Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Anda tentu sering mendengar bahwa ada banyak manfaat air kelapa, salah satunya adalah air kelapa untuk ibu hamil trimester ketiga. Namun, di sisi lain, ada berbagai mitos kehamilan yang beredar di masyarakat.

Hal tersebut membuat seorang perempuan yang tengah mengandung lebih waspada selama masa kehamilannya. Salah satu mitos tersebut adalah bahayanya air kelapa untuk ibu hamil.

Manfaat mengonsumsi air kelapa untuk ibu hamil trimester ketiga katanya bisa membantu menjaga kebugaran mama dan kandungannya. Air kelapa diketahui mengandung nutrisi dan kandungan elektrolit yang bagus untuk tubuh.

Air kelapa boleh diminum langsung atau diberi campuran seperti sirup atau sari buah asli seperti jeruk atau lemon. Bahkan air kelapa juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai menu diet sehat.

Secara umum, air kelapa untuk ibu hamil untuk disarankan ketika sudah memasuki usia kehamilan trimester ke-3. Pastinya air kelapa hijau yang murni dan masih segar yang baik untuk kesehatan.

Manfaat utama air kelapa untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan tidak terhidrasi. Dampak positifnya juga bisa berpengaruh sampai bayi lahir.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

1. Elektrolit Alami

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama yaitu sebagai cairan yang mengandung elektrolit alami. Bukan hanya elektrolit, tapi air kelapa juga mengandung banyak kalsium, magnesium, dan beberapa zat lainnya yang memang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil.

Bagi ibu hamil, air kelapa juga bermanfaat untuk menghindari dehidrasi dan juga menjaga stamina ibu hamil supaya tetap fit.

Hal itu dikarenakan adanya elektrolit yang berguna sebagai isotonik alami yang bisa menjaga dari kadar air di dalam tubuh.

Penting bagi ibu hamil untuk menjaga tubuh agar tidak terhidrasi selama seharian, karena dehidrasi bisa menyebabkan kram, sakit kepala, edema, bahkan yang terparah bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

2. Diuretik Alami

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang lainnya yaitu mengandung diuretik alami yang steril. Apakah kamu pernah dengar tentang hal ini?

Apa fungsi dari diuretik? Secara umum khasiat diuretik alami untuk kesehatan tubuh kamu yang sedang hamil adalah melancarkan sistem ekskresi. Zat ini berfungsi supaya pembuangan urin lancar dan saluran kemih bersih dari zat yang mengandung racun.

Singkatnya, diuretik alami ini bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh melalui cara yang sederhana. Air kelapa bisa mencegah terjadinya infeksi saluran kemih yang memang sering dialami pada masa kehamilan.

3. Melawan Penyakit

Perempuan yang sedang hamil memang sangat rentan terkena berbagai macam penyakit. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang lainnya adalah bisa membantu melawan berbagai macam penyakit.

Dari pada mengkonsumsi vitamin tablet yang dijual bebas di pasaran, lebih baik para ibu hamil mengonsumsi makanan dan minuman yang alami, seperti air kelapa hijau misalnya.

Air kelapa mengandung senyawa asam laurat yang baik untuk melawan penyakit. Di mana asam laurat juga ditemukan pada ASI.

Sifat senyawa ini adalah sebagai antijamur, antibakteri dan antivirus. Maka tidak heran jika air kelapa bisa membantu mencegah kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungannya.

Mungkin banyak orang mengetahui air kelapa baik untuk ibu hamil terutama memasuki kehamilan trimester ketiga, tapi belum tentu tahu manfaatnya secara rinci. Itu tadi yaitu tiga manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

Bahkan untuk kamu yang sedang tidak hamil pun, air kelapa bisa dimanfaatkan untuk mencegah kesehatan sistem pencernaan.

Air kelapa untuk ibu menyusui juga baik dikonsumsi karena orang-orang yang punya penyakit kolesterol, karena air kelapa bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL yang ada di dalam tubuh.

