Usaha Keripik Buah Menjadi Peluang Bisnis Yang Bercuan

Akhir akhir ini keripik buah menjadi cemilan sehat yang sedang viral. Cemilan ini sedang  viral karena bentuk dan rasa nya yang unik.  Awal nya cemilan ini viral karena banyaknya orang yang melakukan review di media sosial dan banyak orang menjadi penasaran dengan cemilan keripik buah ini. Yuk ketahui bagaimana cara membuat keripik buah yang viral itu.

Cara Membuat Keripik Buah

Beberpa buah yang sering di olah menjadi keripik seperti pisang, apel, nangka, naga, stroberi, dan masih banyak lainnya. Kali ini kita akan membuat keripik buah mix yang dimana terdiri dari banyak macam macam buah.

Bahan Membuat Keripik Buah

  • Buah buahan yang ingin dijadikan keripik (Sesuai keinginan dan selera)
  • Bubuk kayu manis
  • Bubuk pala

Langkah Pembuatan Keripik Buah

Dalam pembuatannya kalian bisa membuatnya dengan di goreng atau di pangggang. Kali ini kita akan bahas langkah atau cara pembuatan keripik buah baik itu di goreng maupun di panggang. berikut langkah pembuatan versi di goreng.

1. Menyiapkan Buah Yang Akan Dijadikan Keripik

Buah yang kalian gunakan bisa kalian sesuaikan dengan macam macam buah yang ingin kalian olah menjadi keripik nantinya. Buah buah yang mungkin rekomen untuk kalian jadikan keripik yaitu ada apel, salak. mangga, Siapkan buah lalu cuci semua buah hingga bersih.

2. Memotong Buah Sesuai Kebutuhan

Untuk ukuran potongan buah nya sendiri bisa kalian sesuaikan dengan selera dan keinginan kalian. Namun jika kalian ingin mengolah buah buah ini dengan cara di goreng terlebih dahulu, sebaiknya kalian memotong nya dengan bentukan iris tipis.

Karena jika kalian ingin mengolahnya dengan cara di goreng lalu kalian memotong buah dengan ukuran yang cukup tebal tidak akan menjadikan nya keripik. Dan itu akan membuat buah memiliki kandungan kadar kolesterol yang tinggi sebab minyak yang ada pada buah akan terserap di dalam buah.

Namun jika kalian ingin menggunakan proses di panggang memotong buah dengan ukuran yang agak tebal tidak menjadi masalah. Karena tanpa minyak dan kadar air yg ada pada buah bisa berkurang.

3. Menggoreng Buah Yang Sudah Di Potong

Buah buahan yang sebelumnya sudah kalian potong menjadi tipis tipis bisa kalian goreng dengan cara deep fry. Yaitu dengan minyak yang banyak dan api besar supaya hasil dari menggoreng buah bisa menghasilkan keripik yang renyah.

4. Memanggang Potongan Buah dengan Oven

Jika kalian menggunakan proses memanggang pada pembuatan keripik pisang, kalian bisa menggunakan oven jika kalian punya di rumah. Pada proses pemanggangan lebih mudah karena kalian tidak perlu melakukan tahap filtering.

Karena jika menggunakan oven hasil keripik buah akan renyah namun tidak berminyak. Selain lebih mudah hal ini juga lebih sehat untuk di konsumsi.

5. Tahap Filtering Hasil Menggoreng

Setelah menggoreng sudah selesai kalian bisa meniriskan keripik kalian di wadah beralaskan tissue. Atau kalian bisa dengan menggunakan alat seperti mesin penyaring minyak yang mampu mengurangi kandungan minyak yang ada pada keripik buah, karena biasanya mesin pengering makanan memiliki part spinner yang bisa menghempaskan minyak yang ada pada suatu makanan.

Kesimpulan

Itu tadi cara membuat keripik buah dengan proses di goreng dan juga di panggang. Dalam proses pembuatan keduanya harus sama sama menghasilkan hasil akhir keripik yang renyah dan minim kandungan minyak supaya awet tahan lama untuk di simpan dalam jangka waktu panjang nantinya. Selamat mencoba membuat di rumah foodies.