Resep Cara Membuat Cakwe Isi Yang Enak dan Mudah

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat cakwe isi yang mudah dan enak tentunya, simak terus kelanjutannya di bawah berikut, Cahkwe adalah salah satu penganan tradisional, semoga setelah membaca artikel ini, nantinya akan menambah wawasan anda tentang seputar cara membuat cakwe,

Pengertian Cakwe

Cahkwe adalah dialek Hokkian yang berarti Hantu yang Digoreng. Nama ini berhubungan erat dengan asal usul penganan yang kecil namun sarat akan nilai sejarah ini.Cahkwe mulai populer pada zaman Dinasti Song, berawal dari matinya Jenderal Yue Fei yang terkenal akan nasionalismenya akibat fitnahan Perdana Menteri Qin Hui.

Mendengar kabar tentang kematian Yue Fei, rakyat Tiongkok pun lalu membentuk 2 batang kecil dari adonan tepung beras yang melambangkan Qin Hui dan istrinya lalu digoreng untuk disantap. Ini dilakukan guna untuk simbolisasi kebencian rakyat atas Qin Hui. Cakhwe diucapkan dengan berbagai nama di daratan Tiongkok sendiri karena perbedaan dialek daerah.

You Tiao merupakan nama umum Cakhwe dalam Bahasa Tionghoa dan sebenarnya diambil dari dialek Zhejiang. Sedangkan dalam dialek Hokkian disebut Cakhwe dari asalnya (iû-chiā-kóe). Di dialek Chaozhou dan Shantou makanan ini disebut Zha Guo. Di daerah lain yaitu Anhui Cakhwe diucapkan dengan nama You Guozi .

Sejarah Singkat Tentang Cakwe dan Kue Bantal

Kata Guo dalam nama-nama tersebut berarti kue. Dalam bahasa Jawa, panganan ini disebut janggelut. Di Indonesia, cahkwe dipasarakn di toko atau dijajakan oleh pedagang kaki lima di beberapa daerah di tanah air. Cara penyajian pun berbeda-beda seperti di daerah Solo, Jawa Tengah, penyajiannya disertai susu kedelai.

Sedangkan di daerah lain, Cakhwe disajikan dengan sambal asam cair atau sambal kacang cair.Di Pontianak dan Ketapang, Kalimantan Barat, Cakhwe pada umumnya berasa manis dan kenyal. Dihidangkan dengan Lek Taw Zuan (Bahasa Tiochiu yg artinya mutiara kacang hijau).

Lek Taw Zhuan merupakan kacang hijau yang dibuang kulitnya dan dikukus dengan daun pandan. Setelah itu kacang hijau diberi gula kental dan disajikan bersama Cahkwe yang diiris kecil-kecil.

Cahkwe (Hanz, hanyu pinyin: you tiao, chinese long bread) merupakan makanan asal Tiongkok yang dibuat dari tepung trigu, ragi, soda, ammonium bicarbonat dan garam. Adonan jika sudah mengembang dibuat seperti tongkat yang panjangnya kira kira 15-20 cm, lalu dua tongkat dilekatkan menjadi satu. Jika digoreng panjangnya menjadi kira kira 25 cm dan berwarna coklat.

Salah satu varian dari cahkwe adalah odading (kue bantal karena bentuknya mirip bantal ukuran mini) yang banyak dijual di daerah jawa barat sampai jakarta. Bedanya kalau cahkwe berasa gurih, odading manis. kalau di jawa tengah namanya kue bolang baling. orang bule bilangnya Chinese Doughnut.

Arti Cakwe Dalam Dialek Hokkian

Cahkwe adalah dialek Hokkian yang berarti hantu yang digoreng. Nama ini berhubungan erat dengan asal-usul penganan yang kecil namun sarat akan nilai sejarah ini.Pada jaman Dinasti Song, suku Jin dari Utara sangat kuat, mereka beberapa kali menyerbu negeri Song. Lalu Kerajaan Song dikalahkan dan kaisar Wei dan Xin ditangkap. Kemudian raja Gang (baca: Kang) Membentuk dinasti Song Selatan.

Sejarah Pada Masa Kaisar

Pada masa kaisar Gao dari Song Selatan, sekali lagi diserbu secara besar-besaran oleh suku Jin dan menduduki sebagian besar daerah utara dari sungai Chang Jiang (Yang Tse). Untungnya ada seorang jenderal yang bernama Yue Fei ( bahasa Hokkian Gak Hui, kerap menjadi inspirasi kepahlawanan dalam serial silat) memimpin tentara Song untuk melawannya dengan gigih, disamping itu dia melindungi ibu kota Song Selatan.

Dia dengan patriotiknya membela negaranya dan telah mengambil alih banyak daerah Song yang telah diduduki oleh tentara kuda Jin yang terkenal. Sayang sebelum dia dapat mengambil kembali ibu kota Song yang dahulu, hanya masih kira-kira 22 kilometer jaraknya. Pada saat Gak Hui akan melewati Sungai Kuning bagian utara, Jenderal Yue Fei dipanggil pulang secara mendadak oleh raja Gao.

