Resep Cara Membuat Cupcake Kukus Sederhana Yang Lembut

Apa kabar para pecinta Cupcake, nah pada kesmpatan ini saya akan membahas tentang cara membuat cupcake kukus sederhana yang lembut dan enak tentunya, Cocok untuk dihidangkan bersama keluarga ataupun disajikan untuk orang yang akan singgah ke rumah nih guys, Siapa yang dapat membayangkan betapa nikmatnya kue yang memiliki ukuran kecil namun tetap menarik untuk dilihat? Kue ini memiliki nama yang unik yaitu Cupcake.

Apa Itu Cupcake?

Cupcake adalah kue yang berukuran kecil dilapisi kertas atau bahasa pasaran di Indonesia yakni kue cangkir. Cupcake banyak dicari oleh banyak orang selain karena Cupcake ini mempunyai tekstur yang lembut tapi juga berasa manis.Kue cupcake termasuk hidangan kue yang cukup populer dan diminati oleh banyak orang.

Tekstur bentuknya yang mungil dan lucu dengan berbagai macam filling yang khas membuatnya menjadi kue yang cukup disenangi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, makanan yang dibuat dengan cara kukus juga jauh lebih unggul dalam segi tekstur akan menghasilkan kue cupcake yang lebih lembut.

Ada yang sudah bosan menikmati kue cupcake yang  diolah melalui proses panggang menggunakan oven, mungkin anda bisa mencoba membuat beberapa cupcake kukus dengan mengikuti resep cara membuat cupcake kukus ini yang tidak kalah mudah dan simpel dengan resep cupcake yang dipanggang.

Cara membuat cupcake kukus tidaklah berbeda dengan cara membuat cupcake panggang, perbedaannya hanya terletak pada cara mematangkan adonannya saja, cupcake kukus membuat adonan matang dengan cara dikukus menggunakan kukusan dan cupcake panggang yang diolah menggunakan oven untuk membuat adonan matang sempurna.

Menghidangkan cupcake telah menjadi kebiasaan, terutama di Amerika yang konon menjadi awal mula perkembangan kue cupcake sejak abad 19, di Amerika, masyarakat biasa menyantap cupcake sebagai camilan, karena kue cupcake masih masuk kedalam kategori kue manis terpopuler, bersamaan dengan donat dan kue macaroon.

Bahkan penjualan kue cupcake pun tidak terbatas, dilakukan di toko kue saja, melainkan juga dijual di mobil bahkan di truk. Cupcake bisa dihidangkan sebagai camilan bahkan menu kue ulang tahun, cukup dengan menyusun kue cupcake menjadi menara tinggi seperti menara kue ulang tahun biasanyanya. Resep cara membuat cupcake kukus oreo ini cocok dinikmati selagi hangat.

Fakta Unik Kue Cupcake :

Yang suka cupcake mana suaranya??, Siapa sih yang nggak kenal sama kue imut yang lezat ini? Yup, kue mungil berwadah cup dari kertas ini emang udah banyak dijual di toko roti dan berbagai pusat perbelanjaan. Rasanya yang manis dan tampilannya yang ngegemesin bikin kue ini sering disajiin sebagai hidangan waktu kumpul sama sodara bahkan sampe jadi kue buat berbagai macem perayaan kayak ulang tahun.

Rasanya yang enak banget dan juga harganya yang nggak mahal-mahal banget, otomatis bikin banyak orang demen banget dong sama cup cake. Apalagi kalo kamu penggemar beratcup cake nih, daripada kamu cuma demen makan aja, pastiin buat lebih tahu fakta-fakta menarik yang membuatnya banyak diburu di bawah ini ya!

1.Asal Usul CupCake

Zaman sekarang nih cupcake emang jadi salah satu camilan berasa manis yang populer baik di seluruh penjuru dunia. Kalo kita ngelihat sejarah, istilah cupcake sendiri muncul pertama kali di akhir abad ke-19 buat menamai seluruh jenis kue yang terbuat dari bahan-bahan yang diukur sama cangkir teh.

Cupcake tradisional yang pertama kali dan gampang diinget terbuat dari 1 cangkir mentega, 2 cangkir gula, 3 cangkir tepung dan 4 butir telur. Nah, karena masih pakai cara tradisional, buat memanggang cupcake, kebanyakan orang bakal pakai cangkir tanah liat sebagai loyang buat ngebentuknya. Makanya dinamain cupcake, guys!

