Expert Marketing Digital Yang Perlu Dikuasai Pengusaha

Expert Marketing Digital
Expert Marketing Digital didalam Digital marketer merupakan profesi yang relatif masih muda. Baru sekitar tahun 2000-an istilah digital marketing muncul. Berdasarkan definisi HubSpot, digital marketing adalah sebuah bentuk usaha pemasaran yang dijalankan secara online.

Dengan demikian Expert Marketing Digital, cakupan kerja digital marketer lebih luas. Dia adalah orang yang tidak sekedar bekerja mempromosikan produk atau layanan. Lebih dari itu, dia juga harus menguasai beberapa macam keahlian.

 

Search Engine Optimization (SEO)

dalam Expert Marketing Digital , SEO guna mendongkrak bisnis online (yang biasanya berbasis website) supaya muncul di halaman pertama situs pencarian seperti Google, Yahoo, maupun Bing.

SEO sendiri ditentukan oleh banyak faktor yang terdapat pada konten web page Anda. Misalnya seperti penggunaan keyword, penyisipan gambar, penggunaan meta title dan meta description, jumlah kata, hadirnya keyword pada header dan title, dan masih banyak lagi.

Penulisan dan Pembuatan Konten

Konten adalah informasi. Konten pada dunia internet hadir dalam banyak bentuk seperti blog post, social media post, video, audio, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, content writer memiliki spesialisasi pada bidang konten berbentuk teks.

Lebih jauh lagi, content writer yang baik harus memiliki pegangan yang kuat terhadap gaya serta tata bahasa, kemampuan riset, kemampuan menulis dengan cepat dan taat deadline, pengetahuan yang luas mengenai subjek tulisan, serta kreativitas yang tinggi untuk menghasilkan konten yang segar.

Analytics Expert Marketing Digital

Salah satu keuntungan dari berbisnis di era digital seperti sekarang ini adalah kemunculan banyak analytic tools yang membantu memantau dan menganalisis campaign pemasaran.

Selain itu tools macam itu juga membantu digital marketer memantau data-data terkait jumlah pengunjung sebuah situs, demografi pembeli, performa produk, dan lain-lain.

Kenapa data-data semacam itu penting? Sebab hasilnya bisa digunakan untuk mengambil keputusan terkait performa bisnis online.

Social Media Expert Marketing Digital

Media sosial kini hadir lewat berbagai macam platform mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, hingga aplikasi instant messenger seperti Line.

Digital marketer sebetulnya bekerja di antara kerumunan media sosial. Karena itulah teknik pemasaran yang dipakai seorang digital marketer berbeda dengan teknik marketing tradisional.

Sebagai contoh, seorang digital marketer bisa bekerjasama dengan selebgram untuk mempromosikan brand melalui platform Instagram. Atau dalam kasus lain, seorang digital marketer bisa menjajal teknik video marketing untuk mempromosikan sebuah campaign yang dijalankan lewat platform media sosial seperti Instagram maupun Youtube.

Desain Grafis Expert Marketing Digital

Desain grafis penting karena tidak semua informasi pemasaran dapat disampaikan secara efektif hanya dengan kata-kata saja. Lagipula, visual bisa lebih berbicara dan meninggalkan kesan mendalam daripada rentetan kata-kata.

Jika tidak menguasai keahlian desain grafis, seorang digital marketer mesti memahami tipe desain macam apa yang mampu menggoda konsumen untuk membeli produk.

Itulah lima keahlian yang sebaiknya dimiliki oleh seorang digital marketer. Di zaman ketika internet jadi sebuah ruang untuk meraup kapital, rasanya penting bagi kita untuk menguasai cara-cara kerja internet agar bisnis bisa berkembang pesat.