Bumbu Cilok Jawa Khas dan Kenyal Banget, Buruan Coba Di Rumah !

Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang

Bumbu Cilok Jawa – Siapa yang tidak kenal cilok ? Makanan ringan murah yang disukai semua kalangan memang makanan ringan wajib. Sungguh aneh jika di depan sekolah atau kampus bahkan kantor tidak terlihat seperti tenaga penjualan cilok. Padahal Bumbu Cilok Jawa ini mudah dibuat,sebenarnya.

Cilok sendiri sama dengan jajanan pinggir jalan lainnya, tidak jelas dari mana asalnya. Tetapi banyak yang mengatakan bahwa cilok berasal dari Bandung.  Penamaan cilok, dilaporkan dari Wikipedia, berasal dari kata aci dicolok. Dikatakan karena bahan utamanya adalah tepung tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci dan disajikan dengan pencabutan.

Cilok adalah camilan bundar dengan tekstur kenyal. Hampir sama dengan bakso, tetapi bahan dasarnya berbeda. Jika komposisi bakso banyak daging dengan sedikit tepung, maka balikkan saja. Banyak tepung memiliki sedikit daging, beberapa bahkan tidak memiliki daging sama sekali. Sebab itu tekstur cilok lebih kenyal dibandingkan bakso.

Pada artikel Bumbu Cilok Jawa ini Akan saya bagikan Bumbu Cilok Jawa yang bisa anda buat di Rumah. Penasaran bagaimana Bumbu Cilok Jawa ? Simak Bumbu Cilok Jawa berikut ini

Bumbu Cilok Jawa

Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang

Cilok memang beragam jenis dan variasinya. Meskipun beragam, tetapi Bumbu Cilok Jawa tidak jauh berbeda dengan cara membuat bumbu sampai cara membuat fillet yang enak. Berikut ini Bumbu Cilok Jawa, simak dan amati langkah – langkahnya.

Bahan untuk Bumbu Cilok Jawa

  • Tepung terigu 100 g.
  • Tepung tapioka 100 g.
  • Bawang putih 1 siung (haluskan).
  • Daun bawang perai 1 tangkai (diiris halus).
  • Lada bubuk sdt.
  • Gula Pasir, sdt.
  • Penyedap sapi 1 sdt.
  • Garam 1 sdt.
  • 200 ml air panas.

Langkah dan Cara Membuat Cilok untuk Bumbu Cilok Jawa

  1. Campur tepung dengan bawang putih, daun bawang, bubuk lada, gula pasir, perasa dan garam. Lalu tuangkan air panas perlahan sampai terasa campurannya cukup basah dan mengental.
  2. Lalu tambahkan tepung tapioka. Uleni dengan tangan perlahan sampai merata. Lalu bentuk bulat kecil.
  3. didihkan air. Lalu masukkan cilok yang sudah dibentuk ke dalam air. Jika cilok sudah melayang maka tanda sudah matang.

Resep cilok, kami juga akan bersama-sama menjadikan bumbu sebagai pelengkap presentasi cilok. Ya, bumbu kacang.

Langkah dan Cara Membuat Bumbu Kacang untuk Bumbu Cilok Jawa

Bahan untuk Bumbu Kacang, Bumbu Cilok Jawa

  • Kacang 100 g. Goreng.
  • cabai rawit merah 7 buah.
  • Gula merah 4 sdm.
  • Bawang putih 2 siung.
  • Jus asam jawa 1 sdm.
  • Garam 1 sdt.
  • Minyak.
  • 200 ml air.

Langkah dan Cara Membuat Bumbu Kacang, Bumbu Cilok Jawa

  1. Hancurkan kacang sampai halus, lalu tambahkan cabai, gula merah, bawang putih, jus asam dan garam.
  2. Setelah itu, tumis dengan sedikit minyak goreng. Tumis sampai baunya harum.

Cilok

cilok

Cilok adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan bahan pelengkap tambahan seperti bumbu kacang, kecap, dan saus. Cilok berbentuk bulat seperti bakso, hanya saja bahan dasarnya berbeda. Ada telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari basis tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Cilok untuk Bisnis ?

Tidak hanya sebagai camilan lezat, cilok juga bisa menjadi peluang bisnis. Pedagang cilok rata-rata adalah pedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah, dan rata-rata berjualan di sekitar sekolah, kampus, dan pabrik.

Bahan Cilok

Bahan baku termasuk pati, bawang bumbu, dan beberapa bahan lainnya. Kemudian campur dengan ayam atau sapi menggunakan air. Kemudian direbus dan dibentuk bulat kecil seperti bola bakso.

Kenapa Dinamakan Cilok ?

Cilok adalah langkah dari kata aci dan dicolokkan. Dinamakan demikian karena bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci, dan biasanya disajikan dengan pencabutan.

Perbedaan Cilok, Cimol dan Cireng

Cilok, cireng, dan cimol pasti tidak asing bagi kita. Makanan ringan dari Bandung, kini telah menyebar ke banyak kota. Cilok singkatan aci dicolokkan. Cireng singkatan aci goreng. Sedangkan cimol adalah singkatan dari aci yang digemol.

Aci adalah nama Sunda untuk pati. Aci adalah bahan utama untuk membuat cilok, cireng, dan cimol. Bumbu hampir sama. Karena terbuat dari aci, makanan ini saat digigit, rasanya agak kenyal. Jadi, yang terbaik adalah makan hangat.

Lalu, apa perbedaan antara ketiga camilan itu? Simak berikut ini

Cilok

Cilok dibuat dari tepung aci dicampur dengan air dan diaduk sampai menjadi adonan yang fleksibel dan liat. Adonan tersebut kemudian berbentuk bulat seperti bakso. Kemudian direbus atau dikukus.

Cilok matang ditusuk seperti sate, lalu dituang dengan bumbu kacang atau kecap. Ada juga cilok yang tidak ditusuk. Tetapi jika Anda ingin dimakan, cilok diambil dengan tusukan dari kayu atau bambu.

Dalam bahasa Sunda, ditusuk disebut dicolokkan. Nah, dari kata dicolok itu dibuat nama cilok atau aci dicolokkan.

Cimol

Cimol dibuat dari campuran tepung aci berbentuk bulat. Dalam bahasa Sunda, bentuk bundar disebut populer. Setelah dibentuk bulat, cimol digoreng. Sebelum dimakan, cimol ditaburi bubuk rasa.

Ada rasa gurih. Ada juga rasa pedas. Cimol biasanya dimakan menggunakan tusukan kayu seperti makan cilok. Jadi cimol adalah kombinasi cilok dan cireng. Ya, itu cilok, cireng, dan cimol.

Sekarang Anda tahu, apa bedanya? Cilok, cireng, dan cimol yang dijelaskan di atas adalah asli. Cilok, cireng, dan cimol sekarang lebih beragam, baik saus dan isinya. Jika aslinya tanpa isi, apa yang sekarang diisi dengan keju, daging, sosis atau daging kornet. Taburan untuk cimol juga memiliki rasa daging sapi lada hitam, balado, atau keju.

Mungkin sekian dahulu artikel Bumbu Cilok Jawa dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Resep Cilok Bumbu Kacang yang Lezatnya Mantul, Mudah dan Praktis ! yang tentunya uenak banget. Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.