Waktu Post Tiktok 2023 – Hari dan Jam Terbaik yang Tepat untuk Posting Konten

FYP TikTok 2023 perlu dipahami oleh pembuat konten agar postingan dapat menarik engagement yang baik maka dari itu kamu perlu mengetahui kapan waktu post tiktok 2023 yang tepat. Untuk jadwalnya, kamu bisa melihat penjelasannya di artikel ini.

TikTok telah memperoleh popularitas luar biasa sebagai platform berbagi video pendek yang menyenangkan dan inovatif.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, TikTok telah menjadi platform bagi pembuat konten, merek, dan pengguna biasa untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

Namun, dalam upaya menjangkau khalayak yang lebih luas dan meningkatkan keterlibatan, waktu yang tepat untuk memposting di TikTok adalah kunci dari keberhasilan.

Apa Itu FYP Tiktok

Tiktok adalah platform untuk berbagi video pendek yang menghibur dan dapat digunakan untuk tujuan komersial. Salah satu strategi pemasaran yang perlu digarap adalah memastikan konten sampai ke FYP.

Dikutip dari buku Inovasi Menulis dan Digitalisasi dalam Kewirausahaan karya Dwi Nurbait dkk, FYP adalah singkatan dari For Your Page, yaitu halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang dapat dilihat pengguna saat membuka aplikasi. FYP berisi kumpulan konten video yang terus berkembang atau viral.

Untuk memudahkan konten promosi produk masuk ke FYP, salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan ukuran atau sejauh mana suatu konten dapat masuk FYP TikTok.

Memperhatikan waktu posting sangat penting karena waktu yang tepat untuk memposting dapat memaksimalkan jumlah orang yang melihat konten yang kamu unggah.

Namun, jika pembuat konten mengunggah konten ketika hanya sedikit orang yang membuka aplikasinya, algoritme TikTok mungkin tidak mengizinkan konten tersebut masuk ke halaman FYP.

Suatu konten agar bisa masuk ke FYP perlu 3 Hal ini:

  1. Informasi Video. Sebagai tagar, musik latar, teks. Jika sesuai dengan preferensi pengguna, konten dapat diimpor FYP
  2. Pengaturan Akun. Pengaturan akun seperti Jenis perangkat, negara, umur, bahasa yang dipilih, lokasi, dan lain-lain.
  3. Interaksi Pengguna

Hal ini terlihat dari akun yang diikuti pengguna, video yang disukai, dikomentari, dan dibagikan. Jika kamu sering menyukai dan mengomentari video sepak bola, maka video yang muncul di FYP kamu nantinya akan bertema sepak bola.

Jadwal Waktu Post Tiktok  2023 Berdasarkan Hari dan Jam

Hari Senin

Waktu terbaik post konten di hari senin adalah antara pukul 12 siang, sampai jam 1 siang. Karena di saat itu adalah waktu istirahat atau makan siang.

Kemudian setelah jam 6 sore karena pada saat itu orang pulang kerja dan banyak membuka jejaring sosial.

Hari Selasa

Selasa ini ada 2 waktu yang perlu kamu ketahui untuk bisa nonton video tiktok, yaitu waktu istirahat dari jam 12.00 sampai 13.00 dan juga dari jam 15.00 sampai 16.00. Selain itu, pengguna TikTok juga bisa memposting pada malam hari mulai pukul 19.00 hingga 21.00.

Hari Rabu

Rabu dianggap sebagai waktu yang tepat untuk mengunggah video TikTok. Pasalnya, di tengah pekan ini, banyak orang kerap melirik kegiatan rekreasi untuk melepas penat. Jadwal FYP TikTok hari ini dijadwalkan mulai pukul 11:00 hingga 12:00 dan 20:00 hingga 21:00.

Hari Kamis

Jadwal selanjutnya untuk FYP Tiktok 2023 adalah hari Kamis. Jika kamu ingin mengunduh atau mengunggah video TikTok pada hari Kamis, kami jamin peluang untuk menarik lebih banyak penonton sudah di depan mata.

Jadi, jika videonya sudah banyak yang menonton, kemungkinan untuk masuk ke halaman fyp akan lebih fokus dan jelas. Karena masa istirahat ini memiliki banyak waktu agar pengguna tidak terlalu sibuk dengan aktivitasnya.

Biasanya mulai jam 12 siang saat istirahat sedang berlangsung dan berlanjut sampai jam 4 sore, saat para pekerja pulang.

Kemudian dilanjutkan pada sore hari dari pukul 19.00 hingga 21.00. Pada sore hari itu adalah waktu yang paling efisien digunakan untuk mengunduh video tiktok.

Hari Jum’at

Waktu terbaik post TikTok berikutnya adalah hari Jumat. Hari ini akan memasuki akhir pekan. Biasanya kerja juga lebih banyak waktu senggang dan lebih banyak waktu untuk membuka jejaring sosial. Biasanya tepat pada pukul 07:00 / 17:00 / 01:00 WIB.

Hari Sabtu

Sabtu bisa dibilang sebagai hari istirahat bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Mereka hanya aktif di jejaring sosial TikTok pada pukul 09:00 WIB 11.00 WIB dan 12:00 WIB.

Hari Minggu

Minggu memang hari libur nasional, namun waktu ideal mengunggah video ke TikTok adalah pukul 07.00 hingga 11.00 dan pukul 16.00 hingga 21.00 malam.

Di hari minggu ini, kamu juga harus mengatur waktu dengan cermat agar lebih banyak orang menonton video kamu.