Resep Cara Bikin Martabak Telur Mie yang Bikin Nagih

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara bikin martabak telur mie yang lezat dan tentunya mudah nih guys.

Ada juga serba-serbi mengenai maratabak telur dan manfaat mengkonsumsi martabak telur, simak terus artikel kami ini ya guys.

Siapa tahu dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang bagaimana cara bikin martabak telur mie.

Berbincang-bincang tentang martabak, di Indonesia sendiri memiliki 2 jenis martabak yakni martabak manis dan martabak telur. Martabak manis lebih dikenal dengan sebutan terang bulan.

Walaupun memiliki nama depan yang sama yaitu martabak, faktanya kedua martabak ini jauh berbeda baik mulai dari pembuatan, komposisi, rasa, maupun jenisnya.

Teruntuk penggemar martabak telur tentu sudah tidak asing lagi dengan rasa dari camilan ini.

Rasa yang asin dengan campuran sayuran dan daging tentu membuatnya bisa dijadikan sebagai lauk atau bisa dimakan dengan nasi.

Penjual makanan populer ini sudah menjamur di mana-mana, bahkan terkadang jarak penjual satu dan penjual lainnya hanya beberapa meter saja.

Tidak cuma pedagang kaki lima, bahkan sekelas restoran pun juga ikut menyediakan martabak telur dalam buku menu mereka.

Seperti kebanyakan makanan Indonesia pada umumnya, cara pembuatan dan isian martabak telur tentu menyesuaikan dengan daerahnya.

Namun meskipun berbeda, kebanyakan di berbagai daerah, martabak telur baru bisa dinikmati saat akan menjelang malam hari .

Karena kebiasaan penjualnya yang baru berjualan menjelang malam atau sore hari. Karena itulah kita tidak dapat menikmati kenikmatan martabak telur setiap saat.

Nah supaya dapat menikmati nikmatnya martabak telur setiap saat, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Yuk, langsung aja simak cara bikin martabak telur rumahan yang tidak kalah enak dari yang biasa dijual oleh para pedagang martabak telur.

Fakta Menarik Martabak Telur  :

Siapa di sini yang suka banget sama makanan yang satu ini? Sebagai warga Indonesia, martabak telur adalah kuliner lokal yang sangat menggugah selera.

Lewat satu martabak telur, kamu bisa merasakan gurihnya dan lezatnya daging cincang, telur ayam, serta segarnya daun bawang dan seledri. semuanya bersatu dalam kulit tepung yang renyah.

Nggak cuma jadi cemilan semata. Sepotong martabak telur kadang dapat menjadi lauk pauk teman kamu bersantap siang maupun malam, tentu saja dengan sepiring nasi putih yang hangat.

Tapi ternyata, banyak yang nggak tahu siapa sih penemu martabak telur di Indonesia. Atau bahkan, apakah martabak asin benar-benar berasal dari Indonesia?

Untuk menjawab, Pegipegi menyisipkan 7 fakta menarik seputar martabak telur yang lezat ini. Penasaran? Mari disimak!

1. Persahabatan India -Tegal

Martabak telur nggak bakal ada tanpa persahabatan seorang pemuda dari India, Abdullah bin Hasan Almalibary dengan warga Tegal, Ahmad bin Kyai Abdul Karim.

Keduanya bertemu di Semarang pada 1930 dan menjalin komunikasi sebagai sahabat sejak itu. Adalah Abdullah yang pertama kali memperkenalkan maratabak, sebelum Ahmad punya ide untuk menawarkan kepada para tetangga di Tegal.

2. Asal-Usul Namanya

Martabak telur sendiri merupakan penyempurnaan dari Murtabak, cemilan dengan bahan terigu dari India.

Martabak sendiri memiliki arti ‘berlipat’. Dengan modifikasi, seperti penambahan daging cincang dan sayuran, Ahmad pun memberikan nama martabak kepada makanan yang satu ini.

3. Sekaten dan Dugderan

Usai menyebar dari mulut ke mulut, permintaan martabak telur keduanya pun makin banyak.

Nggak hanya datang dari kalangan rakyat biasa, para pejabat pun rela turun ke jalan untuk mencicipi martabak telur khas Ahmad dan Abdullah.

Puncaknya saat dua pesta rakyat di Yogyakarta, Sekatenan dan Semarang, Dugderan menjadikan martabak telur sebagai sajian utamanya.

4. Asosiasi Martabak

Sama seperti kedai pecel lele, kehadiran penjaja martabak telur di Indonesia sudah nggak terhitung. Nggak heran, mereka pun memiliki asosiasi tersendiri.

Namanya Al-Marjan Indonesia (Asosiasi Pedagang Martabak dan Jajanan Se-Indonesia) yang terbentuk pada 2007 lalu. Gagasannya sendiri sudah hadir sejak 1970 di kota Tegal, tempat di mana martabak terkenal pertama kali.

5. Setara Rendang

Meski nggak murni asli Indonesia, pamor martabak di luar negeri cukup baik. Bahkan, bisa dibilang, dunia internasional kenal martabak seperti mengenal rendang yang asli Indonesia.

Nggak heran, banyak sekali pengusaha kuliner Indonesia di luar negeri berani membuka bisnis martabak. Seperti Dewi Ratih Naim yang punya kedai martabak Raos Kuliner di Melbourne, Australia.

