Kain CVC Pique itu apa?

Kain CVC Pique, juga dikenal sebagai bahan Polo atau Lacoste, adalah bahan yang dibuat dari campuran serat kapas dan polyester. Perbandingan serat bisa bervariasi, misalnya 65% cotton dan 35% synthetic fiber, atau 60% cotton dan 40% polyester. Kain ini memiliki ciri khas berlubang-lubang dan pola rajutan berbentuk honeycomb atau segi enam kecil.

Cvc pique memiliki handfeel yang halus, lembut, dan ringan saat digunakan karena memiliki pori-pori kain besar untuk sirkulasi udara yang optimal saat beraktifitas. Dari segi karakteristik dan sifat kain, bahan ini juga bersifat dapat menyerap keringat dengan baik, tidak menerawang, dan tidak mudah kusut serta cepat kering sehingga sangat nyaman saat digunakan.

Kain CVC Pique memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Tekstur halus: memiliki tekstur yang lembut, halus, dan ringan.
  • Daya serap tinggi: memiliki daya serap yang tinggi, sehingga nyaman dipakai sehari-hari dan tidak gerah.
  • Kekuatan: Karena campuran polyester, bahan ini lebih kuat dari pada bahan cotton pique.
  • Sirkulasi udara: memiliki pori-pori kain besar yang memungkinkan sirkulasi udara optimal saat beraktivitas.
  • Mudah dipadukan: dapat dipadukan dengan bordiran dengan mudah.

Jenis Bahan

kain cvc pique

Cvc pique juga memiliki banyak jenisnya seperti bahan yang lainnya. Berikut adalah beberapa jenis kainnya:

Bahan Lacoste CVC

Bahan lacoste pique cvc yaitu jenis bahan untuk membuat kaos dengan tipe rajut pique. Kainnya juga memiliki ciri khas dengan berlubang-lubang pada kainnya. Lacoste cvc adalah bahan polo yang terbuat dari campuran katun dan viscose.

Kain viscose adalah jenis kain rayon semi sintetis yang terbuat dari pulp kayu yang digunakan sebagai pengganti sutra. Kain ini juga memiliki daya serap serta ketahanan cukup tinggi. Jadi bahan ini juga bisa di katakan bahan cvc karena singkatan dari cotton viscose.

CVC Pique Hexagon

Bahan cvc pique hexagon merupakan kain yang terbuat dari 2 campuran serat yaitu serat 60% serat kapas dan 40% serat polyester. Cvc pique hexagon sering disebut demikian karena memiliki ciri khas unik yang terdapat pada coraknya yang berbentuk segi enam atau hexagonal pada permukaanya.

Kain cvc pique hexagon merupakan alternatif yang lebih murah untuk membuat pakaian formal, semi formal, ataupun casual jika dibandingkan dengan Cotton Combed Pique Diamond. Walaupun berbahan dasar serat Polyester, cvc pique hexagon masih memiliki daya serap cukup baik sehingga nyaman dipakai sehari-hari dan tidak gerah.

Kain Lacaoste CVC 20s

Kain lacoste cvc 20s ini merupakan kain yang sangat di rekomendasi untuk bahan dasar kaos berkerah atau polo terbuat dari campuran antara katun dan polyster. Menjadikan kain ini sangat nyaman bila digunakan serta memiliki daya tahan yang kuat. Bahan lacoste ini tergolong dalam bahan kaos yang merupakan jenis kain rajutan yang memiliki ciri khas tekstur yang berpori. Kain lacoste cvc 20s ini termasuk kain yang tebal karena gramasinya bisa sampai 240-260an gsm dan bisa lebih.

Bahan PE

Keunikan dari kain bahan ini adalah 100% terbuat dari polyester tanpa campuran apapun. Karakter dari bahan ini cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan bahan lacoste lainnya.

Kain dari bahan ini juga mempunyai harga yang cukup terjangkau. Bahan ini kerap kali di gunakan untuk memproduksi pakaian secara massal di karenakan biaya produksi terhadap bahan ini yang jauh lebih terjangkau di bandingkan bahan katun.

Kesimpulan

Kain cvc pique adalah bahan yang terbuat dari 65% cotton dan 35% synthetic fiber, atau 60% cotton dan 40% polyester. Kain ini memiliki ciri khas berlubang-lubang dan pola rajutan berbentuk honeycomb atau segi enam kecil.

Bahan cvc pique juga ada banyak jenisnya. Bahan ini juga sangat cocok jika digunakan untuk membuat baju polo atau pakaian yang lainnya. Tergantung kamu mau memilih bahan mana yang cocok untuk pembuatan baju kamu.