Apa Itu Backlink Youtube? Pengertian, Manfaat Dan Contoh

Apa itu backlink youtube? Mau tau pengertian, jenis dan manfaat mengenai backlink youtube? yuk langsung kita simak ulasan berikut ini!

Youtube adalah salah satu platform dengan basis Video yang banyak digandrungi oleh pengguna internet. Youtube menjadi aplikasi nomor 1 yang bisa dijadikan ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Penghasilan yang didapatkan dari konten yang diupload pada aplikasi ini bernilai besar. Seorang content creator dapat menghasilkan bayaran dari Youtube sampai ratusan juta per bulan saat video yang diupload telah memenuhi syarat.

Menjadi seorang content creator pada saat pandemi ini menjadi salah satu solusi yang tepat disaat banyak pekerja yang dirumahkan akibat banyaknya perusahaan yang gulung tikar. Untuk membuat video berada di peringkat atas dan banyak dicari oleh para pengguna Youtube tentunya harus memperhatikan tips yang dapat dilakukan untuk menaikkan peringkat video Youtube Anda. Salah satunya yaitu dengan Backlink.

Apa itu Backlink Youtube?

apa-itu-backlink-youtube

Pranala/Tautan balik atau inbound link atau backlink adalah sebuah atau beberapa tautan dari luar domain yang mengarah ke suatu halaman di domain Anda.

Jika sebuah website (contoh: abc.com) di letakkan link ke domain atau web Anda pada artikel mereka atau di page mereka, itu namanya backlink.

Menurut Anda, itu disebut link masuk atau inbound link (referral domain). Sedangkan bagi situ abc.com, itu biasa disebut outbound link (link keluar) atau eksternal

Manfaat / Fungsi Apa Itu Backlink Youtube

Backlink memiliki fungsi penting pada halaman website. Fungsi Backlink pada youtube adalah seperti dapat membangun sebuah otoritas dari sebuah website Anda. Memiliki link yang populer dapat membuat penggunaan SEO lebih baik dalam sebuah website.

Saat ini banyak penyedia jasa yang menawarkan apa itu Backlink youtube agar website halaman Anda dapat menempati posisi pertama dalam Google. Selain jasa backlink youtube sekarang juga banyak penyedia jasa video untuk youtube anda.

Akan tetapi, sebaiknya sebelum menggunakan jasa penyedia Backlink youtube yang banyak ditawarkan Anda harus sudah mengetahui penyedia jasa yang akan Anda pakai bertanggung jawab dan jasa yang dipakai dapat membawa website Anda berkembang dengan baik dan menempati posisi terbaik pada Google.

Google akan melihat aktivitas website Anda dengan berbagai indikasi baik bahwa website Anda memberikan sebuah informasi yang baik dan tepat dalam menjawab pertanyaan pencari informasi. Gunakan Backlink yang berkualitas agar halaman website Anda berada pada posisi terbaik pada mesin pencari.

Apa itu Jenis-jenis Backlink

Di saat kita berbicara backlink, maka hanya akan ada dua jenis link, yaitu: DoFollow dan NoFollow.

Seorang pengunjung website tidak dapat melihat perbedaan antara backlink DoFollow dan Nofollow, sebab perbedaanya terletak pada tag HTML di kode sumbernya.

Dengan adanya tag DoFollow dan NoFollow HTML pada kode sumber, maka Google dapat memutuskan apakah link tersebut harus dimasukan atau tidak.

Perbedannya DoFollow dan NoFollow?

Backlink DoFollow artinya link yang mengarah ke suatu web page yang akan dirayapi dan akan terhitung sebagai “vote”. Sedangkan untuk link NoFollow artinya link yang diarahkan ke sebuah halaman yang tidak akan dirayapi oleh Googlebot dan tidak terhitung sebagai “vote”.

 Contoh Apa Itu Backlink youtube

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika situs abc.com memberikan link yang mengarah ke domain website lain, itulah backlink. Begini, apa Anda tahu anchor text? Merupakan teks yang dapat diklik kemudian menuju page atau website tertentu?

Nah inbound link itu pada tujuannya sama, sebuah teks yang dapat diklik, hanya saja yang membedakan adalah dari mana dan kemana link itu mengalir. Untuk memudahkan Anda,

Cara Membuat Backlink yang Elegan

Membuat backlink itu mudah-mudah susah, namun kembali ke pernyataan di atas bahwa inbound link merupakan “vote” dari sebuah situs ke situs lainnya.

