Cara Membuat Bunga dari Kresek Bekas, Sangat Sederhana!

Kali ini kita akan membahas cara membuat bunga dari kresek bekas. Taukah Anda bahwa kresek bekas bisa didaur ulang menjadi bunga. Yap, kali ini kita akan berbagi tutorial cara membuat bunga dari kresek bekas yang mudah.

Sebenarnya ada banyak sekali kerajinan tangan yang dapat kalian buat dari daur ulang kresek bekas. Dan salah satunya adalah bunga. Mendaur ulang kresek bekas jadi bunga juga merupakan cara paling cepat untuk mengurangi sampah plastik.

Tidak hanya bahannya yang mudah dicari. Membuat kerajinan tangan dari kresek bekas juga dapat dijadikan ladang usaha. Anda bisa membuat bunga cantik dari kresek bekas yang nantinya dapat dijual ditokoh online.

Mengolah sampah kresek bekas jadi bunga juga dapat mengurangi global warmming dan membuat lingkungan sekitar menjadi lebih bersih. Selain itu, dengan memanfaatkan kresek bekas Anda dapat membuat bunga yang cantik sebagai hiasan dinding rumah. Tujuan dari kerajinan tangan ini adalah mengasah kreatifitas serta menimbulkan rasa peduli terhadap lingkungan dengan cara mendaur ulang sampah kresek bekas menjadi bunga.

Cara Membuat Bunga dari Kresek Bekas

Cara Membuat Bunga dari Kresek Bekas

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Kresek bekas bekas warna merah dan ungu
  • Kawat kecil dan besar
  • Gunting dan lem tembak
  • Selotip warna hijau
  • Setrika dan kertas untuk alas setrika kantong plastik
  • Lilin

Cara Membuat Bunga dari Kresek Bekas :

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat bunga dari kresek bekas adalah menyetrika kresek bekas warna merah dan ungu.
  2. Setrikalah kresek bekas warna merah dengan cara dilapisi kertas pada bagian bawah dan atasnya. Disini saya menggunakan 4 lapis kresek. Nah untuk suhu pada setrika Anda bisa sesuaikan sendiri. Untuk hasil yang lebih bagus Anda bisa memutar pada suhu setengah setrika.
  3. Step berikutnya dalam mendaur ulang sampah kresek bekas jadi bunga yaitu memotong kresek bekas. Anda bisa memotong kresek bekas warna merah dengan ukuran (25 x 12) cm dan kresek bekas warna ungu (25 x 9) cm.
  4. Langkah ketiga dalam membuat kerajinan tangan bunga dari kresek bekas yaitu membuat pola daun bunga. Nah Anda bisa membuat pola daun bunga. Usahakan kresek bekas ungu lebih kecil dari kantong plastik merah.
  5. Anda juga bisa membuat pola atau motif pada daun dengan cara memotong kresek bekas ungu.
  6. Setelah membuat pola daun bunga. Anda bisa menyatukan pola daun bunga yang sudah Anda buat tadi dari kresek bekas warna merah dan ungu dengan cara menyetrikanya.
  7. Untuk cara menyetrikanya sama dengan langkah pertama ya. Dan ingat, setrikalah hingga kedua kresek bekas tersebut menempel sempurna.
  8. Nah disinilah cara yang paling unik untuk membuat bunga dari kresek bekas. Karena pada daun bunga tidak menggunakan kawat.
  9. Cara membuat bunga dari kresek bekas tanpa kawat ini bisa kalian bakar. Lipatlah daun kemudian bakar sedikit-sedikit lipatannya menggunakan lilin. Begitu juga pada bagian sisi-sisinya.
  10. Cara selanjutnya untuk mengolah kresek bekas jadi bunga yaitu melilitkan kawat pada daun yang sudah Anda bakar menggunakan lilin tadi.
  11. Tempelkan kawat pada bagian belakang daun bunga, lalu rekatkan dengan lem tembak.
  12. Anda bisa membuatnya daun bunga yang banyak.
  13. Rangkailah daun-daun bunga yang sudah dibentuk menggunakan kawat batang dan floraltape atau solasi warna hijau.
  14. Pada bagian paling atas, Saya menguncupkan daun.
  15. Setelah semua daun terangkai, tata rangkaian daun dengan cara melengkung daun sesuai selera Anda.
  16. Setelah itu Anda bisa meletakkan bunga ini dipot atau vas dan siap dipamerkan diruang tamu sebagai hiasan rumah.

Itulah cara membuat bunga dari kresek bekas, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena sekarang sudah ada mesin pencacah plastik untuk limbah plastik yang bisa mencacah sampah plastikmu. Jangan salah, meski bahan bakunya murah dan mudah didapatkan anda tetap bisa mendapatkan hasil yang sangat menguntungkan. Kabar baiknya lagi, tentu anda sudah ikut serta dalam mengurangi jumlah penumpukan limbah sampah yang sampai saat ini menjadi problem di seluruh dunia. Jika kalian penasaran dengan kerajinan lain yang berbahan dasar kresek kalian dapat membaca artikel kerajinan dari plastik kresek. Dengan berbekal kreativitas, inovasi dan pantang menyerah tentu anda bisa menjalani bisnis daur ulang hingga mencapai kesuksesan.