Resep Udang Saus Padang Pedas Sedap Untuk Keluarga Dirumah

resep udang saus padang

Udang merupakan salah satu kekayaan laut yang banyak terdapat di Indonesia. Membuat resep udang saus padang pun sangat mudah.

Selain dikonsumsi sebagai lauk pauk, udang juga dikonsumsi sebagai bahan makanan lain, contohnya terasi dan kerupuk.

Nah kali ini saya akan kasih tau resep udang saus padang yang bisa kamu buat dirumah. Sebelum saya kasih tau resep udang saus padang, tapi sebelum kita masak kita harus tau dulu manfaat memakan udang untuk tubuh.

Jika kalian mau membuka usaha akan tetapi modal anda kecil anda dapat mampir ke artikel saya yang lain tentang resep pindang bandeng yang enak dan lezat. Silahkan mampir ya temen temen !

Kandungan Gizi dan Manfaat Makan Udang

Salah satu manfaat makan udang yaitu kandungan proteinnya yang termasuk rendah lemak. Dalam takaran 3 ons (kurang lebih 15 sampai 16 udang besar) mengandung 101 kalori, 19 gram protein dan hanya 1,4 gram lemak total.

Di dalam daging udang juga terdapat kandungan kalsium, potassium dan fosfor yang merupakan sumber vitamin A dan E baik untuk tubuh.Selain itu, lemak pada udang merupakan sumber lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh.

Lemak tak jenuh dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Sama halnya dengan ikan, udang pun merupakan sumber makanan dari laut yang mengandung asam lemak omega 3.

Lemak omega 3 alami diketahui dapat mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantungU.S Department of Agriculture menyarankan publik untuk makan minimal 8 ons makanan laut segar yang dimasak setiap beberapa kali dalam seminggu.

Bahaya Makan Udang Kalau Kebanyakan

Meskipun mengandung protein baik bagi tubuh, makan udang juga mengandung kolesterol yang tinggi, lho! Seporsi kecil 3,5 ons udang memasok sekitar kurang lebih 200 mg kolesterol untuk tubuh dalam sekali makan.

Bagi orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung, angka ini berarti sudah sangat memenuhi jatah asupan kolesterol untuk sehari penuh. Untuk orang lain, 300 mg kolesterol adalah batasan wajarnya.

Selain itu, mengingat udang merupakan hasil makanan laut yang sering banget di ekspor-impor ke berbagai wilayah belahan dunia, kadang dalam proses pengiriman pada udang, udang harus diawetkan menggunakan bahan-bahan tertentu.

Salah satu pengawet yang biasanya digunakan untuk udang adalah 4-heksilresorinol, pengawet ini digunakan untuk mencegah perubahan warna pada udang.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Chemical Society menemukan, bahwa 4-heksilresorinol ini mengandung zat yang namanya zat xenoestrogen.

Zat ini memiliki efek yang terbukti untuk meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita dan mengurangi jumlah sperma pada pria.

Sedangkan sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan di Environmental Health menemukan bahwa paparan lingkungan terhadap xenoestrogen dikaitkan dengan beberapa bahaya kanker seperti kanker paru-paru, ginjal, pankreas dan otak.

Makan Udang Kebanyakan Bisa Bikin Tubuh Kelebihan Sodium

Memang banyak manfaat saat anda memakan udang yang bisa didapatkan untuk kesehatan .Namun, kebanyakan memakan udang juga bisa berbahaya bagi tubuh. Pasalnya, udang adalah sumber makanan yang mengandung sodium cukup tinggi.

Tiga ons udang memiliki kira-kira 805 mg sodium. Sebagai perbandingan, satu sendok teh garam mengandung sebanyak 2.000 miligram sodium. Jadi, hati-hati saat akan menambahkan garam dalam menu udang Anda.

karena sedikit saja menambakan sodium bisa membuat Anda melewati batas yang dianjurkan setiap hari.Mengonsumsi sodium kebanyakan bisa meningkatkan risiko hipertensi, penyakit jantung dan osteoporosis.

WHO merupakan organisasi kesehatan dunia, merekomendasikan batasan asupan sodium pada orang dewasa dalam sehari hanya butuh 2.300 mg. Itu pun belum terhitung untuk lauk pauk lainnya.

Nah tadi kan kita udah bahas manfaat memakan udah. Sudah waktunya kita bahas tentang resep udang saus padang yang lezat. Penasaran ? langsung simak aja deh resep udang saus padang di bawah ini !

