Cara Memasak Gulai Kambing Agar Tidak Bau dan Enak

Cara Memasak Gulai Kambing Agar Tidak Bau

Pada Artikel kali ini saya akan membahas Cara Memasak Gulai Kambing Agar Tidak Bau.  Gulai Kambing bisa dibuat dengan cara yang mudah. Jika Teman-teman tahu tipsnya, gule kambing yang dibuat dapat pas rasanya gurih dan juga tidak bau prengus. Yuk, buat!

Bagian daging kambing yang enak digunakan untuk gule bisa pilih di bagian panggul .Sebab pada bagian daging ini teksturnya terasa lebih empuk serta aromanya tidak terlalu tajam ketika dimasak. Gule kambing selain itu bisa juga dicampur dengan menggunakan aneka jerohan seperti limpa, babat, paru, dan juga usus.

Cara Memasak Gulai Kambing Agar Tidak Bau

Gule kambing adalah masakan tradisional asal Jawa yang memiliki tesktur kuah santannya agak encer. Olahan Gule kambing enak disantap dengan nasi atau pun ketupat. Gule kambing yang terkenal adalah gule kambing Solo. Gulai asal Solo ini terbuat dari campuran rempah dengan warna kuning agak oranye, rasanya gurih enak. Resep tersebut bisa dilihat di artikel cara masak gulai kambing

 5 langkah Pembuatan Gulai Kambing

1. Bahan-bahan Gule Kambing

Bahan gule kambing:

250 gram daging kambing, potong-potong
500 grm jerohan, potong-potong
2 sdm minyak sayur
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
2 butir cengkih
1 buah kapulaga
2 cm kayu manis
1 lembar daun salam
500 ml santan

Bumbu gule kambing halus:

6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabai merah
3 butir kemiri
1 cm jahe
2 cm kunyit
1 buah cabe jawa
1/2 sdt merica
1/3 sdm ketumbar
1/4 jintan
1/2 sdt adas
2 sdt garam

2. Rebus Daging

Agar daging gulai kambing empuk dan tidak bau prengus. Rebus dahulu daging kambing dalam air mendidih. Buang sisa-sisa daging yang muncul dipermukaan air karena buih tersebut adalah kotoran. Diusahakan untuk jangan merebus daging bersama dengan jerohan karena akan menambah bau prengus ketika akan dimasak.

Rebus daging dan jerohan secara terpisah. Kamu bisa menambahkan rempah seperti lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk dan batang sereh dalam air rebusan untuk menghilangkan bau. Rebus hingga dagingnya empuk.

3. Tumis Bumbu Gule Kambing

Tumis bumbu halus gule kambing sampai aromanya wangi dengan minyak yang diolah dengan mesin minyak kelapa. Masukkan bumbu lainnya, aduk rata dan angkat.

4. Tuang Santan

Siapkan rebusan daging yang sudah empuk. Kaldu sisa perebusan bisa dipakai ya. Kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis. Tuang santan dan didihkan dengan menggunakan api kecil hingga bumbunya benar-benar meresap rata.

5. Beri Pelengkap

Angkat dan sajikan dengan beberapa pelengkap seperti acar mentimun rawit, bawang merah goreng, dan kecap manis.

Variasi Gulai

Gulai adalah jenis hidangan yang tersebar luas di nusantara, terutama di Sumatra dan Jawa juga Semenanjung Melayu. Hidangan ini berasal dari Sumatra sebagai hasil dari pengaruh dan aplikasi seni memasak India yang kaya akan rempah-rempah dan rempah-rempah seperti kari.

Gulai adalah salah satu bumbu dasar paling terkenal dalam masakan Minangkabau, saus kari kuning ini ialah bumbu dan memberi rasa pada berbagai hidangan yang disajikan di restoran Padang.

Kari atau rempah-rempah biasanya kental dalam masakan Minangkabau, Melayu dan Aceh, tetapi di Jawa saus kari lebih cair untuk menjadi semacam sup yang disajikan panas dan diisi dengan daging atau jeroan kambing.

Gulai biasanya disajikan dengan nasi panas, tetapi beberapa resep seperti kari kambing dapat disajikan dengan roti gulung.

Kalau ingin agak sedikit berbeda kamu bisa mencoba buat gule kambing Ponorogo. Kamu juga bisa menambahkan asam kandis dan kecap yang menjadi bahan dari bumbu gule kambing khas Jawa Timur. teman-teman bisa juga memanfaatkan bumbu gule untuk campuran resep sate gule kambing. Selain itu daging kambing bisa dimasak sebagai resep gulai kambing padang

Tak mau ditambah santan? Kamu juga bisa membuat gule kambing tanpa santan. Namun harus benar-benar gurih kaldunya agar rasanya tetap enak.