Rumput Sebagai Sumber Pakan Kelinci

Pemberian pakan kepada kelinci memang harus sangat diperhatikan. Karena dari pakan ini membuat kelinci selalu sehat, apalagi jika Sobat Pintar memberikan pakan yang berkualitas.

Makanan kesukaan kelinci salah satunya adalah rerumputan yang mudah ditemukan disekitar kita, di mana Petpi sudah merangkum jenis rumput apa saja yang bisa Sobat Pintar berikan kepada kelinci kesayangan.

-Berikut ini adalah jenis rumput sebagai sumber pakan kelinci

  1. Rumput Odot merupakan rumput sebagai sumber pakan kelinci

Jenis rumput pertama yang bisa anda berikan kepada kelinci adalah rumput odot. Rumput odot sendiri sudah dikenal sebagai salah satu pakan ternak yang cukup baik.Di Amerika sendiri, rumput ini digunakan untuk pakan domba ataupun kambing. Di Indonesia sendiri rumput ini juga mudah ditemukan, bahkan untuk dikembangkan sendiri tidaklah sulit.

Kandungan protein yang ada dalam rumput odot cukup tinggi yaitu sekitar 12% hingga 14%. Kandungan ini sendiri akan membuat kelinci terjaga imun tubuhnya.Selain itu, rumput odot memiliki tekstur yang lembut, lunak dan tidak berbulu. Sehingga cocok sekali untuk diberikan kepada kelinci.

2. Rumput Timothy merupakan rumput sebagai sumber pakan kelinci

Sering disebut sebagai rumput buntut kucing, rumput yang satu ini memiliki kualitas yang sangat baik untuk menjadi pakan kelinci.

Rumput timothy sendiri sangatlah mudah untuk ditemukan karena banyak sekali tumbuh di padang luas. Kandungan protein, serat dan mineral yang ada di rumput ini cukup tinggi. Sehingga sangat bagus untuk pencernaan kelinci.

3. Rumput Sintrong merupakan rumput sebagai sumber pakan kelinci

Rumput yang bisa dijadikan pakan untuk kelinci yang selanjutnya adalah rumput sintrong. Rumput yang satu ini sering dianggap hama oleh manusia, karena memang bisa tumbuh liar di mana saja.Namun, jika Sobat Pintar memelihara kelinci dan terdapat rumput sintrong lebih baik dimanfaatkan. Karena rumput ini sendiri memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.tidak hanya sebagai pakan kelinci,pembuatan pupuk rumput kering juga menggunakan rumput sintrong ini.

Sayangnya, perlu Sobat Pintar ketahui bahwa kandungan air dan getah dari rumput sintrong ini cukup tinggi. Sehingga Petpi menyarankan sebelum diberikan kepada kelinci kesayangan ada baiknya rumput ini dilayukan terlebih dahulu agar kandungan air dan getahnya berkurang.Karena jika diberikan pada saat segar, bisa membuat kelinci mengalami masalah pencernaan.

4. Rumput Legetan merupakan rumput makanan kelinci

Rumput legetan atau biasa dikenal sebagai rumput wedusan ini memang juga dikenal sebagai pakan kelinci. Hanya saja, rumput ini ternyata tidak begitu favorit diberikan kepada kelinci, karena rumput ini memiliki dampak buruk bagi ginjal kelinci.

Sehingga pemberiannya pun tidak bisa terlalu banyak. Mungkin kamu bisa memberikannya seminggu sekali karena rumput yang satu ini sangat baik untuk tulang dan gigi kelinci.

5. Rumput Alfalfa

Rumput makanan kelinci selanjutnya adalah rumput alfalfa. Rumput yang dipercaya merupakan jenis paling tua di bumi. Di mana rumput ini memang dikenal sebagai pakan kelinci yang terbaik.

Dalam rumput alfalfa ini terdapat kandungan protein hingga 18%. Banyak yang mengatakan bahwa rumput ini mampu meningkatkan produksi air susu untuk induk kelinci.

6. Rumput Bandotan

Rumput Bandotan juga menjadi salah satu jenis rumput yang bisa diberikan kepada kelinci. Rumput yang satu ini sangat mudah ditemukan di mana saja bahkan di halaman rumah.Namun, untuk pemberian rumput bandotan ke kelinci lebih baik tidak terlalu banyak karena banyak sekali kelinci yang tidak begitu suka akan rumput ini.

Jika Sobat Pintar ingin memberikan rumput bandotan, ada baiknya dalam jumlah sedikit dan dicampur dengan jenis rumput lain seperti odot atau alfalfa.Tapi ada juga beberapa kelinci yang lahap memakan rumput yang memiliki bunga ini. Jika ingin kelinci lebih lahap makan rumput ini, ada baiknya Sobat Pintar keringkan terlebih dahulu.