Panduan Cara Membuat Email Marketing Gratis dan Efektif

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat email marketing gratis yang efektif untuk membantu kamu meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Email marketing adalah strategi pemasaran digital yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan kamu secara langsung melalui email.

Meskipun ada banyak alat dan platform email marketing berbayar, kamu juga dapat memulai kampanye email marketing dengan biaya nol menggunakan layanan gratis yang disediakan oleh beberapa penyedia.

Langkah-Langkah Cara Membuat Email Marketing Gratis

1. Membuat Rencana Email Marketing dengan Menentukan Audience

Membuat rencana membantu kamu lebih fokus dalam mengelola pemasaran email kamu. Dalam perencanaan ini, kamu harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti mengidentifikasi calon pelanggan berdasarkan produk atau jasa yang dijual.

Ini membantu kamu lebih memahami selera pelanggan sehingga kamu dapat menjalin komunikasi yang efektif. Akan lebih baik jika kamu membuat karakter atau ciri pelanggan.

2. Membuat Subject Email yang Menarik

Subjek adalah bagian pertama yang akan dibaca audiens kamu saat mereka menerima pemasaran email. Jika subjek email kamu adalah bertele-tele atau kurang menarik, kemungkinan mereka akan mengabaikannya atau bahkan memasukkannya ke dalam kotak spam.

Untuk alasan ini, kamu harus bisa membuat subjek email yang jelas dan pada saat yang sama membangkitkan rasa ingin tahu audiens kamu saat membacanya.

Pastikan juga subjek email yang kamu buat tidak terlalu panjang dan relevan dengan body email kamu. Idealnya, panjang baris subjek pemasaran email tidak boleh melebihi 60 karakter.

3. Menggunakan Google Workspace

kamu tidak memerlukan hosting web untuk menyiapkan email bisnis dengan nama domain bisnis. Jika kamu pernah menjadi pengguna Gmail sebagai penyedia layanan email, kamu dapat menggunakan Google Workspace sebagai layanan email bisnis yang lebih profesional.

Google Workspace menawarkan fungsi yang persis sama dengan layanan Gmail gratis dan hak istimewa untuk menentukan merek atau identitas bisnis online Kamu sendiri (domain email khusus) tanpa perlu memiliki atau menyewa layanan hosting web hosting terlebih dahulu.

4. Menggunakan Platform Sendinblue

Sendinblue memiliki sejumlah fitur pemasaran, mulai dari pemasaran email hingga fungsi tambahan seperti manajemen hubungan pelanggan dan pembuatan halaman arahan.

Platform ini merupakan salah satu yang paling mudah digunakan bagi kamu yang belum pernah menggunakan platfossssrm email marketing.

Sendinblue menawarkan lebih dari 70 desain yang dapat kamu gunakan untuk menjadikan pemasaran email kamu luar biasa. Pola desainnya yang responsif memudahkan pembaca.

Selain itu, Sendinblue menawarkan opsi untuk email transaksional dan penjawab otomatis. kamu dapat mem-pratinjau email kamu sebelum mengirimkannya untuk memastikan desain terlihat persis seperti yang kamu inginkan di layar.

Setelah kamu mendesain email, kamu dapat menggunakan fitur segmentasi audiens dan pengujian A/B untuk mendukung upaya kamu, menargetkan audiens yang tepat, dan mengoptimalkan kampanye penjualan kamu.

Sendinblue juga tidak membatasi daftar kontak kamu. Namun pengiriman email dibatasi maksimal 300 email per hari.

Selain platform sendinblue, kamu juga menggunakan platform lain yang sama seperti mailchimp. Omnisend, dan mailerLite.

Kesimpulan

Pemasaran email gratis adalah cara yang efektif untuk mengkomunikasikan pesan dan informasi kepada pelanggan kamu tanpa menghabiskan banyak uang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mengetahui cara menggunakan email marketing  dan menggunakan platform pemasaran email gratis yang tepat, kamu dapat membuat kampanye email yang menarik, profesional, dan efektif.

Tetap up to date dengan tren pemasaran email terbaru dan lacak kinerja kampanye kamu untuk terus meningkatkan hasil dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan kamu.