Jasa Pemasaran Online Untuk Mengembangkan Bisnis

jasa pemasaran online

Jasa Pemasaran online atau yang juga dikenal sebagai digital marketing, menjadi strategi yang terbukti ampuh untuk mendatangkan penjualan. Penggunaan internet yang semakin intensif, menjadikan tren strategi pemasaran online di tahun 2020 mengalami perkembangan ke arah yang lebih kompleks. Di tahun ini, ada sejumlah elemen penting yang turut mempengaruhi strategi pemasaran online tahun 2020.

Perubahan ini membuat para pelaku usaha berlomba-lomba untuk mengoptimasi teknik digital marketing demi menghasilkan keuntungan. Bagi anda yang sedang menjalankan bisnis online, maupun yag sedang mencoba teknik digital marketing, ada baiknya anda memperhatikan beberapa perubahan yang akan menjadi tren dalam pemasaran online di tahun 2020.

Jasa Pemasaran Online Untuk Tahun 2020

  1. Mengoptimalkan Teknik Digital Marketing Menggunakan Social Media

 

Tak bisa dipungkiri, media sosial masih menjadi tempat terbaik untuk menemukan konsumen potensial. Social media marketing adalah cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis anda di tahun 2020. Platform media sosial seperti Instagam dan Facebook masih menjadi andalan untuk membidik konsumen potensial.

Di Indonesia sendiri, tercatat ada lebih dari 1 milyar orang menjadi pengguna aktif platform Instagram. Ini lah yang membuat Instagram masih menjadi media terbaik untuk menjaring lebih banyak audiens untuk dijadikan konsumen sebuah bisnis.

Menggunakan akun sosial media bisnis seakan menjadi keharusan bagi pelaku usaha di era sekarang. Selain Instagram dan Facebook, platform berbagi video Youtube pun sangat efektif dijadikan strategi pemasaran online di tahun 2020.

Walaupun terlihat mudah, menjalankan Jasa Pemasaran online tidak lah sesederhana yang anda fikirkan. Untuk mengubah audiens menjadi pelanggan, anda harus memperhatikan begitu banyak kriteria dan strategi social media marketing yang terus berkembang.

Bagi anda yang sedang menjalankan Jasa Pemasaran online di tahun 2020 ini, menyajikan konten berkualitas yang dapat menjawab permasalahan banyak orang, merupakan syarat wajib untuk mendatangkan lebih banyak konsumen potensial pada akun media sosial bisnis anda. Jika dijalankan secara tepat, akun social media anda bisa menjadi alat pemasaran online yang efektif dalam mendatangkan keuntungan.

Menggunakan Augmented Reality Untuk Bisnis Online

 

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Augmented Reality (AR) kan? Namun bagaimana bisa teknologi AR menjadi tren pemasaran online saat ini?

Sebelum lebih jauh, mari kita membahas teknologi AR. Augmented Reality adalah teknologi yang mampu memproyeksikan benda bertual 2 dimensi atau 3 dimensi pada sebuah lingkungan nyata.

Seperti di film fiksi ilmiah, anda bisa melihat sebuah benda 3 dimensi yang dapat disentuh dengan bantuan ponsel pintar di lingkungan nyata. Teknologi AR ini mulai populer beberapa tahun belakangan. Banyak perusahaan besar yang memasukkan teknologi AR dalam teknik digital marketing.

Contoh penggunaan teknologi AR yang populer adalah aplikasi game Pokemon Go. Game yang sempat booming di tahun 2015 lalu ini menggunakan animasi yang bisa ditangkap melalui layar ponsel pintar.

Adapula IKEA, perusahaan furniture asal Swedia ini menggunakan AR untuk menghitung skala penempatan furnitur virtual. Dengan aplikasi ini, anda bisa memilih dan memadupadankan furnitur yang sesuai untuk rumah anda sebelum membeli produk.

Teknologi AR juga digunakan untuk industri kosmetik, seperti pada aplikasi YouCam Makeup yang dikeluarkan oleh Perfect Crop. Aplikasi ini dibuat untuk melakukan virtual make up melalui kamera ponsel. Dengan teknologi ini, anda tentu lebih mudah memilih produk make up karena sudah mencobanya lebih dulu. Dari contoh tersebut, kita bisa melihat begaimana penerapan teknologi AR sebagai salah satu teknik digital marketing yang digunakan perusahaan dunia.

Namun untuk menggunakan teknologi ini diperlukan dana yang sangat besar. Banyak aplikasi yang harus dikembangan saat menggunakan teknologi ini, seperti efek 3D, artificial inteligent (AI), grafis yang beresolusi tinggi, dan masih banyak lagi.

