Aneka Masakan Ayam Berkuah Yang Bisa Anda Coba

Pada kali ini saya akan membahas tentang aneka masakan ayam berkuah . Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing termasuk dalam hal memasak.

Meskipun bahannya cuma ada satu, ayam misalnya, tetapi karena Indonesia terbagi dalam daerah-daerah yang jumlahnya lumayan banyak, makanya tidak heran jika kemudian muncul aneka resep masakan ayam yang mana masing-masing daerah memiliki keunggulan tersendiri dalam cita rasanya.

Keragaman cara mengolah ayam ini kemudian menginspirasi kami untuk menyajikannya dalam kumpulan resep ayam, yang menjadi fokus pembahasan kami dalam tulisan kali ini.

Sudah tak sabar ingin mengintip aneka resep masakan ayam apa saja yang akan kami sajikan dalam kumpulan resep ayam kali ini? Langsung simak yang ada di bawah ini yuk.

Aneka Masakan Ayam Berkuah

Aneka Masakan Ayam Berkuah

1.Aneka Masakn Ayam Berkuah

Bahan-Bahan :

  • 250 gram kaki ayam/ceker
  • 250 gram paha ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 3 buah wortel
  • 1 batang daun bawang
  • Bawang goreng untuk taburan
  • 5 siung bawang putih haluskan
  • jahe geprek 1 ruas
  • 1 ruas lengkoas geprek
  • 1 batang sereh geprek
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 cm kayu manis
  • 3 biji cengkeh
  • 4 lembar daun salam
  • Lada bubuk
  • secukupnya Garam dan penyedap

Resep Membuat Masakan Ayam Berkuah :

  1. Potong bagian kuku kaki ayam,potong juga bagian paha ayam cuci bersih,beri perasan jeeuk nipis dan garam diamkan beberapa menit cuci kembali hingga bersih.
  2. Didihkan air rebus kaki ayam dan paha ayam dengan menambahkan lengkoas,jahe yang digeprek daun salam dan garam biar tidak bau amis kurang lebih 15 menit angkat dan sisihkan.
  3. Rebus air dipanci sementara menunggu mendidih tumis bawang putih masukan semua bumbu ke dalam air rebusan beserta ayam dan wortel .
  4. Tambahkan garam,lada bubuk dan penyedap rasa,tes rasa angkat dan sajikan panas2 dengan nasi hangat asli suegernya nih kuah sop.

2.Aneka Masakan Ayam Berkuah Tongseng

Bahan-Bahan :

  • 4 porsi
  • 500 gr Daging ayam potong suka2
  • 10 sdm Santan Kental
  • 600 cc Air
  • 4 buah Tomat hijau
  • 5 lembar Kol,iris2
  • 2 btr Kentang sedang,potong2
  • 10 buah Cabai Rawit merah utuh(aku pakainya cabai keriting)
  • Sesuai Selera Kecap manis
  • Sesuai Selera Kaldu bubuk,garam,gula,merica
  • 1 batang Serai,keprak

Bumbu Halus:

  • 6 siung Bawang Merah
  • 3 siung Bawang Putih
  • 3 butir Kemiri sangrai
  • 4 cabai merah keriting
  • 1/2 sdt Ketumbar

Resep Membuat mASAKAN AYAM BERKUAH Tongseng Ayam :

  1. 30 menit
  2. Siapkan bahan2 yaa
  3. Tumis bumbu halus+serai sampai harumm
  4. Masukkan ayam,aduk sampai berubah warna jadi putih
  5. Masukkan Santan+air yah
  6. Segera susul dengan kentang,cabai2an,tomat.lalu bumbui dengan kaldu
  7. bubuk,garam gula merica+kecap sesuai selera.
  8. Kalo kentang uda mulai empuk,segera masukkan kol nya yah.
  9. TEST RASA.angkat.
  10. Taburi dengan bawang goreng,lebi enakk lagi kalo pake kerupuk
  11. bawang/udang.jangan lupa sediain potongan jeruk nipis.
  12. Gurihhh bangettt sajikan dengan nasi.

3.Aneka Masakan Ayam Berkuah Tahu Kuning

Bahan-Bahan :

  • 2 potong paha ayam
  • 1/2 tahu putih
  • 400 ml santan sdg
  • 100 ml air
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 3 buah kemiri
  • Garam sckpny
  • Penyedap rasa sckpny

Bahan-Bahan Pelengkap :

  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk

Resep Membuat Masakan Ayam Berkuah Tahu Kuning :

  1. Cuci bersih ayam dan tahu potong sesuai selera.
  2. Haluskan bawang merah,bawang putih,kemiri dan tumis harum.
  3. Masukkan ayam dan tahun kedalam 100 ml air rebus brsama daun salam
  4. dan daun jeruk hingga mendidih.
  5. Masukkan tumisan bumbu halus tadi kasih garam dan penyedap
  6. rasa,cicipin.
  7. Masukkan santan sedangkan.dan aduk hingga matang.