Secara pemikiran bagaimana mungkin kita mem-voting diri kita sendiri atau situs web milik sendiri? Bukannya malah tidak masuk akal bukan?

Jadi saran kami biarkanlah backlink ini didapat secara alami, natural, tanpa dibuat-buat, tanpa disengaja, apalagi sampai spam komentar di website yang sudah tidak digunakan.

Menjadi Sumber Informasi Berdasarkan Data

Lupakan cara yang lama seperti “nye-pam” di kolom komentar blog orang lain. Namun buatlah suatu referensi informasi berdasarkan data yang kamu dapat.

Contohnya, jika situs Anda tentang lowongan kerja, maka Anda bisa membuat konten infografis tentang informasi data gaji karyawan di Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang.

Lalu publikasikan desain infografis tersebut ke website Anda, sosial media, hingga ke platform lainnnya.

Memang tidak menjamin akan mendapatkan inbound link, namun setidaknya dari sekian peluang yang dibuat, Anda bisa mendapatkan backlink sekitar 1-10%.

Dan jangan lupakan brand mention, meskipun tidak ada vote link di sana, namun brand mention membuat brand / merek Anda dilihat dan dibaca oleh lebih banyak orang.

Publikasikan Konten “Skyscraper”

Konten Skyscraper merupakan teknik pemasaran konten yang melibatkan pencarian topik yang mampu berkinerja dengan baik di mesin pencari dan media sosial.

Teknik ini bisa dilakukan dengan membuat konten yang super duper lengkap dari a-z.

Tidak terus-terusan konten teks, tetapi juga ditambahkan media kaya seperti foto, gambar, infografis lengkap, audio, hingga video.

Intinya Anda membuat konten yang super lengkap dari yang dibuat oleh kompetitor.

Jika kompetitor membuat konten “Arti Warna Putih”, maka Anda bisa membuat konten artikel yang lebih lengkap seperti “Arti warna putih, hitam, biru, hijau, hingga seluruh warna”.

Pertanyaanya, apakah menjamin dapat referral link 100%?

Tentu saja tidak, namun sekali lagi, dari sekian umpan yang Anda lempar ke danau setidaknya Anda akan mendapatkan 1-10% ikan di sana.

Temukan Dead Link atau Sumber yang sudah Kadaluwarsa

Tidak ada yang mudah dan instan, dan cara yang satu ini juga perlu effort ya. Anda bisa menggunakan Ahrefs untuk memudahkannya.

Langkah-langkahnya antara lain:
Carilah dead page di situs teratas pada niche Anda (yang sudah pasti memiliki banyak inbound link).
Carilah tautan keluar yang rusak (broken / dead link) di situs web yang Anda temukan (lalu lihat tautan mana yang memiliki banyak tautan balik).
Carilah domain kedaluwarsa yang sesuai engan topic Anda. Beli domain yang kadaluwarsa tersebut dan pilihlah yang sudah mempunyai banyak backlink.
Carilah dead link dengan mencari halaman sumber daya/tautan di niche Anda.

Lalu Anda bisa membuat konten dari link yang rusak tersebut, selanjutnya hubungi pemilik website bahwa konten Anda cukup relevan dan bermanfaat untuk mengganti dead link tersebut.

Membuat Analisa, Survey, Hasil Penelitian

Anda kenal Revou? Revou merupakan layanan pembelajaran online yang berkembang sangat signifikan di Indonesia.

Mereka berhasil mendapatkan backlink dan brand mention dengan cara membuat analisa atau penelitian tentang situs universitas paling populer di Indonesia.

Anda bisa mencari di Google “Ranking Universitas di Indonesia Dengan Website & Media Sosial Terbaik” untuk cek langsung apa yang telah mereka kerjakan dan apa yang mereka dapatkan.

Dari hasil penelitian tersebut Revou berhasil mendapatkan brand mention dari media-media besar di tanah air mulai dari: liputan6, kompas, detik, marketingasia, indoneside, PhiRadio, dst.

Apa itu Backlink PBN

Masih asing dengan Backlink PBN? Tenang, silahkan baca penjelasan berikut ini.

