Cara Membuat Roti John

Cara Membuat Roti John

Resepi / Cara Buat Roti John Cheese Yang Sedap & Paling Mudah - YouTube

Halo teman-teman semua kali ini kita mau bahas Cara Membuat Roti John loh teman-teman makanya tunggu apalagi mari kita terus bereksperimen mumpung dirumah enaknya buat camilan kan? makanan ini seperti sadwich loh teman-teman karena bentuk rotinya yang panjang dan berisi telor dadar bisa dibilang martabak telornya orang barat mungkin ya hehe.

Cara membuat dan bahan-bahan yang diperlukan :

Bahan-bahan :

  • Roti tawar – 10 lbr
  • Telur ayam – 3 butir
  • Kornet sapi – 2 sendok penuh
  • Daun bawang, potong tipis2 – 1 btg
  • Garam, Lada, Kaldu jamur – secukupnya
  • Keju procizz oles – secukupnya
  • Margarine, cairkan – 4 sdm
  • Bubuk bawang putih – 1 sdm
  • Rumput laut – secukupnya
  • Mayonaise – secukupnya
  • Saus sambal – secukupnya

Cara bikin roti johnnya :

  1. Campurkan telur, kornet, daun bawang, garam, kaldu, lada. Aduk hingga rata.

  2. Campurkan saus garlic dan aduk rata

  3. Campurkan saus mayo dan aduk rata

  4. Siapkan keju oles jadi saus keju yg siap di oles

  5. Olesi roti 1 sisi dgn saus garlic, 1 sisi dgn saus keju

  6. Panaskan teflon dgn sedikit margarin, tuang 3-4 sdm campuran telur&kornet

  7. Timpah langsung dgn roti yg udh di oles2. Sisi saus keju nempel dgn adonan telur. Diamkan sesaat, balik.

  8. Sambil nunggu sisi saus garlic kecoklatan, olesi atas telur dgn saus mayo.

  9. Jika sisi saus garlic sdh kecoklatan dan roti agk garing, angkat. Ulangi terus smpe adonan dan habis.

  10. Tumpuk2 sesuka hati deh. Kalo saya 1 porsi 3 tumpuk dgn susunan terluar adalah sisi roti yg bersaus garlic. Agak ribet, tp gampang kok. Dan ini bneran enakkk.

    Sejarah Roti John

    Roti john salah satu kuliner yang lagi hype di kalangan milenial nih sekarang. Tapi tahukah kamu sejarah adanya hidangan roti yang menggiurkan itu? Siapa sangka Okezoners, hidangan roti john ternyata sudah populer di masa perang zaman dulu. ada seorang Muslim India berkulit putih yang membuka warung di daerah Koek Road, Singapura. Kemudian, setiap Kamis sekumpulan para prajurit biasa pergi ke klub Union Jack yang berada di North Bridge Road, tepatnya belakang Capitol Cinema. Setelah itu, mereka jalan kaki melewati Koek Road. Mereka sengaja membeli setengah roti khas Perancis dengan omelet di dalamnya. Lalu, roti itu dibawa sebagai hidangan khas makan malam sampai jadi tren.

    Saat menyebutkan pesanannya, para prajurit itu biasa melontarkan kata “roti” yang berarti hidangan roti yang diinginkan dan “john” orang berkulit putih. Dengan kata lain roti yang populer itu, sudah dijuluki roti john oleh para penggemarnya. Tetapi ada hal yang dianggap Abdul menjengkelkan saat para prajurit itu memesan hidangan spesial itu. Sambil berkata “Ya Roti”, Abdul memecahkan satu telur di kaleng saat orang kulit putih yang menyebut pesanannya. Kalau orang Asia yang memesan, dia akan memberi dua telur sekaligus. Terlepas dari itu, memang banyak versi asal-usul roti john yang sampai sekarang makanan itu populer. Menurut cerita lain dari tahun 1960-an, roti john pertama kali disajikan ketika seorang penjaja Melayu di Sembawang, memasak sandwich telur dadar khusus untuk orang Inggris yang ingin makan burger.

    Media setempat melaporkan bahwa hidangan itu dapat dibeli di daerah-daerah yang jadi tempat berkumpulnya banyak prajurit Inggris. Seperti di Changi, Alexandra, Nee Soon, Sembawang, Bedok, dan Orchard Road. Kemudian hidangan itu terkenal seantero Singapura, yang juga dijuluki sebagai sajian hot dog lokal. Siapapun yang membeli, para pedagang akan memasak roti panjang, kemudian diberi topping telur dadar, daging cincang, keju yang meleleh sampai disiram saus sambal dan mayones biar tambah enak.