Apa Itu Backlink? Pengertian,Jenis,Dan Manfaat

Apa Itu Backlink?

Apa itu backlink? Ingin tau pengertian, jenis dan manfaat mengenai backlink? yuk langsung kita simak uraiannya dalam ulasan berikut ini!

Semua bisnis pasti menginginkan jasa atau produk yang ditawarkan akan laku keras. Tentu saja hal ini bisa Anda dapatkan dengan mudah jika anda memiliki strategi pemasaran yang bagus.

Salah satu strategi pemasaran yang dianjurkan yaitu melakukan pemasaran secara online. Ya, karena strategi ini dianggap paling ampuh untuk menarik para peminat.

Biasanya strategi penjualan online ini menggunakan teknik SEO. Salah satunya perangkat yang digunakan untuk menjalankan SEO adalah backlink.

Dalam penggunaan SEO backlink memiliki peran yang begitu penting. Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui tentang apa itu backlink?

Ya, backlink merupakan salah satu aspek penting yang dapat menentukan posisi website di penelusuran  mesin pencari atau google. Banyak sekali pertanyaan yang bertanya tentang bagaimana cara mencari backlink gratis yang melintas di kepala para blogger atau web developer.

Pada saat belajarnya tentang SEO pastikan kamu juga harus mengenal backlink. Bagi para pemula tentu saja bingung atau belum begitu paham tentang apa yang disebut dengan backlink.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan pengertian backlink itu sendiri, disini kamu akan diajak untuk mengenal apa itu backlink. Yuk, simak dan pahami artikel berikut ini!

 

Apa itu Backlink?

apa-itu-backlink

Backlink (atau yang juga dikenal sebagai “inbound link” atau “tautan satu arah”) merupakan tautan yang berasal dari sebuah situs web ke sebuah halaman situs web lain.

Google dan mesin pencari utama lainnya menganggap backlink sebagai bentuk “voting” untuk halaman yang tertentu. Halamannya dengan jumlah backlink yang tinggi cenderung memiliki peringkat teratas di mesin pencarian seperti Google.

Banyak sekali yang bertanya-tanya tentang apa itu backlink dan apa saja manfaatnya bagi para penggunanya. Sekarang Anda akan mendapatkan jawaban yang tepat mengenai hal tersebut.

Nah, backlink juga merupakan sebutan untuk menamai dan menandai sebuah tautan atau link yang mengarah ke website.

Backlink ini dapat dimanfaatkan juga sebagai rujukan untuk mempermudah pengguna. Selain itu dapat juga digunakan untuk keperluan optimasi agar website Anda lebih populer di mata mesin pencari seperti Google.

Dari manfaatnya, backlink dibedakan menjadi dua jenis yaitu nofollow dan dofollow.

Secara kasat mata keduanya tidak memiliki perbedaan. Tetapi, jenis backlink dofollow lebih diminati oleh kebanyakan orang karena memiliki nilai yang lebih tinggi di mata mesin pencari.

Sedangkan backlink nofollow kurang diminati karena dapat memberikan efek yang kurang baik bagi website.

Saat ini kebutuhan akan backlink semakin banyak seiring dengan berjalannya kampanye berbasis SEO sebagai salah satu strategi untuk menarik minat calon pembeli. Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan backlink yang berkualitas.

 

Mengapa Backlink Sangatlah Penting?

Seperti yang telah diulas diatas bahwa backlink sangatlah berharga untuk upaya SEO karena mereka mewakili “vote of confidence” dari satu situs untuk ke situs lainnya.

Pada intinya, backlink ke situs kamu adalah sinyal ke mesin pencari yang lain yang memberikan jaminan bahwa konten kamu bagus, dan juga relevan.

Jika banyak situs yang menautkan link ke halaman yang sama, maka mesin telusur dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak ditampilkan pada halaman pertama pada keyword yang berhubungan.

Jadi, mendapatkan backlink dapat memberikan efek positif kepada posisi peringkat suatu situs website dalam hal visibilitas pencarian. Selain itu, backlink juga memiliki banyak manfaat. Manfaatnya dapat Anda ketahui dengan simak terus di artikel berikut.

 

Manfaat Backlink untuk Website

apa-iti-backlink

Sebagai pengembang website, memahami apa itu backlink, jenis-jenis dan manfaatnya merupakan hal yang sangat penting.

Tidak hanya bermanfaat dalam masalah SEO, tetapi penggunaan backlink akan memberimu banyak keuntungan seperti berikut ini.

  • Meningkatkan Reputasi Website

Semakin banyak backlink relevan yang didapatkan, maka akan mendorong website memiliki reputasi yang tinggi dalam mesin pencari.

Banyaknya backlink berkualitas menunjukkan bahwa website yang kamu kembangkan merupakan website yang pantas untuk dijadikan referensi.

