Cara Membuat Pompom Kentang

Cara Membuat Pompom Kentang

√ Cara Membuat Pom-Pom Potato Enak Gurih

Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang satu makanan atau camilan yang lezat yaitu Cara Membuat Pompom Kentang. makanan ini sangat diminati oleh berbagai macam usia seperti halnya anak-anak hingga orang tua karena banyak mengandung gizi untuk kesehatan karena berbahan dasar dari Kentang. simak penjelasan lengkap tentang cara pembuatan Pompom kentang dan Resepnya dibawah ini ya.

Cara membuat dan bahan-bahan yang diperlukan :

Bahan-bahan :

  • Kentang – 500 gram
  • Susu bubuk – 2 sdm
  • Garam – 1 sdt
  • Merica bubuk – 1/2 sdt
  • Parsley kering – 1/2 sdt
  • Sosis sapi, potong kecil-kecil – 3 buah
  • Keju mozzarella atau filling keju – 75 gram

Cara bikin pompom kentangnya :

1. Kukus kentang, lalu haluskan. campur kentang yang telah dihaluskan dengan semua bumbu dan potongan sosis. aduk semua hingga rata.

2. Ambil 1 sendok adonan, beri isian keju. lalu, bentuk kentang menjadi bulat oval atau sesuai selera.

3. Gulingkan ke tepung terigu, lalu celupkan ke kocokan telur.

4. Terakhir, gulirkan ke tepung panir atau tepung roti halus.

5. Diamkan di kulkas selama kurang lebih 10 menit, agar tepung roti menempel sempurna.

6. Goreng dengan api kecil, dan pastikan kentang terendam sempurna (deep frying). goreng sampai kentang keemasan. lalu tiriskan.

7. Siap disajikan sebagai bekal.

 

Fakta Menarik Tentang Kentang

1. Kentang sudah ditemukan sejak 2000 tahun yang lalu

Kentang pertama kali ditemukan di wilayah pegunungan Andes di Peru oleh suku Inka, sekurang-kurangnya sejak 2000 tahun yang lalu sebelum kedatangan penjajah Spanyol. Berawal dari ditemukannya dalam penggalian terdapat butiran pati kentang. Nama Potato berasal dari bahasa Inka yaitu ‘papa’ yang serupa dengan ‘batata’.

2. Bentuk dan warna kentang yang beragam

Bentuk dari tanaman kentang ini sangat beragam, namun yang sering dijumpai di daerah Indenesia hanyalah yang berbentuk bulat dan lonjong. Padahal bentuk dari kentang ada yang kotak, memanjang maupun pipih. Warna kentang terdiri dari beberapa jenis yaitu ada yang berwarna kuning cerah, jingga, merah, maupun ungu.

3. Tidak meratanya permukaan kulit kentang

Variasi permukaan kulit kentang ini dikarenakan dengan adanya tunas samping (aksilar) atau biasa dikenal sebagai mata. Setiap mata adalah sekelompok tunas, lalu disetiap tunas mampu tumbuh menjadi batang yang baru. Jika diperhatikan mengapa kulit kentang sering mengelupas? Hal ini terjadi karena umbi yang belum siap matang dan juga akibat daei pembentukan kuliat yang tidak memadai.

4. Saat menyimpan kentang halangi cahaya agar tidak terkena paparan sinarnya langsung

Saat menyimpan kentang harus pada suhu 2-4°C. Suhu yang tinggi akan memperpendek umur simpan kentang karena meningkatnya respirasi. Di samping itu, paparan sinar cahaya harua dihalangi hal ini dilakukan untuk menghindari terbentuknya klorofil yang menyebabkan penghijauan pada kentang dan membuat rasa pahit pada daging kentang.

5. Dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat

Siapa yang tidak kenal dengan kentang? Rasanya yang enak banyak disukai oleh lidah orang Indonesia mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Mendapatkan nya pun mudah dan murah. Kentang dapat diolah menjadi berbagai masakan seperti perkedel kentang, Sambalado kentang, kentang krispi dan banyak lagi.

6. Tanaman kentang dapat tumbuh di Mars seperti dalam film ‘The Martian’

Di film ini diceritakan Mark Watney menanam tanaman kentang untuk dikonsumsi olehnya untuk bertahan hidup selama tinggal di planet Mars. Di planet merah ini terdapat kandungan air dan beberapa nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan suatu tanaman.

Watnet menunjukkan bagaimana ia menumbuhkan tanaman kentang dengan menggunakan tanah dari planet Mars. Sungguh mengejutkan, tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik dan dapat ia konsumsi untuk bertahan hidup.

Ternyata pada Februari 2016 lalu, peneliti dari International Potato Center di Peru telah melakukan eksperimen serupa. Mereka menanam kentang dalam sebuah kontainer besar yang temperatur serta kondisi atmosfernya mirip dengan Planet Mars. Berdasarkan dokumentasi videonya, tanaman ini benar-benar bisa tumbuh dan berkembang.