayak tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan kayu manis dari bahan dasar lainya yang sudah ada di bahan bahan diatas.
  2. Campur bahan-bahan chocolate crumble dengan garpu.
  3. Mixer margarin dan gula sampai mengembang dan halus. Turunkan kecepatan, masukan telur, dan kocok. Matikan mixer.
  4. Masukan bahan dasar kering yang sudah diayak, kemudian masukan pisang yang sudah dilumatkan dengan garpu setelah itu Aduk adonan hingga rata.
  5. Tuang adonan bolu ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin/minyak goreng dan terigu.
  6. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama 10 menitan agar benar benar matang. Keluarkan loyang dari oven, kemudian taburi chocolate crumble. Panggang lagi sampai 45 menit.
  7. Dinginkan bolu pisang dan keluarkan dari loyang, kemudian sajikan bolu pisang.

Cara Membuat Bolu Pisang Keju

Selain cokelat, keju juga bisa menjadi variasi rasa bolu pisang supaya rasa berbeda dan khas.

Rasanya yang manis dan gurih pasti cocok disantap untuk segala suasana seperti berkumpul dengan keluarga atau bersantai.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara membuat bolu pisang yang mudah  keju yang legit. Gunakan jenis keju sesuai selera masing masing atau sesuai kebutuhan.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan:

  • 4 Buah pisang ambon
  • 200 Gram tepung terigu
  • 7 Sendok makan gula pasir
  • 2 Sendok makan susu bubuk
  • 2 Butir telur
  • 6 Sendok makan margarin cair
  • 1/2 Balok keju cheddar
  • 1/2 Sendok teh baking powder

Cara membuat bolu pisang keju:

  1. Kocok telur dan gula sampai tercampur setelah ituMasukkan margarin yang sudah cairkan.
  2. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan susu, kemudian aduk-aduk sampai rata.
  3. Masukkan pisang yang sudah dilumatkan, kemudian keju parut aduk merata.
  4. Panaskan kukusan. Bungkus tutupnya dengan kain lap.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Kukus selama kurang lebih 30 menit.
  6. Tusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya, kemudian angkat dari kukusan tersebut.

Cara membuat bolu pisang jepang

bolu pisang jepang

Bolu pisang jepang sebenarnya adalah kue jenis cotton cake yang memiliki tekstur sangat lembut dan mengembang.

Kue seperti ini dibuat dengan telur yang banyak dan pengembang (emulsifier).

Bagaimana cara membuat bolu pisang  yang mudah  jepang dengan mudah? Berikut ini kami tampilkan resep cara membuat Makanan Dari Pisang Sederhana secara lengkapnya.

Bahan-Bahan Bolu Pisang Jepang:

  • 300 Gram tepung terigu
  • 200 Gram gula pasir
  • 100 ml minyak goreng
  • 50 ml air putih
  • 4 Butir telur ayam
  • 1 Sendok SP
  • 1 Sendok teh vanili bubuk
  • 2 Sendok teh perasa pisang
  • Meses & cokelat masak putih secukupnya
  • Pewarna makanan kuning secukupnya

Cara membuat bolu pisang jepang:

  1. Kocok telur, SP, gula pasir,vanili dengan mixer selama 10 menit.
  2. Turunkan kecepatan mixer, masukkan tepung, minyak goreng & air. Kocok sampai rata.
  3. Tambahkan perasa pisang dan pewarna kuning, kemudian aduk rata.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah diolesi minyak goreng. Isi separuh saja, taburi meses, lalu tutup dengan adonan lagi hingga cetakan hampir penuh.
  5. Panaskan kukusan, kemudian kukus selama 10 menit. Keluarkan dari cetakan dan tunggu sampai dingin.
  6. Oles bagian ujung dan samping dengan cokelat masak putih yang sudah dilelehkan dan dicampur pewarna kuning.
  7. Tunggu sampai cokelat mengeras, kemudian sajikan kue pisang.

Itulah aneka Cara Membuat Makanan Dari Pisang Sederhana yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah. atau resep yang lainya salah satunya cara membuat bolu kukus pisang yang enak dan lezat.