Resep Udang Saus Padang Yang Enak

Bahan Utama :

  • 750 gram udang segar ukuran sedang
  • 150 ml air
  • 5 butir bawang merah, kupas kemudiaan iris tipis
  • 3 siung bawang putih, kupas kemudian iris tipis
  • 1 buah tomat merah berukuran sedang, cuci kemudian potong kecil
  • ½ buah bawang bombay, iris tipis
  • 1 ruas jahe bersihkan
  • 3 buah cabe rawit
  • 5 buah cabe merah besar
  • 6 sendok makan saus sambal
  • 7 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok makan tepung maizena, larutkan dalam air
  • 4 sendok makan saus tiram
  • 1 batang daun bawang Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Margarin secukupnya

 

Cara dan Langkah Untuk Membuat Udang Saus Padang Pedas Sajian Sedap Untuk Keluarga Dirumah

  1. Cara Membuat Bersihkan terlebih dahulu dang dengan membuang bagiaan kulit maupun kepalanya.
  2. Dan anda juga bisa mengambil kotorannya dengan membelah bagian pungugnya sedikit.
  3. Selesai itu anda bersihakan lanjutkan dengan menyiapkan panci dan air kemudian rebus udang tersebut.
  4. Setelah matang, angkat dan tiriskan Panaskan wajan dan margarine secukupnya saja, lalu anda masukkan bawang merah, bawang bombay dan bawang putihnya, kemudian tumis hingga tercium wangi harum masakan.
  5. Setelah itu bawang sudah matang ambil bahan lain yakni, cabai merah besar, cabai rawit, tomat dan jahe yang kemudian anda masukan dalam masakan anda.
  6. lanjutkan mengaduk dengan menggunakan api kecil saja. Tambahkan beberapa bahan saus yang telah anda siapkan dari mulai saus tiram, tomat, maupun saus sambal ke dalam masakan anda.
  7. Kemudian barulah masukan beberapa bahan perasa makanan seperti garam, gula, dan merica secukupnya saja ya gengs. Perhatikan untuk mencicipi masakan anda agar rasanya pas dan lezat.
  8. Tuangkan air ke dalam masakan anda secara perlahan-lahan lalu aduk sebentar hingga mengental.
  9. Setelah mengental anda bisa mulai memsukan udang yang sudah anda rebus ke dalam masakan anda.
  10. Dan jangan lupa untuk terus diaduk, sehingga semua bhan tercampur merata dan udang terselimuti oleh saus padang yang lezat ini. Biarkan beberapa saat hingga bumbu meresap dengan sempurna.
  11. Setelah dirasa cukup dan masakan anda sudah terlihat matang, anda bisa mengangkatnya dan menatanya di atas piring saji. Sajikan selagi hidangan udang saus padang anda masih hangat dan lezat.

Tips Cara Memasak Udang dengan benar

  1. Jika menumis atau menggoreng udang, masaklah udang dengan cara cepat menggunakan api besar untuk mempertahankan rasa asli manis dan gurih pada udang.
  2. Jika memasak udang dengan kulitnya sekaligus, masaklah udang agak lebih lama dibanding memasak udang yang sudah dikupas kulitnya.
  3. Untuk memasak udang rebus, masukkan udang ke dalam panci yang berisi air mendidih, tambahkan sedikit garam, dan tutup panci.kemudian Masak hingga mendidih sebentar sampai warna udang berubah menjadi kemerahan.
  4. Jika udang yang sudah direbus sudah matang, jangan diamkan terlalu lama didalam panci yang berisi air mendidih tadi. Langsung celupkan udang ke dalam air dingin atau air dengan suhu yang sedang agar proses masaknya terhenti. Jika didiamkan terlalu lama pada panci, udang akan mengeras dan menjadi matang.
  5. Jika udang sudah digoreng atau ditumis, setelah udang matang langsung letakkan di piring untuk mencegah proses masak yang berlanjut.
  6. Pilihlah bumbu masak yang tepat untuk membuat udang supaya menjadi semakin lezat.

Itulah tadi Ulasan tentang resep udang saus padang dan cara membuat udang asam manis saus tiram.

Silahkan kalian mencoba resep udang saus padang jika di rasa kurang enak kalian bisa menambahkan bahan lain. Jika resep di atas kurang banyak.

Kalian bisa mampir ke artikel saya yang lain tentang masakan udang yang enak disana banyak sekali resep masak udang berbagai macam. So silahkan mampir temen temen.