4. Menjernihkan Air Ketuban

Selain mengandung antioksidan dan elektrolit, manfaat air kelapa bagi ibu hamil adalah membuat air ketuban menjadi bersih dan jernih. Kedua zat itu dapat menyerap kotoran dan lendir dalam air ketuban.

Jadi jika ada yang mengatakan meminum air kelapa akan membuat kulit bayi putih, itu salah. Karena yang benar yaitu air kelapa membuat air ketubannya menjadi bersih bukan kulit bayinya. Sedangkan untuk membuat rambut bayinya menjadi subur dan bagus, belum ada penelitiannya.

5. Meringankan Mulas dan Sembelit

Perubahan hormonal selama kehamilan menyebabkan beberapa masalah seperti sakit maag, sembelit, dan gangguan pencernaan.

Kandungan serat makanan yang kaya dalam air kelapa memperkuat sistem pencernaan, mengatur tingkat pH, meningkatkan pencernaan, dan mencegah konstipasi.

Air kelapa juga sebagai pencahar yang sangat baik. Ini meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh Anda. Air kelapa adalah penetral asam alami, dan oleh karena itu bisa mencegah mulas.

6. Air Kelapa Sebagai Antioksidan

Menurut para ahli, air kelapa mengandung antioksidan dan elektrolit. Saat ini kondisi lingkungan yang semakin buruk, polusi semakin memenuhi udara dimana-mana, maka antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh.

Apalagi untuk para ibu yang sedang hamil maka antioksidan ini sangat diperlukan. Selain dari buah-buahan, antioksidan dapat diperoleh dari air kelapa. Jadi ketika bosan mengkonsumsi buah-buahan, maka ibu hamil dapat meminum air kelapa.

7. Air Kelapa Meningkatkan Cairan Amniotik

Meminum air kelapa meningkatkan kesehatan dan lingkungan janin Anda secara keseluruhan. Minum air kelapa terutama pada trimester ketiga meningkatkan volume dan meningkatkan tingkat cairan ketuban dan sirkulasi darah.

Dianjurkan kepada ibu hamil untuk meminum air kelapa hijau secara rutin sejak usia kehamilan memasuki 6 bulan sampai saatnya melahirkan.

8. Mengurangi Tubuh Pegal

Tubuh yang pegal dan sering lelah bisa saja disebabkan karena aliran darah yang kurang lancar. Untuk ibu hamil, ada lagi manfaat yang dapat diterapkan yaitu untuk mengurangi tubuh pegal-pegal. Air kelapa bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga rasa lelah dan pegal-pegal dapat dikurangi.

9. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Penyakit sistem pencernaan seharusnya memang selalu dicegah karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama jika penyakit sistem pencernaan tersebut terjadi pada ibu hamil.

Maka dari itu, menjaga kesehatan sistem pencernaan, ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin.

10. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Banyak ibu hamil yang mengeluh mengalami infeksi saluran kemih atau saluran kencing. Air kelapa merupakan zat diuretik yang akan membuat ibu hamil bisa buang air kecil dengan lancar dan menghindarkan ibu hamil dari infeksi saluran kemih.

11. Menyediakan Magnesium dan Kalsium

Kalsium dan magnesium adalah dua nutrisi penting lainnya yang bisa Bunda dapatkan dari minum air kelapa muda. Dua nutrisi ini akan bekerja sama untuk memastikan kehamilan tetap sehat.

Sementara magnesium bekerja melemaskan otot, kalsium merangsang otot untuk berkontraksi. Ini berarti, ketika ibu hamil mendapatkan cukup magnesium dan kalsium selama kehamilan, kedua nutrisi ini dapat membantu mencegah rahim berkontraksi sebelum waktunya.

Kalsium dan magnesium juga membantu produksi energi dan mendukung berbagai fungsi organ. Pada saat yang sama, magnesium membantu pembentukan gigi dan tulang yang kuat pada bayi dalam kandungan.

Demikianlah manfaat air kelapa untuk ibu hamil trimester ketiga, jika kita mengkonsumsinya dengan bijak satu gelas sehari secara rutin. Hindari mengkonsumsi secara berlebihan, karena itu tidak akan mempunyai manfaat namun penyakit baru akan datang.