Cara-Cara Membuat Makanan Dari pisang yang Sederhana di atas sebenarnya masih bisa dikembangkan lagi. Jadi silakan berkreasi sesuka hati.

semoga artikel tentang cara membuat makanan dari pisang  Sederhana ini menbantu semoga bermanfaat dan segera dicoba.

Cara Membuat Bolu Kukus Pisang Sederhana Yang Enak

Resep bolu kukus yang sudah kita kenal di Indonesia ada beberapa macam variasi. Cara Membuat Bolu Kukus Pisang adalah salah satu variasi resep kue bolu kukus yang cukup terkenal.

Tetapi kalau masalah rasa, kue pisang ini tidak kalah lezat lho dibandingkan dengan kue pisang yang lain.

Selain cocok sekali untuk teman minum kopi atau teh, kue bolu juga biasanya sering digunakan untuk hidangan di saat ada acara penting, seperti pesta pernikahan, ulang tahun atau disaat ada acara seperti rapat di kantor, dll.

Oleh karena itu, selain untuk dinikmati sendiri, sebenarnya kalau teman teman bisa membuat resep bolu pisang kukus ini sendiri bisa dijadikan peluang bisnis kuliner baru yang tentu bisa menambah penghasilan.

Atau anda bisa menjualnya dalam potongan kecil lalu dititipkan di warung -warung kecil dekat rumah sehingga bisa menambah isi dompet bukan. Apalagi cara membuat bolu kukus pisang ini juga cukup simpel dan mudah.

Sebenarnya dari buah pisang yang akan kita gunakan sendiri sudah manis, tetapi tetap saja kita membutuhkan gula pasir supaya pas rasa manis dari cara membuat bolu kukus pisang ini di lidah kita.

Untuk hasil yang lezat, sebaiknya teman teman menggunakan pisang yang sudah masak betul dan rasa dasarnya juga manis, contonys pisang raja atau pisang ambon.

Jika kurang jelas cek artikel cara membuat bolu kukus yang pasti enak dan lembut dijamin ketagihan gengs.

Tips Untuk Membuat Bolu Pisang Kukus Lembut dan Mengembang

Kue bolu pisang kukus ini sebenarnya prosesnya sama saja seperti membuat bolu biasa, tetapi ditambah dengan campuran bahan pisang yang membuat bolu pisang lembut ini mempunyai citarasa yang khas.

Sebenarnya jenis pisang lain juga bisa digunakan dalam cara membuat kue bolu pisang ini, tetapi hasilnya nanti tidak selembut menggunakan pisang raja atau pisang ambon.

Sebelum digunakan, buah pisang yang akan digunakan untuk membuat resep bolu pisang kukus harus benar-benar sudah dihaluskan supaya teksturnya benar-benar lembut saat kue bolu kukusnya sudah jadi.

Selain itu, tepung yang digunakan harus benar-benar halus supaya adonannya bisa tercampur dengan rata dan tidak ada gumpalan.

Biasanya saat kita beli tepung memang sudah terasa benar-benar bersih dan halus, tetapi supaya yakin sebaiknya tepung di saring atau diayak dahulu sebelum digunakan.

Kalau tidak menggunakan mixer, sebaiknya gunakan teknik aduk balik supaya tidak butuh waktu lama buat mencampur bahannya.

Karena salah satu yang menyebabkan resep bolu kukus tanpa mixer yang kita buat nanti bantat karena over dalam mencampur bahan-bahannya.

Jika mau menggunakan mixer gunakan kecepatan tinggi supaya tidak butuh waktu lama.

Jangan lupa juga supaya nanti matangnya merata, saat loyang dimasukkan ke kukusan, api sebaiknya dikecilkan. Untuk lebih jelasnya, silahakan melihat detail cara membuat bolu kukus pisang berikut ini.

