Minyak Kelapa Untuk Bayi yang Sehat

Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diambil minyaknya atau kernel-nya, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB. Minyak Kelapa untuk Bayi sangatlah mudah dibuat dirumah.

Minyak Kelapa untuk Bayi

Minyak Kelapa untuk Bayi

Manfaat Minyak Kelapa

Menghilangkan Cradle Cap

Cradle cap menjadi salah satu masalah kulit bayi yang sangat umum terjadi. Kondisi ini membuat kulit kepala bayi Anda menjadi kering, berubah warna menjadi lebih gelap dan mengelupas. Moms dapat mengoleskan minyak kelapa sambil menggosok pelan area kulit kepala Si Kecil yang mengalami cradle cap. Penggunaan minyak kelapa secara rutin dapat menghilangkan masalah cradle crap pada kulit kepala Si Kecil.

Mengatasi Ruam Popok

Penggunaan popok pada Si Kecil dapat membuat kulitnya menjadi lebih sensitif dibandingkan bagian kulit lain. Jika sudah meradang dapat menyebabkan ruam popok yang tentu dapat membuat Si Kecil jadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ruam popok, Moms juga bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin buat meredakannya.

Mengatasi Infeksi Jamur

Kulit bayi yang masih sensitif rawan terkena infeksi jamur ataupun bakteri pada bayi. Infeksi jamur umum terjadi di bagian pantat, leher, ketiak, dan area lipatan lainnya. Masalah kulit ini akan membuat bayi merasa risih, gatal, dan ia pun menjadi rewel.

Memandikan bayi secara rutin dengan menggunakan air hangat yang sudah diberi campuran minyak kelapa dapat meredakan infeksi tersebut, karena minyak kelapa mengandung asam laurat dalam jumlah besar. Asam laurat sendiri dikenal sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Menghilangkan Jerawat Bayi

Meski masih bayi, kulit wajah Si Kecil juga dapat timbul jerawat, yang biasa disebut dengan jerawat bayi. Untuk menghilangkannya, Moms juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat herbal yang ampuh. Asam lemak esensial antiseptik yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu mencegah dan menghilangkan infeksi bakteri ketika dikonsumsi melalui mulut atau dioleskan langsung ke kulit.

Membantu meredakan eksim

Eksim adalah kondisi kulit di mana kulit menjadi sangat kering dan gatal. Ini biasa terjadi pada bayi tetapi biasanya lama kelamaan akan menghilang seiring pertumbuhannya. Menggunakan minyak kelapa untuk eksim bayi dapat menenangkan kekeringan dan memberikan kelembaban. Pijat bayi kamu sebelum bayi tidur untuk kelembaban yang cukup. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri, dan kamu akan melihat kondisinya membaik dengan penggunaan reguler.

Mendukung pertumbuhan rambut

Apakah minyak kelapa baik untuk rambut bayi? Tidak banyak dari kita yang sadar bahwa minyak kelapa kaya akan asam lemak rantai menengah. Jenis asam lemak ini memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, yang menyehatkan kulit kepala dan membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut. Minyak kelapa juga tinggi asam laurat. Properti ini membantu mencegah kehilangan protein dari rambut. Minyak kelapa, ketika dipijat sebelum waktu mandi, membantu mengisi kembali kelembaban kulit dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mengobati Gigitan Serangga

Mengoleskan sedikit minyak kelapa murni pada bagian tubuh yang digigit serangga, lalu diamkan selama beberapa saat, dapat meredakan peradangan karena gigitan serangga tersebut. Minyak kelapa murni memiliki manfaat anti bakteri dan anti radang yang bisa membantu mengatasi masalah gigitan serangga.

Sekarang kamu telah memahami manfaat minyak kelapa untuk bayi, dan jangan lupa untuk membaca artikel lain disini