AC Rumah Tidak Dingin? Cobalah Cara Ini

Kami Jasa service ac jogja akan memberikan solusi atau langkah2 cara mengatasi Ac rumah tidak dingin paling mudah.Ac akan tidak dingin biasanya menjadi sebuah masalah cukup banyak di temui oleh kalangan para jasa servise ac, dan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara mengatasi ac tidak dingin

Biasanya faktor penyebab dari ac tidak dingin ini, yaitu karena terjadi oleh beberapa faktor.Dan Permasalahan kedua yang sering di temui juga ialah ac mati sendiri.Ini sering terjadi di beberapa tempat ketika tim kami dipanggil untuk memperbaiki ac.

Dengan artikel singkat ini saya akan berbagi ilmu kepada sobat semua tentang langkah-langkah yang harus dijalakan jika menemukan masalah-masalah yang terjadi pada AC kita.

Artikel yang saya ketik ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri selama menjadi teknisi AC, akan tetapi sebagiannya juga dari refrensi dari rekan sesama teknisi. Kenapa AC tidak dingin ? AC di rumah mati hidup, apa penyebabnya kang ? Kurang lebih seperti itu pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan AC rusak, saya disini akan berusaha menyampaikan faktor penyebab AC tidak dingin, agar kalian semua tidak kebingungan dan agar lebih mudah dalam menjalankannya, berikut saya akan mengupas sesuai dengan kronologi dari masalah tersebut.

Langkah-langkah Mengatasi Ac rumah tidak dingin

Kejadian seperti ini saya memastikan bahwa AC hidup, baik Indoor / Outdoor, tetapi tidak mengeluarkan angin dingin sama sekali.Masalah ini biasanya disebabkan oleh kotoran yang menyumbat AC sehinggan menjadi kotor, dan juga tekanan freon telah habis.

1. Langakah-Langkah Mengatasi Ac Rumah Tidak Dingin Dengan Cara Mengecek AC Kotor Atau Tidak

Cek AC apakah ada kotoran, baik evaporator indoor / kondensor outdoor apakah ada debu. Sehingga hawa yang dingin tidak dapat menyebar ke seluruh ruangan.

Kalau memang kotor, sebaiknya di service / cuci jika sobat bisa melakukannya sendiri. Jika tidak bisa, sobat bisa memanggil teknisi AC profesional / tukang service AC langganan kamu.

2. Tekanan Freon Kurang / Habis

Jika AC ternyara bersih tapi tidak dingin / sejuk, langkah kedua yang sobat dapat lakukan ialah mengecek tekanan gas freon.

Coba pasang Manifold sobat pada nepel untuk pengisian freon diunit outdoor. Coba Lihat apakah tekanan masih ada atau habis sampai Nol. Jika tekanan masih ada, kemungkian hanya freon kurang. dan ini bisa dibilang wajar saja. Penyebabnya bisa dari kebocoran halus yang mungkin sulit untuk di cari, bisa juga dari nepel yang kendor.

Solusinya, silahkan kencangkan semua baut pada nepel, setelah itu tambahkan tekanan freon dengan jenis freon yang sama. Yang pastinya harus sesuai dengan batas maximal ampere dari mesin kompresor AC itu, sedangkan jika jarum pada manifold menunjukan angka Nol, berarti tekanan freonnya telah habis.

Ini disebabkan karena adanya kebocoran, Ini disebabkan oleh kebocoran, dalam hal ini bisa juga terjadi pada evaporator indoor, kondensor outdoor, pipa instalasi, sambungan pipa nepel ke indoor, atau nepel yang ada di outdoor. Langkah yang bisa sobat kerjakan ialah

Isilah freon sampai fulltank, pada umumnya 80 – 90 PSI, dan 125 PSI untuk AC Inverter.Jika sudah buka body indoor dan outdoor, dan jangan lupa buka juga Amarflex pembungkus pada pipa AC. Ambil spon yang diberi sabun agar ada busa.

Kemudian oleskan busa ke seluruh pipa tembaga dan juga kondensor maupun outdoor. coba lihat dan perhatikan baik-baik apakah terjadi gelembung udara / terdapat olie baik dipipa evaporator dan kondensor, jika terdapat banyak gelembung udara atau olie bercucuran berarti titik kebocoran ada pada freon tersebut.

3. Faktor Kebersihan

Waktu untuk pemakaian Ac berpengaruh sekali terhadap kinerja ac, contoh yang paling nyata ialah masalah kebersihan pada ac kita, kondensor bisa disebut juga sebagai Outdoor dan eveporator pada umumnya disebut juga sebagai Indoor, itu merupakan komponen AC yang berhubungan secara langsung dengan udara dilangit.

sehingga udara yang mengandung debu kotor menempel pada sirip indoor dan filter udara outdoor maka udara akan terhalang dengan debu kotor, jadi proses pembuangan suhu panas pada outdoor akan tersumbat, begitu juga pada indoor jika udara pada filter sudah tersumpel oleh debu maka yang akan terjadi lajunya aliran udara juga akan terhambat.

