Cara Buat Kompos Cair Simple Bisa Dipraktekan Dirumah

Sampah organik yang kita hasilkan sehari hari dapat berupa sampah padat dan sampah cair,sampah cair misalnya buah buahan busuk,dll.Sampah cair ini dapat berakibat buruk bagi ekosistem jika tidak diolah dengan benar,salah satu cara mengolahanya dengan cara buat kompos cair dengan sampah organik cair.

Alih – alih dibuang disungai dan menyebabkan pencemaran sungai,akan lebih bermanfaat jika sampah organik cair ini diolah menjadi kompos cair.Karena kompos cair memiliki banyak manfaat,salah satunya untuk mempersubur tumbuhan anda.

 

Cara Buat Kompos Cair Simple Bisa Dipraktekan Dirumah

 

Maka dari itu pada artikel kali ini akan berisi tentang cara buat kompos cair dari sampah organik cair.Sebelum masuk ke cara pembuatanya ,mari kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari kompos cair.

Kalian juga dapat melihat referensi lain tentang pengolahan pupuk kompos pada artikel cara pembuatan kompos ini.

 

Pengertian Kompos Cair

 

Kompos adalah pupuk yang dihasilkan atau dibuat dari sisa-sisa mahluk hidup yang sudah mati baik hewan atau tumbuhan yang dibusukkan oleh organisme pengurai. Organisme pengurai  berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme.

Selain itu ada juga yang disebut pengomposan yang berarti proses bahan organik yang mengalami penguraian dengan dibantu oleh bakteri sebagai sumber energinya.

Kompos cair adalah hasil pembusukan dari sampah organik. Dan juga melalui hasil sampah organik tersebut kita bisa mengambil seluruh nutriens yang terkandung pada sampah organik tersebut. selain itu kita juga sekaligus menyerap ,fungi,dan protozoa mikroorganisme,bakteri, dan nematodoa.

 

Manfaat Kompos Cair :

  1. Dapat meningkatkan pembentukan klorofil pada daun serta pembentukan bintil akar sehingga meningkatkan kemampuan tanaman untuk berfotosintesis serta penyerapan nitrogen dari udara.
  2. Dapat meningkatkan vigor tanaman sehingga tanaman menjadi kokoh dan kuat, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan, cekaman cuaca dan serangan patogen penyebab penyakit.
  3. Merangsang pertumbuhan cabang produksi.
  4. Meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah, serta
  5. Mengurangi gugurnya daun, bunga dan bakal buah.

 

Bahan dan Alat Untuk Pembuatan Kompos Cair

  •   Limbah rumah tangga
  •  Kotoran hewan ternak
  •  Urin hewan
  •  Bekas ar cucian beras
  •  Gula merah
  •  Sabut kelapa dan serbuk gergaji
  •  Dekomposer atau starter SOT atau EM4
  •   Ember
  •   Jerigen plastik
  •   Kayu untuk mengaduk

 

Cara Buat Kompos Cair

 

  1. Pertama – tama larutkan cairan decomposer EM4 ke dalam air secukupnya lalu tambahkan gula merah lalu diamkan selama 20 menit.
  2. Cacah bahan padat seperti dedaunan,buah busuk atau sayuran limbah rumah tangga,akan lebih mudah menggunakan mesin pencacah kompos ,lalu campurkan kedalam jerigen.
  3. Tuangkan larutan bioaktivator SOT atau EM4 kedalam jerigen bila perlu tambahkan terasi untuk mempercepat proses.
  4. Masukkan kotoran air hewan dan cucian bekas kedalam jerigen aduk hingga merata.Sambil tambahkan air secukupnya.
  5. Aduk perlahan menggunakan tongkat kayu.
  6. Tutup rapat selama beberapa hari, lakukan pengadukan teratur hingga bau campuran tersebut seperti tape (ini menandakan fermentasi berhasil).

 

Nilai Ekonomis

Berikut nilai nilai ekonomis yang didapat dari pembuatan kompos cair :

  • Untuk produksi kompos cair tidak banyak biaya yang dibutuhkan.
  • Dapat dikerjakan oleh anak-anak hingga dewasa .
  • Dapat mencegah pemcemaran lingkungan akibat limbah organik cair yang belum dimanfaatkan atau diolah.
  • Penjualan kompos cair Bisa dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan baru bagi masyarakat.

 

Demikian dari artikel ini. Semoga artikel ini dapat anda diterapkan dengan baik dan juga  semoga dengan ini kita menjadi lebih peduli dengan sampah serta tidak selalu memandang buruk sampah serta bisa memanfaatkan potensi dari sampah tersebut sehingga dapat memberikan manfaat kembali ke kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini.