Cara Memperbaiki AC Mobil Bocor Mudah di Lakukan Sendiri

Cara Memperbaiki AC Mobil

Pada umunya cara memperbaiki AC mobil bocor itu ada berbagai macam cara dan penyebabnya. Namun pada kesempatan ini saya akan sharing kepada anda cara memperbaiki kondensor ac mobil bocor.

Cara Memperbaiki AC Mobil Bocorcara mengatasi ac mobil panther tidak dingin,

AC atau air conditioner merupakan komponen mobil yang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap kendaraan dengan peran pentingnya yang begitu dirasakan oleh para pengguna mobil yang sering berkendara di kota-kota besar.

Salah satu suku cadang atau komponen yang begitu penting pada AC mobil adalah condenser atau biasa dikenal dengan kondensor.

Kondensor memiliki fungsi untuk mendinginkan atau membuang panas agar dapat menurunkan suhu refrigerant yang berbentuk gas dan bersuhu tinggi serta terjadinya proses kondensasi.

Refrigerant atau freon dalam wujud gas yang dipompa oleh kompresor AC, masuk lewat inlet (warna merah) dalam  kondisi bersuhu dan bertekanan tinggi.

Hembusan atau hisapan angin dari fan kondensor atau cooling fan membuang panas yang dihasilkan serta menurunkan tekanan refrigerant hingga terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair.

Selanjutnya modulator yang juga terdapat filter dryer didalamnya bertugas untuk memastikan bahwa yang keluar dari kondensor adalah refrigerant (freon) cair, sebelum dikabutkan oleh expansi valve.

Pada umumnya kondensor AC mobil terletak dibagian depan mobil serta berdekatan dengan radiator.

Namun ada juga kondensor yang tempatnya terpisah dari radiator sehingga membutuhkan extra fan untuk memaksimalkan pendinginan refrigerant atau freon tadi.

Sebagai salah satu komponen AC mobil, maka kondensor juga tidak luput dari kerusakan.

Kondensor yang bocor pun juga dapat mengurangi jumlah freon pada sistem pendingin tersebut yang membuat kerja AC akan semakin berat dan membebani mesin.

Jika kebocoran tersebut tidak segera diatasi, maka seiring dengan berjalannya waktu AC akan rusak secara keseluruhan.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk menjaga kondensor agar tetap bersih dari debu atau kotoran serta memastikan extra fan bekerja dengan baik.

Penyebab dan Cara Memperbaiki AC Mobil Mengalami Kebocoran

Penyebab dari kebocoran pada kondensor AC mobil. Biasanya karena faktor usia sehingga kondensor berkarat dan akhirnya bocor.

Namun sebenarnya masa pakai kondensor dapat dikatakan cukup lama, bahkan pada saat mencapai 500.000 km belum tentu kondensor tersebut keropos dan bocor.

Pada sebagian besar kasus yang pernah kami tangani, kebocoran tersebut lebih cenderung terjadi akibat kecelakaan atau berbenturan dengan benda keras.

Jadi pada kesimpulannya kondensor memiliki keawetan yang dapat dikatakan bagus karena masa pakainya yang cukup lama.

Mengingat betapa pentingnya kondensor bagi sistem pendinginan mobil, jangan sampai Anda meremehkan kebocoran pada kondensor AC mobil tersebut.

Cara Memperbaiki AC Mobil Bocor

Apabila bagian kondensor tersebut mengalami kebocoran, maka tidak ada lagi komponen yang nantinya bertugas untuk menurunkan suhu panas yang ada di refrigerant. Akibatnya suasana kabin pun terasa panas.

Mengetahui penyebab kerusakan kondensor agar kondensor dapat berfungsi kembali, lakukan tips mengatasi kebocoran pada kondensor ac mobil di bawah ini.

1.Memeriksa Kondensor

Cara sederhana untuk mengetahui kerusakan yang terjadi adalah dengan memeriksa bagian kondensor ac mobil terlebih dahulu.

Apabila Anda mahir dalam hal bongkar pasang komponen ac mobil, silahkan periksa kerusakannya sendiri.

Tapi, lakukan dengan pelan ya agar tidak mengganggu ataupun merusak komponen lainnya.

Apabila Anda tidak bisa memeriksa kondensor sendiri, mintalah bantuan jasa teknisi spesialis ac mobil yang ada di bengkel resmi ataupun bengkel ac yang sering Anda kunjungi.