Sehingga udara yang dihembuskan blower yang menuju ruangan tidak maxsimal, jika yang kotor pada bagian pipa kondensor yang mengakibatkan terlalu panas, sehingga mempengaruhi kinerja kompressor yang mengakibatkan fatal terhadap motor kompressor, kapasitor, thermostats atau yang lainnya sehingga ac menjadi tidak dingin.

Saran dari saya cuci AC secara berkala, sendiri atau memanggil tukang AC. Jika sendiri sobat bisa membuka tutup indoor dan temukan filter udara apakah perlu di bersihkan atau tidak.

4. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil. AC sendiri mempunyai tegangan yang lebih kuat dibandingkan alat elektronik lainnya. Sehingga tegangan listrik yang tidak stabil dapat mempengaruhi kinerja AC.
Namun sobat tidak usah khawatir, tinggal menunggu tegangan listrik menjadi normal kembali, maka otomatis AC sobat akan kembali dingin.

5. Kapasitas Pendingin Ac Tidak Sesuai Dengan Luas Ruangan

Kalau sobat tidak menyesuaikan kapasitas pendinginannya secara luas kamar atau ruangan sobat, bisa jadi hal itu yang menyebabkan AC nggak dingin walau sudah sering dicuci atau dirawat dengan baik.

Jika kamu memiliki ruang kamar berukuran kecil, sangat disarankan untuk menggunakan AC dengan daya setengah PK. Sedangkan jika ukuran ruang kamar lebih besar, sobat disarankan untuk menggunakan AC dengan daya 2 PK.

6. Tekana Pada Freon Ac Kurang

Sebagai zat yang mengandung titik didih yang rendah, freon mempunyai manfaat sebagai bahan pendingin seperti AC dan kulkas. Oleh karena itu, freon yang kurang atau habis menjadi penyebab AC sobat tidak dingin.

Sebenarnya freon hanya perlu diisi ulang sekitar 4-5 tahun sekali, namun jika AC sobat harus sering diisi freonnya, mungkin ada penyebab yang lain seperti pipa freon yang mengalami bengkok, hal menyebabkan freon bocor.Jika umur AC sobat terbilang cukup baru namun freonnya sering habis, sobat perlu memeriksa ada atau tidaknya kebocoran yang ada pada pipa freon.

Cara Mengatasi Ac Rumah Tidak Dingin Dengan Cara Mengecek Indoor Ac Hidup Tetapi Outdoor Mati

Kasus ini yang paling sering terjadi di lapangan, langkah-langkah untuk mengatasi AC tidak dingin seperti ini ialah:

1. Cara Mengatasi Ac Rumah Tidak Dingin Dengan Cara Mengecek Mode Pada Remote Control

Pastikan mode pada remote dalam keadaan tanda bintang atau Cool, jangan di mode Dry, karena pada mode ini hanya untuk menyalakan motor FAN aja dan unit Outdoor tidak mendapatkan kiriman listrik. Jikalau pada mode bintang ( * ) atau cool untuk menyalakan kipas FAN dan mesin kompresor.

2. Cek Thermistor Ac Pada Unit Indoor

Settingan mode diremote control sudah betul, tetapi unit outdoor tidak hidup-hidup.Sekarang coba sobat cek Thermistor AC, apakah berfungsi baik.

Alat ini fungsinya sebagai alat otomatis supaya kompresor bisa standby setelah suhu diruangan mencapai suhu sesuai dengan remote atau tidak.

3. Cek Kapasitas Ac Pada Unit Outdoor

Masalah ini biasanya ditandai dengan hidupnys outdoor, tetapi hanya kipasnya yang berputar. Biasanya ini terjadi karena ada kerusakan pada kapasitor, dengan ditandai adanya benjolan pada kapasitor dibagian atas.

4. Ampere Kompresor Melebihi Batas Maxsimal

tanda yang sama pada kerusakan kapasitor, jika sobat telah mengecek kapasitornya, atau menggantinya dengan ukuran lebih besar, namun mesin tetap mengangkat, atau terdapat api yang menyala dan suara mesin.

Cara termudah dengan cara jepitkan rahang pada penjepit Tank Amper pada kedua kabel ( – ) dan (+) pada kabel kiriman Outdoor. Jangan lupa posisikan sakelar Clamp Meter pada posisi Ampere, untuk menunjukan melebihi batas Current ( A ) yang terdapat pada lebel AC itu. Maka kompresor itu telah mengalami Ampere Tinggi, solusi yang manjur mengganti AC dengan yang baru.

itulah solusi yang harus dilakukan jika ada masalah Ac tidak dingin, sampai jumpa di artikel berikutnya.