Jenis Jenis Barang Tambang Dan Manfaatnya Untuk Suatu Pertambangan

Indonesia memiliki wilayah lautan yang luas Jenis Jenis Barang Tambang Dan Manfaatnya . Laut yang luas serta hasil laut yang memadai merupakan keistimewaan bagi negara kita. Akan tetapi hasil tambang Indonesia juga baik dalam kancah dunia.

Sumber daya tambang Indonesia tidak perlu diragukan lagi karena beberapa hasil tambang Indonesia ada yang di ekspor ke luar negeri, hal ini tentunya dapat meningkatkan nilai ekonomi Indonesia.

Adapun sumber daya tambang di Indonesia yang masih ada hingga saat ini diantaranya adalah:

Minyak Bumi dan Gas Alam Jenis Jenis Barang Tambang Dan Manfaatnya

minyak bumi

Sumber daya tambang yang pertama adalah minyak bumi dan gas alam. Minyak bumi merupakan contoh sumber daya alam yang saat ini keberadaannya semakin sulit ditemukan dan tidak dapat diperbaharui. Hal ini karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Minyak bumi dan gas yang merupakan sumber utama dalam perindustrian, transportasi serta rumah tangga ini semakin lama semakin menipis, maka dari itu perlu dijaga kelestariannya. Di Indonesia minyak bumi yang dihasilkan dapat dikatakan dalam kondisi yang cukup baik, karena setidaknya potensi minyak bumi indonesia berkisar 4,3 milyar barrel.

Adapun wilayah Indonesia yang dijadikan sebagai tambang minyak bumi antara lain adalah Lhoksumawe, Muara Enim, Majalengka, Cilacap, Amuntai dan Sorong.

Proses Pembemtuknya Minyak bumi

Minyak bumi adalah hasil dari peruraian (dekomposisi) materi tumbuhan dan hewan di suatu daerah yang subsidence (turun) secara perlahan. Daerah tersebut biasanya berupa laut,batas lagoon (danau) sepanjang pantai ataupun danau dan rawa di daratan.

Sedimen diendapkan bersama-sama dengan materi tersebut dan kecepatan pengendapan sedimen harus cukup cepat sehingga paling tidak bagian materi organik tersebut dapat tersimpan dan tertimbun dengan baik sebelum terjadi pembusukan.

Pada kondisi sirkulasi dan reduksi tertentu akumulasi hidrokarbon banyak ditemukan pada bagian air laut dalam.

Waktu berjalan terus secara geologis dan daerah pengendapan semakin terbenam ke dalam permukaan bumi yang lebih dalam, karena bertambahnya berat oleh sedimen sedimen dan material yang menimbun di atasnya, atau karena gaya gaya tektonik yang menimbulkan efek subsidence.

Material organik terbenam semakin dalam sehingga mengalami tekanan dan suhu yang semakin tinggi. Proses tersebut akan menimbulkan perubahan perubahan kimiawi dari material organik tersebut.

Perubahan material ini merupakan cikal bakal terbentuknya campuran bahan hidrokarbon yang komposisinya sangat kompleks, baik hidrokarbon yang berupa cairan maupun yang berbentuk gas.

Batu Bara Jenis Jenis Barang Tambang Dan Manfaatnya

salah satu bahan bakar fosil. Pengertian umumnya yaitu batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan.  Terdapat Unsur-unsur utamanya terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen.

Batu bara juga yaitu batuan organik yang memiliki sifat-sifat fisika dan kimia yang kompleks yang dapat ditemui dalam berbagai bentuk. Jenis-jenis barang tambang ini juga dapat di jadikan cara bermain saham bukan hanya uang saja tapi batubara juga bisa.

Jenis-jenis barang tambang ini memiliki beberapa kategori berdasar unsur karbon yang dikandung di dalamnya. Semakin tinggi tingkat karbon maka akan semakin tinggi juga hitam warna batu bara.

Berdasar itu batu bara mepunyai jenis Antrasit (kadar karbon 86-98%), Bituminus (kadar karbon 68-86%), Sub-bituminus (sedikit kandungan karbon dan banyak kandungan air). Lignit (kadar karbon 35-75%, memunyai warna coklat dan dikenal lunak dan ringan), Gambut (berpori-pori dengan kadar air hingga 75%).

Selain itu proses dalam pengambilan atau penambangan batu bara dari perut bumi memerlukan energi yang besar dan juga menghasilkan berbagai produk sampingan. Aktifitas ini sangat erat kaitannya dengan dampak negatif dari lingkungan, kesehatan, dan perubahan iklim.

Umur batu Bara

Pembentukan batu bara memerlukan kondisi-kondisi tertentu yang hanya terjadi pada era-era tertentu sepanjang sejarah geologi. Zaman Karbon, kira-kira 340 juta tahun yang lalu (jtl), yaitu masa pembentukan batu bara yang paling produktif di mana hampir seluruh deposit batu bara (black coal) yang ekonomis di belahan bumi bagian utara terbentuk.