Private Blog Network, disingkat PBN merupakan kumpulan website atau blog yang dibuat, digunakan, dan dikelola untuk keperluan rantai tautan (link chain) dengan tier atau strata yang bertingkat-tingkat.

Biasanya para bloger atau praktisi SEO Gray / Black Hat akan melakukan teknik ini untuk dapat mengakuisisi inbound link sebanyak mungkin, terkesan berkualitas tanpa perlu khawatir skor spam dari googlebot.

Meskipun potensi hukuman pinalti dari Google akan ada dan tinggi, karena kita tahu Google itu semakin hari semakin cerdas dan terus berkembang.

Tier Backlink

Pembuatan tier link adalah tentang membuat tautan balik (inbound link) untuk website yang Anda kelola.

Tujuan utamanya untuk meningkatkan jumlah link juice yang diteruskan dari profil backlink ke situs web utama Anda.

Biasanya cara ini dipakai ketika Anda menggunakan jasa PBN atau membuat situs web PBN sendiri.

Pembuatan tier link (tautan berjenjang) merupakan praktik Gray Hat SEO yang paling baik, tapi tetap saja terdapat resiko di dalam penerapannya:

  1. Estimasi biaya yang tidak mudah diperkirakan
  2. Risiko penalty yang tetap ada dari Google
  3. Kerugian di masa depan

Apa Itu Backlink Youtube

Backlink Youtube ini sedikit membingungkan bagi kami, sebenarnya apa yang dimaksud?

Apakah link dari Youtube ke website, atau dari website ke channel Youtube atau link video Youtube?

Tapi setelah melakukan sedikit analisa di Internet, ternyata backlink Youtube maksudnya adalah meletakkan link website di channel Youtube.

Lalu bagaimana caranya? Caranya cukup mudah sebenarnya, silahkan ikuti poin langkah-langkah di bawah:

  1. Buat akun Gmail.
  2. Login ke Youtube dengan Gmail yang telah dibuat.
  3. Buat Channel Youtube Anda.
  4. Verifikasi akun Youtube.
  5. Cek halaman Verification Feature Youtube.
  6. Edit tentang dan tambahkan link situs Anda di halaman setting Youtube.
  7. Mulai unggah video, sertakan judul, deskripsi, dan jangan lupa letakkan link tautan.

Meskipun backlink dari Youtube ini tidak DoFollow alias NoFollow, tapi dengan itu Anda bisa mendapatkan visitor tambahan dari Youtube gratis tanpa embel-embel iklan di sana.

Tips Mencari Backlink yang Berkualitas

Setelah mengetahui lebih rinci mengenai apa itu backlink, kini saatnya Anda untuk mencari backlink yang berkualitas. Tentu saja terdapat beberapa tips untuk mendapatkan backlink yang bagus dan berkualitas. Caranya yaitu dengan melakukan beberapa tips di bawah ini:  

  1. Membuat konten yang unik dan menarik
  2. Tulis informasi  yang sedang banyak dicari
  3. Melakukan blogwalking ke website yang memiliki topik sama
  4. Aktif membangun relasi pertemanan
  5. Gunakan tools.

Siapa sih yang tidak suka dengan hal gratisan? Apalagi jika hal tersebut sangat berkualitas dan bagus digunakan. Pasti semua orang menginginkannya bukan? Nah, bagi Anda yang ingin menjadi blogger dan membutuhkan backlink gratis, kini hal tersebut akan terwujud dengan mudah.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan hal gratis dan berkualitas membutuhkan proses dan waktu yang lama. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan beberapa cemilan dan kopi agar tetap fokus dan bisa mendapat hasil yang maksimal. Berikut beberapa website untuk mendapatkan backlink secara gratis:

  • Medium
  • About me
  • YouTube
  • Kaskus
  • Scribd.

Nah, seperti itulah ulasan mengenai apa itu backlink. Bagi para web developer maupun blogger, keberadaan backlink sangatlah penting. Jadi, bagi Anda para blogger pastikan bahwa backlink yang Anda gunakan adalah backlink yang berkualitas. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kini Anda bisa mendapatkan backlink yang berkualitas dengan mudah lho. Selain itu, Anda juga bisa lebih hemat dengan memilih beberapa backlink yang gratis. semoga ulasan di atas berguna bagi Anda para blogger dan web developer yang sedang mencari backlink gratis dan berkualitas.

Sudah Paham Informasi Lengkap Tentang Backlink?

