Cara Membuat Keripik Lumpia Cokelat Yang Legitnya Sampai Ubun-ubun

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas bagaimana cara buat keripik bawang bayam hijau yang bisa dijadikan camilan ataupun pelengkap makanan berat. Nah kali ini, kita akan membahas tentang camilan keripik lagi yaitu cara membuat keripik lumpia yang renyah dan gurih. Tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan camilan yang satu ini. Cara pembuatannya pun hampir sama dengan bagaimana cara membuat keripik kentang dan keripik-keripik lainnya.

Lumpia merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Tentu, anda sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Makanan ini biasanya menjadi cemilan saat bersantai dirumah. Jika digoreng warnanya kecoklatan, bentuknya memanjang serta di dalamnya terdapat irisan wortel dan sayuran lainnya. Makanan yang menjadi kegemaran masyarakat Semarang ini terbagi menjadi dua jenis, ada yang basah dan juga kering. Namun, baik lumpia basah atau pun kering sama-sama mempunyai manfaat bagi kesehatan. Dalam makanan ini mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Olahan makanan lumpia pun mulai berkembang, lumpia yang biasanya berisi sayuran dan beberapa irisan daging ini, olahan lumpia kini sudah berkembang menjadi sebuah keripik yang banyak digemari oleh siapapun. Tidak hanya anak kecil saja, namun seluruh lapisan masyarakat menyukainya.

Nah, daripada kalian semua bingung harus membeli keripik lumpia dimana, mending kita buat kesibukkan kecil dirumah dengan memasak cara membuat keripik lumpia yang enak, renyah, gurih dan yang pastinya kalian bisa menikmatinya dengan beberapa varian rasa yang kalian inginkan.

Cara Membuat Keripik Lumpia Cokelat Yang Legitnya Sampai Ubun-ubun :

Alat dan Bahan :

  • Kulit lumpia secukupnya.
  • Minyak goreng.
  • 30gr tepung terigu.
  • 60 ml air.
  • 130 gr bubuk milo (bubuk cokelat lainnya).
  • Sumpit.
  • Gunting.

Cara Membuat Keripik Lumpia Cokelat :

  1. Siapkan bahan-bahannya.
  2. Buat perekatnya dengan mencampurkan terigu dan air, ratakan hingga halus. Kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  3. Ambil selembar kulit lumpia. Gulung dengan sumpit, lalu pinggirannya beri perekat dan rapikan. Lalu tarik sumpit dari gulungan kulit lumpia. Dan seterusnya hingga habis kulit lumpia tersebut.
  4. Setelah semua kulit lumpia digulung biarkan hingga 30 menit agar set, kemudian di gunting-gunting menyerong.
  5. Siapkan penggorengan berisi minyak panas dan api sedang saja. Masukkan potongan kulit lumpia. Balik-balik setelah terlihat mulai kering (agar roll tidak lepas). Setelah kekuningan angkat dan tiriskan (sesaat sesudah ditiriskan warna tampak lebih gelap jadi diangkat kondisi warnanya kuning saja).
  6. Tiriskan keripik lumpia yang sudah matang, tunggu agar tidak panas kemudia masukkan kedalam sebuah wadah atau toples yang berisikan bubuk cokelat.
  7. Aduk hingga rata, sehingga keripik lumpia cokelatnya siap disantap.

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

1. Jantung yang sehat

Kamu sebaiknya tahu bahwa nutrisi cokelat berasal dari biji kakao. Kenapa demikian? Karena biji kakao kaya akan nutrisi tanaman yang disebut flavanoid. Di antara ragam cokelat, jenis cokelat hitam adalah yang paling besar mengandung nutrisi tersebut. Apa manfaat dari flavanoid? Zat tersebut memiliki sifat antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, menurut pakar kesehatan dari Universitas Harvard, mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga mengurangi risiko atrial fibrillation –kondisi detak jantung yang tidak teratur yang dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya.

2. Memperbaiki otot lebih cepat

Setelah berolahraga, jangan lupa minum atau makan cokelat, karena disebut dapat memulihkan tubuh lebih cepat, terutama pada bagian otot. Kurang percaya? Sebuah studi dari University of Texas di Austin menemukan bahwa atlet yang minum cokelat rendah lemak setelah latihan–bukan minuman olahraga berbasis karbohidrat atau minuman bebas kalori–mengalami pemulihan lebih cepat.

3. Meningkatkan kemampuan otak

Kalau Kamu mulai sering lupa, coba konsumsi cokelat. Sebuah studi tahun 2014 menemukan orang dewasa yang mengonsumsi suplemen kakao tinggi flavanoid selama tiga bulan tampil lebih baik dalam tes memori dibandingkan peserta yang mengonsumsi suplemen kakao rendah flavanoid. Selain itu, sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa daerah dengan konsumsi cokelat paling tinggi memiliki lebih banyak warga yang menerima Hadiah Nobel. Nah, kalau pemenang Hadiah Nobel saja mengonsumsi lebih banyak cokelat, mungkin kita juga harus begitu.

4. Membersihkan kulit

Mungkin dulu orangtua pernah melarang kita makan cokelat karena akan merusak kulit. Ternyata, mengonsumsi cokelat justru memperbaiki kulit.   Beberapa penelitian mengungkapkan cokelat dapat membantu melindungi dari sinar UV yang berbahaya.    Tapi sebaiknya memilih cokelat yang rendah gula, karena kebanyakan gula justru bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat.

5. Mengurangi nafsu makan berlebih

Jika merasa terlalu banyak makan, cokelat hitam bisa jadi solusi untuk menurunkan nafsu mengunyah lebih banyak lagi.   Mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengatur nafsu makan, menurut sebuah penelitian kecil oleh para peneliti Universitas Kopenhagen. Hal itu berlaku kalau Kamu menyukai makanan manis, asin, atau berlemak.

Itulah resep cara membuat keripik lumpia rasa cokelat dan beberapa manfaat cokelat bagi tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya dirumah ya frenn! Enjoyyyyy selalu!