Namun, jika website yang kamu kembangkan sering mendapatkan link yang tidak relevan, maka justru akan menimbulkan dampak buruk.

Bahkan backlink yang tidak relevan akan membuat website yang kamu kembangkan tidak muncul sama sekali dalam mesin pencarian Google karena terkena deindex.

  • Sebagai Sumber Traffic

Dengan memiliki banyak backlink, maka website kamu berpeluang besar direferensikan oleh website lain.

Penggunaan backlink yang tepat juga dapat mendorong pengunjung yang membutuhkan referensi untuk mengunjungi websitemu kembali dikemudian hari.

  • Mempercepat Index

Salah satu cara yang dilakukan oleh bot Google untuk menemukan halaman website yaitu dengan mengikuti link.

Bayangkan ketika kamu memiliki banyak backlink, maka akan semakin banyak juga jalan Google untuk menemukan halaman website tersebut.

Jenis-jenis Backlink

Setelah memahami apa itu backlink, perlu kamu ketahui bahwa backlink dibagi menjadi beberapa jenis.

Karena itu, biasanya web developer menyesuaikan jenis backlink yang digunakan dengan tujuan yang ingin dicapai.

Berikut ini adalah beberapa jenis backlink yang banyak diminati lengkap dengan penjelasan singkatnya.

Editorial Backlink

Backlink editorial merupakan sejenis backlink natural yang berasal dari web lain ke situs pribadi mu dengan beragam konten yang berkualitas.

Konten di dalam backlink editorial biasanya terdiri atas berbagai bentuk seperti referensi, sitasi (kutipan) dan juga sumber informasi.

Guest Post Backlink

Guest post merupakan jenis backlink yang terjadi ketika kamu menulis artikel yang bisa digunakan oleh situs web lain.

Guest post link bisa memungkinkan setiap penggunanya untuk membangun kredibilitas dan juga kepercayaan pengunjung pada website tersebut.

Comment Backlink

Comment backlink dapat dilakukan dengan cara menyertakan backlink dalam komentar pada konten web lain.

Jika kamu melakukannya secara tidak berlebihan, maka comment backlink bisa membantu mendatangkan banyak traffic dan meningkatkan popularitas websitemu.

Tetapi, jika dilakukan secara berlebihan dampaknya bisa berbahaya untuk kesehatan website.

Dofollow Backlink

Dofollow backlink merupaka jenis backlink yang paling banyak disukai dalam dunia SEO.

Konsep backlink dofollow akan memberi informasi ke bot mesin pencari untuk mendistribusikan authority website sehingga mampu meningkatkan skor SEO.

Nofollow Link

Konsepnya tidak sama dengan jenis backlink dofollow link, dimana backlink akan berusaha untuk memberitahu menuju bot mesin pencari untuk mengabaikan backlink tersebut.

Bedanya dengan dofollow link adalah backlink nofollow tidak memperhitungkan masalah skor SEO. Di sisi lain, nofollow backlink akan tetap berguna untuk diversifikasi serta kebutuhan branding.

Cara Mendapatkan Backlink

Backlink adalah faktor utama yang berkontribusi penting dalam penerapan strategi off-page SEO.

Namun perlu kamu ketahui, mendapatkan backlink bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh backlink berkualitas dengan hasil optimal.

Membuat Konten yang Berguna

Cara terbaik mendapatkan backlink berkualitas yaitu dengan membuat beragam konten yang menarik, bermanfaat, informatif dan memiliki kualitas yang tinggi.

Bagaimana cara untuk membuat konten yang baik? perlu di perhatikan masalah pilihan gaya bahasa, memahami audiens serta konten dibuat jelas dan padat.

Berkolaborasi Bersama Influencer

Influencer merupakan seorang individu yang memiliki banyak pengikut dalam platform media sosial.

Kamu bisa berkerja sama dengan videographer, blogger, selebgram dan tokoh terkenal lainnya untuk saling bertukar backlink dan saling meningkatkan keuntungan dari exposure yang didapatkan.

Menerapkan Strategi Broken Link

Setelah memahami apa itu backlink dan manfaatnya, kamu bisa mencoba menerapkan strategi broken link untuk bisa mendapatkan backlink.

Broken link merupakan sejenis tautan rusak yang mengarah pada situs kosong dan bisa menyebabkan error 404.

Menggunakan strategi broken link memang cukup berbahaya untuk website kamu, tetapi hal ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan dalam meningkatkan trafik dan SEO.

Cara melakukannya yakni dengan mencari situs yang memiliki backlink yang error, kemudian mencoba menghubungi pemilik website tersebut agar mengganti link error tersebut dengan link websitemu.

