Tips Memulai Usaha Cocomesh Yang Menguntungkan

Memulai usaha sangat memerlukan persiapan. Bahkan memulai usaha cocomesh juga membutuhkan persiapkan. Yuk simak apa saja yang tips dipersiapkan.

Cocomesh Sabut Kelapa

Proses Membuat Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh adalah bahan jaring yang terbuat dari sabut kelapa yang sangat ramah lingkungan dalam membantu proses reklamasi tambang, pantai atau hutan. Sifatnya biodegradable (zat yang mudah rusak / membusuk seperti tanaman) dan kuat, membantu memfasilitasi pertumbuhan tanaman baru di lahan Cocomesh yang ditempatkan di bekas tambang atau lahan lain.

Pemanfaatan bahan cocomesh terbukti mampu menghijaukan lahan bekas tambang dan hutan gundul. Banyak perusahaan konsultan penghijauan mulai beralih ke bahan alami seperti Cocomesh. Sifat bahan sabut kelapa yang terbuat dari sabut kelapa yaitu mampu menyimpan air dalam waktu yang lama, menyebabkan permukaan tanah yang tertutup oleh bahan tersebut menahan kelembapan.

Hal tersebut dapat mempengaruhi struktur tanah sehingga mudah ditanam dengan bibit yang ditanam. Selain itu, buah kelapa juga digunakan sebagai pengganti tanah pada saat penanaman bibit tanaman tersebut.

Cara Membuat Cocomesh Sabut Kelapa

Penggunaan Cocomesh

Bahan:

  • Sabut kelapa

Peralatan:

  • Mesin pengurai sabut kelapa
  • Mesin pemintalan sabut kelapa

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa :

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua
  2. Giling kulit kelapa / suwiran menjadi sabut dengan mesin dekomposisi sabut
  3. Keringkan sabut kelapa hingga kering
  4. Putar sabut menjadi tambang dengan mesin pemintalan sabut
  5. Tali tenun / rajut menjadi jaring (cocomesh)
  6. Jaring sabut kelapa / sabut kelapa siap pakai

Kegunaan Sabut Kelapa Cocomesh

Cocomesh memiliki beberapa kegunaan yaitu:

  • Media penghijauan di lahan bekas tambang
  • Sangat cocok untuk bekas pertambangan dan reklamasi pantai
  • Memperkuat material di atas tebing
  • Bahan untuk mencegah erosi
  • Memperkuat tanah
  • Membantu memperkuat rel kereta api
  • Memperkuat tebing jalan atau jembatan

Tips Memulai Usaha Cocomesh

1. Analisis jenis bisnis yang terlibat

Pertama kalian harus memastikan bahwa usaha produk olahan sabut kelapa yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang ingin Anda kembangkan. Cari tahu produk kelapa unggulan mana yang dapat mendukung bisnis sabut kelapa Anda lebih baik lagi. Lakukan analisis Break Event Point untuk mengetahui potensi yang ada pada jenis bisnis Anda. Setelah itu, jelaskan rencana bisnis Anda secara detail (Ramalan penjualan, analisis arus kas, dll.). Setelah itu buatlah rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan produk sabut kelapa Anda.

2. Perluas jaringan Anda

Jaringan bisa menjadi fondasi bagi kelangsungan bisnis produk kelapa Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis bisnis Anda. Hal ini bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnis sendiri, sehingga ketika Anda mulai memasarkan produk / jasa yang Anda tawarkan, Anda sudah memiliki jaringan yang luas.

3. Siapkan modal

Modal merupakan faktor penting dalam memulai bisnis Anda sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, tetapi tidak memiliki modal sehingga tidak bekerja. Modal dapat dihasilkan dari: modal sendiri dari tabungan, mencari modal dari investor, atau meminjam uang dari bank, dan sistem kemitraan. Selain modal awal, Anda juga harus memiliki minimal tiga bulan dari anggaran keluarga di bank.

Nah itu tadi beberapa tips memulai usaha cocomesh, keunggulan sabut kelapa yang memiliki daya serap air yang sangat tinggi, proses pengolahan tidak mencemari lingkungan, memiliki potensi pasar yang sangat besar, baik di pasar dalam negeri maupun di ekspor. Pasaran, tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang merupakan pengusaha produk olahan sabut kelapa. Dan kita juga bisa jual cocomesh murah dan berkualitas.