Pemeriksaan di bengkel sebenarnya lebih akurat dibandingkan memeriksa sendiri karena teknisi sudah lebih tahu bagaimana ciri-ciri kondensor yang rusak.

2.Mengukur Tingkat Kerusakan

Mengetahui tingkat kerusakan kondensor tidaklah sulit. Cukup dengan menggunakan sebatang pipa.

Anda dapat mengetahui apakah kerusakan kondensor ringan atau parah. Ambil pipa tersebut, lalu tiupkan ke bagian kondensor.

Apabila tiupan pipa terasa ringan, maka kerusakan pada kondensor ac mobil masih ringan.

Sebaliknya, jika tiupan pipa terasa berat, berarti kerusakannya parah sehingga Anda perlu mengganti bagian kondensor ac agar kerusakannya tidak bertambah parah.

3.Mengganti Kondensor

Jika tingkat kerusakan kondensor sudah parah, Anda perlu mengganti kondensor tersebut dengan kondensor yang baru.

Penggantian ini bertujuan agar kerusakan kondensor tidak meluas ke komponen-komponen lainnya pada ac mobil.

Sehingga komponen yang perlu diganti hanya bagian kondensor saja, tidak bagian lainnya. Dengan demikian, Anda pun dapat menghemat jumlah uang yang akan dikeluarkan.

Pilihlah kondensor yang bagus yang sesuai dengan tipe dan merk mobil. Perhatikan kualitas kondensor tersebut.

Untuk mengetahui kualitas atau bertanya-tanya tentang kondensor, silahkan langsung mengunjungi bengkel ac mobil di kotamu.

Lakukan perawatan secara rutin terhadap kondensor dan komponen AC lainnya.

Begitulah penyebab dan cara memperbaiki ac mobil yang bisa saya sharing kepada anda. Di bawah ini saya akan sharing kepada anda bagaimana cara merawat ac mobil

Cara Merawat AC Mobilcara mengatasi ac mobil panther tidak dingin,

1. Menjaga Kebersihan Kabin

Cara termudah merawat ac mobil yaitu selalu menjaga kebersihan kabin dari debu dan kotoran.

Pakailah karpet sebagai alas di dalam kabin agar debu dan kotoran yang menempel tidak langsung mengenai lantai mobil. Kalau lantai mobil kotor, tinggal buka karpet. Lalu, pasangkan kembali.

2. Mencuci Bagian Kondensor

Kondensor bentuknya mirip dengan radiator mobil. Bagian kondensor juga perlu dirawat dengan membersihkannya secara rutin.

Kalau tidak, maka kondensor mudah berkarat atau korosi dan keropos. Hidupkan air kencang dan semprotkan langsung pada bagian kondensor. Terutama di bagian sela-sela kondensor yang berdebu.

3. Memarkirkan Mobil di Tempat yang Teduh

Memilih parkir yang teduh juga termasuk cara untuk merawat ac. Pasalnya kondisi ac akan terganggu jika mobil terlalu lama diparkirkan di tempat yang panas.

4. Tidak Merokok di Dalam Mobil

Asap dari puntung rokok sangat berbahaya bagi ac mobil. Karena asap tersebut dapat diserap masuk ke dalam komponen ac melalui lubang filter.

Asap rokok yang menempel di dalam kabin juga sangat sulit dihilangkan karena sifatnya yang pekat.

5. Tidak Membuka Kaca Mobil

Membuka kaca mobil terlalu sering menyebabkan debu dan kotoran mudah masuk ke bagian kabin sehingga kabin menjadi kotor.

Tidak hanya itu saja, debu dan kotoran nantinya juga masuk ke dalam lubang ac yang mengakibatkan ac menjadi tidak dingin. Oleh sebab itu, sebaiknya matikan ac mobil setiap kali kaca mobil dibuka.

AC (Air Conditioner) adalah salah satu bagian penting pada interior mobil. Penting karena mempunyai beberapa manfaat.

Salah satunya menyejukkan suasana atau ruangan di dalam mobil. Karena itu AC mobil tidak dingin adalah musuh semua pengendara mobil.

6. Tidak Makan di Dalam Mobil

Makan di dalam mobil sebenarnya sah-sah saja. Namun, Anda perlu berhati-hati saat makan di dalam mobil, apalagi kalau makannya berkuah. Jangan sampai makanannya tumpah, apalagi di dekat ac mobil.

Demikian yang bisa saya sharing kepada anda cara memperbaiki ac bocor pada mobil. Semoga tips dan cara tersebut bisa bermanfaat untuk anda