Konten Marketing Masih Jadi Tren Strategi Pemasaran Online

 

Walaupun sudah cukup lama digunakan sebagai strategi pemasaran online, konten marketing masih menjadi senjata ampuh yang mampu menghasilkan penjualan.

Konten marketing adalah strategi bisnis online menggunakan konten berkualitas. tidak hanya berbentuk artikel atau copywriting semata, konten visual seperti foto dan video juga dapat menarik minat audiens untuk mengunjungi sebuah bisnis.

Konten marketing sangat berkaitan dengan optimasi aset digital. Untuk melakukan strategi ini, pastikan anda memiliki berbagai aset digital seperti website bisnis, marketplace, juga akun media sosial bisnis. Membuat Konten berkualitas yang menyajikan informasi yang diperlukan banyak orang, dapat menarik minat audiens menjadi traffic situs bisnis, membangun brand awareness, yang pada akhirnya dapat menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Search Engine Optimization (SEO) Jadi Teknik Digital Marketing

 

Saat ini teknik SEO telah menjadi strategi pemasaran online yang cukup mumpuni mendatangkan keuntungan. Dalam bahasa sederhana, teknik SEO adalah upaya untuk mempengaruhi mesin pencarian online agar menampilkan konten atau situs bisnis pada daftar utama penelusuran online.

Pada tahun 2020, teknik SEO menjadi sesuatu yang wajib dikuasai sebagai teknik digital marketing di Indonesia. Mempelajari teknik SEO memang tidak mudah. Teknik ini memerlukan kecakapan analisa dengan rumus yang kompleks, hasil dari optimasi menggunakan teknik SEO pun selalu berubah ubah tergantung dari algoritma yang diterapkan oleh Google.

Walaupun rumit, SEO mampu menghasilkan lebih banyak traffic organik pada website bisnis. Ini lah mengapa teknik SEO sangat diminati sebagai teknik digital marketing. SEO terbukti ampuh mendatangkan keuntungan pada bisnis online yang anda jalankan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempelajari teknik SEO di tahun 2020, sebagai berikut:

  • Mengandalkan Features Snippet

Seorang pelaku SEO profesional dapat meningkatkan visibilitas website bisnis di laman pencarian online Google dengan mengoptimalkan penggunaan featured snippet. Tak jarang, anda akan menemukan hasil pencarian online tanpa harus mengunjungi sebuah website. Hasil pencarian ini dinamakan zero-click search, atau position zero.

Jika sudah menempati posisi ini, website anda akan direkomendasikan oleh Google pada peringkat teratas halaman satu penelusuran online. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan zero-click search, antara lain:

    • Menggunakan long-tail keywords berbentuk kalimat tanya.
    • Menyajikan konten website yang menjawab pencarian user secara lengkap dan jelas.
    • Menggunakan konten dengan format list atau daftar jawaban.
    • Membangun backlink yang berkualitas.
  • Mengenal Algoritma BERT

Pada tahun 2019 lalu, Google baru saja mengeluarkan algoritma terbarunya. Algoritma bernama BERT ini akan menjadi tren pada pemasaran online di tahun 2020.

Sekilas mengenai algoritma ini, BERT (Bidirectional Encoder Representations Transformers) adalah teknologi terbaru yang dirancang agar Google memahami konteks pencarian online secara lebih manusiawi.

Artinya, Google sekarang dirancang untuk dapat mencari korelasi dari setiap kata kunci yang diketikkan user secara lebih dinamis. Contoh sederhananya adalah, saat kita mengetikkan sebuah kata kunci tertentu, Google akan mengeluarkan hasil pencarian yang susunannya sama persis dengan kata kunci tersebut.

Agar lebih mudah dipahami, kita ambil contoh kata kunci “Jasa SEO Bali” misalnya, untuk dapat menguasai halaman pertama penelusuran Google, kita harus memasukkan kata kunci “Jasa SEO Bali” dalam konten website bisnis tanpa mengubah bentuk dan susunannya. Menggunakan kata kunci khusus semacam ini terkadang kerap membuat konten terlihat tidak manusiawi.

Nah, kehadiran algoritma BERT ini membuat teknik penataan kata kunci seperti tadi tidak lagi diperlukan. Sekarang, anda bisa memasukkan kata kunci yang lebih berbunyi dan nyaman dibaca manusia, seperti “Penyedia Jasa Optimasi Website Yang Berbasis di Bali”, atau “Teknik SEO Untuk Mengoptimalkan Penjualan di Bali” pada konten anda. Perhatikan perbedaan kata kunci yang tadi disebutkan dengan kata kunci barusan, lebih manusiawi kan?

BACA JUGA , STRATEGI DIGITAL MARKETING