Pada Zaman Permian, kira-kira 270 jtl, juga terbentuk suatu endapan-endapan batu bara yang ekonomis di belahan bumi bagian selatan. Seperti  Negara Australia, dan berlangsung terus hingga ke Zaman Tersier (70 – 13 jtl) di berbagai belahan bumi lain.

Materi

Hampir seluruh bahan pembentuk batu bara yang berasal dari tumbuhan. Jenis-jenis tumbuhan pembentuk oleh batu bara dan umurnya menurut Diessel (1981) adalah sebagai berikut:

  • Alga, dari Zaman Pre-kambrium hingga sekarang Ordovisium dan bersel tunggal. Sangat sedikit endapan batu bara dari periode saat ini.
  • Silofita, dari Zaman Silur hingga Devon Tengah, merupakan turunan dari alga. Sedikit endapan batu bara dari periode ini.
  • Pteridofita, umur Devon Atas hingga Karbon Atas. Materi utama pembentuk batu bara berumur Karbon di Eropa dan Amerika Utara. Tetumbuhan tanpa bunga dan biji, berkembang biak dengan spora dan tumbuh di iklim hangat.
  • Gimnospermae, kurun waktu mulai dari Zaman Permian hingga Kapur Tengah. Tumbuhan heteroseksual, biji terbungkus dalam buah, semisal pinus, mengandung kadar getah (resin) tinggi. Jenis Pteridospermae seperti gangamopteris dan glossopteris adalah penyusun utama batu bara Permian seperti di Australia, India dan Afrika.
  • Angiospermae, dari Zaman Kapur Atas hingga kini. Jenis tumbuhan modern, buah yang menutupi biji, jantan dan betina dalam satu bunga, kurang bergetah dibanding gimnospermae sehingga, secara umum, kurang dapat terawetkan.

Batu bara enadapan

Di Indonesia, terdapat endapan batu bara yang bernilai ekonomis terdapat di cekungan.Tersier, yang terletak di bagian barat Paparan Sunda (termasuk Pulau Sumatera dan Kalimantan), pada umumnya batuan endapan atau batu bara ekonomis tersebut dapat dikelompokkan sebagai batu bara berumur Eosen.

Yang berumur sekitar Tersier Bawah, kira-kira 45 juta tahun yang lalu dan Miosen atau sekitar Tersier Atas, kira-kira 20 juta tahun yang lalu menurut Skala waktu geologi.

Batu bara ini terbentuk karena endapan gambut pada iklim purba sekitar khatulistiwa yang mirip dengan kondisi kini. Beberapa di antaranya tergolong kubah gambut yang terbentuk dari atas muka air tanah rata-rata pada iklim basah sepanjang tahun.

Dengan kata lain, kubah gambut ini terbentuk pada kondisi di mana mineral-mineral anorganik yang terbawa air dapat masuk ke dalam sistem. Dapat membentuk lapisan batu bara yang berkadar abu dan sulfur rendah dan menebal secara lokal.

ENDAPAN BATU BARA EOSEN

Endapan ini terbentuk dari tatanan tektonik ekstensional yang dimulai sekitar Tersier Bawah atau Paleogen pada cekungan-cekungan sedimen di Sumatera dan Kalimantan.

Ekstensi berumur Eosen ini terjadi sepanjang tepian Paparan Sunda, dari bagian barat Sulawesi, Kalimantan bagian timur, Laut Jawa hingga Sumatera. Dari sebuah batuan sedimen yang pernah ditemukan dapat diketahui bahwa pengendapan berlangsung mulai terjadi pada Eosen Tengah

Pemekaran Tersier Bawah yang terjadi pada Paparan Sunda ini ditafsirkan berada pada tatanan busur dalam, yang dapat disebabkan terutama oleh gerak penunjaman Lempeng Indo-Australia. Lingkungan pengendapan mula-mula pada saat Paleogen itu non-marin, terutama fluviatil, kipas aluvial dan endapan danau yang dangkal.

Di Kalimantan bagian tenggara,terdapat pengendapan batu bara terjadi sekitar Eosen Tengah – Atas namun di Sumatera umurnya lebih muda, yakni Eosen Atas hingga Oligosen Bawah. Di Sumatera bagian tengah, endapan fluvial yang terjadi pada fase awal kemudian ditutupi dengan endapan danau (non-marin).

Berbeda dengan yang terjadi di derah Kalimantan bagian tenggara di mana endapan fluvial kemudian ditutupi oleh lapisan batu bara. Dapat terjadi pada dataran pantai yang kemudian ditutupi di atasnya secara transgresif oleh sedimen marin berumur Eosen Atas Jenis Jenis Barang Tambang Dan Manfaatnya.

Diatas merupakan jenis jenis barang tamabang yang tidak dapat kita perbarui selain itu jenis jenis barang tambang. Jenis jenis barang tambang dan manfaatnya ini bisa kita jadikan sebagai tambang emas papua.

Dan ini ulasan yang dapat saya tulis tentang Jenis Jenis Barang Tambang Dan Manfaatnya dan semoga bermanfaat. Sekali lagi tentang Jenis Jenis Barang Tambang Dan Manfaatnya semoga ualasan ini bisa berguna bagi anda.