Cara Membuat Serabi Solo yang Enak Seperti Aslinya

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat serabi solo yang mantap enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat sudah sering melihat serabi di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli serabi dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Serabi ialah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Sebelum kita ke pembahasan yuk kita sari tahu dulu asal usul serabi.

 

Asal Usul Serabi

Serabi berasal dari bahasa sunda yaitu โ€˜suraโ€™ yang berarti besar. Serabi sudah menjadi makanan tradisional yang banyak digemari sejak tahun 1923. Asal usul serabi hingga kini masih diperdebatkan.

Ada yang menyebutkan serabi berasal dari India, namun ada juga yang mengatakan serabi mendapatkan pengaruh panekuk yang berasal dari Belanda.

Bentuk serabi mirip dengan pancake, hanya saja ukurannya lebih kecil dan lebih tebal. Umumnya, adonan serabi dibuat dari tepung beras atau tepung terigu, mentega, dan telur sebagai bahan utama. Adonan tersebut kemudian dicetak di dalam cetakan yang terbuat dari tanah liat, dan dibakar menggunakan tungku atau kayu bakar.

Secara tradisional, serabi biasanya disajikan bersama kuah atau saus yang dibuat dari gula jawa dan santan kelapa yang disebut dengan kinca.

Seiring berjalannya waktu, kini sudah banyak modifikasi serabi yang ditambahkan berbagai toppingan manis dan asin, seperti keju, daging, jagung, dan lainnya. Dan disajikan dengan tambahan mayones atau saus cokelat.

Terdapat banyak macam serabi di Indonesia, seperti serabi solo, serabi jakarta, serabi bandung, serabi mataram, dan serabi modern. Hanya saja, hanya dua jenis serabi yang cukup terkenal di Indonesia, yakni serabi bandung dan serabi solo. Kedua jenis serabi ini memiliki perbedaan, baik dari bahan hingga penyajian yang berbeda. Jika serabi bandung menggunakan tepung terigu sebagai bahan utamanya, maka serabi Solo menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya.

Untuk penyajian, serabi bandung biasanya disajikan bersama kinca, sedangkan pada serabi solo, santan ditambahkan ke dalam adonan.

Ada lagi serabi minang yang banyak dijumpai di Medan, Sumatera Utara. Serabi ini biasanya disajikan bersama kuah yang dibuat dari campuran gula dan buah-buahan, serabi dengan kuah durian adalah jenis serabi yang paling sering dicari.

Serabi Solo

Bahan-Bahan

  • 500 grm tepung beras
  • 10 sdm tepung terigu
  • 600 ml santan cair
  • 100 ml santan kental (areh)
  • 1/2 sdt fermipan
  • 15 sdm gula pasar (sesuai selera)
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt garam
  • 3 lmbr daun pandan
  • secukupnya Air hangat

Cara Membuat Serabi Solo

  1. Rebus santan cair dan santan kental dengan daun pandan sampai mendidih di tempat terpisah (tunggu sampai dingin)
  2. Siapkan baskom campurkan tepung beras dan tepung terigu kemudian aduk rata
    Aktifkan fermipan dg 1 sdt gula pasir ke dalam gelas kemudian masukkan air hangat secukupnya (tunggu bbrp saat sampai berbusa)
  3. Campurkan gula pasir, garam, vanili bubuk ke dalam santan yg sudah dingin aduk sampai rata dan gula mencair
  4. Kemudian campurkan adonan santan dengan campuran tepung lalu aduk sampai rata dan tidak bergerindil kemudian masukkan fermipan yg sudah aktif aduk lagi sampai adonan tercampur rata(kekentalan adonan seperti minyak tidak encer dan tidak kental)
  5. Panaskan teflon kecil untuk memanggang dg api kecil, panggang adonan dalam teflon kemudian tuang areh dan taburi toping sesuai selera (saya pakai keju dan meses)
  6. Tunggu serabi bersarang kemudia tutup masak sampai matang. Selamat mencoba

Serabi Solo Mini

Serabi yang satu ini sebenarnya sama saja hanya saja yang membuatnya lebih menarik dilihat dari ukurannya yang mini yang semaking menarik untuk dinikmati.

Bahan-Bahan

Bahan kering:

  • 1 sdm tepung terigu
  • 100 gr tepung beras
  • 25 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt soda kue
  • Bahan santan
  • 200 ml uht santan
  • 200 ml air

Toping :

  • meses coklat

Cara Membuat Serabi Solo Mini

  1. Masak santan uht dan air aduk sampai mendidih, jika sudah hangat hangat kuku,ambil bagian paling atas kira kira 100 ml sisihkan ini untuk santan areh atasnya
  2. Setelah santan hangat, campur sisa santan kira kira 300 ml dengan bahan kering aduk
  3. menggunakan wish sampai benar benar larut tidak ada yang bergidil
  4. Kemudian tunggu kira kira 90 menit sampai adonan mengembang
  5. Di sini saya memakai cetakan serba guna…jika tidak ada cetakan bisa memakai wajan biasa…
  6. Setelah 90 menit…ambil satu sendok sayur masukkan dalam cetakan sambil di tekan sehingga ada
  7. jejak di pinggiran, tutup jika sudah berlubang masukkan santan areh diatasnya dan beri toping tutup kembali
  8. Jika sudah matang bisa di angkat taruh di atas daun pisang karena ini tidak bisa di gulung
  9. NB: sebenarnya memakai 350 santan dari 1/2 butir kelapa,karena saya malas yang memarut jadi
  10. memakai santan uht, untuk santan areh diambil 50 ml dari 350…karena saya pingin yg kayak
  11. aslinya jd q tmbai 100 ml…tapi tetap campuran adonannya 300 ml santan

Serabi Solo Lumer

Bahan-Bahan

  • 7 sdm muncung tepung beras
  • 1 sdt fermipan
  • 2 butir Telur
  • 500 ml Santan cair yang sudah direbus dengan pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 5 sdm muncung gula pasir
  • Mentega untuk olesan
  • 150 ml Santan kental

Cara Membuat Serabi Solo Lumer

  1. Santan cair yang sudah direbus dengan pandan dibiarkan hingga hangat agak dingin kemudian dicampurkan dengan tepung beras dan fermipan gula dan garam (aduk sampai benar2 rata dan halus tidak bergerindil)
  2. Setelah rata masukkan telur kemudian aduk lagi sampai benar2 tercampur, jika kurang encer bisa ditambahkan air sedikit2 saja agar tidak kelewat encer, adonan dalam bentuk cair tapi tidak seperti air jernih, kekentalan seperti minyak goreng
  3. Olesi wajan (cekung) dengan mentega kemudian masukkan 1 centung sayur kedalam wajan (ditengah2 wajan) kemudian putar wajan agar adonan melebar seperti bentuk apem Selong lalu tutup. Jangan lupa ya teman2 apinya pake yang kecil banget alias paling kecil
  4. Ketika sudah setengah matang masukkan 1-2sdm santan kental dan ratakan diatas kue lalu tutup kembali tunggu hingga kurleb 3 menit sampai pinggiran kue berubah warna menjadi kecokelatan
    Angkat, lalu gulung. Lakukan sampai adonan habis…
  5. Proses memanggang diatas kompor butuh kesabaran, tapi terbayarkan dengan rasa serabi yang begitu lembut dan nikmat.. selamat mencoba.

Nah demikianlah beberapa cara membuat serabi kuah semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar cara membuat serabi. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. ๐Ÿ™‚