Cara Buat Keripik Singkong Cokelat Lumer, Lembut di Mulut

Makanan ringan seperti keripik memang menjadi camilan yang banyak disukai orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak sangat menyukai camilan keripik singkong. Selain keripik pisang, keripik singkong menjadi andalan banyak orang. Tidak sulit untuk menemukan keripik singkong. Begitupun dengan cara buat keripik singkong yang mudah, yang bahkan sama dengan cara bikin keripik pisang cokelat.

Hampir di setiap minimarket dan pusat perbelanjaan lainnya menjual keripik singkong. Mulai dari yang dibuat dalam kemasan oleh pabrik besar hingga yang dijual di pinggir jalan. Keripik singkong biasa dijual dalam berbagai rasa. Meski banyak dijual, tak sedikit orang yang penasaran untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain bisa mengkreasikan sesuai selera, orang juga bisa lebih menghemat.

Berdasarkan definisi keripik tersebut, keripik singkong bisa disebut sebagai panganan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis. Irisan singkong kemudian digoreng dengan rasa asli asin dengan beraroma bawang yang gurih. Keripik singkong banyak digemari karena rasanya renyah dan harganya murah.

Selain dijadikan sebagai keripik, banyak resep olahan singkong lainnya masih bisa dijadikan camilan ataupun peluang bisnis yang dapat dikembangkan. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan proses pembuatannya. Simak cara buat keripik singkong cokelat lumer yang banyak digemari oleh semua orang.

Cara Buat Keripik Singkong Cokelat Yang Lumer!

Bahan-bahan :

  • 500 gr singkong yang sudah diiris tipis panjang dan bersih
  • 1 sdt air kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air es
  • Minyak goreng
  • 200 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 2 sdt kayu manis bubuk
  • ¼ sdt garam

Cara Buat Keripik Singkong Cokelat :

  1. Campurkan singkong ke dalam air kapur sirih, garam, dan air es. Rendam selama 30 menit
  2. Setelah 30 menit, tiriskan singkong lalu keringkan
  3. Goreng singkong hingga renyah
  4. Di wadah yang berbeda campurkan dan aduk rata gula pasir, air, cokelat bubuk, kayu manis bubuk, dan garam secukupnya
  5. Kemudian masak hingga berbusa, lalu masukkan singkong dan aduk hingga merata
  6. Angkat singkong dan keringkan

Tips Cara Buat Keripik Singkong Supaya Tetap Renyah dan Awet

1. Singkong Harus Tipis

Tips pertama, pengirisan singkong haruslah sangat tipis. Untuk memudahkannya, gunakanlah peeler yang biasa Anda pakai untuk mengupas kentang atau wortel. Atau, sekarang banyak beredar alat pengiris di pasaran.  Supaya irisan singkong bisa tipis, singkong jangan ditekan saat diiris. Semakin ditekan, singkong akan makin tebal, lo.

2. Rendam Dulu dengan Air Kapur Sirih

Agar renyah, jangan lupa untuk merendamnya di dalam air kapur sirih sebelum digoreng. Caranya, larutkan 1 sendok teh air kapur sirih dan 1 sendok teh garam dalam 750 ml air. Diamkan 15 menit lalu cuci bersih.

3. Menggoreng Singkong Jadi Keripik

Setelahnya, singkong harus digoreng dalam minyak yang sangat banyak sehingga singkong bisa terendam seluruhnya. Ingat, sekali menggoreng tidak boleh terlalu banyak agar keripik singkong bisa maksimal renyahnya. Masukkan irisan singkong ke dalam minyak panas lalu goreng dengan api sedang. Dengan begini, keripik singkong bisa matang, renyah, dan kering.

4. Membumbui Keripik Singkong

Nah, sekarang tinggal membumbui keripik singkong Anda.  Jika ingin balado, kita bisa menggunakan bubuk kentang rasa balado yang banyak dijual di pasaran.Taburkan pada keripik singkong dengan cara mengocoknya bersama di dalam plastik besar. Tapi ingat, ya, pastikan keripik kentang telah dingin dan tiris betul sebelum dibumbui.  Dengan begitu, keripik kentang balado akan jadi tahan lama renyahnya.

5. Simpan dengan Cara yang Benar

Setelah semua proses selesai, tinggal simpan keripik singkong balado dalam toples kedap udara.  Keripik kentang pun bisa disajikan berhari-hari dan jadi stok camilan favorit keluarga di rumah.

 

Sekian resep cara buat keripik singkong cokelat lumer yang enak dan juga beberapa tips supaya keripik singkong yang kalian buat terjamin awet kualitas kerenyahannya. Selamat mencobanya sendiri, semoga bermanfaat selalu, dan selalu enjoyyy frenn!