4.Aneka Masakan Ayam Berkuah Opor Ayam

Bahan-Bahan :

  • 3 paha ayam
  • 150 cc susu cair full cream
  • 2 butir bawang merah besar
  • 2 butir bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • jari jahe 1 ruas
  • 1 ruas jari laos
  • ketumbar 1/2 sendok makan
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 batang sere keprek
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • secukupnya Gula merah
  • secukupnya Garam
  • Minyak goreng untuk menumis

Resep Membuat Ayam Berkuah Opor Ayam :

  1. Cuci ayam sampai bersih
  2. Ulek merica, ketumbar dan kemiri sesudah halus tambahkan bawang merah
  3. dan bawang putih
  4. Tumis bumbu yang dihaluskan, masukkan jahe keprek, daun sereh keprek,
  5. daun salam, daun jeruk
  6. Sesudah harum, masukkan ayam, tumis sampai berubah warna,tambahkan
  7. sedikit air, biarkan sebentar, tambahkan gula merah dan garam, cek rasa
  8. Tambahkan susu cair, biarkan diatas api kecil sebentar, angkat
  9. Creng selesai, hidangkan.

5.Aneka Masakan Ayam Berkuah Penyet Sambel Ijo

Bahan-Bahan :

  • 1 ekor Ayam yang dipotong menjadi 4 bagian atau menjadi 6 bagian.
  • 2 batang serai yang sudah di memarkan.
  • 4 lembar daun jeruk
  • Bahan-Bahan Membuat Bumbu Halus :
  • Kunyit 3 cm a tau satu ruas jari
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sedok lada
  • 1 sedok makan air jeruk nipis

Bahan-Bahan Membuat Sambal Ijo :

  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 8 buah cabe hijau dan direbus setengah matang
  • 5 cm jahe
  • Garam secukupnya

Bahan-Bahan Lengkap :

  • seladai
  • Timun
  • Kemangi

Resep Membuat Masakan Ayam Berkuah Penyet Sambel Ijo:

  • Masak ayam dengan serai,kemudian daun jeruk dan juga bumbu halus aduk
  • hingga bumbunya meresap pada daging yang matang,jika air terasa kurang
  • boleh tambahkan air secukupnya.
  • Goreng daging ayam dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan.
  • Haluskan dulu bahan sambal ijo,tambahkan ayam goreng dan ayam
  • dipenyet ataupun ditekan hingga daging ayam menjadi agak pipih.
  • Hidangkan ayam penyet di piring saji bersama dengan bahan pelengkap.
  • Ayam penyet sudah siap disantap.

6.Aneka Masakan Ayam Berkuah Semur Ayam Pedas

Bahan-Bahan :

  • 1/2 kg ayam
  • kentang 1 buah
  • 1/2 plastik suun

Bumbu Halus:

  • 6-7 bawang merah
  • 4-5 bawang putih
  • 1 cabai merah
  • 3 cabai rawit (sesuai selera)

Bumbu Perasa:

  • Gula merah/gula putih
  • Garam
  • Merica
  • 1/4 sdt Pala bubuk (boleh di skip)
  • Kecap manis (sesuai selera)
  • Saus tiram (sesuai selera)
  • Daun seledri (boleh skip)

Resep Membuat Masakan Ayam Berkuah Semur Ayam :

  1. Kalau aku ayam diungkep dulu biar empuk maksimal hehe cuman pake ketumbar aja buat ngrebusnya
  2. Sambil nunggu ayam, haluskan bumbu halusnya, boleh ulek, blender,iris. Kalau aku tadi di blender biar gak lelah hehe
  3. Sambil nunggu ayam lagi, rendam suun sama goreng kentang
  4. Tumis bumbu halus, masukan ayam yg sudah direbus plus sisa airnya. Masukan kentang. Masukan bumbu perasa. Tutup tunggu sampai meresap.
  5. Setelah sudah dirasa bumbu meresap ke ayam dan kentang,masukan suun yg sudah direndam (air jgn lupa dibuang). Terus tambahkan seledri (boleh diiris atau dibiarkan utuh)
  6. Selesei.

Bagaimana? Mudah sekalikan membuat aneka masakan ayam , dan perhatikan juga di bawah ini ya.

Kandungan Pada Daging Ayam

1.Memiliki Protein

Baik dada maupun paha ayam, keduanya merupakan sumber protein hewani yang baik. Di dalama potong paha ayam panggang dengan berat sekitar 85 gram mengandung protein sebesar 21 gram. Sedangkan dada ayam mengandung jumlah protein yang lebih tinggi, yaitu sekitar 25 gram.

2.Mengandung Zat Kalori

Perbedaan jumlah kalori dalam dada ayam dan paha ayam juga terlihat cukup timpang. Setiap 85 gram dada ayam mentah mengandung 170 kalori, sementara pada paha ayam mengandung 210 kalori.

3.Mempunyai Kandungan Natrium

Bagian dada dan paha ayam mengandung jumlah natrium yang tidak jauh berbeda. Pada 85 gram paha ayam mengandung 70 miligram natrium, sementara dada ayam mengandung 60 miligram natrium.

Demikianlah artikel tentang masakan ayam.Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih karena kesediaannya untuk membaca artikel yang kami buat ini.
Berbeda dengan cara membuat kue lupis.Ke lupis termasuk makanan yang sangat manis,termasuk makanan yang ada di indonesia .
Makanan kue lupis juga banyak disenangi oleh anak kecil,anak remaja dan sampai orang tua.Karena makanan tersebut makanan yang sudah ada dari dulu.
Semoga dengan ada ulasannya ini bermanfaat bagi kita semua.