Cara Membuat Bawang Goreng Kriuk Yang Tahan Lama

Bawang goreng merupakan salah satu makanan yang banyak digemari di Indonesia, dari segala kalangan umur semua suka dengan bawang goreng. Bawang goreng sangat cocok di jadikan makanan pendamping atau pelengkap sebuah hidangan. Rasanya yang khas dan renyah membuat bawang goreng susah dilupakan. Anda ingin tahu bagaimana cara membuat bawang goreng kriuk yang mudah untuk ditiru? Simak paduan lengkapnya.

Cara Membuat Bawang Goreng Kriuk

cara membuat bawang goreng kriuk

Bahan-Bahan:

  • 500 gram bawang merah
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan cuka
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan:

  1. Langkah pertama dalam membuat bawang goreng kriuk adalah mengupas dan mencuci bersih bawang merah. Kemudian iris tipis-tipis dengan ketebalan sedang, tidak terlalu tebal atau tipis. Anda juga bisa menggunakan alat pemotong bawang untuk hasil yang lebih maksimal.
  2. Langkah kedua membuat bawang goreng kriuk yaitu meletakkan irisan bawang merah ke dalam wadah dan tambahkan garam. Lalu aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Langkah ketiga yaitu membilas irisan bawang merah dengan air mengalis setelah 30 menit, lalu tiriskan.
  4. Langkah keempat yaitu menambahkan cuka ke dalam irisan bawang merah dan aduk secara rata.
  5. Langkah kelima yaitu memanaskan minyak goreng ke dalam wajan dengan api yang lsedang.
  6. Selanjutnya yaitu menggoreng irisan bawang merah ke dalam minyak panas hingga berwarna menjadi kecoklatan dan renyah.
  7. Langkah terakhir adalah mengangkat bawang goreng dari minyak lalu di tiriskan.

Tips dan Trik Bawang Goreng Kriuk dan Tahan Lama

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membuat bawang goreng kriuk yang renyah dan tahan lama:

  1. Pilih bawang merah terbaik untuk membuat bawang goreng kriuk yang renyah tahan lama. Bawang merah terbaik yang cocok dan sesuai untuk membuat bawang goreng berasal dari Kecamatan Rubaru, Sumenep, Jawa Timur.
  2. Irisan bawang merah yang terlalu tebal, membuat bawang renyah di luar tetapi basah di dalam. Sementara bawang merah yang diiris menjadi terlalu tipis, akan mudah gosong saat digoreng.
  3. Rendam irisan bawang merah dalam air garam selama 15 menit sebelum digoreng. Proses perendaman dapat membantu menjaga kelembapan dan kelezatan bawang goreng kriuk.
  4. Tiriskan bawang goreng kriuk dengan saringan tahan panas dan lempar-lempar ke udara agar minyak goreng dari bawang goreng keluar banyak sebelum ditiriskan di atas kertas.
  5. Simpan bawang goreng kriuk dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelembapan dan kelezatan.

Hidangan Yang Menggunakan Bawang Goreng

Bawang goreng adalah bahan makanan yang sering digunakan sebagai pelengkap dalam berbagai masakan Indonesia. Berikut adalah beberapa hidangan yang biasanya menggunakan bawang goreng sebagai bahan pelengkap:

  1. Nasi goreng.
  2. Mie goreng.
  3.  Soto
  4. Gado-gado.
  5. Ketupat sayur.
  6.  Bakso
  7.  Sate
  8. Ayam goreng.

Selain itu, bawang goreng juga dapat dijadikan topping untuk salad, sup, semur, kari, mi, dan nasi.

Demikianlah cara membuat bawang goreng kriuk yang bisa Anda coba dan praktekkan dirumah. Dengan memperhatikan cara membuat bawang goreng mulai dari menyiapkan bahan-bahan, mengikuti Langkah-langkah pembuatan dengan benar, memperhatikan tips dan trik membuat bawang goreng hingga contoh hidangan yang menggunakan bawang goreng maka Anda akan bisa dan berhasil membuat bawang goreng sendiri dirumah.

Anda juga harus menggunakan alat pemotong bawang sebagai sarana yang dapat membantu Anda mengolah bawang sehingga lebih efektif dan cepat. Selamat memasak!