Rekomendasi Usaha Ternak Yang Menjanjikan Untuk Pemula

5 Rekomendasi Usaha Ternak yang Menjanjikan`

Peluang usaha ternak yang menjanjikan merupakan usaha yang membutuhkan tingkat kesabaran serta ketekunan tinggi. Pasalnya, Usaha ternak akan mengelola berbagai jenis makhluk hidup dan ini membutuhkan ketekunan ekstra dalam proses pemeliharaannya. Usaha ternak juga perlu memilih lahan yang luas sebagai tempat dimana kamu mengelola hewan-hewan peternakan nantinya.

Agar usaha ternak bisa menjanjikan untuk menopang finansial kehidupanmu, Peran yang perlu kamu lakukan ialah kamu diwajibkan membangunnya secara sungguh-sungguh dan cermat memilih jenis usaha ternak apa saja yang akan kamu lakoni nantinya. Tapi, untuk kamu yang sedang bingung.

Berikut dibawah ini 5 Rekomendasi Usaha Ternak yang Menjanjikan. Nomor Satu Patut diperhitungkan!!!

1. Usaha Ternak Sapi

Kita tahu kebutuhan olahan daging sapi semakin meningkat setiap tahunnya bahkan perbulannya dan itu menjadi alasan mengapa harga daging sapi begitu mahal dipasaran. Memiliki usaha ternak yang menjanjikan sepertinya salah satu alasan terbesar untuk menstabilkan harga tersebut dan meningkatkan komoditas daya bahan pangan.

usaha ternak yang menjanjikan

Usaha Ternak Sapi merupakan pilihan yang tepat atas solusi semua permasalahan di atas yang semakin pelik. Untuk memulai usaha ternak sapi 3 hal yang kamu perlukan ialah :

  1. Memilih berbagai jenis sapi yang akan menjadi hewan ternak nantinya. Pada hal ini, kamu perlu belajar untuk membedakan mana jenis sapi jantan dan betina.
  2. Menetapkan jumlah anggaran pengeluaran semaksimal mungkin. Karena, nantinya diperlukan untuk kebutuhan perawatan sapi, pembelian ladang serta pemasaran penjualan.
  3. Menentukan jenis kandang sapi dengan mencari tempat terbaik tanpa terkena sinaran matahari.

Setelah kamu selesai melakukan ketiga hal di atas, kamu sebagai pemilik usaha ternak ini juga harus mengetahui prospek perkembangan bisnis pada usaha ternak sapi yang kamu miliki. Usaha ternak sapi juga perlu mengembangbiakan berbagai jenis sapi perah untuk diperas susunya agar bisa menghasilkan susu sapi yang berkualitas. Membuat pakan sapi tergolong mudah, dengan membuat jerami menggunakan mesin pencacah rumput.

Selain itu, permintaan dari konsumen, seperti : Hotel, Restoran, Pasar, Maupun pada hari raya Idul fitri dan Idul adha serta Hari raya natal yang kemungkinan besar akan membutuhkan sapi yang lebih banyak untuk diolah menjadi bahan pangan atau pemotongan hewan kurban.

2. Usaha Ternak Lele

Usaha ternak lele merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan. Usaha ternak lele dimulai dari mengelola pertambakan lele milik orang lain terlebih dahulu. Semua dilakukan guna mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi. Jika kamu pernah mengelola
tambak lele, dari sana kamu akan belajar bagaimana menjadi budayawan yang baik selain mencari keuntungan pada usaha ini.

3. Usaha Ternak Ayam

Usaha ternak yang menjanjikan ketiga yaitu ” Usaha Ternak Ayam “. Usaha ternak ayam bisa dimulai dengan membeli pakan ayam serta ayam petelur yang nantinya bisa berkembang biak secara cepat serta menghasilkan telur-telur yang nantinya bisa kamu jual dengan harga sesuai nilai jual beli pasar.

BACA JUGA : Cara Membuat Nasi Arab Ayam Yang Asli Dan Lezat

4. Usaha Ternak Kambing

Usaha ternak kambing ialah usaha yang mengelola jenis hewan ternak seperti kambing ataupun domba dengan prinsip metode 3P yakni : Perawatan Kesehatan Kambing, Pemberian Pangan serta Pemasaran penjualan. Usaha ternak kambing termasuk jenis usaha yang menjanjikan dimana kamu sebagai pemilik usaha ini perlu mengelola peternakan kambing semaksimal mungkin dengan
melakukan prinsip metode 3P yang telah dijelaskan.

Untuk modal awal, memulai usaha ternak kambing cukup mengeluarkan kocek senilai 10 juta saja dan bahan pangan untuk kambing nantinya yang diperlukan, ialah : rumput, ampas tahu atau tempe bisa juga daun nangka yang masih layak untuk dikonsumsi oleh hewan ternak ini.

5. Usaha Ternak Burung Puyuh

Usaha yang menjanjikan terakhir ialah : Usaha ternak burung puyuh. Kamu pasti sudah tidak asing dengan ” Telur Puyuh “, telur yang berbentuk kecil dengan cita rasa gurih di lidah membuat telur burung puyuh biasa dikonsumsi masyarakat untuk pembuatan sayur sup ataupun kuliner lainnya.

usaha ternak yang menjanjikan

Selain telur burung puyuh, burung puyuh memiliki bagian lain yang bisa dijual untuk meraup keuntungan, misalnya : Bulunya digunakan untuk pembuatan kemoceng, Daging burung puyuh bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat untuk mengatasi anemia.

Usaha ternak burung puyuh memiliki peningkatan permintaan supplai konsumen hingga 72% setiap bulannya. Untuk modal awal, kamu perlu merogok kocek sekitar 14-20 juta untuk keperluan membeli bibit, kandang serta perawatan dan kebutuhan lainnya.