Tutorial Membuat Keripik Pare Gampang Pemula

Siapa yang tidak tahu pare? Sayuran, biasanya diolah dengan cara ditumis. Ada berbagai macam pare. Tapi hanya ada satu rasa dan sama, yaitu pahit. Ya, banyak orang tidak suka pare karena itu. Namun banyak juga orang yang suka pare, apalagi saat memasak. artikel hari ini tentang tutorial membuat keripik pare.

Walaupun terasa pahit, ternyata ada inovasi baru dalam pengolahan pare. yaitu keripik. Apakah kamu percaya? Beberapa orang pasti tidak asing dengan irisan pare.

Rasanya enak sekali. Tidak pahit, bahkan renyah dan enak. Ada juga rasa pedas, balado, dan barbekyu.

Di Yogyakarta, banyak keripik pare sudah tergantung di rak-rak toko oleh-oleh dan supermarket. Tentu saja banyak juga produsennya. Biasanya pare yang beredar biasanya dilapisi dan bisa digunakan sendiri. Produksinya masih tergolong industri rumahan atau UMKM. Tepung akan mengurangi rasa pahit dari pare. Sehingga pare tidak akan terlalu pahit. Jika disimpan dalam kemasan yang baik, Anda bisa menyimpan keripik pare tetap renyah.

Ibu Endah adalah salah satu produsen keripik ternama. Ia memproduksi keripik pare di rumahnya di Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Sekitar 10 kilogram pare diproses setiap hari untuk membuat keripik pare dengan berbagai rasa dan ukuran. Bu Endah tidak punya rahasia tentang kunci menghadapi keripik pare. Penting agar pare digoreng dengan minyak yang sangat panas mengunakan deep fryer. Ini akan mengurangi air dan kepahitan.

Sebelum kita masuk ke topik bahasan utama kita cara bikin keripik pare ada baiknya kita mengetahui sejarah dari sayur pare terlebih dahulu. Yukk simak!!

Manfaat Sayur Pare

1. Menyumbang gizi penting yang dibutuhkan tubuh

Secangkir pare mentah (94 gram) mengandung karbohidrat, serat, vitamin C tinggi (93%), vitamin A, asam folat, kalium dan zat besi. Bagi yang ingin menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit setelah Lebaran, makan pare bisa menjadi solusinya. Padahal, antioksidannya juga bisa melindungi sel manusia dari bahaya.

2. Menekan kadar kolesterol dan gula darah

Santan, daging, kue berlemak, dll yang masuk ke tubuh Anda saat Lebaran akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi ekstrak pare, pare goreng atau pare yang dikukus, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida penyebab penyakit jantung dan stroke! Tak hanya itu, pare juga dipercaya dapat meningkatkan penggunaan gula pada jaringan tubuh manusia dan meningkatkan sekresi insulin. Artinya, kadar gula darah Anda cenderung normal, sehingga dapat menurunkan risiko diabetes.

3. Membantu menurunkan berat badan

Mereka yang berat badannya naik setelah libur Lebaran biasanya tidak berhenti mengeluh. Daripada mengeluh, makanlah labu pahit. Karena pare merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat melewati saluran pencernaan dengan sangat lambat. Oleh karena itu, akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar. Kabar baiknya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak pare setiap hari dapat mengurangi lemak perut secara signifikan.

4. Mencegah penyakit kanker

Selain brokoli, sayur yang dipercaya ampuh mencegah pembentukan sel kanker adalah pare. Faktanya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak pare dapat secara efektif membunuh sel kanker lambung, usus, paru-paru dan nasofaring. Dalam penelitian lain, ekstrak pare dilaporkan dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara.

5. Aman dikonsumsi ibu hamil dan dapat “membersihkan” darah

Menurut Dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari BMedSc Hons dari KlikDokter, pare aman dimakan ibu hamil asalkan dibersihkan dan dimasak dengan benar. Padahal, pare merupakan sayuran yang dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Cara Membuat Keripik Pare

Bahan:

  • 1 kg pare
  •  2 sdm garam kasar
  • Air

Bumbu:

  • 8 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdm ketumbar, sangria
  •  ½ sdt merica bubuk
  •  ½ sdt garam halus

Adonan:

  • 1 butir telur
  •  275 gram tepung beras
  • 150 gram tepung tapioka
  •  50 gram tepung terigu
  •  450 ml air
  •  1 sdt penyedap rasa
  •  ½ sdt kaldu jamur
  •  ½ sdt garam halus
  •  5 lembar daun jeruk iris halus

Bahan Pelengkap:

  •  Saus Tomat
  • Saus Sambal
  • Mayonaise

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih semua pare dan buang bijinya. Iris tipis-tipis lalu beri garam kasar dan air, rendam sekitar 30 menit.
  2. Buang air rendaman, cuci bersih dengan air mengalir (dua kali).
  3. Siapkan air panas hingga mendidih, matikan kompor kemudian rendam pare selama 10 menit agar rasa pahitnya tak terlalu terasa. Setelah itu cuci kembali dengan air dingin dengan meremas pare hingga bertekstur kesat.
  4. Haluskan bahan-bahan bumbu lalu campurkan dengan bahan-bahan adonan, aduk rata.
  5. Masukan pare ke adonan sampai tertutup rata.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, lalu ambil pare dengan memakai tangan (tanpa alat bantu), goreng pare satu persatu kemudian aduk terus agar tidak saling menempel.
  7. Goreng hingga pare menjadi kering atau berwarna kuning keemasan, angkat lalu tiriskan.
  8. Sajikan bersama saus tomat, saus sambal dan mayonaise.
Sekian artikel hari ini tentang tutorial membuat keripik pare semoga bermanfaat bagi anda semua, jika anda bosan dengan cemilan itu-itu saja, anda bisa membuat keripik tempe sebagai cemilan anda. sekian dan terima kasih.