Perbedaan Backlink dan PBN yang Terdapat Pada Blog

Perbedaan Backlink dan PBN,  Search Engine Optimization atau yang biasa di sebut dengan SEO ini memiliki beberapa aspek yang sangat penting. Keyword atau kata kunci hingga pemberian backlink ini sangat penting untuk suatu SEO.

Backlink merupakan aspet terpenting dari SEO yang sanagat sulit di dapat. Hal ini karena kita harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum memberikan backlink. Apalagi jika untuk medapatkan backlink yang memiliki kualitas tinggi.

 

Perbedaan Backlink dan PBN yang Sering di Gunakan Pada SEO

Perbedaan backlink dan PBN

Sudah banyak diketahui jika backlink ini merupakan aspek yang sangat penting dan harus ada pada setiap blog. Namun untuk mendapatkan backlink yang berkualitas juga sangat sulit. Hal yang dapat di lakukan yakni dengan cara riset.

Namun dengan seiring berkembangnya waktu, banyak sekali orang yang menjadi penyedia jasa backlink. Hal ini juga merupakan salah satu cara agar tidak perlu repot-repot melakukan riset secara manual.

Pengertian Backlink dan PBN

Aspek penting yang terdapat SEO ini salah satunya adalah backlink. Di mana backlink ini merupakan sebuah web yang yang menautkan hyperlink ke web lainnya. Sistem pemberian backlink ini adalah dengan metode penulis web ini merujuk situs yang nantinya diarahkan ke situs orang lain.

Sedangkan untuk PBN sendiri merupakan sebuah teknik yang memanfaatkan domain yang sudah kadaluarsa namun masih memiliki metrik yang berkualitas. Kepanjangan dari PBN sendiri adalah Private Block Network.

Memanfaatkan PBN ini juga memiliki keuntungan atau kelebihan yakni mampu membantu mendongkrak peringkat pada situs pencarian.

Kategori Backlink

Backlink ini dapat di kategorikan menjadi dua kategori, yakni adalah one away backlink dan juga backlink timbal balik.

Untuk one away backlink ini merupakan kategori searah, di mana hanya pemilik web saja yang dapat menyematkan tautan atau link pada URL situs web yang telah dimiliki. Hal ini juga tidak perlu kembali menyematkan tautan pada web tersebut. Sedangkan backlink timbal balik adalah yang bisa dua arah.

Tips Ampuh Mendapat Backlink Berkualitas

Backlink yang memiliki kualitas yang baik juga akan menghasilkan blog yang baik pula. Untuk mendapat backlink yang berkualitas, memiliki kriteria sebagai berikut.

1. Banyaknya Traffic

Situs web yang seharusnya di gunakan adalah yang memiliki banyak lalu lintas yang tinggi. Hal ini di pilih karena traffic atau lalu lintas merupakan salah satu aspek penting yang harus terpenuhi dalam membuat blog.

Untuk melihat traffic ini bisa mengguakan bantuan Ahrefs. Di mana ahrefs merupakan ssalah satu SEO tools yang dapat membantu melihat traffic setiap bulannya.

2. Memiliki Otoritas

Dalam hal ini pengaruh yang di maksud adalah kredibilitas informasi. Untuk melihat kredibiltas tersebut juga dapat memanfaatkan bantuan SEO tools yakni Ahrefs.

3. Relevansi

Backlink yang di sematkan pada sebuah blog ini haruslah sesuai dengan topik berskala besar yang telah di bicarakan.

4. Editorialnya Sesuai

Pembahasan editorial yang di maksud di sini adalah cara baca yang baik. Walaupun banyak sekali situs web, namun yang memiliki editorial yang baik juga masih jarang di temukan.

5. Pemberian Outbond Link

Situs web yang di buat juga harus memuat tautan yang menuju ke web lainnya. Pengecekan harus di lakukan, karena tidak jarang terdapat web yang menautkan link yang tidak jelas.

6. Telah Di Indeks Oleh Google

Pengecekan indeks pada google perlu di perhatikan, hal ini memiliki tujuan untuk memastikan web tersebut sudah di indeks google atau belum.

Cara Membuat PBN

Untuk membuat PBN sendiri sebenarnya sangat sulit dan juga rumit. Kunci dari membuat PBN ini ialah dengan memperbanyak blogging dan juga memilih domain yang tepat. Berikut adalah cara pembuatannya yang tepat.

1. Memilih Domain

Domain yang di pilih yakni yang telah kaduluarsa atau yang sudah lama tidak di gunakan. Domain-domain tersebut dapat diperoleh dengan cara mengikuti lelang, scrapt secara mandiri atau pun membeli.

2. Membeli Hosting

Untuk hosting sendiri di sarankan untuk tidak membeli yang terlalu mahal dan tidak juga membeli hosting reseler. Sesuaikan dengan kebutuhan yang ada dan sesuaikan juga dengan data domain.

3. Pengaturan Tema dan Plugin

Untuk PBN WordPress dapat mengatur tema dan juga plugin yang berbeda. Aktifkan juga plugin spyder dan juga spanker.

4. Pengaturan PBN

Jika tema dan juga plugin sudah diatur maka tinggal melakukan setup. Terdapat hal yang harus dilakukan sebelum menginstall wordpress yakni memeriksa PBN dengan menggunakan www ataupun dapat di sesuaikan.