Cara Membuat Grontol Jagung

Makanan khas dan cara membuat grontol jagung ini sangat banyak sekali di gemari oleh banyak orang, khususnya di daerah yogyakarta ini yang dimana kelestarian budayanya masih sangat terjaga, walaupun keadaan sudah modern akan tetapi tidak meninggalkan ciri khas kota tersebut. mari simak cara membuat grontol jagung tersebut.

 

Bahan-Bahan Membuat Grontol Jagung

  • 1 kg pipilan jagung kering
  • 1 sdt kapur sirih
  • 3 liter air untuk 2 kali rebusan
  • garam kasar secukupnya
  • 1 buah kelapa, diparut lalu dikukus dengan sejumput garam halus

 

Cara Membuat Grontol Jagung

membuat grontol jagung

 

1. Pipilan jagung yang sudah dicuci bersih, direndam dalam air semalaman.

2. Cuci bersih jagung rendaman. Didihkan 1,5 liter air yang ditambah kapur sirih, masukkan jagung, lalu masak selama 45 menit.

3. Angkat jagung, tiriskan. Cuci 3-4 kali sampai benar-benar bersih.

4. Rebus kembali jagung dengan 1,5 liter air. Tambahkan sejumput garam.

5. Rebus sekitar 1 jam. Bila air tinggal sedikit, tambahkan air lagi. Rebus sampai jagung meletek.

6. Jagung yang sudah meletek ditiriskan. Campurkan dengan kelapa parut.

 

Jagung

Filosofi benih jagung itu sama persis dengan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan manusia. Kita tak bisa tumbuh dengan sempurna, baik secara emosi, spirit, dan sosial

Apalagi secara fisik bila terlalu berkompetisi memperjuangkan kebutuhan dan keinginan hidup. Kata “terlalu” perlu digarisbawahi karena kita akan menjadi egois dan tumbuh kerdil bila terlalu berkompetisi.

walau kita juga tak mungkin hidup sendirian. Hidup yang sempurna perlu tatanan dan tuntunan. Tanah yang menutupi benih jagung sama seperti masalah, kepelikan, beban hidup yang harus dipikul setiap orang. Tanpa beban, tanpa adanya masalah, kita mungkin tidak merasa penting untuk memiliki cita-cita dan impian.

Bahkan, cita-cita dan impian dengan begitu mudah akan terkubur bila tidak ada beban yang dipikul, sama seperti benih jagung yang begitu gampang dimakan ayam apabila diletakkan saja di atas permukaan tanah. Impian hidup dan semangat akan menguap dan mati begitu saja bila manusia tak memikul kesulitan hidup.

seperti benih jagung yang kering terpapar panasnya matahari. Kita membutuhkan sebuah tantangan hidup supaya kita tetap memperoleh inspirasi. Karena inspirasi adalah nyala api yang membakar semangat dan motivasi. Secara filosofis.

Pohon jagung itu berbuah hanya sekali. Hal ini perlu ditafsir atas dasar berfikir positif. Pohon jagung juga tidak bercabang. Dengan demikian, berpikir positif juga meningkatkan tingkat kepuasan jiwa dan perasaan bahagia. Orang yang berfikir positif selalu melihat segala sesuatu dari sisi positif sehingga bisa menikmati hidup lebih baik.

 

Beberapa manfaat jagung adalah:

1. Serat dalam jagung sangat bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan, sehingga dapat menurunkan resiko kanker usus.

2. Kaya mineral. Kandungan magnesium, tembaga besi, dan fosfor yang ada dalam bulirnya sangat bermanfaat untuk tulang  dan meningkatkan fungsi ginjal.

3. Jagung kaya akan antioksidan yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda.

4. Vitamin B dan asam folat yang dalam bulir jagung dapat meningkatkan sel darah merah yang berkurang karena seseorang terkena penyakit anemia.

5. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

6. Jagung  bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari dari cacat lainnya.

Dengan mengkonsumsi karbohidrat non beras diharapkan kita dapat mengambil manfaat yang lebih variatif dari beragam sumber pangan lokal yang tersedia di daerah untuk meningkatkan kesehatan keluarga dengan biaya yang terjangkau.