6. Versi Beku

Seiring dengan canggihnya teknologi, martabak juga hadir dengan berbagai kemasan menarik. Salah satunya adalah martabak rendang beku.

Dihadirkan oleh D’Marco Martabak, martabak yang satu ini bisa awet untuk diajak jalan-jalan ke luar negeri. Layaknya makanan beku lainnya, kamu hanya perlu memanaskannya di atas microwave untuk dapat menikmati.

7. Seserahan Calon Mertua

Ada mitos di Indonesia kalau martabak telur adalah makanan wajib buat kamu bawa saat bertandang ke rumah calon mertua.

Kenapa? Well, ternyata martabak punya nilai eksklusif yang menunjukkan strata sosial seseorang. Jadi, kesannya mewah meski secara tampilan tradisional banget.

Martabak telur termasuk salah satu makanan sederhana dan praktis yang bisa anda terapkan ketika ingin membuatnya di rumah.

Apalagi kalau mendadak ingin makan-makanan ini dan malas keluar maka bikin sendiri deh, kemudian makanan ini sudah begitu populer di indonesia bahkan sampai-samapai bisa dengan mudahnya menemukan penjualnya yakni di perempatan jalan.

Cara Bikin Martabak Telur Mie

cara bikin martabak telur mie

Bahan Untuk Membuat Kulit  :

  • Tepung terigu dengan kandungan protein tinggi 200 g
  • Garam sdt
  • Air mineral 150 ml
  • Minyak goreng 50 gTelur ayam 1 butir, kocok lepas

Cara Membuat Kulit Martabak Telur Mie :

  1. Siapkan wadah lalu masukkan tepung terigu dan garam.
  2. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan telur lalu aduk lagi hingga tercampur rata.
  4. Tuangkan sedikit air sambil terus mengaduk dengan tangan hingga adonan menjadi kalis.
  5. Bagi adonan menjadi dua bagian sama rata kemudian bentuklah menjadi bulatan.
  6. Olesi bagian luar adonan dengan menggunakan minyak lalu diamkan kurang lebih selama 15 menit.
  7. Adonan siap dijadikan kulit martabak telur.Cara Bikin Isi Martabak Telur :

Bahan Untuk Isian Martabak telur Mie nya :

  • Bawang Putih 4 siung, iris halus
  • Daging sapi giling atau cincang atau daging ayam giling atau cincang 250 gr
  • Bawang merah 8 buah, iris halus
  • Daun bawang 5 batang, iris halus
  • Bawang bombay 1 buah, iris halus
  • Lada bubuk sdt
  • Minyak 4 sdm

Cara Membuat Isi Martabak Telur Mie:

  1. Siapkan penggorengan, lalu panaskan minyak dengan api sedang.
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Tumis hingga tercium bau harum.
  3. Masukkan daging cincang atau giling. Tumis hingga rata dan hingga daging agak matang.
  4. Masukkan daun bawang dan lada bubuk. Tumis hingga rata dan daging matang.

Bahan Untuk Membuat Martabak Telur Mie nya:

  • Kulit martabak telur yang sudah dibuat sebelumnya
  • Isi martabak telur yang sudah dibuat sebelumnya
  • Garam sdt
  • Telur ayam atau telur bebek 4 butir, kocok lepas
  • Minyak goreng 4 sdm

Cara Bikin Martabak Telur Mie :

  1. Ambilah salah satu adonan kulit, lalu tekan dengan menggunakan telapak tangan dengan gerakan memutar hingga adonan melebar.
  2. Pegang ke dua ujung adonan lalu dengan gerakan tangan memutar ke atas, banting adonan hingga melebar dengan hati hari agar adonan tidak robek.
  3. Siapkan 2 buah telur yang sudah dikocok kemudian berikan garam. Kocok sampai tercampur rata.
  4. Masukkan isi martabak telur yang sudah dibuat sebelumnya. Kocok hingga tercampur.
  5. Panaskan minyak goreng di penggorengan dengan api kecil, sebaiknya siapkan wajan dengan diameter yang luas.
  6. Ambil kulit yang sudah dilebarkan. Masukkan dengan perlahan dan hati-hati ke dalam penggorengan supaya tidak sobek.
  7. Goreng kulit martabak hingga matang.
  8. Tuangkan isi martabak telur kedalam tengah-tengah kulit martabak telur yang sedang digoreng.
  9. Lalu lipatlah masing-masing ujung kulit ke tengah hingga bagian isi tertutup dengan kulit martabak telur.
  10. Goreng martabak dengan cara dibolak-balik hingga matang atau sampai berwarna kecoklatan.
  11. Martabak telur yang sudah matang kemudian sisihkan.
  12. Martabak telur siap dihidangkan.

Resep martabak ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha dengan keuntungan yang lumayan besar. Kamu juga bisa menggunakan sebuah brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang kamu lakukan.

Teruntuk beberapa orang mungkin membuat martabak telur dengan ukuran sebenarnya sangat terkesan ribet atau susah karena tidak mempunyai wajan yang mendukung.

Eits, tunggu dulu, adapun resep cara bikin kue kering keju untuk Anda yang ingin membuat kue kering yang simpel.