Tips Memilih Jasa Landing Page untuk Optimalisasi Konversi

Landing page adalah halaman pada sebuah website yang ditujukan kepada setiap orang yang mengklik suatu iklan, link atau link tertentu. Untuk membuat landing page, beberapa orang sering menggunakan jasa landing page untuk optimalisasi konversi.

 

Apa itu Layanan Landing Page?

Banyak orang yang bingung apakah website dan landing page itu sama? Website sendiri merupakan kumpulan website yang berisi konten dengan tema yang lebih luas dari landing page dan diakses menggunakan nama domain utama.

Landing page sendiri berbeda dengan tujuan dan isi yang terkandung di dalamnya. Landing page sendiri memiliki tujuan dan konten tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan daya tarik.

Landing page merupakan halaman yang berbeda dengan website karena letaknya terpisah. Tujuan dari landing page sendiri adalah untuk mengubah pengunjung yang hanya melihat landing page menjadi konsumen Anda.

 

Tips Memilih Layanan Landing Page

Tips Memilih Layanan Landing Page

 

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat memilih jasa landing page untuk optimalisasi konversi.

1. Periksa Situs Web Penyedia Layanan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengukur langsung  penyedia layanan tersebut. Anda bisa menilai landing page dari tampilan visualnya, apakah terlihat bagus dan profesional atau tidak.

Atau Anda bisa menilai apakah ada konsistensi antara elemen dan halaman, seberapa cepat aksesnya. Selain itu yang terpenting adalah apakah jasa tersebut terlihat dapat dipercaya atau tidak.

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan ketika ingin memilih jasa pembuatan landing page untuk optimalisasi konversi. Sebab jika melihat penyedia jasa ini secara tidak langsung menggambarkan hasil kerja mereka.

2. Periksa Reputasi atau Ulasan Bisnis Google

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek pendapat pihak luar yang pernah menggunakan jasanya.

Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan mencarinya di Google Bisnis. Kredibilitas suatu penyedia jasa dapat dilihat dari banyaknya ulasan. Anda bisa melihat dari reviewnya apakah asli dari pelanggan atau tidak.

Anda dapat melihat apakah klien penyedia layanan puas dengan layanan yang diberikan. Kemudian Anda bisa menilai apakah review dari klien bisa bermanfaat bagi Anda atau tidak.

3. Periksa Portofolio

Agar lebih yakin saat memilih penyedia jasa untuk perusahaan Anda, Anda bisa melihat portofolionya.

Dari portofolio tersebut, Anda bisa menilai sendiri apakah penyedia layanan tersebut memiliki pengalaman dan kemampuan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Anda bisa mengetahui apakah penyedia jasa yang Anda pilih pernah menangani perusahaan dengan skala dan industri yang sama.

Jika Anda juga pernah mengalami hal yang sama, bagaimana hasilnya sesuai dengan keinginan Anda atau tidak.

4. Menjalin Hubungan dengan Penyedia Layanan

Jika Anda merasa yakin dengan pilihan Anda dan cukup yakin dengan reputasi dan kualitas penyedia layanan. Anda dapat menjalin hubungan baik dengan penyedia layanan Anda.

Anda dapat menghubungi mereka dan melihat seberapa cepat mereka merespons dan seberapa baik mereka merespons.

Sebab hal ini akan berdampak di kemudian hari. Secara tidak langsung, hal ini menggambarkan bagaimana mereka akan bertindak ketika Anda memilih menjadi pasangan Anda.

5. Jelaskan Kebutuhan Anda

Ketika Anda sudah memilih penyedia jasa, Anda bisa menyampaikan kebutuhan Anda secara detail dan jelas. Selain menyampaikan kebutuhan Anda, sebaiknya Anda juga meminta saran dari mereka jika diperlukan.

Kemudian setelah Anda menyampaikan kebutuhan Anda, lihat apakah pihak penyedia jasa memahami dan memenuhi keinginan Anda. Dari sini, Anda bisa menggambarkan berapa jam terbang dan pengalaman yang mereka miliki dalam menangani kliennya.

6. Meminta Proposal

Langkah selanjutnya adalah meminta proposal kepada penyedia layanan. Jika Anda mencapai langkah ini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang baik dari penyedia layanan. Selanjutnya Anda bisa memasuki tahap permintaan proposal.

Disarankan agar Anda meminta proposal yang berisi informasi detail pekerjaan proyek yang Anda inginkan kepada penyedia jasa.

Baik itu berupa harga, waktu pengerjaan, dukungan dan lingkungan layanan yang diberikan, syarat dan ketentuan, dan lain sebagainya. Jika dirasa perlu, Anda dapat meminta diadakannya pertemuan untuk membahas usulan tersebut lebih mendalam.

7. Diskusikan Strategi Keluar

Saat membahas perjanjian kerjasama, Anda juga perlu membahas exit strateginya. Jika Anda berhenti menggunakan jasa penyedia jasa pembuatan landing page perusahaan, ada kesepakatan di dalamnya.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda diskusikan agar tidak ingin landing page Anda tertahan oleh perusahaan penyedia jasa pembuatan landing page. Seperti akses domain, data landing page, dan lisensi aset.

8. Bandingkan dengan Penyedia Jasa lainnya

Sebelum Anda menentukan dan memilih jasa pembuatan landing page perusahaan, sebaiknya Anda membandingkannya dengan penyedia jasa pembuatan landing page perusahaan lainnya.

Tentunya setiap penyedia jasa mempunyai kelebihan dan kekurangan dan tentunya tidak sempurna. Anda harus menghubungi lebih dari satu penyedia jasa. Jadi Anda bisa membandingkan dan memilih mana yang sesuai dengan keinginan Anda.

Jika Anda telah memilih penyedia layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda harus menghubungi penyedia layanan yang tidak Anda pilih.

9. Perjanjian Tertulis

Setelah Anda menentukan pilihan penyedia layanan yang cocok, Anda harus meminta persetujuan tertulis.

Berupa spesifikasi dan fitur landing page yang Anda dapatkan, dukungan dan pemeliharaan, garasi, jadwal kerja, sistem pembayaran. Serta segala macam syarat dan ketentuan yang perlu Anda diskusikan dengan penyedia layanan.

Ini akan menjadi referensi Anda, jika di kemudian hari terjadi kesalahpahaman antara kedua pihak. Anda harus memastikan bahwa proyek tersebut tertulis dalam perjanjian kerja secara detail dan rinci.

Sudahkah Anda Menerapkan Tips Memilih Jasa?

Penyedia jasa pembuatan landing page di Indonesia cukup banyak. Tentunya beberapa penyedia jasa pembuatan landing page masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebelum Anda memilih jasa pembuatan landing page terbaik, Anda perlu memperhatikan beberapa trik atau langkah yang telah dijelaskan di atas.