Resep Bolu Pisang Kukus

1. Resep Bolu Pisang Kukus Lembut dan Empuk

BAHAN-BAHAN YANG DIBUTUHKAN:

  • Sesuai namanya, resep kue bolu kali ini menggunakan buah pisang kualitas bagus yang sudah masak kurang lebih sebanyak 6 buah. Disarankan menggunakan buah pisang raja atau pisang ambon yang sudah masak betul supaya hasilnya lebih legit dan lezat.
  • Mentega dengan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 6 sendok makan. Cairkan dan lelehkan mentega dengan cara dipanaskan sebelum dicampur dengan bahan lain.
  • Vanila halus atau bubuk kurang lebih sebanyak 4 sendok kecil.
  • Tepung terigu yang mempunyai kadar protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram sudah cukup. Saring terlebih dahulu tepung yang digunakan untuk membuat resep bolu pisang kukus nya terlebih dahulu supaya adonanannya nanti benar-benar tercapur sempurna dan kuenya pun lembut sampai ke dalam.
  • Cokelat bubuk atau halus kualitas bagus kurang lebih sebanyak 40 gram.
  • Vanili bubuk kurang lebih sebanyak 4 sendok teh supaya nanti hasil jadi kuenya lebih harum.
  • Baking powder dengan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil atau sendok teh.
  • Telur ayam dengan ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 butir saja.
  • Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok teh.
  • Gula pasir kualitas bagus (tidak tercium aroma tebu) kurang lebih sebanyak 200 gram. Gula bisa ditambah atau dikurang sedikit sesuai selera.

LANGKAH MEMBUAT BOLU KUKUS PISANG YANG LEMBUT :

  1. Haluskan terlebih dahulu pisang raja atau pisang lain yang akan digunakan sampai benar-benar halus. Teman-teman bisa menggunakan garpu atau pun sendok. Bisa juga menggunakan blender yang kecil tapi harus benar-benar bersih saat proses pengambilan pisang lembut dari blendernya.
  2. Kemudian cairkan mentega dengan cara dipanaskan terlebih dahulu supaya mudah untuk dicampurkan dengan bahan adonan yang lain.
  3. Ambil satu wadah yang cukup besar lalu masukkan gula pasir dan telurnya satu persatu. Kocok kedua bahan tersebut kemudian tambahkan telur satu persatu setelah tercampur dengan rata dan mengembang.
  4. Masukkan coklat bubuk, garam dapur beryodium dan tepung terigunya lalu aduk-aduk lagi sampai rata dan benar-benar tercampur sempurna dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Kemudian masukkan bubuk vanila dan baking powdernya kemudian aduk-aduk lagi hingga benar-benar rata.
  6. Masukkan pisang yang sudah dihancurkan dan dilembutkan sebelumnya ke dalam adonan tersebut lalu aduk-aduk lagi sampai benar-benar halus.
  7. Masukkan mentega yang sudah dicairkan sebelumnya ke dalam wadah adonan diatas kemudian aduk-aduk kembali sampai benar-benar tercampur rata.
  8. Siapkan loyang kemudian lumuri dengan sedikit mentega agar tidak lengket ke loyangnya.
  9. Tuang adonan diatas lalu kukus dengan api sedang kecil sampai benar-benar matang sampai di dalam kuenya (bisa cek menggunakan lidi untuk mengetahui tingkat kematangan kue bolu pisang kukusnya).

Bagian atas adonan bisa ditambah dengan irisan pisang kecil-kecil yang ditaburkan diatas kue bolu kukusnya setelah adonan dimasukkan di dalam loyang tetapi sebelum masuk ke dalam kukusan yang sudah dipersiapkan.

Selain memperkuat aroma harum dari pisang ambon atau pisang raja yang digunakan, penambahan topping pisang ini juga tentu bisa membuat citarasa kuenya lebih menggoda dan legit begitu masuk ke mulut kita.

Sekian cara membuat bolu kukus pisang yang bisa penulis lintas usaha berikan. Jika berkenan silahkan dicek juga cara membuat bakwan jagung yang mudah dan sederhana  jika anda ingin mencoba membuat kue. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Bakwan Jagung Yang Enak Dan Yang Pasti Lezat

kali ini saya akan membahas artikel tentang cara membuat bakwan jagung yang enak mungkin ibu-ibu sudah tidak asing dengan bakwan jagung ini.