Menggunakan Guest Post

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan backlink yaitu dengan menuliskan konten untuk situs web lain. Imbalannya bisa berupa backlink atau konten promosi yang menyebutkan nama brand.

Guest post bisa kita dapatkan secara gratis atau berbayar sesuai dengan ketentuan yang dimiliki oleh jasa tersebut.

Nah, itulah merupakan penjelasan terkait apa itu backlink beserta jenis dan cara mendapatkannya. Backlink adalah bagian offpage SEO yang begitu penting dalam masalah pengembangan situs web.

Agar mendapatkan hasil yang optimal dalam pengembangan website, maka backlink berkualitas dari situs yang terpercaya merupakan salah satu syarat yang tidak bisa ditawar lagi untuk penggunaannya.

Tips Mencari Backlink yang Berkualitas

Setelah mengetahui lebih dalam tentang apa itu backlink, kini saatnya Anda untuk mencari backlink yang berkualitas. Tentu saja terdapat beberapa tips untuk mendapatkan backlink yang bagus dan berkualitas. Caranya yaitu dengan melakukan beberapa tips di bawah ini:  

  1. Membuat konten yang unik dan menarik
  2. Tulis informasi  yang sedang banyak dicari
  3. Melakukan blogwalking ke website yang memiliki topik sama
  4. Aktif membangun relasi pertemanan
  5. Gunakan tools.

Macam-Macam Website Sumber Backlink Gratis

Siapa sih yang tidak suka dengan hal gratisan? Apalagi jika hal tersebut sangat berkualitas dan bagus digunakan. Pasti semua orang menginginkannya bukan? Nah, bagi Anda yang ingin menjadi blogger dan membutuhkan backlink gratis, kini hal tersebut akan terwujud dengan mudah.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan hal gratis dan berkualitas membutuhkan proses dan waktu yang lama. Berikut beberapa situs backlink gratis berotoritas tinggi yang bisa Anda manfaatkan. Silahkan disimak untuk membuat website Anda makin teroptimasi.

1. LinkedIn

  • DA: 100
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Tulis artikel di feed LinkedIn Anda.

2. YouTube

  • DA: 100
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Buat channel, dan cantumkan link di deskripsi video maupun channel profile Anda.

3. Facebook

  • DA: 100
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Buat halaman Facebook dan bagikan tautan melalui fanspage tersebut. Anda harus memiliki komunitas yang kuat agar fanspage Facebook tidak dihapus Mark Zuckberg.

4. Twitter

  • DA: 100
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Buat akun dan bagikan tweet berupa tautan yang mengarah ke website Anda. Google akan menampilkan hasil tweet Anda di Google jika sesuai dengan kata kunci yang dicari.

5. Google My Business

  • DA: 100
  • Tautan: dofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Buat bisnis di Google dan cantumkan link ke website Anda. Ketika orang mencari nama bisnis Anda, mereka bisa diarahkan ke website sesuai link yang tersedia.

6. Reddit

  • DA: 99
  • Tautan: dofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Menjadi kontributor aktif pada subreddit sesuai bisnis Anda, kemudian tulis dan bagikan konten bermanfaat untuk komunitas subreddit.

7. Slideshare

  • DA: 96
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Konversikan tulisan menjadi slide deck dan unggah ke Slideshare (tautan dalam bentuk presentasi yang bisa diklik).

8. Medium

  • DA: 94
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Mendaftar akun baru, lalu tulis artikel atau cerita di situs ini (bebas menulis sebanyak-banyaknya).

9. DevianArt

  • DA: 94
  • Tautan: dofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Daftar akun dan buat halaman profile yang menempatkan URL situs Anda.

10. Issuu

  • DA: 94
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Daftar untuk memiliki akun gratis untuk menerbitkan dokumen (backlink gratis ditempatkan di dalam dokumen).

11. Scribd

  • DA: 93
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Daftar akun Scribd.com dan buat artikel yang telah disisipi tautan, kemudian upload di situs ini.

12. Academia.edu

  • DA: 92
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Daftar Academia.edu, buat artikel dalam bentuk doc atau pdf yang sudah Anda pasangi backlink dan upload ke situs tersebut.

13. About.me

  • DA: 91
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: mendaftar akun, lalu buat profil dan deskripsi (tautan ditempatkan di deskripsi).

14. Quora

  • DA: 90
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Temukan pertanyaan dan berikan jawaban yang relevan dari pengguna Quora, sehingga tautan yang Anda berikan bisa terpasang permanen.

15. CrunchBase

  • DA: 89
  • Tautan: dofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Mendaftar dan buat profil sendiri, tautan backlink gratis ditempatkan di deskripsi profil Anda.

16. ProductHunt

  • DA: 82
  • Tautan: dofollow
  • Cara mendapatkan backlink: daftar dan menjadi anggota aktif komunitas mereka, tautan diberikan di kolom komentar produk atau layanan yang mereka tawarkan.

