Cara Membuat dan Manfaat Granola Bagi Kesehatan

Dari berbagai menu sarapan pagi, sereal selalu direkomendasikan di pagi hari, terutama saat berdiet. Tak hanya praktis, sereal ternyata juga mengandung banyak nutrisi sehat yang dapat membantu tubuh menjaga kesehatan dan vitalitas. Cara membuat sereal coco crunch sereal sarapan dalam semangkuk bukan lah hal yang sulit dan ribet. Manfaat mengkonsumsi granola sebagai menu sarapan di pagi hari memiliki manfaat sebagai berikut. artikel hari ini membahas tentang cara membuat dan manfaat granola.

Granola merupakan sereal, karena biasanya sudah bisa dinikmati sebagai sarapan bergizi sejak awal hari. Granola terbuat dari bahan flaky oat sehingga cocok juga sebagai pendamping snack sehat. Granola biasanya disertai dengan buah kering, kurma, kismis, dan biji rami untuk melancarkan pencernaan. Granola diciptakan pada tahun 1863 oleh Dr. James Caleb Jackson di Jackson Sanatorium di New York.

Sifat nutrisi granola yang tinggi membuatnya ideal untuk hiking atau berkemah, dan kemasannya mudah dibawa-bawa. Berikut ini adalah manfaat granola bagi kesehatan, yang dapat diringkas dari berbagai sumber:

Manfaat Granola

Menguatkan Stamina

Manfaat granola bagi kesehatan yang pertama untuk menguatkan stamina, karena kandungan gizi yang begitu mencukupi kebutuhan tubuh harian Anda. Kandungan natrium, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Begitu lengkap dengan tambahan karbohidrat, protein dan lemak.

Konsumsi granola menjadi favorit bagi para atlit dan pendaki gunung, karena mampu memberi kandungan energi seimbang dengan aktivitas fisik yang dikeluarkan. Makan granola juga cocok bagi Anda yang sedang dalam masa pemulihan sebagai tambahan stamina.

Menjaga Tubuh Ideal

Manfaat granola berikutnya ialah membantu menjaga tubuh tetap ideal. Mengonsumsi granola sangat tepat bagi Anda yang ingin mempertahankan berat badan tetap. Terdapat 30 persen serat alami dari 100 gram granola, tentunya membantu mengontrol porsi makan dan mudah membuat kenyang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi granola juga bermanfaat mencegah penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke. Hal ini karena granola terbuat dari biji oat yang banyak dan mampu menurunkan risiko tersebut.

Kandungan oat yang banyak akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang juga berimbas merusak sistem saraf penyebab serangan jantung.

Melindungi Saraf

Granola mampu membantu melindungi sistem saraf tubuh, karena kandungan asam folat dan vitamin B1 dari granola.

Dikutip dari hellosehat.com, bahwa nutrisi tersebut sangat baik untuk metabolisme dan pertumbuhan sel, serta mencegah cacat tabung saraf atau neural tube defect pada bayi baru lahir.

Mencegah Osteoporosis

Granola memiliki kandungan mineral, seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. Semua mineral tersebut baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kepadatan tulang sebagai pencegahan osteoporosis.

Fosfor dari granola membantu menjaga keseimbangan tubuh, lalu selenium, tembaga dan besi yang berperan memelihara kekuatan serta perkembangan tulang. Rutin mengonsumsi granula akan membantu Anda tercegah dari osteoporosis di usia lanjut kelak.

Mencegah Kanker

Selain kandungan tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B1, B6, asam folat, dan asam pantotenat, ternyata granola juga mengandung vitamin E. kolaborasi senyawa tersebut berfungsi menjadi antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab sel kanker.

Radikal bebas yang masuk dalam tubuh menyebabkan sel-sel rusak dan berkembang tidak normal. Semakin lama dibiarkan akan tumbuh menjadi sel kanker pada organ tertentu.

Menjaga Kekuatan Tulang

Kandungan mineral dari granola, seperti magnesium, fosfor, besi, selenium, dan tembaga. Magnesium berperan baik di tubuh, lalu dibantu fosfor untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kemudian selenium, besi, dan tembaga bisa memelihara kekuatan dan perkembangan tulang.

 

Cara Membuat Granola

Bahan-bahan:

  • 200 gram rolled oat
  • 60 gram almond slice
  • 60 gram pumpkin seed
  • 40 gram dried cranberry
  • 40 gram dark raisin (kismis)
  • 1 sdt chia seed
  • 8 sdm madu
  • 1 sdt kayumanis bubuk
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 1 sdm minyak
  • Sejumput garam himalayan

Cara Membuat:

  1. Campur rolled oat dan biji”an, beri madu, coklat bubuk, kayumanis bubuk, minyak dan garam aduk hingga rata.
  2. uang ke dalam loyang yg udh dialasi baking paper. Panggang dengan suhu 170’C selama 30 menit. Setiap 10 menit diaduk aduk agar matang merata.
  3. Keluarkan dari oven, tambahkan kismis, cranberry & chia seed aduk rata. Biarkan dingin baru simpan dlm toples.. Yuummm

Sekian artikel hari ini tentang cara membuat dan manfaat granola semoga bermanfaat dan bagi anda yang tidak menukai sereal anda bisa membuat keripik tempe sebagai makanan cemilan anda, dengan resep keripik tempe yang gampang untuk anda buat, sekian dan terima kasih.