2.Rekor Cupcake Terbesar di Dunia

Bagai nasi goreng tanpa nasi rasanya kalo ada makanan yang belum dibuat versi jumbonya sampe bisa mecahin rekor dunia, nggak terkecuali cupcake. Alhasil di 15 Agustus 2009, sebuah cupcake terbesar berhasil mecahin rekor dunia yang beratnya 612 kg, tinggi 4 kaki ato sekitar 1,2 meter dan berdiameter 3,3 meter yang disajiin di perayaan tahunan di kota New Hampshire

Kabarnya, pembuatan kue ini adalah sebagai ajang pengumpulan dana buat pengobatanSusan G lewat Yayasan Kanker Payudara. Menurut sang pembuat kue, Ryan Abood, cupcake ini mengandung sekitar 2 juta kalori dan pembuatannya udah ngehabisin 800 butir telur, 100 kg gula dan tepung. Selain itu, lama persiapan 5 hari dan juga ngehabisin waktu 12 jam pembuatan! Nggak salah deh kalo jadinya cetar membahana kayak gitu.

3.Awalnya Sih Cuma Buat Cemilan, Eh Sampai Jadi Kue Pernikahan

Kalo awalnya cupcake cuma dibuat sebagai camilan ato jajanan buat ngobrol santai doang, sekarang ini udah banyak orang yang memilih cupcake buat sajian di sebuah acara perayaan ulang tahun atau bahkan pernikahan.

Kalo dibandingin sama kue tart yang betingkat-tingkat, sekarang banyak orang yang lebih memilih cupcake sebagai kue buat jadi hidangan utamanya. Meski sama-sama disusun bertingkat ke atas, tapi banyak yang mengakui kalo tampilan susunan cupcake kelihatan lebih lucu dan ngegemesin dibanding sama kue ulang tahun atau kue pernikahan bertingkat yang penuh sama krim. Kamu sendiri lebih milih mana nih?

4.Punya Sebutan Sebagai Kue Peri

Di Inggris, cupcake disebut sama fairy cake atau kue peri. Kue peri adalah cupcake yang bagian atasnya dipotong, terus dibentuk kayak 2 sayap dan dihias sama glaze icingKue ini juga sering disebut sama cupcake butterfly.

Terus nih guys, salah satu keunikan lain dari cupcake yang dibuat di Inggris ini adalah adonannya yang pakai sponge cake, bukannya butter cake. Nah, hal ini nih yang ngebikin kue berasa lebih ringan dan lebih enak dong pastinya.

5.Cupcake yang Paling Populer di Dunia

Mau tahu cupcake apa yang paling terkenal di seluruh dunia? Cupcake dari toko The Hostessbisa dibilang sebagai yang paling populer di dunia. Kok bisa sih? Ternyata oh ternyata, toko ini jadi yang pertama menjual kue imut ini di tahun 1950-an sampe sekarang.

Dalam satu kali pemanggangan cupcake, terhitung ngehabisin waktu kurang lebih 17 menit, nah pastinya udah terhitung kalo ada ribuan cupcake yang diproduksi dalam seharinya sama toko roti ini. Dan dari data yang diperoleh, toko ini kabarnya berhasil menjual 600 juta cupcake tiap tahunnya! Buset, dimakan semua tuh?!

Cara Membuat Cupcake Kukus Sederhana

cara membuat cupcake kukus sederhana

Bahan-Bahan :

  •  100 gram tepung terigu
  •  3 butir telur ayam
  • 100 gram mentega
  •  2 sendok teh baking soda
  •  100 gram gula pasir
  •  35 gram cocoa powder
  •  100 gram mentega
  •  2 sdt vanila extract
  •  24 biskut oreo
  • 100 gram confectioner sugar

Cara Membuat Cupcake Kukus Sederhana :

  1. Pada dalam mangkuk mixer kocok 100 gram mentega dan gula sampai lembut. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok sampai tercampur merata. Tambahkan tepung, baking soda, 1 sendok teh vanili dan cocoa powder sambil dikocok dan tercampur rata.
  2. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin dengan porsi yang sama yaitu 3/4 penuh.
  3. Kukus selama 20 menit atau sampai matang di kukusan dengan suhu 180 derajat celcius. Keluarkan dari kukusan dan dinginkan.
  4. Taruh 180 gram mentega dalam mangkuk mixer listrik, kocok sampai lembut. Tambahkan gula halus dan 1 sdt vanili lalu kocok dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian naikkan kecepatan menjadi sedang dan kocok lagi 1 sampai 2 menit kemudian tambah.
  5. Tuangkan satu sendok oreo cream dam di atas cupcake coklat dan tambahkan 1 keping biskuit oreo

Itulah ulasan tentang cara membuat cupcake kukus sederhana, dan bagi kalian yang ingin mengetahui lebih tentang cara bikin martabak telur  mie yang lezat dan mudah anda dapat mengunjungi artikel kami kapanpun anda mau, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan readers sekalian.