Raja Gao mendengar kata-kata pengkhianat yang bernama Qin Kuai (Chin Kwe) yang membisiki raja dengan perkataan bahwa Gak Hui kalau menang akan mengundang kembali kaisar Wei dan Xin yang masih ditangkap oleh suku Jin untuk naik tahtanya kembali.

Maka jika raja tidak mengambil tindakan sekarang, kedudukan raja Gao akan susah dipertahankan. Chin Kwe juga mengatakan bahwa Jenderal Gak Hui akan memberontak dan menganjurkan agar Gak Hui ditangkap segera kalau datang, lalu dibunuh.

1.Cara Membuat Cakwe Isi

Cakwe manis juga kerap disebut kue bolang-baling atau roti bantal. Cara membuat cakwe jenis ini tak jauh beda dengan cakwe asin. Tetapi proses penggorengannya perlu lebih hati-hati, karena kandungan gula di dalam adonan bisa membuatnya mudah hangus.Bagaimana cara membuat cakwe manis yang lembut dan berpori? Berikut merupakan resep dan cara membuat cakwe manis yang mudah dipraktikkan.

Bahan-Bahan :

  • 25 Gram tepung terigu protein tinggi
  • 35 ml air hangat
  • 1/2 Sendok teh ragi instan
  • 125 Gram tepung terigu protein tinggi
  • 75 Gram gula pasir
  • 1/2 Sendok teh gula pasir
  • 50 ml air hangat
  • 1 Butir telur
  • 1/2 Sendok makan susububuk
  • 275 Gram tepung terigu protein tinggi
  • 80 Gram gula pasir
  • 1/2 Sendok makan mentega putih
  • 100 ml air
  • 1 Sendok teh soda kue
  • 1/4 Sendok teh amoniak bubuk
  • Tepung terigu untuk taburan secukupnya
  • Wijen secukupnya
  • 1/4 Sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cakwe Isi :

  1. Campur bahan I, kemudian diamkan selama 10 menit.
  2. Masukkan seluruh bahan II, kemudian uleni sampai kalis.
  3. Larutkan gula pasir, soda kue, amoniak bubuk, air, dan garam dari bahan III, kemudian tambahkan tepung terigu. Masukkan dalam campuran adonan I dan II tadi. Diamkan adonan selama 3 jam.
  4. Taburkan tepung terigu di atas meja, kemudian giling adonan hingga setebal 1/2 cm. Potong dengan ukuran 5×5 cm. Taburi permukaannya dengan wijen.
  5. Goreng adonan di dalam minyak yang telah dipanaskan. Gunakan api kecil agar tidak mudah gosong.

2.Cara Membuat Cakwe Isi ( Mini )

Bagaimana cara membuat cakwe mini? Sama saja dengan cakwe biasa, kok. Hanya saja dibuat dalam ukuran yang lebih pendek. Berikut ini kami sajikan cara membuat cakwe mini yang enak dan tanpa ribet.

Bahan-Bahan :

  • 2 Sendok teh ragi instan
  • 1 Sendok makan gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 Sendok teh garam halus
  • 250 Gram tepung protein sedang
  • 50 Gram tepung protein rendah
  • 1 Siung bawang putih dihaluskan (opsional)
  • 1/2 Sendok teh soda kue
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cakwe Isi :

  1. Campurkan ragi instan dengan air, kemudian diamkan.
  2. Kemudian campur semua bahan kering dan bawang putih, kemudian tuangi larutan ragi tadi.
  3. Uleni adonan sampai kalis, kemudian tutup dengan kain lap bersih selama 15 menit.
  4. Lalu setelah itu uleni kembali adonan, bulatkan, kemudian tutup dengan kain lap. Diamkan selama 6 jam agar mengembang.
  5. Taburi papan penggilasan dengan terigu, kemudian giling adonan hingga mencapai ketebalan 1/2 cm. Potong-potong dengan ukuran 2x5cm.
  6. Ambil adonan yang sudah dipotong, taburi tepung sedikit, kemudian tumpuk dengan adonan lain. Tekan bagian tengahnya menggunakan sumpit.
  7. Tarik adonan cakwe sampai sedikit melar, kemudian goreng di dalam minyak panas hingga matang.

Sepertinya cukup sekian dulu ya guys, dan Itulah cara membuat cakwe isi aneka jenis yang enak dan praktis. Silakan buat makanan ini dalam jumlah banyak untuk disantap bersama keluarga di saat santai. dan teruntuk kalian yang ingin mengetaahui lebih tentang aneka kue basah tradisional indonesia anda dapat mengunjungi artikel pada link yang sudah kami sediakan, semoga setelah membaca artikel saya ini, dapat menambah pengetahuan anda, Terima Kasih