Peluang Bisnis Ternak Yang Mudah Dikembangkan Dan Menjanjikan

10 Peluang Bisnis Peternakan Yang Menjanjikan dan Mudah Dikembangkan dengan Modal Kecil

Tidak banyak orang yang mau berat di dalam bisnis peternakan, sebuah usaha memelihara, mengembangbiakkan, dan mendapatkan hasil dari hewan ternak.

Namun demikian, kebutuhan manusia atas hewan ternak sebagai bahan baku yang menunjang industri kuliner cenderung semakin meningkat. Hal ini tentu menyebabkan peluang peningkatan omzet bagi si empunya bisnis peternakan.

Peluang bisnis peternakan yang dapat dimulai dengan modal kecil adalah sebagai berikut:

Beternak Ayam

bisnis ternak yang menjanjikan

Beternak ayam dapat diawali dengan sebidang tanah yang memadai untuk area kandang dan tempat ayam mencari makan. Namun demikian, peternak ayam rumahan—baik ayam kampung, ayam petelur, maupun ayam potong—harus memastikan agar peternakan kecilnya tidak mengganggu tetangga dan lingkungan sekitar.

Beternak Burung Puyuh

Meskipun tidak sebanyak kuliner daging ayam, daging burung puyuh merupakan bahan dasar yang mulai sering dicari oleh restoran-restoran kelas menengah ke atas. Rasanya yang khas membuat kuliner dari daging burung puyuh ini mulai diminati oleh masyarakat, di samping telurnya yang tentu sudah cukup lama digemari.

Beternak Ikan Lele

Beternak ikan lele merupakan salah satu opsi bisnis peternakan yang layak dipertimbangkan, mengingat populernya makanan hasil olahan lele; salah satunya adalah pecel lele yang dapat dijumpai hampir di mana saja.

Kecepatan memanen ikan lele tergantung dari seberapa rutinnya ternak tersebut diberi makan. Cukup mudah, bukan?

Beternak Bebek

Daging dan telur bebek dicari karena tekstur dan rasanya yang khas, berbeda dari daging dan telur ayam. Dalam pemeliharaannya, kandang dan lahan peternakan bebek pun harus dijaga kebersihannya.

Baca Juga : Resep Sambal Hitam Bebek Goreng Madura yang Enak dan Gurih

Selain itu, aspek pencahayaan dan pengelompokkan bebek sesuai dengan ukuran perlu diperhatikan.

Beternak Kelinci

Meskipun belum sepopuler ayam atau bebek, bisnis peternakan kelinci merupakan salah satu peluang yang menjanjikan omzet cukup besar. Olahan daging kelinci seperti abon, sate, nugget bahkan dapat diekspor hingga mancanegara.

Selain kebersihan dan lokasi kandang, lingkungan peternakan kelinci harus terbebas dari polusi udara, baik dalam bentuk bau tidak sedap maupun asap, dan suara bising.

Beternak Kambing

Beternak kambing dapat dimulai dari membesarkan beberapa ekor kambing di kebun belakang rumah—di lokasi yang tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Sebaiknya kambing digembalakan untuk merumput di padang rumput dan tidak dibiarkan berkeliaran di jalanan sehingga tidak mengganggu kegiatan khalayak umum. Pakan kambing bisa dibuat sendiri dengan jerami melalui proses menggunakan mesin pencacah rumput.

Beternak Udang

Selain diolah menjadi kerupuk, terasi, dan rempeyek, udang merupakan salah satu komoditi utama di restoran-restoran makanan laut. Oleh karena itu, produsen udang banyak dicari oleh pengusaha-pengusaha kuliner di Indonesia.

Tidak perlu dengan membuka tambak dengan ukuruan yang lumayan besar, Anda bisa melakukan ternak udang menggunakan kolam terpal di rumah Anda.

Beternak Belut

Belut merupakan komoditi yang belum banyak diminati. Mungkin bentuknya yang menyerupai ular dan licin menyebabkan tidak semua orang mudah menikmatinya. Namun, olahan belut seperti kerupuk, keripik, rendang, sate, bahkan spaghetti belut sudah mulai dijual di berbagai outlet dan rumah makan.

Beternak Jangkrik

Meskipun bukan merupakan kuliner yang umum di Indonesia, jangkrik juga dibudidayakan untuk dijual ke peternak atau pecinta burung kicauan. Selama terjaga kebersihan tempat dan diberikan asupan makanan secara rutin, jangrik dapat hidup di dalam wadah sederhana seperti drum bekas minyak atau ember bekas cat.

Beternak Ikan Hias

Peternak ikan hias memperoleh keuntungan dengan membesarkan bibit ikan menjadi ikan dewasa yang cantik dan memiliki nilai jual tinggi di kalangan penggemarnya. Partisipasi rutin dalam konvensi atau pameran ikan hias merupakan salah satu cara membangun relasi dan menggenjot omzet di bidang ini.

Kesimpulan

Bagi Anda yang berminat untuk mengawali atau beralih karir ke bisnis peternakan, jangan ragu-ragu. Dengan modal kecil dan tekad yang kuat, serta berbekal ketekunan merawat hewan ternak Anda, bisnis peternakan merupakan alternatif yang menjanjikan keuntungan yang lumayan.

Bisnis apapun, termasuk bisnis peternkan memerlukan proses pengelolaan biaya yang terstruktur dan harus terencana dengan baik. Lakukanlah pembukuan pada proses bisnis peternakan yang sedang Anda bangun, dengan begitu semua arus pemasukan dan pengeluaran bisa terpantau secara detail.

Terima Kasih sudah mengunjungi artikel tentang peluang usaha ternak yang menjanjikan dan mudah dikembangkan dengan modal yang sedikit. Semoga Bermanfaat.