Jagung yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Corn ini merupakan salah satu jenis makanan pokok manusia di dunia ini karna hampir di setiap daerah pasti ada jagung.

Selain sebagai makanan pokok manusia, Jagung juga dijadikan sebagai bahan pakan ternak yang penting karna jagung membantu peternak untuk menpercepat pertumbuhan ternak mereka.

bahkan jagung juga digunakan sebagai minyak makan, tepung maizena bahkan pada industri-industri kimia dan kosmetika serta farmasi.

Jagung merupakan tanaman pangan yang masih sekeluarga dengan rerumputan ini pada awalnya berasal Amerika Tengah namun saat ini telah banyak dibudidayakan diberbagai negara di dunia.

Resep-Resep Membuat Bakwan Jagung

 

Menjadi ibu rumah tangga, tentu kerap dibuat  bingung dengan dilema memasak karna malas.

Jika sudah bingung,ibu menjadi malas membuat hidangan untuk makan siang sehingga banyak yang memilih untuk membeli makanan cepat saji yang dijual di warung makan.

Belum lagi, jika siangnya mempunyai kesibukan bekerja dan kebetulan tidak ada pembantu di rumah tentu sangat kesulitan sekali dan pasti repot sekali jika balik kerja harus membuat makanan yang rumit.

Nah, apabila Anda sedang mengalami hal yang demikian, Anda bisa membuat bakwan jagung untuk keluarga di rumah dengan cara membuat bakwan jagung enak dan gurih dan sangat sederhana.

Sebelum mengetahui bahan apa saja yang digunakan untuk membuat resep bakwan jagung ini ada hal.

yang paling penting diperhatikan bahwa dalam membuat bakwan jagung yang renyah, enak, dan crispy, Anda harus menggunakan bahan dan teknik pembuatan yang pas dan teliti walaupun sederhana.

Jagung yang digunakan harus keadaan fresh atau segar, hal ini agar bakwan yang dihasilkan lebih enak dan renyah dan rasanya yang gurih.

Resep bakwan jagung sendiri sebenarnya tidak melulu harus menggunakan jagung saja, melainkan juga bisa menambah bahan-bahan lain seperti udang atau lainnya agar rasa lebih nikmat.

Jika ingin lebih nikmat dan lengkap, Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, daun bawang, atau sayur lainnya sesuai dengan selera Anda yang anda inginkan.

Adapun beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam bakwan jagung diantaranya adalah serat tinggi, dan juga sumber antioksidan yang baik untuk menangkal racun dalam tubuh seseorang.

Untuk Anda yang ingin membuat bakwan jagung sendiri, berikut ini beberapa resep sederhana yang bisa Anda praktikkan di rumah Berikut ini bahan dan cara membuat bakwan jagung yang enak.

Dan ada juga artikel yang lainya jika tentang resep olahan daging sapi modern yang boleh ibu ibu coba drumah siapa tahu bisa menjadi usaha ibu ibu drumah.

Cara Membuat Bakwan Jagung Crispy Kriuk

Rahasia bakwan jagung yang garing dan kriuk adalah sedikit tepung beras dan cara menggorengnya itu harus teliti jika ingin membuatnya.

Adonan bakwan dituangkan melebar agar nantinya bisa matang dengan permukaan yang renyah dan sempurna gengs.

Penggunaan telur juga sebaiknya dihindari, karena bahan yang satu ini akan membuat bakwan jadi lembek atau terlalu lembut.

Bagi Anda yang ingin tahu cara membuat bakwan jagung yang enak dan renyah  berikut ini kami tampilkan resep lengkapnya.

Bahan-Bahan Utama:

  • 5 Sendok makan tepung terigu
  • 2-4 Buah jagung manis disisir
  • 1-2 Batang daun seledri dirajang halus
  • 2 Batang daun bawang dirajang halus
  • 1 Sendok makan tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu-Bumbu Halus:

  • 4 Butir bawang merah
  • 3 Siung bawang putih

Cara Membuat Bakwan Jagung Crispy Kriuk:

  1. Uleg kasar jagung sisir dan bisa juga diproses dengan chopper dengan hasil yang masih agak kasar.
  2. Campur jagung dengan semua bahan lainnya, kemudian tuangi air sedikit demi sedikit usahakan Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  3. kasih Bumbu semua adonan bakwan jagung dengan garam dan gula secukupnya adonan.
  4. Ambil 1 sendok makan adonan, kemudian tuang melebar di pinggir wajan yang sudah diisi minyak panas lalu Goreng sampai bakwan berwarna kuning keemasan usahakan jangan sampai panas benar agar tidak gosong.