Backlink  adalah sesuatu yang sepaket dengan bagian dari off-page SEO. Keduanya sangat vital dalam perkembangan sebuah website.

Karena itu, mendapatkannya dengan kualitas yang terbaik akan membantu website yang kamu kelolan menjadi lebih maju. Setelah mengetahui hal-hal seperti pengertian, jenis, manfaat serta cara mendapatkannya kini giliran kamu prakter secara mandiri di rumah.

Masih ragu untuk mencobanya? Kamu tidak perlu khawatir, informasi di atas akan sangat berguna jika anda menerapkannya dan konsisten untuk mencoba. Jangan patah semangat sebelum mencoba. Selamat mencobanya dari sekarang. Semoga berhasil!

Apakah Backlink Masih Berpengaruh untuk SEO?

Masih dan sepertinya akan selalu digunakan sebagai salah satu acuan untuk menentukan peringkat situs.

Apakah Semua Backlink Efeknya Sama?

Seperti yang sudah kami bahas dalam artikel ini, ada 4 jenis backlink menurut tag html yang digunakan, dan backlink doffolow adalah jenis yang paling bagus.

Apa Sinonim atau Nama Lain dari Backlink?

Backlink juga memiliki sinonim atau nama lain yakni incoming link, link masuk, dan juga inlink.

Mengapa Backlink Sangatlah Penting?

Seperti yang kami ulas diatas bahwa backlink sangatlah berharga untuk upaya SEO karena mereka mewakili “vote of confidence” dari satu situs ke situs lainnya.

Intinya, backlink ke situs kamu adalah sinyal ke mesin pencari yang lain yang memberikan jaminan bahwa konten kamu bagus, dan juga relevan. Jika banyak situs yang menautkan link ke halaman yang sama, mesin telusur dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak ditampilkan pada halaman pertama pada keyword yang berhubungan.

Jadi, mendapatkan backlink dapat memberikan efek positif pada posisi peringkat suatu situs website dalam hal visibilitas pencarian. Selain itu, backlink juga memiliki banyak manfaat. Manfaatnya dapat diketahui dengan simak terus di artikel berikut.

Komponen – Komponen Backlink

Berikut adalah komponen – komponen yang ada di backlink, diantaranya adalah:

Tag Link

Tag link ini juga biasa disebut dengan tag anchor, yang mana umumnya dimulai dengan simbol atau huruf “<a”. tag link ini adalah bagian pembuka pada tag backlink yang mana berfungsi untuk memberikan informasi pada sebuah mesin pencari. Selain itu, komponen yang satu ini juga berguna untuk pergi ke halaman lainnya.

Anchor Text of

Komponen tersebut adalah sebuah anchor yang tampak oleh pengguna dan berada di halaman website. Pada saat pengguna melakukan klik pada anchor tersebut, maka akan langsung diarahkan untuk menuju ke halaman link referral location.

Umumnya, bentuk dari anchor yang satu ini akan diberikan sebuah format dari teks biasa. Tak hanya itu, anchor tersebut juga berwarna biru dengan garis bawah. Dengan adanya format tersebut ini membantu pengguna agar mengetahui jika anchor tersebut digunakan untuk menuju ke suatu halaman tertentu.

Link Referral Location

Jenis komponen ketiga adalah link referral location. Komponen tersebut umumnya diawali dengan sebuah kode “href”, yang merupakan singkatan dari “hyperlink referral”.

Closure of Link Tag

Komponen yang terakhir adalah closure of link tag. Closure of link tag digunakan untuk memberikan tanda pada sebuah mesin pencari dan memberitahu jika ini merupakan akhir dari backlink yang dipasang pada website tersebut. Umumnya, untuk closure of link tag tersebut  memiliki format seperti “</a>.

Penutup

Backlink merupakan bagian dari SEO (Search Engine Optimization), ia penting tapi bukanlah segalanya bagi aktifitas optimisasi SEO Anda.

Karena banyak situs web yang mendapatkan peringkat SERP (Search Engine Result Pages) yang tinggi meskipun tanpa tautan dari luar yang masuk.

Jangan lupa untuk tetap mengikuti pedoman dari Google dalam kampanye SEO backlink Anda.

Kenapa? Karena itu lebih aman dan lebih baik daripada mengakali Google tapi ujung-ujungnya kena pinalti.