Cara Bikin Keripik Bawang Bayam Hijau Yang Sehat Untuk Camilan

Siapa sih yang tak suka mengkonsumsi camilan seperti keripik? Apalagi dimasa pandemi seperti ini. Nah, pada artikel sebelumnya kan sudah dibahas mengenai bagaimana cara bikin keripik kentang telur asin yang enak dan cocok disantap saat santai, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara buat keripik bawang yang juga nikmat disantap saat masa pandemi seperti ini.

Keripik bawang atau banyak yang menyebutnya kue bawang, biasanya dijumpai disaat masa lebaran. Sembari bersilahturahmi kerumah sanak saudara, mengobrol dan bercengkerama dengan memakan camilan yang sudah disediakan di masing-masing rumah tersebut. Salah satunya yaitu jenis keripik-keripikan yang sering kita jumpai. Selain bisa dijadikan camilan, keripik juga dapat dijadikan sebagai menu pelengkap lauk saat makan dengan nasi.

Dimasa pandemi seperti ini, biasanya banyak orang yang mulai bosan dengan kehidupan karantina mereka. Terlebih adanya larangan keluar rumah demi memenuhi peraturan psbb (pembatasan sekala besar bersama) yang mewajibkan seluruh masyarakat untuk selalu dirumah dan tetap berjaga jarak. Hal ini menyebabkan mereka mulai bosan dan hanya menonton televisi ataupun beberapa serial film yang ada di sosial media.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan kami berikan cara buat keripik bawang atau cara membuat kue bawang yang mungkin sedikit menambah pekerjaan rumah. Daripada hanya mengeluarkan uang untuk membeli stok camilan terus menerus, alangkah baiknya membuat camilan sendiri yang enak dan siapa tahu dapat menjadi ladang usaha baru di kala masa pandemi seperti ini.

Cara Bikin Keripik Bawang Bayam Hijau Yang Sehat Untuk Camilan

Bahan-bahan :

  • Garam 1 sendok makan.
  • Fermipan 1 sendok makan.
  • Telur 1 butir.
  • 1 ikat bayam.
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Terigu 1/2 kilo gram.
  • Margarin 3 sendok makan.
  • Tepung sagu atau tepung kanji (pilih salah satu) 3 sendok makan penuh.
  • 3 siung bawang putih.

Cara Bikin Keripik Bawang Bayam :

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan yang kira-kira dibutuhkan dalam membuat keripik bawang bayam.
  2. Lalu siapkan wadah, tuang tepung terigu kira-kira dua gelas penuh dan juga tiga sendok makan tepung sagu ke dalam wadah. Tambahkan juga garam dan lada bubuk, kemudian aduk-aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya blender bayam hingga halus, lalu peras dan saring ampas-ampasnya hingga mendapatkan 220 mili liter cairan dari bayam. Kemudian haluskan juga bawang putih dengan menggunakan blender.
  4. Jika sudah masukkan air dari bawang putih dan bayam yang sudah dihaluskan dan disaring ke dalam wadah. Tambahkan juga fermipan dan telur, tuang juga air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk, apabila dirasa sudah cukup bisa distop menambahkan airnya.
  5. Aduk-aduk hingga siap diuleni, jika sudah bisa maa uleni sampai kalis. Disela menguleni tambahkan margarin, lalu lanjut lagi diuleni sampai kalis.
  6. Jika sudah maka diamkan sebentar kira-kira sepuluh menit sambil siapkan gilingan.
  7. Bagi-bagi adonan dan bentuk bulat-bulat, lalu gilinglah menggunakanbotol kaca atau rolling pin, lebih mudah lagi jika menggunakan penggilingan molen.
  8. Taburkan tepung kanji atau tepung sagu pada adonan yang sudah digiling agar tidak lengket.
  9. Kemudian giling lagi hinggabenar-benra tipis. Jika sudah adonan bisa dipotong-potong dan dicetak sesuai selera.
  10. Sementara itu siapkan wajan dan minyak sambil dipanaskan di api yang sedang, minyak untuk menggoreng harus banyak.
  11. Jika minyak sidah panas gorenglah sambil diaduk-aduk, tetap menggunakan api sedang.
  12. Jika keripik bawang sudah terlihat agak kecokelatan maka keripik bawang siap diangkat dan ditiriskan.
  13. Tunggu hingga keripik bawang mendingin, dan jika sudah dingin keripik bawang siap dikemas.

Manfaat Mengkonsumi Byam Hijau Untuk Kesehatan Tubuh :

  1. Kesehatan tulang Bayam diketahui kaya akan berbagai vitamin, termasuk vitamin K. Konsumsi vitamin K sangat baik untuk tulang karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh. Hal ini membuat vitamin K dikaitkan dengan rendahnya risiko patah tulang.
  2. Mencegah anemia defisiensi zat besi Zat besi merupakan mineral yang penting dalam pembentukansel darah merah. Tanpa zat besi yang cukup, darah tidak dapat menghasilkan cukup hemoglobin atau protein dalam darah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu mineral yang terkandung dalam bayam adalah zat besi. Konsumsi satu cangkir bayam memenuhi 36 persen kebutuhan zat besi harian Anda. Dengan mengonsumsi bayam, Anda bisa mencegah anemia defisiensi zat besi.
  3. Kesehatan kulit dan rambut Merangkum dari Medical News Today, bayam memiliki sejumlah besar vitamin A yang berfungsi untuk menyeimbangkan produksi minyak di pori-pori kulit dan rambut. Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin C. Jenis vitamin ini juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C dapat membantu menjaga kulit tetap tampak awet muda dan membantu penyembuhan luka.
  4. Mencegah kanker Dilansir dari Healthline, bayam mengandung komponen Monogalactosyldiacylglycerol (MGDG) dan Sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG). Kedua komponen tersebut dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian yang dipublikasikan dalam Bioactive Foods in Promoting Health dan Current Medical Chemistry menunjukkan, senyawa tersebut membantu memperlambat pertumbuhan tumor leher rahim. Tak hanya itu, senyyawa tersebut juga diketahui dapat mengurangi ukuran tumor. Dalam beberapa penelitian lain, konsumsi bayam pada manusia menunjukkan hasil menggembirakan dalam pengurangan risiko kanker prostat dan kanker payudara.

Itulah cara bikin keripik bawang bayam hijau yang sehat untuk dijadikan camilan oleh kalian. Dan juga beberapa manfaat bayam hijau untuk kesehatan tubuh kalian. Selamat mencobanya di rumah dan semoga bermanfaat untuk kalian semua. Enjooyyy frenn!!