Bakwan jagung siap dihidangkan dengan pelengkap cabai rawit pedas dan sambal kacang.

Jika ingin artikel yang lebih jelas cek cara membuat bakwan jagung yang uenakk pastinya lengkap dicek lah gengs yang pastinya dijamin enaakkk…

Cara membuat bakwan jagung pedas

Sudah pernah mencicipi bakwan jagung pedas, Gorengan ini memiliki tampilan beda, karena menggunakan jagung yang dihaluskan dan bumbu rempah yang lebih beragam.

Rasanya pun cenderung pedas dan bagi yang pecinta pedas recomanded jika ingin mencoba membuat bakwan jagung pedas ini.

Bagaimana cara membuat bakwan jagung pedas ala ala sendiriyang enak? Berikut ini kami tampilkan resepnya.

Bahan-Bahan Bakwan Jagung Pedas:

  • 5 Buah jagung manis
  • 2 Sendok makan tepung terigu
  • 1 Butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu-Bumbu Halus:

  • 3 Butir bawang merah
  • 3 Lembar daun jeruk
  • 2/3 Siung bawang putih
  • 2-4 Buah cabai merah besar
  • 4 Buah cabai rawit
  • 1 Cm temu kunci

Cara Membuat Bakwan Jagung Pedas :

  1. Ulek kasar jagung sisir. Bisa juga diproses dengan chopper dengan hasil yang masih agak kasar dengan perlahan.
  2. Campur jagung dengan semua bahan yang lain, kemudian tuang air sedikit demi sedikit. Dan jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat agar hasil yang bagus.
  3. Bumbui semua adonan bakwan jagung dengan garam dan gula secukupnya.
  4. Ambilah 1 sendok makan adonan tersebut, kemudian tuang ke dalam wajan berisi minyak panas. Goreng sampai bakwan berwarna kuning keemasan.

Bakwan jagung pedas siap dinikmati sebagai cemilan pagi hari Lebih lengkap lagi kalau Anda juga menyajikan secangkir kopi atau teh.

Cara Membuat Bakwan Jagung Tanpa Telur

 

Penggunaan telur bisa membuat bakwan lebih empuk hingga berjam-jam lamanya Tetapi bagi yang menyukai gorengan renyah, telur bisa dihilangkan dari adonan bakwan agar renyah dann tidak empuk.

Berikut ini kami sajikan panduan bahan dan cara membuat bakwan jagung yang enak dan yang bisa Anda coba dirumah dengan mudah.

Bahan-Bahan Membuat Bakwan Jagung :

  • 5 Sendok makan tepung terigu
  • 5 Buah jagung manis disisir
  • 1-3 Batang daun seledri dirajang halus
  • 4 Butir bawang merah dicincang halus
  • 2-4 Siung bawang putih dicincang halus
  • 1 Batang daun bawang dirajang halus
  • 1 Sendok makan tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Bakwan Jagung Tanpa Telur:

  1. Campur semua bahan, kemudian tuangi air sedikit demi sedikit usahakanJangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat jika terlalu bantat maka bakwan akan terasa kurang enak.
  2. Bumbui adonan bakwan jagung dengan garam dan gula.
  3. Ambil 1 sendok makan adonan, kemudian goreng di dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan usahakan jangan panas bener.
  4. Demikian cara membuat bakwan jagung tanpa telur yang enak dan mudah disajikan dalam keadaan hangat bersama cabai rawit hijau.

sedikit artikel tentang cara membuat bakwan jagung yang enak semoga bisa membantu jika ada yang kurang atau ada pertanyaan tinggaklan di komentar terimakasih.