Kursus Bakpia Klasik, Berikut Cara Membuat Bakpia Klasik

Bakpia merupakan kue tradisional yang diisi dengan kacang hijau, cokelat, keju dan rasa-rasa buah . Jajanan ini sering dijual sebagai oleh-oleh khas jogja. Nah dalam Artikel ini kita akan membahas kursus bakpia klasik, dan berikut adalah cara membuat bakpia klasik tetapi sebelumnya jika anda ingin kursus bakpia jogja anda bisa kursus disini ya hehehe …….

Resep Cara Membuat Bakpia Klasik

kursus bakpia klasik

Bahan Kulit : 

  • 250 gram tepung
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 75 gram gula pasir
  • 110ml air
  • 50 gram mentega atau margarin
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Isian : 

  • 100 gram  kacang hijau kupas, rendam minimal 4 jam
  • 150 gram  santan instan
  • 5 sendok makan gula pasir
  • Sejumput garam
  • Sejumput bubuk vanila

Cara Membuat : 

1. Bahan Isian : Kukus kacang ijo yang empuk lalu campur dengan santan hingga empuk lalu rebus dengan api kecil, tambahkan gula dan garam, aduk rata jangan sampai gosong, setelah itu masak sampai bisa dibentuk hingga bulat, lalu sisihkan terlebih dahulu .

2. Siap wadah atau baskom lalu masukkan semua bahan kulit kecuali garam dan mentega, lalu uleni aduk hingga semua bahan tercampur rata. 

3. Setelah diuleni sampai kalis tambahkan mentega atau margarin dan garam, lalu uleni kembali hingga kalis,setelah itu tutup dengan handuk atau serbet bersih, dan diamkan selama 1 jam.

4. Setelah 1 jam, siapkan baking mat, lalu taburi sedikit tepung, keluarkan adonan lalu uleni sebentar, tambahkan sedikit tepung terigu apabila adonan terasa lengket, lalu bagi menjadi beberapa bagian sama rata, setelah dibagi beri isian kacang hijau untuk masing – masing bagian, bentuk bulatkan lalu pipihkan.

5. Setelah itu panggang dalam wajan yang sudah dipanaskan sebelumnya, kecilkan api, tekan dengan spatula, lalu balik, goreng hingga kedua sisinya berwarna keemasan, lalu angkat, dan bakpia klasik pun siap disajikan.

Kandungan Bakpia yang Bagus untuk Kesehatan

Kebutuhan gizi manusia menurut Persen AKG Angka Kecukupan Gizi (AKG) atau Recommended Dietary Allowances (RDA) berdasarkan kebutuhan energi yaitu 2150 kkal. Jadi jika kita mengkonsumsi Bakpia itu dapat meningkatkan kebutuhan nutrisi Anda. Selain itu bakpia juga mempunyai beberapa varian rasa seperti:
1. Bakpia kacang hijau juga mengandung zat penting bagi tubuh seperti serat, vitamin A, vitamin B1, B2 dan B6 serta asam folat.
2. Bakpia keju membantu memenuhi penuh kalsium, protein, fosfor serta vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Namun, beberapa keju juga tinggi kalori, lemak, dan garam.
3. Bakpia coklat mengandung asam oleat.Asam lemak tak jenuh bermanfaat bagi kesehatan jantung.
Bakpia selain rasanya yang enak, bakpia punya banyak nutrisi dan baik untuk kesehatan bukan?

Manfaat Bakpia :

kursus bakpia klasik

1. Dapat mencegah penyakit kanker

Beberapa penelitian medis mengungkapkan bahwa makanan tersebut dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh.

2.Mencegah Penyakit Jantung

Makanan ini mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak dan mengurangi pembengkakan.

3.Meningkatkan kekebalan

Komposisi makanan tersebut mengandung senyawa fitonutrien yang memiliki efek anti inflamasi, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menetralisir bakteri berbahaya, iritan, virus, dll.

4. Mengurangi dampak PMS

Makanan ini mengandung vitamin B dan vitamin B6 serta senyawa volatil yang mengurangi efek PMS.

5. Mengatasi Jerawat

Makanan tersebut dipercaya mengandung senyawa yang dapat membantu mengatasi jerawat.

6. Mengatasi kencing manis 

Kandungan pada bakpia mengandung senyawa indeks glikemik rendah, yaitu makanan dengan indeks glikemik rendah yang mampu menurunkan gula darah hingga kadar normal.

7. Menurunkan kolesterol

Makanan yang mengandung senyawa rendah kalori dan lemak tak jenuh bermanfaat dalam menjaga kadar kolesterol dalam batas normal.

Kesimpulan :

Baiklah guys jadi itulah cara membuat bakpia klasik, jika anda ingin kursus bakpia jogja anda bisa sekali kursus disini yaa guys, selamat mencoba semoga berhasil ~