17. SteemIt

  • DA: 74
  • Tautan: nofollow
  • Cara mendapatkan backlink: Membuat akun dan menulis di situs ini (dibatasi hanya beberapa konten artikel dalam satu hari)

Cara Membuat Backlink

Backlink yang dicantumkan pada web yang memiliki kredibilitas tinggi di mata mesin pencari akan memiliki kekuatan yang besar juga. Tidak sembarangan dibuat, cara membuat backlink adalah dengan memperhatikan kredibilitas yang diukur dengan beberapa aspek, yaitu sebagai berikut:

1. Memperhatikan domain authority

Domain authority (DA) merupakan ukuran kekuatan dari sebuah domain website secara menyeluruh. Pada intinya, DA adalah peringkat nama domain yang bernilai 0 hingga 100. Semakin tinggi nilai DA yang dimiliki, akan membuat terpercaya dan kredibel sebuah web.

Oleh karena itu, cara membuat backlink dengan menempatkan backlink pada web yang memiliki DA tinggi adalah salah satu cara yang tepat. Namun, tidak mudah mendapatkan izin untuk melakukan hal tersebut.

2. Memperhatikan page authority

Page authority (PA) merupakan peringkat pada satu halaman. Mendapatkan nilai tinggi pada PA hanya bisa didapatkan dengan memaksimalkan konten yang ada pada halaman tersebut. Sama halnya dengan DA, besar nilai PA suatu halaman adalah 0 hingga 100.

3. Menempatkan backlink dengan benar

Penempatan backlink juga berpengaruh terhadap kekuatan backlink. Tidak ada salahnya jika menempatkan backlink pada inii yang membuat peluang diklik-nya lebih banyak, seperti pada isi artikel.

Posisi tersebut tentu lebih baik jika dibandingkan dengan footer atau attribution yang jarang diperhatikan oleh pembaca. Di sisi lain, menempatkan backlinkyang relevan pada konten artikel juga akan membuat artikel lebih mudah terindeks oleh mesin pencari.

4. Memperhatikan jenis tautan backlink

Dalam dunia SEO, khususnya backlink, dikenal dua macam tautan, yaitu dengan tautan nofollow dan tautan dofollow. Tautan dofollow merupakan tautan yang ketika diklik akan menuju ke web atau halaman yang diinginkan oleh pembuat tautan backlink dan bernilai di mata mesin pencari.

Sementara itu, tautan nofollow adalah tautan yang ketika diklik akan menuju ke situs web atau halaman yang diinginkan oleh pembuat tautan backlink, namun tidak bernilai di mata mesin pencari. Perlu dimengerti bahwa tautan nofollow tidak diakui oleh mesin pencari sebagai backlink karena link tersebut memiliki nilai nol.

Namun, tidak sedikit pula ahli SEO yang tetap membuat tautan nofollow dengan alasan agar konten terlihat lebih natural di mata mesin pencari.

5. Memberikan tautan backlink yang relevan dengan konten

Cara membuat backlink adalah dengan tautan yang relevan juga sangat mempengaruhi kekuatan backlink. Relevan yang dimaksud adalah ketika isi artikel yang akan disisipi backlink sama dengan isi tautan backlink yang disisipkan. Oleh sebab itu, penyisipan backlink tidak boleh dilakukan di sembarang tempat. Karena, hal tersebut akan menjadi kesia-siaan belaka.

6. Menggunakan anchor text yang tepat

Biasanya, pada suatu posting-an pada web, backlink yang akan disisipkan berada dalam suatu teks sehingga pembaca tidak dapat mengetahui nama situs web atau URL yang disisipkan di artikel tersebut. Teks yang terlihat dan di dalamnya memuat tautan link itulah yang disebut sebagai anchor text.

Dengan begitu, saat membuat artikel pada web dengan tema tertentu akan menggunakan anchor text yang sesuai (tidak keluar dari tema). Perlu diketahui bahwa penggunaan anchor text berkaitan dengan kredibilitas konten web karena nilainya terletak pada relevansi kata yang digunakan.

Penutup

Nah, seperti itulah ulasan tentang apa itu backlink. Bagi para web developer maupun blogger, keberadaan backlink sangatlah penting. Jadi, bagi Anda para blogger pastikan bahwa backlink yang Anda gunakan adalah backlink yang berkualitas.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kini Anda bisa mendapatkan backlink yang berkualitas dengan mudah lho. Selanjutnya, Anda juga bisa lebih hemat dengan memilih beberapa backlink yang gratis. Bisa juga anda membuat jasa backlink pbn yang sangat menguntungkan.

semoga ulasan di atas berguna bagi Anda para blogger dan web developer yang sedang mencari backlink gratis dan berkualitas.